Tips Mengerjakan Soal UN Berbasis Komputer (UNBK)

Artikel Terbaru:
Kesuksesan ujian tidak hanya ditentukan oleh faktor teknis (kecerdasan) semata, namum perlu adanya faktor nonteknis yang seyogyanya diperhatikan. Faktor nonteknis ini sebenarnya tidak berpengarauh langsung pada nilai atau hasil jawaban, namun lebih pada aspek psikologis atau kejiwaan. Beban mental bertambah bagi siswa yang mengikuti UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Selain dihantui ketenangan suasana, UNBK juga rawan akan terjadinya padamnya listrik dan hal teknis lainnya.
Baca: Faktor Nonteknis Sukses Ujian (Sekolah/ Nasional)
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau yang juga dikenal dengan istilah Computer Based Test (CBT) adalah ujian yang dilaksanakan dengan menggunakan perangkat komputer. Berbeda dengan Ujian Nasional Berbasis Kertas (Paper Based Test) yang menggunakan kertas dan sebelumnya mengalami proses distribusi soal dari percetakan hingga sekolah, soal UNBK dikirimkan secara online ke server sekolah sebelum hari H yang dilengkapi kode keamanan bertingkat untuk membukanya. Untuk mengerjakan soal UNBK, peserta ujian tidak perlu membawa alat tulis karena cukup meng-klik pilihan ganda yang ada di layar komputer.

Berikut tips mengerjakan UNBK:

1. Tetap berusaha tenang karena segala sesuatunya akan ada operator yang membantu.
2. Ikuti pengarahan yang diberikan sebelum memulai.
3. Biasanya akan diadakan simulasi terlebih dahulu, ikuti dengan memperhatikan arahan operator.
4. Ketika memulai mengerjakan soal UN, ikuti saja petunjuk pengerjaan yang ada di layar komputer dengan teliti.
5. Tidak usah olah-oleh ataupun terpengaruh oleh teman yang duduk di sampingmu sebab soal UNBK berbeda (acak) untuk masing-masing komputer. Menengok soal teman di sebelah hanya akan menghabiskan waktu.
6. Bersikap tenang jika terjadi gangguan pada komputer. Laporkan segera karena akan segera diatasi oleh opeator.

Namanya juga ujian, kita dibatasi oleh waktu saat mengerjakannya. Untuk ujian Bahasa Indonesia, jumlah soal biasanya 50 butir dan itu harus dikerjakan dalam waktu 120 menit (2 jam). Itu berarti untuk satu soal dikerjakan kurang dari 2,5 menit. Masalahnya, soal Bahasa Indonesia biasanya berupa teks yang panjang. Jika salah menggunakan waktu, bisa-bisa kita tidak bisa menyelesaikan semua soal hingga waktu yang disediakan habis. Lalu? Mudah, kerjakan soal itu dengan secepat mungkin!
Baca: Trik Jitu Menjawab Soal Ujian Nasional dengan Cepat dan Mudah