728x90 AdSpace

09 April 2016

Ini Berbagai Bocoran Soal UN Tahun 2016

Ujian Nasional (UN) 2016 belum juga usai, namun peredaran bocoran soal UN beserta kunci jawabannya meluas ke berbagai daerah. Bahkan banyak siswa mendapatkan pesan singkat berisikan penawaran kunci jawaban UN 2016 maupun bocoran soal ujian nasional.
Berikut ini deretan kasus beredarnya bocoran soal UN 2016 dan kunci jawabannya di berbagai daerah yang berhasil dirangkum Okezone, Sabtu (9/4/2016).

Bocoran Soal UN Biologi

Siswa di Bantul melaporkan kebocoran soal ujian nasional pada mata pelajaran biologi. Peserta UN berbasis komputer tersebut menemukan foto soal UN 2016 mata pelajaran biologi untuk peserta ujian nasional Paper Based Test (PBT) di media sosial. Ternyata, soal UN PBT tersebut sama persis dengan soal UN berbasis komputer yang diujikan sehari setelahnya. Selain mata pelajaran Biologi, mata pelajaran lainnya yang juga bocor adalah Matematika

SMS Kunci Jawaban

Di Jombang, peserta UN 2016 mendapat pesan berantai mengenai tawaran kunci jawaban ujian nasional. Pesan tersebut beredar beberapa jam sebelum ujian dimulai. Untuk bisa mendapatkan kunci jawaban tersebut, siswa dipatok harga Rp1,5 juta untuk seluruh mata pelajaran.

Jual Beli Kunci Jawaban UN 2016

Salah seorang pelajar SMA berinisial A di Sumatera Selatan (Sumsel) mendapat tawaran paket soal Ujian Nasional (UN) 2016 yang dibanderol dengan harga Rp1 sampai Rp3 juta. Tawaran tersebut diterimanya dari kenalannya di media sosial.

Bahas Bocoran Soal UN di Line

Siswa di Yogyakarta melakukan aksi curang pada UN 2016 dengan memotret dan menyebarkan soal ujian yang sedang dikerjakannya ke chatroom Line. Anggota chatroom tersebut kemudian bersama-sama menyelesaikan soal. Kasus tersebut terkuak setelah salah seorang siswa yang juga menjadi anggota di grup Line tersebut melapor ke Ombudsman.

Broadcast Message Kunci Jawaban

Pada hari pertama UN 2016, siswa SMKN 3 Tangerang mendapat broadcast message di blackberry messenger (BBM) berisikan tentang kunci jawaban dari orang yang tidak dikenal. Pesan berantai ini juga diterima banyak siswa lain.

Siswa Tertangkap Kantongi Bocoran Kunci Jawaban UN

Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara menemukan dugaan bocoran kunci jawaban UN 2016 dari salah seorang peserta ujian di Medan. Siswa tersebut mengambil kertas berisi dugaan bocoran kunci jawaban UN tersebut dari dompet dan menyembunyikannya saat memasuki ruang ujian.

Sekolah Beli 'Vitamin' UN 2016

Perwakilan berbagai sekolah di Medan dan Deliserdang membeli kunci jawaban UN seharga Rp8 juta untuk semua mata pelajaran pada UN 2016. Oknum yang terlibat dalam penyebaran kunci jawaban UN di Sumut menyebut kunci jawaban dengan kode "vitamin". Oleh sekolah, kunci jawaban UN tersebut disebar ke siswa agar mereka meraih nilai tinggi dalam UN 2016.

Sumber: okezone.com
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Ini Berbagai Bocoran Soal UN Tahun 2016 Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi