728x90 AdSpace

01 September 2015

Struktur Teks Cerpen/ Teks Cerita Pendek (Materi Kelas XI SMA)

Materi pelajaran Kelas XI SMA
Struktur teks cerpen terdiri atas: Abstrak, Orientasi, Komplikasi, Konflik, Resolusi, Koda.

Bagian abstrak merupakan ringkasan atau inti cerita. Abstrak pada sebuah teks cerita pendek bersifat opsional. Artinya sebuah teks cerpen bisa saja tidak melalui tahapan ini.

Tahapan orientasi merupakan struktur yang berisi pengenalan latar cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen. Latar digunakan pengarang untuk menghidupkan cerita dan meyakinkan pembaca. Dengan kata lain, latar merupakan sarana pengekspresian watak, baik secara fisik maupun psikis.

Komplikasi berisi urutan kejadian, tetapi setiap kejadian itu hanya dihubungkan secara sebab akibat. Peristiwa yang satu disebabkan atau menyebabkan terjadinya peristiwa yang lain. Pada tahapan struktur ini, kalian akan mendapati karakter atau watak pelaku cerita yang oleh pembaca ditafsirkan memiliki kualitas moral dan kecenderungan tertentu dan hal itu diekspresikan dalam ucapan dan tindakan tokoh. Dalam komplikasi itulah berbagai kerumitan bermunculan.
Kerumitan tersebut bisa saja terdiri lebih dari satu konfik.
Baca juga: Struktur Teks Cerita Sejarah (Materi Kelas XII SMA)

Berbagai konflik tersebut pada akhirnya akan mengarah pada klimaks, yaitu saat sebuah konflik mencapai tingkat intensitas tertinggi. Klimaks ini merupakan keadaan yang mempertemukan berbagai konflik dan menentukan bagaimana konflik tersebut diselesaikan dalam sebuah cerita.

Untuk mencapai sebuah selesaian atau leraian, diperlukan evaluasi. Pada tahapan evaluasi ini, konflik yang terjadi diarahkan pada pemecahannya sehingga mulai tampak penyelesaiannya.

Pada resolusi, pengarang akan mengungkapkan solusi dari berbagai konflik yang dialami tokoh.

Resolusi berkaitan dengan koda. Ada juga yang menyebut koda dengan istilah reorientasi. Koda merupakan nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca dari sebuah teks. Sama halnya dengan tahapan abstrak, koda ini bersifat opsional.

Disadur dari: Buku Siswa Kelas XI SMA, Depdikbud
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Struktur Teks Cerpen/ Teks Cerita Pendek (Materi Kelas XI SMA) Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi