728x90 AdSpace

13 October 2016

Menceritakan Kembali Isi Cerpen

Cerpen, atau singkatan dari cerita pendek mempunyai beberapa- pengertian. Ada yang mengatakan bahwa cerpen adalah karya prosa fiksi yang dapat selesai dibaca dalam sekali duduk dan ceritanya cukup dapat membangkitkan efek tertentu dalam diri pembaca. Cerpen biasanya memiliki plot yang diarahkan pada insiden atau peristiwa tunggal. Di samping itu pada cerpen, kualitas cerpen jarang dikembangkan secara penuh karena pengembangan seperti itu membutuhkan waktu.

Cerpen adalah bacaan yang banyak digemari. Alur ceritanya yang tidak panjang membuat cerita ini dapat dibaca dalam waktu yang tidak terlalu lama. Kalian akan memiliki pengetahuan lebih banyak tentang cerpen dengan belaiar menceritakan isi cerpen yang telah dibaca. Hal-hal yang perlu diingat ketika menceritakan kembali isi cerpen adalah alur cerita atau jalan ceritanya, penokohan, dan latar cerita. Selain menceritakan kembali sebuah cerpen, kalian juga dapat mengungkapkan hal-hal yang menjadi kelebihan dalam cerpen tersebut. Hal-hal ini merupakan faktor penting atau modal dalam bercerita.

Ciri-ciri cerpen:
- hanya terdiri atas satu tema atau satu peristiwa saja
- tokohnya sedikit
- konfliknya hanya satu atau dua saja
- dan sebagainya

Oke, nanti kita melakukannya dengan gembira kok. Ada sedikit permainan untuk menentukan urutan siapa yang akan lebih dulu maju dan menceritakan kembali cerpen yang dibaca.
Lantas, judul cerpennya apa? Nah, itu rahasia...... Nanti saja di kelas.
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Menceritakan Kembali Isi Cerpen Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi