Contoh Teks Prosedur tentang Cara Membuat Kue Serabi Kinca

Artikel Terbaru:
loading...
loading...
Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Contoh Teks Prosedur tentang Cara Berhijab Segiempat-- Teks prosedur adalah teks yang memuat tentang langkah-langkah atau cara membuat sesuatu, melakukan sesuatu, memainkan sesuatu, atau menggunakan sesuatu. Langkah-langkah yang disebutkan berupa kalimat yang simpel dan tak memerlukan keterangan tambahan. Teks ini memiliki ciri: 1. Strukturnya terdiri atas: Tujuan, bahan dan alat, Langkah-langkah, dan penutup; dan 2. Memuat informasi tentang cara membuat, membuat, memainkan, atau menggunakan/ memakai sesuatu.

Berikut contoh teks-nya:
Bagi anda yang berdomisili di kota Bandung, Jawa Barat mungkin sudah tidak asing dengan salah satu kue tradisional satu ini. Namanya adalah kue serabi kinca, yaitu sejenis camilan serabi berwarna hijau muda karena telah diberi pewarna hijau dan aroma wangi daun pandan. Yang membedakan kue serabi kinca dengan serabi biasa pada umumnya adalah rasanya yang agak cenderung lebih manis dan pada umumnya tidak diberi toping apa-apa/polos diatasnya, karena telah disediakan saus gula merah sebagai pendampingnya. Jika kebetulan anda adalah salah satu penyuka kue tradisional ini dan ingin tahu cara membuatnya, berikut ini adalah resep membuat kue serabi kinca yang diuraikan secara singkat agar dapat dengan mudah dipaktkkan di rumah.

Bahan Membuat Kue Serabi Kinca :

200 gram tepung terigu protein sedang
1 butir telur, kocok lepas
1 sdt ragi instan
300 ml santan dari ½ butir kelapa
pasta pandan secukupnya
¼ sdt garam

Bahan Saus Kinca:
100 gram gula merah
200 ml santan dari ½ butir kelapa
1 sdm gula pasir
¼ sdt garam
1 lembar daun pandan, simpulkan

Cara Membuat Kue Serabi Kinca :
Langkah pertama, campur tepung terigu dengan ragi instan telur santan dan garam, lalu aduk rata kemudian tambahkan pasta pandan secukupnya dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.
Langkah kedua, membuat saus : campur semua bahan saus, lalu aduk rata dan masak sampai mendidih, kemudian anda angkat dan sisihkan.
Selanjutnya, siapkan wajan kecil anti lengket dan ambil adonan sesendok sayur lalu tutup dan panggang sampai bersarang dan terlihat matang, kemudian angkat.
(Lakukan terus secara berulang sampai adonan habis).
Terakhir, sajikan kue serabi kinca bersama sausnya.

Nah demikianlah uraian singkat mengenai resep membuat kue serabi kinca. Sajikan dengan ditemani secangkir teh atau kopi panas, dijamin pastinya enak dan nikmat. Kue tradisional ini patut kita jaga kelestariannya. Selamat mencoba.

Sumber resep: masakankoki.com

loading...
Artikel Lainnya:
.