Home » , » Membedakan Bentuk Prosa dengan Bentuk Puisi

Membedakan Bentuk Prosa dengan Bentuk Puisi

Oleh PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU 27 September 2016

Artikel Terbaru:
Simaklah kutipan teks berikut:
Tamin melangkah menuju ke dapur, ia jongkok di perapian sebentar memanasi tubuhnya, lalu berdiri di samping teratak belakang. Untuk pertama kali ia merasa betapa sejuk angin petang meniup dalam kampungnya. Suara Sumi telah tak ada, ia telah lari membawa ayamnya ke rumah pak Modin. Dan kini ia berdiri di sana, ia dapat mendengar namanya disebut-sebut orang, dan ia tahu suara itu akan menjalar dari rumah ke rumah, dan seluruh perkampungan yang kecil itu akan bertambah hidup oleh kedatangannya malam ini.
"Di mana sekarang Pardan, Mak?"" Tamin menyebut salah satu teman terkarib, teman mandi di kali, teman menggembala, teman memancing ikan. Di sana, tengah ia berjongkok menghabiskan air pancuran dari bambu panjang, ia teringat akan teman-temannya seorang demi seorang.
"Engkau tak pernah dengar tentang dia, jadinya!" Itu adalah suara ibunya dari dalam dapur bersama Sumi yang telah membawa ayam potongan. "Itu telah bertahun-tahun lewat. Ia telah tak ada Tamin! Ia pergi ke Surabaya pada jaman berontak, jaman perang melawan Nica. Tak lama ia pergi. Seminggu
sesudah itu jenazahnYa dibawa."

Bandingkan dengan kutipan ini:

Pejuang

Jadilah pejuang, Qomaruz Zaman
Bersama kawan kawanmu se Angkatan

Hingga langit akan tersenyum
Tanah air merdu dan harum
Meski sera'kan patah tulang
Belulang dan halangan bertubi-tubi
Tatap tujuan. Malaikat membuka jalan lapang.
Dan tercapai keridhaan Ilahi

Inilah jihad di jalan Tuhan
Agar tahu kedalaman laut wahyu
Dan irfan llahi, langit memanggil selalu

Pabila Tuhan berjalan di depan
Datang muncul Ath Thariq, pelambang
Muhamad bagai dulu. Kalian tak usah bimbang

Secara sepintas saja, kamu tentu sudah dapat melihat perbedaannya.
Teks pertama/prosa:
- Terdiri atas paragraf-paragraf
- Penggunaan tanda baca (titik, koma) jelas terlihat
- Masalah yang dibahas erat kaitannya dengan pikiran

Teks kedua/puisi
- Terbagi dalam beberapa bait.
- Penggunaan tanda baca hanya kadang-kadang
- Masalah yang dibahas erat dengan perasaan penulis

Demikianlah secara umum perbedaan antara bentuk prosa dan puisi, jika kamu cermati lebih mendalam lagi, kamu tentu dapat membandingkan antara kalimat biasa/prosa dan baris/larik dalam puisi mengenai jumlah kata-katanya.
Belum lagi jika kamu melihat adanya rima/persamaan bunyi pada puisi namun tidak ada dalam prosa, penggalan kalimat dalam prosa juga berbeda dengan penggalan baris puisi, selain itu karena ada juga perbedaan "kedalaman makna" puisi dan prosa, puisi lebih sulit dipahami karena kadang-kadang menggunakan bahasa lain, sedangkan prosa bahasanya lugas, jadi lebih mudah dipahami.

Sekarang, tentu kamu sudah dapat membedakan prosa dengan puisi, bukan?


AAC Alumni Bahasa banjar Baru Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi UN Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara