728x90 AdSpace

07 November 2015

Tips Berpakaian untuk Sukses Wawancara Kerja

WAWANCARA kerja memang selalu membuat gugup meski ini bukan yang pertama kali bagi Anda. Ada banyak faktor yang jadi pertimbangan sukses tidaknya Anda direkrut oleh perusahaan, hanya dari sesi 30 menit di ruangan wawancara.

Hal sekecil bahasa tubuh atau pakaian yang salah saja bisa membuat Anda kehilangan kesempatan untuk diterima di perusahaan impian.

Jangan sampai penampilan menjadi penghalang Anda mendapatkan pekerjaan incaran. Simak beberapa aturan berbusana dari Tim Qerja yang akan membantu Anda menghindari kejadian salah kostum di ruangan wawancara.
1. Lakukan Riset Tentang Budaya Kantor

Dress code untuk interview di industri perbankan jelas tidak sama dengan industri fashion, namun standar antar perusahaan di sektor yang sama kadang juga berbeda. Sebelum Anda membuka lemari pakaian Anda, ada baiknya mampir dulu ke website perusahaan, bertanya-tanya pada pegawainya, atau membaca ulasan di Qerja.com untuk mencari tahu tentang peraturan mengenai pakaian kerja dan budaya kantor.

2. Tampil Lebih Konservatif

Jika Anda ragu memilih tampilan apa yang pantas untuk sesi wawancara nanti, pilih saja model pakaian kerja kantoran tradisional yang cenderung lebih resmi: jas, blazer, celana kain, kemeja formal, dan sebagainya.

Walau begitu, bukan berarti Anda harus tampil membosankan. Cobalah bereksperimen dengan warna di luar hitam seperti biru tua yang bisa memberi kesan bahwa Anda dapat dipercaya. Jangan ragu pula untuk menambah sepotong aksesoris simpel yang elegan seperti jam tangan yang akan mencegah Anda melewatkan jadwal wawancara.

3. Rapi dan Nyaman

Seapik apa pun pakaian yang Anda pilih, Anda tidak akan tampak menarik jika Anda kesulitan bernafas atau menarik-narik keliman rok karena pakaian tersebut terlalu sempit, terlalu longgar, atau potongannya kurang pas dengan tubuh Anda. Agar Anda merasa lebih percaya diri, semalam sebelumnya, jangan lupa juga untuk memastikan pakaian Anda bersih dan tidak kusut. Anda dapat mengenakan busana berwarna putih untuk memaksimalkan kesan rapi dan bersih dalam berbusana.

Belum punya setelan kerja? Jangan lupa untuk memilih pakaian berkualitas baik yang bisa Anda kenakan berulang-ulang sebagai investasi jangka panjang.

Sumber: Okezone
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Tips Berpakaian untuk Sukses Wawancara Kerja Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi