Penggunaan Kata Sapaan dan Contohnya

Artikel Terbaru:
Kata sapaan sering digunakan untuk menegur orang yang diajak berbicara. Penggunaan kata sapaan harus memerhatikan mitra bicara agar tidak terjadi kesalahan yang dapat mengganggu jalannya diskusi. Huruf pertama pada kata sapaari ditulis menggunakan huruf kapital, baik pada kalimat dalam teks dialog, narasi, ataupun deskripsi.

Berikut uraian singkat mengenai kata sapaan yang sering digunakan.
1) Kata sapaan berupa kata ganti orang pertama
Kata sapaan berupa kata ganti orang pertama digunakan untuk mengganti nama diri sendiri. Kata sapaan yang sering digunakan adalah aku dan saya. Namun, untuk situasi formal biasanya menggunakan kata saya.
Contoh:
Mengingat akan pentingnya kesehatan, saya sependapat bahwa penggunaan masker oleh para pekerja bersifat wajib.


2) Kata sapaan berupa kata ganti orang kedua
Kata sapaan berupa kata ganti orang kedua mengacu pada orang yang sedang kita ajak bicara. Kata sapaan ini digunakan pada percakapan langsung dengan lawan bicara. Sapaan yang digunakan, antara lain Anda dan kamu. Namun, untuk situasi formal, kata sapaan yang harus digunakan adalah Anda.
Contoh:
Pendapat yang Anda sampaikan memang benar. Oleh karena itu, saya setuju dengan Anda.

3) Kata sapaan berupa kata ganti orang ketiga
Kata sapaan berupa kata ganti orang ketiga mengacu pada orang lain yang sedang kita bicarakan dengan lawan bicara. Sapaan biasanya diletakkan di depan nama orang yang terlibat dalam pembicaraan tersebut. Bentuk sapaan untuk orang ketiga berbeda dengan orang kedua. Untuk sapaan bentuk kedua, pihak yang kita sapa merupakan orang yang berhadapan langsung dengan kita, sedangkan untuk sapaan bentuk ketiga, pihak yang kita sapa tidak harus berada atau bertatapan langsung dengan kita. Jadi, bisa saja pihak yang kita bicarakan tidak berada pada forum diskusi tersebut. Bentuk kata ganti orang ketiga berupa saudara, saudari, ibu, dan bapak merupakan sapaan yang sering digunakan karena sapaan tersebut memberikan kesan menghormati terhadap orang yang disapa.
Contoh:
- Pendapat yang disampaikan oleh Saudara Udin sudah sesuai dengan tema.
- Meskipun demikian, sanggahan yang diberikan oleh Bapak Ali masih harus dikaji ulang.

Jika kata sapaan digunakan bukan untuk menyapa orang ketiga atau orang yang dibicarakan secara langsung, maka bentuk penulisan huruf pertama pada kata sapaan tidak menggunakan huruf kapital.
Contoh:
- Bagi saudara yang ingin memberikan pendapat lagi, silakan langsung mengacungkan jari.
- Kami buka termin pertama untuk saudara-saudara. Silakan jika ingin bertanya atau memberikan pendapat.

Selamat belajar....
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara