Cara Menentukan Gagasan Utama (Ide Pokok)

Artikel Terbaru:
loading...
Ide pokok adalah ide utama yang ada dalam sebuah paragraf. Ide itu termuat dalam sebuah kalimat utama. Di dalam menemukan ide pokok dan permasalahan dalam paragraf, ada beberapa letak yaitu terdapat di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif), di tengah paragraf dan di awal sekaligus di akhir paragraf (campuran). Istilah lain dari ide pokok yaitu gagasan pokok, pikiran pokok, atau gagasan utama.

Bagian-bagian Paragraf
1) Kalimat utama ; kalimat yang menjadi inti atau dasar pengembangan sebuah paragraf.
2) Kalimat penjelas : kalimat yang berfungsi menjelaskan kalimat utama.

Cara Menemukan Ide Pokok
1) Bacalah paragraf
Bacalah paragraf kemudian temukan ide pokoknya, biasanya ide pokoknya dijumpai di awal paragraf, di akhir paragraf, di tengah paragraf, serta di awal dan akhir paragraf. Bila perlu kalimat-kalimat penjelas atau gagasan pendukungnya diabaikan.
2) Rangkai dengan kalimat sederhana dan efektif
Setelah menemukan ide pokok dari setiap paragraf, rangkaikanlah dengan kalimat sederhana dan efektif untuk menjadikannya ke dalam satu kesatuan pikiran.

Perhatikan paragraf berikut!
Hutan merupakan anugerah Tuhan yang harus dijaga. Hutan sangat penting bagi kehidupan manusia. Hutan dapat menyimpan banyak air. Hutan juga membantu sirkulasi dan metabolisme. Namun, kenyataannya banyak hutan dirusak oleh manusia tanpa mau bertanggung jawab.
Pembabatan liar dan penebangan pohon tanpa disertai dengan penanaman kembali merupakan contoh nyata tersebut.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah:.,.
A. Hutan dapat menyimpan banyak air
B. Banyak hutan dirusak oleh manusia
C. Anugerah Tuhan harus dijaga
D. Kasus pembabatan liar dan penebangan pohon
Jawaban: C
Pembahasan:
Gagasan utama adalah informasi pokok yang dibahas atau diungkapkan dalam bacaan. Gagasan utama dapat terletak di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif, di awal dan akhir paragraf (deduktif-induktif atau campuran), atau di seluruh paragraf. Paragraf tersebut berisi pernyataan hutan sebagai anugerah Tuhan harus dijaga karena sangat penting bagi kehidupan manusia. Ada beberapa manfaat hutan, salah satunya hutan dapat menyimpan air. Hutan dapat membantu sirkulasi dan metabolisme. Namun, manusia merusak hutan tanpa mau bertanggung jawab. Jadi, gagasan utama paragraf tersebut terletak di awal paragraf, yaitu
hutan sebagai anugerah Tuhan yang harus dijaga. Pilihan jawaban A, B, dan D merupakan gagasan penjelas.

loading...
.