728x90 AdSpace

16 December 2015

Lima Tokoh Menakutkan dalam Cerita Rakyat Dunia

Lima Tokoh Menakutkan dalam Cerita Rakyat Dunia--- Cerita rakyat merupakan salah satu prosa fiksi. Di Indonesia, kita mengenal cerita rakyat Gunung Tangkuban Prahu. Nah, kali ini kita bahas juga cerita rakyat yang berkembang di dunia. Berikut lima di antaranya:

1. Ogre (Perancis)
Seorang raksasa yang besar dan mengerikan, mirip manusia tapi dengan perawakan tinggi-besar. Raksasa ini sering digambarkan dalam dongeng dan cerita rakyat di mana mereka suka memangsa manusia, dan keberadaan mereka telah lama muncul dalam banyak karya sastra klasik. Raksasa ini sering digambarkan dengan kepala besar, berlimpah rambut dan janggut di wajahnya, perut besar, dan tubuh yang kuat.

2. Vampir (Slavia)
Vampir adalah makhluk yang terkenal hidup dari darah manusia, tetapi dalam beberapa kasus mungkin juga memangsa binatang. Meskipun vampir memiliki karakteristik yang berbeda, tergantung siapa yang membawakan cerita, tetapi dalam banyak kasus, mereka digambarkan sebagai mayat-mayat yang hidup dan memakan darah makhluk hidup lainnya untuk mempertahankan hidupnya.
Istilah vampir ini dipopulerkan pada awal abad ke-18 dan muncul dari cerita rakyat di tenggara Eropa, khususnya negara-negara Balkan dan Yunani. Vampir yang berupa mayat hidup umumnya digambarkan sebagai makhluk menyeramkan yang mengunjungi orang-orang yang pernah dikasihinya dan menyebabkan kerusakan atau kematian di lingkungan sekitar mereka tinggal. Mereka mengenakan jubah, tidak tahan sinar matahari dan sering wajahnya tekadang digambarkan agak berwarna kemerahan.

3. Banshee (Irlandia)
Menurut legenda, makhluk mirip setan ini sering melolong di sekitar rumah jika ada seseorang yang akan segera mati. Ketika banyak Banshees yang muncul sekaligus, ini menunjukkan kematian tentang orang hebat atau suci. Terkadang kisah-kisah menceritakannya berbentuk seperti wanita, meskipun tampak seperti peri, sesungguhnya mereka adalah hantu. Banshees sering digambarkan sebagai berpakaian putih atau abu-abu, dan seringkali memiliki rambut panjang yang mereka sikat dengan sisir perak. Cerita-cerita lain terkadang menggambarkan Banshees sebagai berpakaian hijau, merah atau hitam dengan jubah abu-abu.

4. Gorgon (Yunani)
Dalam mitologi Yunani, Gorgon adalah wanita jahat, seorang raksasa dengan taring tajam dan rambut hidup berbentuk ular berbisa. Gorgon kadang-kadang digambarkan sebagai memiliki sayap emas, cakar yang mengkilat, dan taring yang menyeramkan. Menurut mitos, seseorang yang bertatap wajah dengan seorang Gorgon, maka sesegera mungkin ia akan menjadi batu. Homer, seorang Yunani, pernah berbicara tentang seorang bermuka jelek, yang kepalanya digambarkan dalam Illiad sebagai orang yang ada di bawah naungan Zeus. Seorang Yunani lainnya, Hesiod, menambahkan bahwa ada tiga Gorgon yang terkenal: Stheno (yang perkasa), Euryale (pelompat jauh), dan Medusa (sang ratu).

5. Zombie (Afrika, Karibia)
Zombie adalah mayat yang hidup kembali dengan tanpa kesadaran. Cerita tentang zombie berasal dari Afro-Karibia, yang muncul dari adanya sistem kepercayaan spiritual Voodoo. Versi lain yang lebih mengerikan dari zombie telah menjadi dasar cerita fiksi horor modern, di mana mereka dibawa kembali dari kematian oleh seorang dukun atau dengan cara-cara ilmiah, dan memangsa manusia yang masih hidup. Mereka memiliki kecerdasan sangat terbatas, dan mungkin juga tidak berada di bawah kendali langsung siapa pun.

Inspirasi: On the Spot, Trans7 (edisi Kamis 19 April 2012)
Narasi: ahdoy.blogspot.com
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Lima Tokoh Menakutkan dalam Cerita Rakyat Dunia Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi