Program Tahunan Kelas VII dan VIII Tahun Pelajaran 2014/2015

Program Tahunan Kelas VII dan VIII Tahun Pelajaran 2014/2015--
Kelas VII:
Semester Ganjil
Tema I: Cinta Lingkungan Hidup
1. Pemodelan Teks Laporan Hasil Observasi 8 jampel
2. Penyusunan Teks Laporan Hasil Observasi secara berkelompok 8 jampel
3. Penyusunan Teks Laporan Hasil Observasi secara mandiri 7 jampel

Tema II: Pengenalan Budaya Indonesia
1. Pemodelan Teks Deskripsi 8 jampel
2. Penyusunan Teks Deskripsi secara berkelompok 8 jampel
3. Penyusunan Teks Deskripsi secara mandiri 7 jampel

Tema III: Remaja dan Pendidikan Karakter
1. Pemodelan Teks Eksposisi 8 jampel
2. Penyusunan Teks Eksposisi secara berkelompok 8 jampel
3. Penyusunan Teks Eksposisi secara mandiri 7 jampel

Tema IV: Teknologi Tepat Guna
1. Pemodelan Teks Eksposisi 8 jampel
2. Penyusunan Teks Eksposisi secara berkelompok 8 jampel
3. Penyusunan Teks Eksposisi secara mandiri 7 jampel

ULANGAN HARIAN 4 jampel (@ 1 jampel)

Semester Genap
BAB V PERISTIWA ALAM
1. Pemodelan Teks Eksplanasi 8 jampel
2. Penyusunan Teks Eksplanasi scr kelompok 8 jampel
3. Penyusunan Teks Eksplanasi scr mandiri 7 jampel
BAB VI CERITA PENDEK INDONESIA
1. Pemodelan Teks Cerita Pendek 8 jampel
2. Penyusunan Teks Cerita Pendek scr kelompok 8 jampel
3. Penyusunan Teks Cerita Pendek scr mandiri 7 jampel
BAB VII PENGENALAN, PENCERMATAN, DAN PEMAHAMAN BERBAGAI JENIS TEKS
1. Pemodelan Teks 6 jampel
2. Pengubahan berbagai jenis teks secara berkelompok 6 jampel
3. Pengubahan berbagai jenis teks secara mandiri 6 jampel
4. Pemodelan dan Pengubahan Teks cerita rakyat 6 jampel
BAB VIII ANALISIS, RINGKASAN, DAN REVISI TEKS
1. Menganalisis ciri-ciri teks 2 jampel
2. Meringkas Teks 2 jampel
3. Merevisi teks 2 jampel

ULANGAN HARIAN 4 jampel (@ 1 jampel)


Kelas VIII:
Semester Ganjil
Tema I: Belajar pada Kehidupan Fauna
1. Pemodelan Teks Cerita Moral (Fabel) 12 jampel
2. Penyusunan Teks Cerita Moral (Fabel) secara berkelompok 12 jampel
3. Penyusunan Teks Cerita Moral (Fabel) secara mandiri 8 jampel

Tema II: Menepis Lupa Jasa Inspirator Bangsa
1. Pemodelan Teks Biografi 12 jampel
2. Penyusunan Teks Biografi secara berkelompok 12 jampel
3. Penyusunan Teks Biografi secara mandiri 11 jampel

Tema III: Menggapai Cita Melalui Kreativitas
1. Pemodelan Teks Prosedur 8 jampel
2. Penyusunan Teks Prosedur secara berkelompok 8 jampel
3. Penyusunan Teks Prosedur secara mandiri 10 jampel

ULANGAN HARIAN 3 jampel (@ 1 jampel)

Semester Genap
BAB IV MEMECAHKAN PERMASALAHAN DAMPAK TEKNOLOGI LEWAT DISKUSI
1. Pemodelan Teks Diskusi 16 jampel
2. Penyusunan Teks Diskusi scr kelompok 16 jampel
3. Penyusunan Teks Diskusi scr mandiri 16 jampel
BAB V MENGULAS BEBAGAI KARYA SASTRA
1. Pemodelan Teks Ulasan 10 jampel
2. Penyusunan Teks Ulasan scr kelompok 10 jampel
3. Penyusunan Teks Ulasan scr mandiri 10 jampel

ULANGAN HARIAN 2 jampel (@ 1 jampel)

Penentuan Awal Puasa Ramadan 1435 H (2014 M) Berdasarkan Hasil Sidang Isbat dan Pantauan Hilal

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Penentuan Awal Puasa Ramadan 1435 H (2014 M) Berdasarkan Hasil Sidang Isbat dan Pantauan Hilal-- Untuk menentukan awal Ramadan 1435 H/2014 M, Pemerintah melalui Kementerian Agama menggelar sidang isbat pada Jumat 27 Juni 2014 malam. Berdasarkan laporan pantauan hilal (bulan sabit) di 63 titik di Indonesia, dilaporkan tak terlihat hilal. Ini berarti 1 Ramadan jatuh pada hari Minggu, 29 Juni 2014. Hal ini ditegaskan oleh Menag (Menteri Agama) Lukman Hakim Saifudin setelah usai bersidang secara tertutup malam ini.
Tentang adanya perbedaan awal Ramadan ini, Menang mengajak umat Muslim saling menghormati keyakinan masing-masing.

Sebelumnya, menurut Menag, Kemenag telah menggelar lokakarya yang membahas penentuan awal Ramadan 1435H. Hasilnya, peluang terjadi perbedaan awal Ramadan masih akan tetap terbuka karena tidak terjadinya titik temu dalam kriteria posisi hilal (bulan). Bila nanti setelah lokakarya masih terjadi perbedaan awal Ramadan, Menag berharap umat Islam untuk saling menghargai dan menghormati segala perbedaan.
Ia mengingatkan bahwa perbedaan penerapan Ramadan merupakan persoalan klasik karena adanya perbedaan metode yang digunakan yakni hisab dan rukyat. Pemerintah sendiri tetap wajib untuk menetapkan awal Ramadan sebagai bentuk tanggung jawab negara.

Sementara itu, ormas Muhammadiyah telah menentukan awal Ramadan jatuh pada Sabtu 28 Juni 2014 besok. Menag meminta semua pihak untuk menghormati hasil sidang isbat nanti, meski tidak ada paksaan. "Indonesia bukan negara agama seperti Arab Saudi. Jadi Pemerintah tidak bisa memaksakan kehendaknya. Berbeda itu wajar," kata Lukman seperti dilansir setkab.go.id, Selasa 24 Juni 2014.

liputan6.com

Makanan Apa yang Cocok Buat Berbuka Puasa?

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Makanan Apa yang Cocok Buat Berbuka Puasa?-- Saat berpuasa, tidak dianjurkan untuk mengosumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi. Kedua minuman ini diklaim dapat meningkatkan pengeluaran kemih dan mengundang rasa haus. Lebih jelasnya, Ahli Gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc mengatakan, kafein akan memancing pengeluaran urin lebih banyak dibandingkan air putih.
"Jika air yang diminum misalnya keluar 2.400 cc, itu harus diganti setidaknya 2.000 cc. Tapi kafein akan membuat urin keluar sebanyak 3.000 cc," kata Saptawati, ditulis Kamis (25/6/2014).

Untuk menghitungnya, kata Saptawati memang agak sulit karena biasanya menggunakan alat-alat di laboratorium. Tapi agar lebih mudahnya, Anda bisa merasakannya setelah minum teh atau kopi, pasti ada keinginan untuk terus buang air kecil.

Minum Air Hangat atau Dingin?
Meskipun minum air dingin atau hangat merupakan masalah selera. Tapi ahli gizi menganjurkan, saat berbuka puasa, untuk minum air hangat agar tubuh lebih nyaman.

Seperti disampaikan Ahli Gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc bahwa saat puasa, suhu tubuh akan menurun sehingga dikahwatirkan bila langsung minum es tubuh akan kaget.
"Coba cek, sewaktu puasa, suhu tubuh kita menghangat. Sehingga akan lebih baik minum air hangat saat buka puasa. karena kalau dingin nggak nyaman untuk tenggorokan dan kalau terlalu panas juga susah. Sealin itu, jika buka puasa langsung minum air dingin, membutuhkan waktu untuk lambung menyesuaikannya," katanya.

Disamping itu, Saptawati mengatakan, untuk tidak berlebihan mengonsumsi makanan atau minuman manis saat buka puasa. Menurutnya, rasa manis bisa menjadi lemak karena kalorinya yang tinggi.
"Kita kan dianjurkan untuk makan 1 kurma. Tapi apa, kebiasaan orang kita makan 1 mangkuk kolak dengan banyak gula," terangnya.

Sebiji Kurma
Mungkin sudah menjadi kebiasaan bahwa saat buka puasa lebih enak mengonsumsi manis. Tapi ketahuilah, konsumsi manis yang berlebihan bisa membahayakan kesehatan.

Seorang Ahli Gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc juga tidak menampik bahwa mengonsumsi makanan atau minuman manis setelah buka puasa memang dibolehkan. Tapi, jumlahnya yang berlebihan bisa membuat gula menjadi lemak.
"Sebiji kurma cukup, kan sesuai anjuran Nabi. Dan tentu dibarengi air putih. Ingat, saat buka puasa, lapar dan haus sulit dibedakan," kata Saptawati, seperti ditulis Kamis (26/6/2014).

Saptawati menerangkan, 1 gram gula mengandung 4 kalori, kalau membuat minuman manis minimal menggunakan 2 sendok makan atau 20 gram gula yang setara dengan 80 kalori. Berarti satu minuman manis saja sudah menambah banyak kalori.

liputan6.com

Tanya Jawab Seputar Puasa Ramadan, Tarawih, Lailatul Qadar, Zakat Fitrah, dan Fidyah

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Tanya Jawab Seputar Puasa Ramadan, Tarawih, Lailatul Qadar, Zakat Fitrah, dan Fidyah-- Ramadan tiba. Berikut artikel tanya jawab yang bersumber dari kliping tanya jawab di koan BanjarmasinPost yang admin himpun. Artikel tersebut membahas/ menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar onani saat puasa, lupa bersahur, mandi junub sesudah imsyak, berciuman saat puasa, bagaimana puasa untuk orang yg sudah tua, manfaat salat tarawih dan masalah lainnya, bagaimana tata cara membayar zakat fitrah (zakat batin) ataupun zakat harta berikut niatnya, dan masih banyak lagi.

TAK PUASA KARENA TUA
Tanya: Saya seorang lelaki berusia 56 th, rasanya berat menunaikan puasa Ramadhan. Apakah boleh hanya bayar fidyah?
Jawab: Apakah anda sudah mencoba dan betul2 tidak mampu? Bila sudah memcoba dan betul2 tidak mampu, maka tidak ada jalan lain kecuali bayar fidyah.

BERCIUMAN SAAT PUASA
Tanya: Saya punya teman wanita, di siang hari saya berciumn. Batalkah puasa saya?
Jawab: Puasa anda tidak batal, tetapi pahalanya batal, karena wanita itu bukan istri anda. Berciuman dengan wanita lain (bukan istri), hukumnya haram. Seandainya yg dicium istri anda di kala puasa, maka hukumnya makruh.

MANDI JUNUB SESUDAH IMSYAK
Tanya: Apabila berhubungan badan setelah sahur, kemudian tertidur sehingga mandi junubnya setelah imsak. Apakah puasanya sah?
Jawab: Mandi junub sesudah imsak tidak membatalkan puasa. Namun kalau terlalu siang, kapan menunaikan shalat Subuhnya?

LUPA BERSAHUR
Tanya: Saya baru menikah satu minggu. Pada saat beduk/sirine, kami lgsg (weleh-weleh) melakukan hubungan badan dan malamnya kami melakukan lagi (wow), namun lupa mandi junub dan lupa sahur. Yg ditanyakan, sah atau tidak puasanya?
Jawab: Lupa sahur, puasanya sah asal sebelumnya Anda berniat puasa. Tetapi jika Anda tidak berniat puasa, maka puasa Anda tdk sah. Anda berhubungan badan sesudah beduk/sirine buka berbunyi, tentu Anda mandi wajib dan shalat Maghrib dan Isya, bukan? Ingat, jangan sampai shalat ditinggalkan.

ONANI
Tanya: Bagaimana hukumnya melakukan onani pd bulan puasa, apakah sama dg berhubungan suami-istri?
Jawab: Onani membatalkan puasa tetapi tdk sama dg berhubungan badan (suami-istri) yg diwajibkan membayar kafarat, ini jika puasa wajib di bulan Ramadahan.

KENCING KELUAR SPERMA
Tanya: Umur saya sudah kepala empat, pada saat buang air kecil, sperma juga ikut keluar. Bagaimana hukumnya, apkh puasa saya batal dan apakah saya hrs mandi junub?
Jawab: Jika wkt kencing sperma ikut keluar, tentu hal itu tdk disengaja maka puasanya tdk batal, Anda tetap wajib mandi. Tetapi jika sengaja melakukan onani, lalu Anda kencing dan sperma keluar, puasa Anda batal dan Anda juga hrs mandi wajib (junub).

MELAYANI BOS
Tanya: Saya seorang pegawai negeri, bos saya seorang muslim, tapi tidak puasa. Saya diminta melayani makannya padahal saya puasa. Selain itu, bos saya sering berzina di tempat kerja. Apakah saya berdosa karena membiarkan perbuatan tersebut, saya tidak berani menegur bos saya?
Jawab: Jika memang melayani makan bos itu sebagai pekerjaan Anda, maka boleh melayaninya, karena itu kerja. Tetapi jika tidak, maka Anda harus menolak. Katakan itu bukan tugas Anda. Jika Anda tidak mampu menegurnya dengan tangan dan teguran, Anda menegur dg hati, artinya tidak setuju dg perbuatan itu.

SUNTIKAN DI DAGU
Tanya: Bagaimanakah suntikan di dagu dan di hidung, apakah dibenarkan oleh Islam?
Jawab: Sepanjang hal itu adalah untuk pengobatan yg dilakukan oleh ahlinya, Islam tdk melarangnya, kecuali jika membawa mudharat, maka tdk dibolehkan.

OBAT TUNDA HAID
Tanya: Bolehkah istri saya minum obat KB agar dpt puasa 1 bulan penuh?
Jawab: Penggunaan pil anti haid dg maksud dpt mencukupi puasa Ramadhan sebulan penuh, hukumnya makruh. Tapi bagi wanita yg sukar meng-qadha puasanya pd hari lain, hukumnya mubah (boleh), sesuai keputusan MUI Pusat tgl 12 Jan 1979.

TARAWIH, ANAK TAK BISA DITINGGALKAN
Tanya: Bagaimana shalat Tarawih seorang ibu yg mempunyai anak balita, sebab anaknya tdk bisa ditinggalkan?
Jawab: Anda bisa Tarawih dg beberapa alternatif:
1. Menitipkan anak Anda kpd org lain yg berhalangan
2. Bergantian dg suami
3. Tarawih sendirian di rumah, karena shalat Tarawih tdk mesti dikerjakan berjamaah di langgar/masjid.

BAYAR FIDYAH
Tanya: Sewaktu anak saya masih bayi, saya pernah tak puasa Ramadhan selama 25 hari, karena anak saya itu sakit. Sekarang saya ingin bayar fidyah, berapa yg harus saya keluarkan?
Jawab: Fidyah puasa ukuran/takarannya adalah 1 mud atau sama dgn 3/4 liter beras setiap harinya, dan boleh diganti dg uang (menurut mazhab Hanafi), seharga beras sekarang.

(Sumber: Kliping B.Post Tanya jawab Bersama KH Husin Nafarin,M.A.)

ARTIKEL LAINNYA:
    1.Beberapa Hal yang Harus Diketahui dalam Menghadapi Bulan Ramadhan
    2.Kesiangan Bersahur
    3.Mengapa Harus Bersahur?
    4.Memakai Inhaler
    5.Hubungan Suami Istri
    6.Sunah Berbuka Puasa
    7.Mimpi Basah

Tarawih
    1.Tarawih 4 Rakaat
    2.Manfaat Salat Tarawih

Lailatul Qadar
    1.Kepastian Malam Lailatul Qadar
    2.Lailatul Qadar di Malam Ganjil

Zakat
    1.Tata Cara Membayar Zakat
    2.Kewajiban Zakat Fitrah
    3.Tanya Jawab Seputar Zakat Fitrah

Fidyah
    1.Waktu Bayar Fidyah

Sepuluh Besar Nilai Rapor Semester Genap TP 2013/2014

Sepuluh Besar Nilai Rapor Semester Genap TP 2013/2014--
Selamat untuk sepuluh siswa berikut atas nilai rapor B.Indonesianya yang tertinggi untuk semester ini:

KELAS VIIb
1.Siti Azizah 96
2.Rahma Ristya Giana 93
3.Vitria Mizani Amelia 91
4.Nisrina Anwar 90
5.Salsabella Humairo 87
6.Adfana Zahra Senjayani 87
7.Elza Fitri Daffana 86
8.Maya Dewi Nastity 85
9.Bima Yauma Yazaka 84
10.Nur Agny Hasuna 83

KELAS VIIc
1.Mona Al Yughna 95
2.Aliyya Syamilah Musafirah 94
3.Anggita Putri Inayah 94
4.Deffara Lintang Maharani 92
5.Mayvira Rista Afridha 92
6.Salsha Dwi Juniar 91
7.Umi Afiva 91
8.Syifa Ananda Riswahdini 88
9.Adam Fadhil Riandy 87
10.Febian Maulana 86

KELAS VIIIa
1.Aviani 89
2.Maya Susanti 88
3.Paula Era Resafella 88
4.Theo Giko Gatano 82
5.Tiara Putri Regina 82
6.Tia Silvana Anggraeni 81
7.Agana Agape 81
8.Misdawati 80
9.Sirilia Hierasaly Mitania 80
10.Sanaria 79

KELAS VIIIb
1.Kristiane 86
2.Patra Ami'annu 83
3.Siti Aminah 83
4.M.Difa Aditya 82
5.Edi Prayogi 81
6.Kewis Natari 81
7.Bayu S. 80
8.Elsa Ruari 80
9.Ezra Inna V 78
10.Tuti Hardianti 78

KELAS IXa
1.LELAYANI 99
2.MAHYUTI 91
3.SELLA DARA PIRESA 88
4.VERA AFRI NATHANIA 88
5.KIKE DWI SYALOM 85
6.YULIANA NATALIA 85
7.AGI RETNO 75
8.ADRIAN SAPUTRA 74
9.RIDUAN 74
10.LAWRENCE SHINTANY M 70

KELAS IXb
1.TINA ARDILA WATI 96
2.DITHA RIETNI 90
3.CINDY LEA NOVITA 89
4.LENNA 87
5.NISPIATI 87
6.YOEL RUNIYUS AD 85
7.ELVIRA NUR H 79
8.HEIYINI NOVIA RETHA 79
9.MIRANTI 79
10.RENO BIANTO 79
.

10 Besar Nilai UAS Kelas VIII SMPN 2 Tanta Semester Genap TP 2013/2014

10 Besar Nilai UAS Kelas VIII SMPN 2 Tanta Semester Genap TP 2013/2014--

KELAS VIII A:
1.Theo Giko Gatano (7,4)
2.Aviani (7,0)
3.Riswandi (7,0)
4.Maya Susanti (6,8)
5.Paula Era Resafella (6,8)
6.Imey Ilindia (6,4)
7.M.Alfiyan (6,4)
8.Misdawati (6,4)
9.Tiara Putri Regina (6,4)
10.Firsty Alma Dieny (6,2)

KELAS VIII B:
1.Elsa Ruari (7,2)
2.Kewis Natari (6,8)
3.Siti Aminah (6,8)
4.Theo Aniko (6,8)
5.Kristiane (6,6)
6.M.Difa Aditya (6,6)
7.Ezra Inna V (6,4)
8.Karenina Octavianti H (6,4)
9.Bayu S. (6,2)
10.Edi Prayogi (6,2)

KETERANGAN:
Menilik hasil kumulatif dengan Nilai UH, Proses, Tugas/PR, UTS, dan Nilai UAS ini, tak ada siswa yang meraih nilai di bawah KKM. Dengan demikian tidak ada remedial.

Penentuan Awal Puasa Ramadan 1435 H. (2014 M.)

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Penentuan Awal Puasa Ramadan 1435 H. (2014 M.)-- Pengurus Pusat Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadan 2014 jatuh pada hari Jumat 28 Juni 2014. Dasarnya, penghitungan ilmiah dan menurut Hisab Hakiki dengan kriteria wujudul hilal. Seperti diberitakan Solopos.com, pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah menyatakan ijtimak atau konjungsi awal bulan Ramadan tahun ini jatuh pada hari Jumat 27 Juni 2014 pukul 15.10.21 WIB. Berdasarkan perhitungan falak Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah itu, dipastikan umat Islam memulai puasa Ramadan pada 28 Juni 2014.

Wakil Sekretaris Majelis Pustaka Informasi PP Muhammadiyah, Iwan Setiawan mengatakan judul-judul berita di media massa yang bersumber dari ketua umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin saat membuka Sarasehan Astrofotografi, Selasa (29/4/2014), sedikit memberi penafsiran yang berbeda.
“Sesuai penjelasan Ketum PP Muhammadiyah, hilal Ramadan saat tanggal 27 Juni 2014 sudah dapat dikatakan wujud, sehingga selepas matahari tenggelam tanggal 1 Ramadan 1435H akan dimulai. Karena dimulainya hari dalam kalender Islam adalah selepas maghrib, maka puasa akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2014,” katanya dalam penjelasan di laman www.muhammadiyah.or.id.

Perbedaan Tak Masalah
TRIBUNNEWS.COM - Ketua PW Muhammadiyah Jawa Tengah, Musman Tholib sudah menerima maklumat penentuan awal Ramadan dari PP Muhammadiyah beberapa waktu lalu.
Surat itu menyatakan bahwa Muhammadiyah menyatakan awal Ramadan pada 28 Juni.
"Kami berpegang pada sistem hitung qisab Hakiki, kalau bulan sudah di atas ufuk berarti sudah mulai puasa," katanya di kantornya, Senin (2/4/2014).

Ia berujar, sistemnya memang berbeda dengan hisab rukyat yang mewajibkan ketinggian bulan 2 derajat.
Ia mengatakan, meskipun awal puasa akan ada perbedaan, tapi hari raya akan jatuh pada hari yang sama.

Musman menjelaskan perbedaan itu sudah terjadi sejak zaman Ali bin Abi Tholib. Lalu pada zaman KH Ahmad Dahlan juga pernah terjadi. Karena itu ia menilai perbedaan awal puasa tidaklah menjadi suatu pertentangan.
"Ini masalah ilmu masing-masing, tidak masalah," katanya.

MUI Tunggu Keputusan Pemerintah
TRIBUNNEWS.COM,SURABAYA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur meminta masyarakat menunggu pengumuman resmi dari pemerintah terkait penentuan awal puasa atau Ramadhan 1435 H. Himbauan ini disampaikan agar tidak terjadi kegaduhan di masyarakat, menyikapi potensi terjadinya perbedaan penentuan awal Ramadan.
Ketua MUI Jawa Timur KH Abdhussomad Bukhori mengatakan, terjadinya perbedaan awal Ramadan merupakan hal yang biasa.
Bagi umat Islam yang harus dijadikan pijakan adalah hasil sidang isbat dari pemerintah.
“Makanya, silakan berbeda tapi percayakan pada keputusan pemerintah," ujarnya, Selasa (3/6/2014).

Menurut KH Shomad,berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, potensi terjadinya perbedaan awal puasa dan lebaran di Indonesia memang cukup tinggi.
Ini tak lepas dari berbedanya metode penentuan awal puasa.
Ormas NU menggunakan metode rukyatul hilal (melihat hilal atau bulan), sementara Ormas Muhammadiyah menggunakan metode hisab dan tanpa harus melihat hilal.
“Semuanya benar dan sama-sama punya keyakinan sendiri-sendiri,” jelasnya.

Nah, untuk menjembatani terjadinya perbedaan tersebut, MUI, kata KH Shomad sejak lama minta kedua ormas tersebut agar duduk bersama mencari solusi. Namun sampai saat ini solusi itu belum ada.
“Makanya MUI minta agar umat Islam mengikuti pemerintah, karena keputusan pemerintah bersifat mengikat. Mengikat untuk menjembatani perbedaan," tegasnya.

Karena keputusan bersifat mengikat, maka dalam mengambil keputusan di sidang isbat, selama ini pemerintah selalu melibatkan seluruh ormas Islam ketika menentukan awal Puasa dan Lebaran.

Himbauan MUI Jawa Timur tersebut disampaikan menyusul kemungkinan terjadinya perbedaan awal Ramadan tahun ini.
Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa jatuh pada hari Sabtu, tanggal 28 Juni 2014.
Sementara NU masih akan melakukan rukyatul hilal pada 27 Juni nanti, dan kemungkinan hasilnya akan menetapkan awal puasa jatuh hari Minggu tanggal 29 Juni.

berbagai sumber

Peraih Nilai Tertinggi Ujian Nasional (UN) 2014 Tingkat SMP/MTs

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Peraih Nilai Tertinggi Ujian Nasional (UN) 2014 Tingkat SMP/MTs-- CIMAHI- Zaki Umar Ibrahim siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Cimahi meraih nilai 38,60 pada kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat Kota Cimahi.
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olaraga (Disdikpora) Kota Cimahi, Eddy Junaedi menyebutkan, nilai hasil UN SMP yang diraih Zaki ini masuk dalam 10 besar nilai UN SMP tingkat nasional.
"Nilai yang diperoleh Zaki beda beberapa digit yang diperoleh siswa SMPN 5 Bandung yang meraih nilai tertinggi UN SMP tingkat Jabar," ungkap Eddy di Cimahi, Jumat (13/6/14).
Sedangkan kelulusan UN SMP di Kota Cimahi sendiri, Eddy menyebutkan kelulusannya mencapai 100 persen. Hasil ini, lanjut dia, sesuai yang diharapkan oleh Disdikpora Kota Cimahi.
"Hasil ini sesuai yang diharapkan, walaupun sebenarnya kami tidak membebani para peserta UN SMP di Kota Cimahi, yakni 7429 siswa untuk lulus 100 persen," paparnya.

Selain Zaki Umar Ibrahim yang meraih nilai tertinggi di Kota Cimahi diraih pula olah siswa SMPN 3 (32,36), SMP Penabur (31,70), SMP PGRI (30,44), dan SMP 2 Cimahi (29,89). Namun kata Eddy, pihaknya belum bisa mendeteksi nama-nama siswa peraih nilai tertinggi UN di masing-masing sekolah tersebut.
"Kami baru mendapatkan nama Zaki Umar Ibrahim sIswa SMPN 1 Cimahi, yang kebetulan masuk dalam 10 ranking Jabar dan nasional," paparnya (Sumber: klik-galamedia.com).

Di Provinsi Bali, peringkat satu UN di Bali diraih Luh Ayu Nanamy dan Muhammad Iqbal Galih Widnyana dari SMP Negeri 1 Kuta dengan nilai kembar, 39,40. Rangking kedua, Anak Agung Arumi Jayanti Kusumasari dari SMP Negeri 1 Denpasar, Albertus Gagas Pradana Dian Nugrahaa dari SMP Negeri 3 Denpasar dan I Putu Satya Ariwinata dari SMP Negeri 7 Denpasar dengan nilai masing-masing 39,15. Sedangkan, peringkat ketiga ditempati Putu Cantika Jenise Asri Masta dari SMP Negeri 1 Denpasar dengan nilai 39,10 (Sumber: balipost.com).

Berikut siswa yang mendapatkan peringkat tertinggi di provinsinya, nama, nilai serta asal sekolah:
1. DKI Jakarta – JILAN ZAHRA JAUHARA RAKHMAD 39,75 SMP NEGERI 99 JAKARTA
2. Jawa Barat – MUHAMMAD IQBAL ARDIANSYAH 39,20 SMP NEGERI 2 BANDUNG
3. Jawa Tengah – REVI ALVIN RAZAQI 39,20 SMP NEGERI 1 SEMARANG
4. DI Yogyakarta – ATHAYA PRIMA DANAKERTI 39,40 SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA
5. Jawa Timur – MUTI ATUL KHOIRIYAH 39,40 MTS MIFTAHUL ULUM SUMENEP
6. NAD – FATHUR RAHMAN WIBISONO 39,50 SMP NEGERI ARUN LHOKSEUMAWE
7. Sumatera Utara – HASNAN PRATAMA SITORUS 39,75 SMP SWASTA AL-MUSLIMIN PANDAN TAPANULI TENGAH
8. Sumatera Barat – CASIMIRO RINO KUSWANTO 39,40 SMP MARIA PADANG
9. Riau – ATIKA DWI SEFTIANY 39, 40 SMP NEGERI 1 PEKANBARU
10. Jambi – REZKI ANANDA PUTRI 38,50 SMP NEGERI 1 JAMBI
11. Sumatera Selatan – HAMMAM ARIB BALMA 38,75 SMP NEGERI 2 LUBUKLINGGAU
12. Lampung – NOVAN HARIKAS JUON 39,00 SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG
13. Kalimantan Barat – MANDA PETRINA 39,10 SMP IMMANUEL PONTIANAK
14. Kalimantan Tengah – NOSA WAHYU SURYOHUTOMO 38,60 SMP NEGERI 2 PALANGKA RAYA
15. Kalimantan Selatan – FIRDA AURELIA ANANDA 38,80 SMP NEGERI 6 BANJARMASIN
16. Kalimantan Timur – WENING CAHYANI PUTRI 38,75 SMP NEGERI 1 BALIKPAPAN
17. Sulawesi Utara – AMELIA ANASTASIA ANTAKUSUMAN 38,15 SMP KRISTEN EBEN HAEZAR 2
18. Sulawesi Tengah – KIRAN SALSABILAH 39,35 SMP AL-AZHAR PALU
19. Sulawesi Selatan – INKA MARIA BRILLIANT SINAY 39,20 SMP NEGERI 30 MAKASSAR
20. Sulawesi Tenggara – MUHAMAD ACHIR SUCI RAMADHAN 38,10 SMP NEGERI 9 KENDARI
21. Maluku – ESA EGISTIAN HARTADI 38,05 SMP NEGERI 2 AMBON
22. Bali – LUH AYU NANAMY KES 39,40 SMP NEGERI 1 KUTA
23. NTB – BAIQ DIAH KOMALA SARI 39,20 SMP NEGERI 1 MONTONG GADING LOMBOK TIMUR
24. NTT – VIRGILIUS MARTIN KELAKE KEDANG 39,15 SMPS ST. PIUS X KABUPATEN LEMBATA
25. Papua – RATNASARI TOATUBUN 38,60 SMP NEGERI 5 JAYAPURA
26. Bengkulu – FADIYA NURFADHILA 38,55 SMP NEGERI 1 CURUP
27. Maluku Utara – FARIYANI RATO 37,30 KEPULAUAN MTS HARISUL KHAIRAAT KOTA TIDORE
29. Bangka Belitung – NABILA DHIA ALIFA RAHMAH 39,00 SMP NEGERI 2 GERUNGGANG, PANGKALPINANG
30. Gorontalo – SITI AISAH 37,15 SMP NEGERI 3 WONOSARI BOALEMO
31. Banten – AKMAL ALFARIZI 39,20 SMP NEGERI 1 SERANG TANGERANG
32. Kepulauan Riau – JESICA 39,40 SMPS YOS SUDARSO BATAM
33. Sulawesi Barat – RATIVIDIAWATI 37,20 SMP NEGERI 1 MAMBI, MAMASA
34. Papua Barat – JAINAB LEWATAKA 37,35 SMP PERSIAPAN MAGEY RAJA AMPAT
35. Kalimantan Utara – FERIAWAN 38,50 SMP NEGERI 1 TARAKAN


berbagai sumber

Hasil Ujian Nasional 2014 Tingkat SMP/MTs

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Hasil Ujian Nasional 2014 Tingkat SMP/MTs-- Pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) SMP yang berlangsung pada 5-8 Mei 2014 akan dilakukan 14 Juni. Proses pemindaian lembar jawaban UN SMP telah rampung tepat sesuai target, yaitu 9 Juni 2014. Selain itu, pengecekan atau verifikasi data dan proses penilaian UN SMP juga telah selesai.
"Secara nasional pemindaian LJUN SMP sudah selesai semua dan telah diproses dan dinilai di Puspendik," ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Nizam, di Jakarta, (9/06/2014), seperti dilansir www.kemdikbud.go.id.

Hasil UN SMP Diumumkan Sabtu Sore

SEMARANG, suaramerdeka.com - Hasil Ujian Nasional (UN) SMP akan diumumkan besok sore (Sabtu, 14/6). Dinas Pendidikan meminta pihak sekolah untuk mengumumkannya melalui website sekolah masing-masing. Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan Kota Semarang, Sutarto mengatakan pihaknya belum mengetahui hasil UN yang akan diumumkan besok. "Kami baru rapat ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah nanti malam, sekaligus ambil hasilnya," kata Sutarto.
Pihaknya akan langsung mendistribusikan hasil UN tersebut ke masing-masing sub rayon. Sub rayon lalu meneruskan ke masing-masing sekolah sebagai satuan pendidikan. "Oleh satuan pendidikan, hasil itu akan diolah hingga mendapat Nilai Akhir (NA) yang digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam meluluskan siswanya," lanjut Sutarto.
Menurutnya, tidak ada perbedaan antara mekanisme pengumuman UN SMA sederajat dengan SMP.

Meskipun masih menunggu kesepakatan dari semua Dinas Pendidikan dari 35 Kabupaten/Kota se-Jateng terkait waktu pegumuman, tetapi Sutarto memastikan bahwa pengumuman akan dilakukan sore hari. Dinas Pendidikan Kota Semarang baru akan mengumumkan hasil secara keseluruhan setelah pengumuman di sekolah. Hal itu dilakukan agar kerahasiaan hasil tetap terjaga.

Berdasarkan data kelulusan siswa tahun lalu, persentase kelulusan SMP mencapai 99,82 persen, sedangkan MTs mencapai 99,86 persen, dan SMPLB lulus 100 persen. Kriteria kelulusan SMP tahun ini, 60 persen berasal dari nilai UN dan 40 persen berasal dari nilai sekolah. Di mana siswa tidak boleh mendapat nilai di bawah 4 pada nilai akhirnya.


Siswa SMP di Jatim lulus 99,98 persen
LENSAINDONESIA.COM: Harun, Kepala Dinas Pendidikan menjelaskan dari jumlah peserta UN SMP/MTs sebanyak 537.772 siswa, tingkat kelulusannya hampir 100 persen atau mendekati sempurna.
“UN tingkat SMP kali ini yang lulus lebih baik dari tahun 2012 lalu yang hanya 99,92 persen. Kali ini di UN 2014 yang lulus mencapai 99,98 persen. Ini adalah angka yang fantastis dan mendekati sempurna” paparnya pada LICOM usai bertemu dengan perwakilan Dinas Pendidikan kabupaten/kota se-Jatim di kantornya, Jalan Genteng Kali Surabaya, Kamis (12/06/2014).

Dia mengaku sangat bersyukur atas hasil yang terus meningkat. Namun sayangnya, pihaknya tak menyebutkan daerah mana yang memperoleh hasil UN terbaik kali ini. “Dari jumlah keseluruhan yang lulus ada sebanyak 537.678 siswa. Ini artinya se-Jawa Timur hanya 0,017 persen yang tidak lulus atau sebanyak 94 siswa. Ini yang membanggakan kita,” paparnya.

Sementara untuk hasil nilai UN tingkat SMP/MTs diantaranya, mata pelajaran Bahasa Indonesia nilai rata-rata 7,56, tertinggi 9,70 dan terendah 3,70. Berikutnya, Bahasa Inggris rata-rata 7,52, tertinggi 9,90 dan terendah 3,50. Matematika rata-rata 7,15, tertinggi 10,00 dan terendah 3,20. Terakhir mata pelajaran IPA rata-rata 7,61, tertinggi 10,00 dan terendah 3,20.
“Dari keseluruhan mata pelajaran, nilai rata-ratanya 29,84, tertinggi 38,90 dan terendah 38,90. Dengan jumlah nilai itu maka tidak benar bahwa nilai Bahasa Indonesia di Jawa Timur menurun, ternyata Jawa Timur sangat luar biasa. Jadi bisa saya simpulkan proses belajar di tingkat kabupaten/kota juga Kemenag betul-betul bagus,” puji Harun.

Di sisi lain, Harun juga menanggapi soal keterlambatan ijazah sampai ke tangan siswa setelah pengumuman UN tahun ini. Dia menilai hal tersebut tidak perlu dipersoalkan.
“Tidak mengganggu kalau soal itu (keterlamabatan ijazah). Kan sekolah memeberikan bekal kepada muridnya berupa surat keterangan. Insya Allah akhir Juli semuanya akan selesai,” tukas mantan Kepala Disbudpar Jatim.

Yogyakarta, Pengumuman Kelulusan SMP Serentak Jam 10 Pagi
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Baskara Aji, menyerahkan teknis pengumuman kelulusan hasil Ujian Nasional (UN) SMP sederajat kepada masing-masing sekolah.
Meski demikian, ia tetap berharap tidak sampai ada kerumunan massa atau konvoi dari para pelajar di DIY saat pengumuman kelulusan, Sabtu (14/6/2014) besok.
"Secara teknis memang kami serahkan semuanya pada sekolah bagaimana mengumumkannya, tapi jangan sampai ada kerumunan atau aksi yang mengganggu kepentingan umum," tuturnya, Jumat (13/6/2014).

Menurut Aji, para pelajar SMP saat ini juga terbilang cukup banyak yang telah membawa motor saat ke sekolah.
Hal inipun dikhawatirkan bakal berpotensi terjadinya konvoi atau kerumunan massa para pelajar.
"Yang penting jangan sampai mengganggu kepentingan umum, jadi kami berharap sekolah juga punya kreativitas untuk mencegah hal ini," imbuhnya.

Pengumuman hasil UN dan kelulusan siswa SMP sederajat, menurut rencana bakal dilaksanakan serentak di wilayah DIY, Sabtu (14/6/2014) besok, mulai pukul 10.00 wib.

Jawa Tengah
Dinas Pendidikan Jateng menyatakan tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) 2014 tingkat SMP/MTs, SMP Luar Biasa dan SMP terbuka mencapai 99,98 persen.
Kepala Dinas Pendidikan Jateng Nur Hadi Amiyanto mengatakan tingkat kelulusan UN 2014 tingkat SMP/MTs, SMP Luar Biasa (SMPLB) dan SMP terbuka mengalami kenaikan 0,207 persen dibandingkan UN 2013.
“Pada UN 2014 tingkat kelulusan sebesar 99,98 persen naik 0,207 persen dibandingkan UN 2013 sebesar 99,77 persen,” katanya kepada wartawan di Kantor Dinas Pendidikan Jateng Jl. Pemuda, Kota Semarang, Jumat (13/6/2014).

Menurut Nur Hadi, dari 501.508 siswa SMP/MTs, SMPLB, dan SMP terbuka yang mengikuti UN 2014 yang dinyatakan lulus sebanyak 501.410 siswa, sedang yang tidak lulus 98 siswa.
Perinciannya SMP dari 369.025 siswa yang lulus 368.965 siswa tidak lulus 60 siswa (99,98 persen). MTs dari 129.029 siswa yang lulus 129.010 siswa tidak lulus 19 siswa (99,98 persen).

Untuk SMPLB dari 213 siswa yang mengikuti UN semua lulus atau 100 persen. Sedang SMP terbuka dari 3.241 siswa yang lulus 3.222 siswa tidak lulus 19 siswa (99,41 persen).
”Bagi siswa yang berhasil lulus UN kami ucapan selamat dan sukses, bagi siswa belum berhasil jangan berkecil hati karena masih ada program UN kesetraan dan mengulang tahun depan,” ungkapnya.

Nur Hadi menambahkan pengumuman kelulusan UN SMP akan dilakukan secara serentak di masing-masing sekolah pada pukul 15.00 WIB Sabtu (14/6).
”Kami mengimbau kepada Dinas Pendidikan kabupaten/kota beserta seluruh jajarannya dapat mengendalikan para siswa supaya mencegah merayakan kelulusan dengan konvoi kendaraan di jalan raya,” harapnya.

Untuk itu, imbuh dia, Dinas Pendidikan kabupaten/kota serta pihak sekolah melakukan koordinasi dengan aparat keamanan setempat, serta orang tua/wali siswa.
”Para siswa juga tidak perlu melakukan coret-coret baju seragam sekolah. Lebih baik baju seragam disumbangkan kepada saudara-saudara yang membutuhkan,” katanya.

Sementara, dari data Dinas Pendidikan Jateng tercatat SMP Negeri 1 Magelang menempati peringkat I UN 2014 dengan rata-rata nilai 37,01, disusul SMP Negeri 2 Purworejo (36,71), dan SMP Negeri 1 Wonosobo (36,15). Sedang SMP Negeri 1 Solo menempati peringkat 15 dengan rata-rata nilai 35.44.

Di Denpasar Bali, 12 Siswa Tidak Lulus
BALIPOST.com – Sebanyak 12 siswa SMP di Bali dinyatakan tidak lulus dalam Ujian Nasional (UN) tahun ini. Kabupaten Klungkung paling banyak mengantongi siswa tak lulus dengan jumlah 7 orang, disusul Karangasem 2 orang, Denpasar, Jembrana dan Tabanan masing-masing 1 orang. Sementara, Gianyar, Bangli, Buleleng dan Badung, seluruhnya lulus seratus persen.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, TIA Kusuma Wardani, Jumat (13/6) mengatakan, kelulusan siswa SMP di Bali ini mengalami perbaikan dibanding tahun sebelumnya. Jika dilihat dari persentase, kelulusan tahun ini menembus 99,98 persen, tidak lulus 0,02 persen dari total peserta 60.075 siswa. ” Yang mendominasi perolehan nilai terbaik, masih tetap siswa dari sekolah negeri, ” katanya.

Palembang
TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG - Dari jumlah peserta 11.9006 se-Sumsel, sebanyak 27 siswa dinyatakan tidak lulus. Sedangkan untuk di Palembang, merupakan kota terbanyak untuk jumlah yang tidak lulus yaitu 12 siswa.
Selain Palembang, Lahat dan Ogan Komering Ulu (Oku) Timur menempati posisi selanjutnya dengan jumlah siswa yang tidak lulus masing-masing berjumlah tiga siswa.
Disusul kabupaten Lubuklinggau, Ogan Komering Ilir (OKI) dan Musi Banyuasin (Muba) sebanyak dua siswa. Dan untuk kota Pagaralam, Muara Enim, dan Empat Lawang masing-masing satu siswa. Sedangkan untuk tujuh dari 16 kabupaten lainnya dinyatakan lulus 100 persen.
Meskipun jumlah peserta yang tidak lulus paling banyak, namun untuk peserta peraih nilai UN SMP tertinggi berasal dari Palembang atas nama Andifa Rizki Asshiddiqqie dari SMP Kusuma Bangsa (Kumbang) Palembang dengan nilai rata-rata 38,10.
Sedangkan dari MTs jatuh pada Lukluk Martina dari MTS Subulussalam Sriwangi dengan rata-rata nilai 36,60. Dan untuk SMP Negeri Terbuka jatuh pada Indah Daratista dari SMPN Terbuka 1 Pampangan dengan nilai rata-rata 34,60.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel, sekaligus ketua panitia UN 2014 Sumsel, Bonny Syafrian MM mengatakan, penyebab kelulusan tersebut berdasarkan dari penghitungan nilai-rata yang tidak mencapai target. Termasuk di salah satu mata pelajaran yang anjlok.
"Kita belum tahu pasti, mata pelajaran apa yang mendominasi siswa tidak lulus tahun ini, karena kita belum evaluasi," ungkapnya saat ditemui Sripoku.com di ruang kerjanya, Jumat (13/6/2014).
Meskipun jumlah peserta yang tidak lulus mencapai angka puluhan, namun presentasi ketidaklulusan tahun ini menurun tipis. "Tahun kemarin yang lulus sebanyak 99,95 persen. Sedangkan tahun ini meningkat sebanyak 99,97 persen," jelasnya.

Ia menambahkan, seluruh siswa di jenjang pendidikan non formal dan mereka juga yang gagal formal dapat mengikuti UNPK Periode II pada bulan Agustus mendatang.
Ujian pun akan digelar secara bersamaan di 17 Kabupaten/Kota di Sumsel, sedangkan lokasi ujian tersebut nantinya tergantung dari tiap Kabupaten/Kota.
Lanjutnya, soal ujian pun hanya dibedakan saja isi-isi soalnya sehingga tidak sama persis dengan UN formal. Tetapi untuk tingkat kesulitan tiap soal yang ada di mapel yang diujikan akan tetap sama.
"Pengawas UNPK Periode II ini saya belum tahu pastinya, apakah hanya menggunakan pengawas silang saja atau pun tetap melibatkan pengawas yang berasal dari PT (Perguruan Tinggi-red). Namun, kalau tahun lalu untuk pengawasnya tidak lagi melibatkan dari PT," jelasnya.

Ia juga mengingatkan, bagi siswa yang gagal pada ujian sebelumnya ini masih dapat mengikuti UNPK Periode II ini, pasalnya ini sama pentingnya dengan ujian nasional sekolah formal.
Pengumuman hasil dari UNPK akan diumukan pada 22 september mendatang.
Selain UNPK, siswa dapat memilih mengulang ujian tahun depan dengan ujian paket B.

Siswa Dianjurkan Tak Konvoi dan Corat-coret Seragam
Suasana seusai pengumuman diprediksi jauh lebih kondusif. Sebab, siswa SMP tidak mungkin melakukan arak-arakan atau konvoi dengan kendaraan.
Selain karena siswa SMP belum memiliki SIM, siswa dihimbau tidak datang ke sekolah jika memang tidak diundang. Dihimbau pula agar siswa tidak coret-coretan. Lebih baik seragamnya disumbangkan pada adik kelas atau kaum tak mampu.

berbagai sumber

10 Besar Nilai UAS Siswa Kelas VII SMP Hasbunallah Semester Genap TP 2013/2014

10 Besar Nilai UAS Siswa Kelas VII SMP Hasbunallah Semester Genap TP 2013/2014--
KELAS VIIB:
1.Nisrina Anwar (82)
2.Siti Azizah (80)
3.Rahma Ristya Giana (78)
4.Elza Fitri Daffana (76)
5.Maya Dewi Nastity (76)
6.Vitria Mizani Amelia (76)
7.Kevin Rizki Ananda Putra (74)
8.Adfana Zahra Senjayani (72)
9.Fahrul Raji Hidayatullah (72)
10.Salsabella Humairo (72)

KELAS VIIC:
1.Umi Afiva (84)
2.Mona Al Yughna (82)
3.Febian Maulana (78)
4.Mayvira Rista Afridha (78)
5.Adam Fadhil Riandy (76)
6.Aliyya Syamilah Musafirah (76)
7.Anggita Putri Inayah (76)
8.Salsha Dwi Juniar (76)
9.Deffara Lintang Maharani (74)
10.Tyas Yahya (74)

KETERANGAN:
Menilik hasil kumulatif dengan Nilai UH, Proses, Tugas/PR, UTS, dan Nilai UAS ini, tak ada siswa yang meraih nilai di bawah KKM. Dengan demikian tidak ada remedial.

Sinopsis Para Pencari Tuhan (PPT) Jilid 8

Sinopsis Para Pencari Tuhan (PPT) Jilid 8-- Selain dibintangi Deddy Mizwar, Agus Kuncoro, Zaskia Adya Mecca, Trio Bajaj, PPT Jilid 8 juga akan kehadiran bintang baru Alfie Alfandi (pemeran Domino), Ajeng Anjani (Malaika, penyanyi kafe), Epy Kusnandar (penjual bubur ayam), Ony SOS, dan lainnya. Di samping itu, PPT 8 juga tak hanya ber-setting Kampung Kincir, tapi juga bertambah dengan setting di permukiman urban.
Bang Jack yang dikira sudah meninggal saat bertahajud ternyata masih hidup. Dia bahkan kecewa karena impiannya adalah meninggal dalam posisi bersujud. Alih-alih mendapat akhir hayat yang khusnul khotimah, Bang Jack malah pusing kepalanya karena terlalu lama bersujud. Suatu hari, Bang Jack kedatangan saudara kandungnya, Uwa Yongki, yang mengabarkan tentang anaknya, Domino, yang ingin berpindah agama. Maka dia meminta Bang Jack untuk mendampingi dan membimbing keponakannya tersebut. Misi penyelamatan iman pun dimulai, Bang Jack pergi ke kota menemui keponakannya yang tinggal di kontrakan sebuah pemukiman urban.

Tempat tinggal keponakan Bang Jack adalah pemukiman urban “para pencari uang”. Mereka orang-orang yang bekerja keras dari berbagai profesi: tukang warung, tukang bubur, satpam, pegawai mall, figuran sinetron, pegawai negeri, dll. Domino sendiri berprofesi sebagai sales pisau dapur.

Seperti biasa, tingkah-polah para penduduk desa Kincir makin menjadi-jadi. Diceritakan, Pak Jalal 'memecat' Loli sebagai pembantu di rumah gubuknya. Keadaan ini lantas membuat geger kampung Kincir. Sontak Pak Jalal dimusuhi warga kampung. Namun, ketiga pengurus desa malah menggunakan kesempatan itu untuk mencari keuntungan. Mereka lantas membuat kotak amal misterius "Dana Peduli Loli". Urusan pun menjadi panjang, berbuntut demo segala.

Setelah melahirkan, Aya dirundung masalah, ASI-nya tak keluar. Di sisi lain, Chelsea dan Barong yang juga memiliki bayi dari istri-istri mereka, terkesan enggan membantu ketika Azzam meminta agar anaknya disusui oleh Dara dan Marni.

Bencana lain juga hadir, air di sumur warga yang semakin jauh dari agama itu mendadak berbau busuk. Hanya sumur Pak Jalal dan mushola saja yang tidak. Fenomena ini juga berbuntut peristiwa antrean air di mushola dan rumah Pak Jalal. Hal ini ditambah dengan keluh-kesah warga terkait hilangnya air penduduk gara-gara polah dua nenek kakak beradik. Ada juga kisah si Udin yang tiba-tiba berkeinginan menikahi Kalila? Bagaimana kelanjutan kisahnya.
Saksikan di saluran SCTV setiap hari saat sahur dan berbuka.

Baca juga Sinopsis PPT Jilid 7

www.sctv.co.id dengan pengubahan

Contoh Soal UAS Semester Genap (Sem.Dua) Kelas VII | Arsip Soal Tahun 2013

Contoh Soal UAS Semester Genap (Sem.Dua) Kelas VII | Arsip Soal Tahun 2013--
Senin, 9 Juni 2014 nanti, kalian akan mengikuti Ulangan Umum atau UAS (Ulangan Akhir Semester). Ingin mengenali tipe soalnya? Berikut Bapak lampirkan soal UAS Semester Genap tahun lalu, 2013. Kerjakanlah soal berikut dengan menjawab di kertas lain. Cukup tulis abjadnya saja (A,B,C, atau D) dalam waktu 90 menit (jangan lebih).
1. Malaysia berpendapat, para TKI perlu dilindungi dari tindakan eksploitasi oleh sebagian pengusaha setempat yang tidak bertanggung jawab. Tindakan tersebut misalnya dengan hanya memberi upah kecil, sementara jam kerjanya berlebihan. Oleh karena itu, dianggap perlu ada pengaturan sejak kedatangan dan selama keberadaan para TKI di Malaysia. TKI di Malaysia hendaknya benar-benar dipantau oleh para petugas yang terkait dari kedua negara. Namun, sekaligus juga diharapkan agar para pekerja pendatang itu memiliki dokumen yang sah. Hal ini dilaksanakan agar keberadaan mereka terjamin dan terlindungi.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ......
a. Perlunya TKI dilindungi undang-undang
b. Tenaga kerja Indonesia dieksploitasi
c. Keadaan tenaga kerja Indonesia di Malaysia
d. Pendapat pemerintah Malaysia tentang TKI

2. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), flu burung yang disebabkan oleh virus H5N1, sejak akhir tahun 2003 telah menewaskan 79 orang di enam negara. Urgensi bahwa flu burung semakin mengancam dunia diperlihatkan oleh merebaknya penyakit ini di negara seperti Turki, yang melaporkan ada 21 kasus termasuk meninggalnya 4 orang anak-anak.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ......
a. Tahun munculnya penyakit flu burung
b. Ancaman flu burung
c. Penyebab flu burung
d. Jumlah korban manusia akibat flu burung

3. Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat. Orang yang tidur 8 jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang baik memulihkan sistem imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.
Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
a. Tidur yang cukup sebaiknya kurang dari 8 jam sehari.
b. Tidur yang cukup dapat meningkatkan imunitas diri.
c. Tidur yang cukup adalah tidur yang tidak bangun-bangun sepanjang malam.
d. Tidur dengan waktu cukup dan berkualitas dapat melindungi diri dari penyakit.

4. Provinsi Kalimantan Selatan merupakan provinsi terkecil dari empat provinsi di Kalimantan, terletak antara provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Seperti halnya daerah lainnya, Provinsi Kalimantan Selatan juga memiliki banyak sungai yang menjadi jalur lalu lintas yang penting, dari kota-kota tepi pantai hingga ke pedalaman. Di bagian hulu sungai, sungainya masih ditutupi hutan lebat dengan pohon-pohon besar serta belukar, dan sekitar muara sungai serta tepi pantai daerahnya berawa-rawa. Walaupun lalu lintas banyak menggunakan sungai dengan perahu-perahu, namun di daerah ini mempunyai prasarana perhubungan darat, yakni jalan. Jalan raya bahkan dapat menghubungkan kota Banjarmasin dengan kota Samarinda di Kalimantan Timur.
(Dikutip dari http://www.tamanmini.com, dengan pengubahan)
Kesimpulan yang dapat ditarik dari kutipan berita di atas adalah ......
a. Provinsi Kalimanta merupakan provinsi terkecil dari empat provinsi di Kalimantan.
b. Provinsi Kalimantan Selatan memiliki banyak sungai yang menjadi jalur lalu lintas yang penting.
c. Pada bagian hulu sungai, sungainya masih ditutupi hutan lebat dengan pohon-pohon besar serta belukar
d. Daerah Kalimantan mempunyai prasarana perhubungan darat yakni jalan.

5. . . . .
Seringkali, urusan pinjam-meminjam bisa merenggangkan persahabatan. Urusan kecil bakal menjadi besar jika tidak disertai dengan tanggung jawab yang memadai.
Ingat, setiap pinjaman harus selalu dikembalikan. Cepat atau lambat. Tentu saja harus dalam keadaan seperti semula. Misalnya, kamu meminjam buku catatan pada temanmu. Umumnya, teman yang dipinjami catatan memiliki buku yang rapi, tulisan bagus, dan sebangsanya. Artinya, saat kamu mengembalikan buku tersebut, haruslah dikembalikan dalam keadaan seperti itu. Jangan sampai kemudian kamu malah iseng mencoreti lembaran halamannya. Jangan sampai kemudian kamu malah tertidur dengan beralaskan buku itu. Jangan sampai kamu ceroboh menumpahkan kopi ke atasnya. Tidak heran jika banyak orang yang berprinsip tak mau meminjamkan barang miliknya, meskipun pada sahabatnya sendiri.
Mengapa masalah pinjam-meminjam bisa merenggangkan persahabatan?
a. karena si peminjam tidak bertanggung jawab
b. karena si empunya barang pelit
c. karena barang yang dipinjam rusak
d. karena barang yang dipinjam, dipinjamkan lagi kepada orang lain

6. (1) Jenis-jenis makananan yang mengandung antioksidan bisa dikenali dari warnanya yang kemerahan atau kehijauan. (2) Buah-buahan yang mengandung antioksidan adalah strobery dan tomat. (3) Sementara sayuran yang mengandung antioksidan diantaranya adalah brokoli. (4) Teh hijau juga mengandung antioksidan.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan kalimat nomor ....
a. (1) b. (2) c. (3) d. (4)

7. (1) Ada perbedaan antara ilusi dan halusinasi. (2) Kalau seseorang melihat ilusi, ada sesuatu yang merangsang mata atau indera lainnya. (3) Hal itu dapat dibuktikan karena (1) Tarif dasar listrik (TDL) akan naik per 1 Juli nanti. (2) Badan Anggaran DPR telah menyetujui usul pemerintah menaikkan TDL. (3) Namun,Badan Anggaran tidak akan menyetujui kenaikan merata 15 % untuk semua golongan tapi berjenjang. (4) Skema kenaikan pun akan disusun berdasarkan siapa yang berhak untuk mendapat subsidi dan siapa yakng tidak.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ...
a. (1) b. (2) c. (3) d. (4)

8. Perhatikan kutipan wawancara berikut !
Siswa : “Pak Lurah,bagaimana komentar Bapak tentang kebersihan lingkungan kita ini”?
Pak Lurah : Masih perlu ditingkatkan karena masih banyak saya lihat di tempat-tempat tertentu sampah berserakan.
Siswa :”Apa saja usaha Bapak ?”
Pak Lurah :” Mengaktifkan kegiatan Karang Taruna dalam membantu dan mengusahakan kebersihan. Selain itu, yang paling penting adalah membangkitkan kesadaran penduduk terhadap pentingnya kebersihan lingkungan “.
Simpulan gagasan narasumber pada wawancara di atas adalah ....
a. Masyarakat masih belum tahu pentingnya lingkungan yang bersih karena kurang mendapat penerangan.
b. Kesadaran masyarakat sudah tinggi,sehingga tingkat kegiatan Karang Taruna masih perlu ditingkatkan.
c. Kegiatan Karang Taruna dan kesadaran masyarakat perlu ditingkatkan untuk mencapai lingkungan yang bersih.
d. Kebersihan lingkungan perlu diusahakan bersama antara masyarakat dengan pihak-pihak yang terkait.

9. Perhatikan kutipan wawancara berikut!
Penanya : Menurut Ibu Witoelar, apa tujuan pelaksanaan program pemerintah untuk rakyat?
Narasumber : Menurut saya, lemahnya koordinasi antarlembaga pemerintahan masih menjadi salah satu penyebab utama kurang berhasilnya pelaksanaan program pemerintah untuk rakyat. Untuk menjamin agar setiap lembaga konsisten melaksanakan hasil koordinasi, perlu dibuat aturan hukum formal yang jelas.
Isi yang terdapat pada wawancara di atas adalah ....
a. Kendala pelaksanaan program pemerintah
b. Perlu dibuat aturan hukum formal
c. Upaya memperbaiki sistem koordinasi
d. Koordinasi yang lemah antar lembaga pemerintahan

10. Pewawancara : Apa yang Anda lakukan sehabis kuliah?
Puteri Alifa : Sehabis kuliah,saya langsung ke Studio guru Keng Sien. Saya membuat keramik sambil ngobrol santai.
Informasi yang dapat diambil dari petikan wawancara di atas adalalah ....
a. Puteri Alifa seorang yang tak bisa diam
b. Waktu senggang Puteri Alifa dimanfaatkan untuk membuat keramik
c. Puteri Alifa adalah seorang mahasiswi teladan
d. Studio Keng Sien adalah tempat kursus membuat keramik

11. Ia adalah musikus besar Indonesia yang serbabisa. Sebagai seorang pencipta lagu, ia adalah orang yang meletakkan dasar nyanyian “selera Indonesia” sebenarnya pada lagu-lagu populer. Oleh sebab itu, lagunya dapat dihayati secara umum oleh siapa saja di negara lain.
Tokoh yang diceritakan dalam penggalan riwayat tokoh tersebut adalah . . . .
a. Amien Rais
b. Ismail Marzuki
c. Rudi Hartono
d. Yusuf Kalla

12. Iwan Fals dilahirkan di Jakarta pada tanggal 3 September 1961. Sejak berusia 13 tahun, ia sudah mulai bermain musik dan mengarang lagu dengan lirik yang lucu dan mengutak-atik lagu orang lain. Iwan Fals adalah seorang pemusik Indonesia yang terkenal karena dengan lantang menyuarakan suara hati masyarakat bawah atau “orang kecil”. Selama lebih 20 tahun, ia telah berkarier di dunia musik dengan menyanyikan lagu-lagu yang kerap kali dihubungkan dengan protes sosial.
Kalimat yang menunjukkan keunggulan tokoh dari biografi tersebut....
a. Iwan Fals lahir di Jakarta pada tanggal 3 September 1961
b. Iwan Fals sejak berusia 13 tahun mulai bermain musik
c. Iwan Fals berkarier di dunia musik selama 20 tahun
d. Iwan Fals terkenal karena dengan lantang menyuarakan suara hati masyarakat bawah

13. Pengungkapan tokoh idola dengan memasukkan alasan dan identitas sang tokoh yang tepat di antaranya..........
a. Saya menyukai Sherina Munaf karena mempunyai image yang baru
b. Saya menyukai Laudya Chintya Bella karena pemain film Bukan Bintang Biasa.
c. Saya sangat menyukai pangeran Antasari karena merupakan pemimpin yang ideal bagi rakyat Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin.
d. Saya benar-benar menyukai kiwil karena mempunyai lawakan yang sangat lucu.

14. Karen : Hallo, selamat siang. Saya Karen. Bisakah saya berbicara dengan Arya?
Arya : Saya sendiri. Ada apa Karen?
Karen : Begini Arya. Kami tadi mengadakan rapat tentang pemilihan ketua OSIS yang baru. Saya ingin memberitahukan hasil rapat kepadamu.
Arya : .........
Karen : Pemilihan ketua OSIS akan diadakan pada tanggal 20 Juni 2013.
Kalimat tanya yang efektif untuk melengkapi percakapan di atas .......
a. Ide yang bagus. Tapi apa bisa dilakukan?
b. Hasilnya?
c. Pemilihan ketua OSIS Yang mana lagi?
d. Kapan rapatnya diadakan?

15. Perhatikan ilustrasi berikut!
Adit sangat percaya diri dengan kemampuan berbahasa Inggris yang dikuasainya. Oleh karena Itu, ia yakin akan menang dalam lomba pidato bahasa Inggris tingkat kabupaten. Satu bulan sebelum lomba, guru pembimbing meminta Adit untuk melatih diri berpidato. Karena merasa pintar, ia malas berlatih. Sehari sebelum lomba, ia mengajak teman-temannya bermain playstation di rumahnya. Kemudian, saat lomba berlangsung ia merasa gugup berada di atas panggung. Ia lupa dengan materi yang akan disampaikan. Kemampuannya berbicara bahasa Inggris pun menjadi kacau. Ia menyesal dan malu dengan guru serta teman-temannya.
Penulisan catatan harian yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah...
A. Aku gembira menjadi wakil dari sekolah untuk lomba pidato bahasa Inggris tingkat kabupaten. Aku sangat berharap menjadi juara agar bisa mengajak teman-teman bermain Playstation di rumah.
B. Aku sudah berusaha. Aku berjuang agar bisa menang saat lomba pidato bahasa Inggris tingkat kabupaten. Ternyat doaku belum terkabul. Aku gagal.
C. Aku terlalu percaya diri sewaktu mengikuti lomba bahasa Inggris tingkat kabupaten. Hasilnya gak seperti yang kuinginkan. Wah, aku menyesal dan malu.
D. Aku suka mengajak teman-teman bermain playstation di rumah. Meskipun besok aku mengikuti lomba pidato bahasa Inggris tingkat kabupaten, aku malas belajar.

16. Tabel Data Anak Putus Sekolah di Kecamatan Sawahan

Kelurahan

SD

SMP

SMA

Sawahan
Pakis
Putat Jaya
Banyu Urip
Polemon

6
25
31
20
14

4
19
29
25
12

-
20
7
13
5

Jumlah

96

88

45
Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada tabel tersebut adalah ......
a. Apa sajakah penyebab mereka putus sekolah?
b. Mengapa angka putus sekolah di Kecamatan Sawahan tinggi?
c. Berapa siswa yang putus sekolah di Kelurahan Pakis?
d. Di manakah siswa yang putus sekolah itu belajar setiap hari?

17. Tabel permintaan beras di Pasar Gede Bulan Mei-Juni 2010

Jenis Beras

Permintaanberas
bulan Mei 2010
(Kuintal)

Permintaan beras
bulan Juni 2010
(Kuintal)
Rajalele
IR 64
Cisadane
Mentik Wangi
76
56
55
34
65
60
57
42

Kesimpulan isi tabel tersebut adalah .....
a. Permintaan beras IR 64 di Pasar Gede pada bulan Mei dan Juni 2010 stabil.
b. Permintaan beras Cisadane pada bulan Juni meningkat sebanyak 2 kuintal dari bulan Mei.
c. Pada bulan Juni 2010, permintaan beras Mentik lebih tinggi daripada permintaan beras IR 64.
d. Permintaan beras Rajalele di Pasar Gede pada bulan Juni meningkat

18. Perhatikan tabel Data Jalan menurut Fungsi di DKI Jakarta Tahun 2002 Per Desember 2002 berikut!

No

Funsi Jalan

Panjang (M)

Luas (M2)

Rasio Jalan
1 Jalan Arteri Primer 366.460 5.284.105 0,8994
2 Jalan Arteri Sekunder 1.325.093 15.254.846 2,2081

JUMLAH 1.681.553 20.538.951 3,9390
3Jalan Lokal 4.936.928 20.988.104 3,1755

TOTAL 6.628.481 41.527.055 6,2830

Narasi yang tepat atas isi tabel di atas adalah . . . .
a. Berdasarkan data jalan menurut fungsi di DKI Jakarta tahun 2002 per Desember 2002 adalah: Jalan Arteri Primer memiliki panjang 5.284.105 m2, luas 366.460 m, dengan rasio 0,8994. Jalan Arteri Sekunder memiliki panjang 1.325.093 m, luas 15.254.846 m2, dengan rasio 2,2081. Sedangkan Jalan Lokal memiliki panjang 4.936.928 m, luas 20.988.104 m2, dengan rasio 3,1755.
b. Berdasarkan data jalan menurut fungsi di DKI Jakarta tahun 2003 per Desember 2003 adalah: Jalan Arteri Primer memiliki panjang 366.460 m2, luas 5.284.105 m, dengan rasio 0,8994. Jalan Arteri Sekunder memiliki panjang 1.325.093 m, luas 15.254.846 m2, dengan rasio 2,2081. Sedangkan Jalan Lokal memiliki panjang 4.936.928 m, luas 20.988.104 m2, dengan rasio 3,1755.
c. Berdasarkan data jalan menurut fungsi di Bandung tahun 2002 per Desember 2002 adalah: Jalan Arteri Primer memiliki panjang 366.460 m, luas 5.284.105 m2, dengan rasio 0,8994. Jalan Arteri Sekunder memiliki panjang 1.325.093 m, luas 15.254.846 m2, dengan rasio 2,2081. Sedangkan Jalan Lokal memiliki panjang 4.936.928 m, luas 20.988.104 m2, dengan rasio 3,1755.
d. Berdasarkan data jalan menurut fungsi di DKI Jakarta tahun 2002 per Desember 2002 adalah: Jalan Arteri Primer memiliki panjang 366.460 m, luas 5.284.105 m2, dengan rasio 0,8994. Jalan Arteri Sekunder memiliki panjang 1.325.093 m, luas 15.254.846 m2, dengan rasio 2,2081. Sedangkan Jalan Lokal memiliki panjang 4.936.928 m, luas 20.988.104 m2, dengan rasio 3,1755.

19. Perhatikan diagram berikut!
Jenis ekskrakurikuler yang paling banyak diminati siswa SMP 7 Muara Uya adalah . . .
a. Pramuka
b. PMI
c. Kesenian
d. Volly

20. Perhatikan diagram berikut!
Narasi yang tepat berdasarkan isi diagram tersebut adalah . . .
a. Perkembangan harga bawang merah dari tahun 2011 ke tahun 2012 relatif tetap.
b. Perkembangan harga bawang merah dari tahun 2011 ke tahun 2012 mengalami penurunan.
c. Harga bawang merah setiap daerah mengalami kenaikan dan penurunan yang sama.
d. Perkembangan harga bawang merah setiap tahun cenderung meningkat.

21. Perhatikan kutipan wawancara berikut!
P : “Apa kesulitan yang anda rasakan saat menulis novel, yang tidak anda hadapi saat menulis cerpen?”
N : “Menulis novel membutuhkan waktu yang lama dan melelahkan, sementara cerpen tidak. Saya harus berkutat dengan dunia fiksi ciptaan saya sampai cerita yang saya tulis itu selesai. Sementara saat menulis cerpen, saya hanya butuh meluangkan waktu beberapa jam dalam sehari untuk menulisnya. Kegiatan itu tidak berlanjut pada hari berikutnya.”
P : “Menulis novel membutuhkan stamina dan motivasi lebih. Kita sering menemui kasus penulisan novel berhenti sebelum selesai. Bagaimana cara anda mempertahankan konsistensi?”
N : “Menurut saya, rutin menulis setiap hari, walaupun hanya satu lembar. Karena begitu berhenti menulis sehari saja, saya akan malas melanjutkannya lagi. Saya juga menanamkan keyakinan yang besar dalam diri bahwa novel itu harus selesai.”
Bentuk narasi dari kutipan wawancara tersebut adalah. . .
a. Menurut narasumber, ia lebih menyukai menulis novel daripada menulis cerpen. Menulis novel berkutat dengan dunia fiksi yang ia ciptakan. Ia rutin menulis setiap hari walaupun selembar.
b. Menurut narasumber, waktu penulisan novel berkutat pada dunia fiksi yang ia ciptakan hingga selesai. Sedangkan, waktu penulisan cerpen hanya beberapa jam saja. Ia mempertahankan konsistensi dalam menulis novel dengan rutin menulis setiap hari.
c. Menurut narasumber, menulis novel membutuhkan waktu yang lama dan melelahkan daripada menulis cerpen. Cara untuk mempertahankan konsistensi penulisan novel yaitu rutin menulis setiap hari walaupun selembar. Ia menanamkan keyakinan yang besar dalam diri agar novel itu selesai.
d. Menurut narasumber, waktu yang dibutuhkan dalam menulis novel lebih lama hingga ke beberapa hari berikutnya. Ia mempertahankan konsistensi dalam menulis novel dengan menanamkan keyakinan besar bahwa novel itu harus selesai.

22. Cermati ilustrasi berikut!
Kepala sekolah meminta kepala tata usaha membuat undangan rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru. Undangan itu ditujukan kepada guru dan staf.
Isi pesan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah . . .
a. Buat laporan rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru untuk guru dan staf.
b. Buat daftar hadir rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru untuk guru dan staf.
c. Rapat pembentukan panitia siswa baru untuk guru dan staf segera dilaksanakan.
d. Segera buat undangan rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru untuk guru dan staf.

23. Perhatikan ilustrasi berikut!
Gerakan Pramuka SMP Kasatrian akan mengadakan Persami di sekolah. Kepala Sekolah meminta kepada Pembina Pramuka membuat proposal kegiatan yang segera akan dibaca. Permintaan tersebut ditulis dalam sebuah pesan.
Kalimat memo yang tepat berdsarkan ilustrasi tersebut adalah…
a. Tolong buat proposal kegiatan tersebut secepatnya.
b. Segera buat proposal Persami. Letakkan di meja saya. Terima kasih.
c. Buatlah proposal dengan baik kegiatan Persami, serahkan kepada saya besok pagi.
d. Dengan hormat, buatlah proposal kegiatan Persami secepatnya. Terima kasih

24. Hanna mau berkunjung ke pameran lukisan. Dia bermaksud mengajak Sisil untuk pergi bersama-sama. Akan tetapi Sisil sedang pergi ke rumah Raka sepupunya.
Pesan singkat yang ditulis Hanna sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…
a. Sil, nanti sore kita ke rumah Raka.
b. Sil, nanti sore kita ke pameran lukisan ya. Kutunggu di rumah.
c. Raka, pulang sekolah kita ke pameran lukisan ya.
d. Na, nanti sore kita menjenguk Raka.

25. Perhatikan ilustrasi berikut!
Direktur sebuah perusahaan menulis pesan kepada wakilnya. Dia memberikan perintah agar menyiapkan undangan rapat pembentukan panitia ulang tahun perusahaan.
Pesan singkat yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…
a. Tolong, siapkan rapat panitia perayaan ulang tahun perusahaan.
b. Tolong, Saudara Sekretaris segera menyiapkan undangan rapat pembentukan panitia perayaan ulang tahun perusahaan.
c. Segera siapkan undangan rapat pembentukan panitia perayaan ulang tahun perusahaan.
d. Segera siapkan rapat panitia perayaan ulang tahun perusahaan. Rapat diadakan di ruang pertemuan.

26. Pada saat musim kemarau, kini sebagian wilayah di Indonesia mengalami akan kekeringan.
Kalimat efektif hasil perbaikan dari kalimat tersebut adalah…
a. Pada musim kemarau, sebagian wilayah Indonesia mengalami kekeringan.
b. Musim kemarau, kini wilayah Indonesia akan mengalami kekeringan.
c. Pada kemarau, sebagian wilayah Indonesia akan mengalami kekeringan.
d. Saat kemarau, kini Indonesia akan mengalami kekeringan.

27. Ketika berlangsung gelaran IIMS 2012, PT Tata Motors Indonesia (TMI), agen pemegang merk mobil Tata Motors, tidak jual produk mereka. Namun, team dari PT TMI hanya memperkenalkan produk-produknya. Selama pameran berlangsung, tidak sedikit perwakilan perusahaan maupun pribadi menyatakan antusias menjadi penyalur produk dari PT TMI di daerah masing-masing.

Perbaikan pilihan kata bercetak miring yang tepat adalah . . .
a. merek, terjual, grup
b. merek, menjual, tim
c. merek, berjualan, kelompok
d. merek, menjual, grup

28. Perhatikan pengumuman berikut!
OSIS SMP Purnama akan mengadakan lomba berpidato dalam rangka memperingati HUT ke-15 SMP Purnama. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Rabu, 16 Januari 2013. Pendaftaran dilakukan di sekretariat OSIS SMP Purnama pada jam istirahat sekolah. Pendaftaran paling lambat pada Senin, 14 Januari 2013.
Isi pengumuman yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah. . .
a. Dalam rangka memperingati HUT ke-15 SMP Purnama,OSIS SMP Purnama mengadakan lomba berpidato yang akan dilaksanakan pada Rabu, 16 Januari 2013. Setiap kelas diminta mengirimkan satu peserta. Pendaftaran paling lambat Senin, 14 Januari 2013 di sekretariat OSIS.
b. OSIS SMP Purnama akan mengadakan berbagai lomba dalam rangka HUT ke-15 SMP Purnama. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan yakni lomba berpidato. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Rabu, 16 Januari 2013. Pendaftaran paling lambat Senin, 14 Januari 2013.
c. OSIS SMP Purnama akan mengadakan lomba berpidato yang akan dilaksanakan pada 14 Januari 2013. Siswa yang berminat harap segera mendaftarkan diri di sekretariat OSIS SMP Purnama.
d. Dalam rangka memperingati HUT ke-15 SMP Purnama, OSIS SMP Purnama mengadakan lomba berpidato. Lomba akan dilaksanakan pada Rabu, 16 Januari 2013. Siswa yang berminat dapat mendaftar pada jam istirahat sekolah di sekretariat OSIS paling lambat Senin, 14 Januari 2013.

29. Minggu, 24 Februari 2013, Andi dan keluarga berwisata ke Pantai Baron. Andi sangat senang karena ia sudah ke lama ingin pantai. Di Pantai Baron, Andi berenang sepuasnya.
Penulisan buku harian yang tepat ditulis oleh Andi adalah. . .
a. Minggu,24 Februari 2013, aku sangat senang. Aku dan keluarga pergi berwisata ke Pantai Baron. Sudah lama aku ingin ke pantai. Di Pantai Baron aku berenang sepuasnya. Wah, akhirnya keinginanku terpenuhi.
b. Minggu,24 Februari 2013, aku diajak ayah ke Pantai Baron. Suasana di Pantai Baron sangat panas. Namun, aku tidak terpengaruh. Aku menikmati suasanadi Pantai Baron karena memang sudah lama aku ingin ke pantai.
c. Minggu,24 Februari 2013, aku dan keluarga pergi ke Pantai Baron. Suasana siang itu sangat panas. Aku memutuskan untuk berenang saja. Wah, aku sangat senang.
d. Minggu, 24 Februari 2013, aku dan ayah berwisata ke Pantai Baron. Di sana kami berenang bersama. Kami pulang ke rumah setelah matahari terbenam.

30. Perhatikan kutipan surat berikut!
Anita yang terkasih,
[ . . . ] Aku dan keluarga juga sehat selalu di sini. Aku selalu ingat akan masa-masa indah persahabatan kita. Kuharap surat ini sebagai penyambung komunikasi kita,ya. Kuingin kamu mau membalas surat ini. Yuli
Kalimat surat pembuka yang tepat adalah. . .
a. Kuharap kamu saat ini baik-baik saja.
b. Kumohon kamu sudah lebih besar sekarang.
c. Kuyakin saat surat ini datang kamu masih di sekolah.
d. Kukira kita sudah lama tidak berkirim surat, ya.

31. Oh ya, Tuti, bagaimana kegiatan ekstrakurikuler di sekolahmu? Apakah kamu ikut ekstrakurikuler? Kalau aku masih seperti dulu. Masih aktif dalam Pramuka.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Salam manis.
Vina

Kalimat penutup surat yang tepat agar Tuti segera membalas surat Vina adalah ....
a. Atas perhatianmu, kuucapkan terima kasih. Aku bangga bersahabat denganmu.
b. Tut, sampai di sini dulu surat dariku. Balasan surat darimu selalu kutunggu.
c. Demikianlah surat dariku Vina, semoga tidak mengganggu belajar.
d. Kiranya surat dariku cukup sampai di sini. Tut, kapan-kapan kusambung lagi

Kutipan surat berikut untuk soal no. 32 dan 33!

PEMERINTAH KABUPATEN PONOROGO
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP SAMUDRA PASAI
Jalan Sarang Bango 34, Jakarta 143215
-------------------------------------------------------------------------------------
10 Maret 2012
Nomor : 001/III/2012
Hal : Permohonan
Kepada Yth. Bapak Kepala Sekolah.(1)
Di Jakarta

Dengan hormat,
Sehubungan pelaksanaan peringatan Ulang Tahun Sekolah Tahun 2012, Kami panitia pelak
Sana mengajukan permohonan untuk menggunakan aula sekolah.
................(2)
Demikian permohonan kami sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.

32. Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian nomor (2) adalah ....
a. Aula akan digunakan untuk lomba peragaan busana adat pada tanggal 18- 20 Maret 2012, pukul 10.00-14.00.
b. Berhubung pelaksanaan acara perin gatan hari ulang tahun sekolah tahun ini akan diadakan secara meriah di sekolah.
c. Mengingat pentingnya acara ini dalam rangka memupuk kecintaan dan kesetiaan khususnya terhadap para warga sekolah.
d. Maka kami sangat berharap kepada Bapak dapat mendukung terselenggaranya acara ini pada tanggal 21 Maret 2012, pukul 10.00.

33. Perbaikan alamat surat pada nomor (1) yang tepat adalah ....
a. Yth:Bapak Kepala SMP Samudra Pasai Jakarta
di Jakarta
b. Yth. Kepala SMP Samudra Pasai Jakarta
di Jakarta
c. Yth.Bapak Samudra Kepala Sekolah Jakarta
di Jakarta
d. Yth. Kepala SMP Samudra Pasai
di Jakarta

34. “Ibu duduk santai saja di kursi panjang ini,” ajak Dinah seraya menggandeng lengan ibunya. “Nah, begitu lebih baik kan? Kakinya diselonjorkan.”
“Bu ...Aku pijiti, ya, Bu, yaaa?”
Ibu menurut saja. Ia tersenyum menerima perlakuan putrinya.

Gambaran kehidupan kutipan cerita tersebut dengan realitas kehidupan yaitu ....
a. Seorang anak yang peduli terhadap ibunya.
b. Seorang ibu yang suka menyuruh anaknya untuk memijit.
c. Seorang ibu yang ingin dimanjakan anaknya.
d. Seorang anak yang ingin mengambil hati ibunya.

Kutipan dongeng digunakan untuk soal nomor 35-38
Jaka si Pemburu Itik
Di sebuah desa, tinggal seorang ayah dengan anak laki-lakinya yang bernama Jaka. Mereka hidup dari berburu itik di hutan. Setiap berburu, ayah Jaka hanya menembak satu ekor itik saja. Melihat hal itu Jaka bertanya kepada ayahnya, “Kenapa kita hanya menembak satu ekor saja, yah?”
Sang ayah menjawab, “Karena kalau kita membunuh semua itik, nanti itik tersebut akan habis dan tidak bisa berkembang biak lagi. Jika itik semua habis tak tersisa maka kita akan makan apa? Selain itu kalau sembarangan membunuh itik kita juga akan kena hukum oleh sang Dewa.Beberapa bulan kemudian, ayah Jaka sakit keras dan akhirnya meninggal dunia. Sejak saat itu Jaka berburu itik sendirian dan menjualnya ke pasar. Lama-kelamaan Jaka bosan dengan pekerjaannya, Ia mempunyai sebuah ide. Keesokan hari Jaka datang ke danau yang sudah menjadi es. Ia menebarkan makanan yang sangat banyak untuk itik-itik. Tidak berapa lama sekelompok itik datang dan mengahabiskan makanan yang telah diberikan Jaka. Karena terlalu kenyang itik-itik tersebut tertidur, saat seperti inilah akal busuk Jaka dapat dilaksanakannya. Semua itik yang tertidur di ikatnya menjadi satu. Seratus itik di ikat.

35. Mengapa setiap hari ayah Jaka hanya menangkap seekor itik saja ?
a. Karena itik tidak mau diikat.
b. Karena ayah Jaka takut dengan itik.
c. Karena jika membunuh semua itik, maka akan terjadi kepunahan, sehingga tidak ada lagi itik yang dapat berkembang biak.
d. Tidak perlu melestarikan apapun yang ada di sekitar kita.

36. Relevansi isi dongeng tersebut dalam kehidupan saat ini adalah ....
a. Sekarang ini jika kita malas bekerja maka hidup akan susah.
b. Bekerja tidak akan mendapatkan apa-apa.
c. Orang malas pasti sukses.
d. Bekerja itu sangat membosankan.

37. Salah satu hal yang menarik dari dongeng tersebut adalah ....
a. Sikap ayah Jaka yang serakah.
b. Pekerjaan ayah Jaka yang setiap harinya menangkap burung.
c. Semangat ayah Jaka yang pemalas.
d. Sikap Ayah Jaka yang selalu bekerja keras.

38. Amanat yang disampaikan dalam dongeng tersebut adalah ....
a. Tidak perlu menyayangi binatang apalagi itik.
b. Tidak perlu bekerja keras, karena itu tugas orang tua kita.
c. Setiap orang harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
d. Rezeki itu tidak perlu dicari karena sudah ada Tuhan yang mengaturnya. pohon secara membabi buta

39. Ketika malam semakin larut, para pemuda dua daerah itu mulai bersiap-siap hendak berangkat mengadakan penyerangan. Wak haji yang sebenarnya masih belum tahu medan di Desa Kendal mendapat kehormatan untuk memimpin penyerangan malam itu.
Latar tempat dalam kutipan dongeng tersebut adalah...
a. Dua daerah
b. Desa Kendal
c. malam hari
d. sebuah sungai

40. Kancil memang cerdik. Menghadapi masalah apapun ia bisa. Dengan licik ia bisa menipu siapa saja, kera, buaya, bahkan harimau. Tetapi siapa sangka pada kisah “Kancil dengan Siput”, Sang Kancil justru tak berdaya.
Amanat yang dapat diambil dari cerita dongeng tersebut .......
a. Jangan sombong kalau mempunyai kelebihan
b. Kelebihan harus ditunjukkan
c. Kegagalan dijadikan pengalaman
d. Dengan siapapun harus tolong-menolong

Kutipan puisi berikut untuk menjawab soal nomor 41 dan 42.
Karena Kasih-MU
Karena Kasih-MU
Engkau tentukan waktu
Sehari lima kali bertemu
Aku ingin rupa-Mu
Kulebihi sekali
Sebelum cuaca menali sutera

41. Tema puisi tersebut adalah....
a. pendekatan diri kepada Tuhan
b. pertemuan lima kalisehari
c. kerinduan pada kekasih
b. harapan pada masa depan

42. Suasana yang tergambar pada puisi tersebut adalah....
a. gembira c. sedih
b. senang d. hening

Kutipan puisi berikut untuk menjawab soal nomor 43 dan 44.
Perlawanan
Sebab terlalu lama meminta
Tangan terkulai bagai terkoyak
Sebab terlalu pasrah pada derita
Kesetiaan makin diinjak
Demi amanat dan beban rakyat
Kami nyatakan ke seluruh dunia
Telah bangkit di tanah air
Sebuah perlawanan

43. Citraan yang terdapat dalam puisi tersebut adalah .........
a. perabaan
b. penciuman
c. perasaan
d. pendengaran

44. Tujuan dari puisi tersebut adalah…..
a. Mengajak orang lain untuk berpasrah diri kepada keadaan dunia.
b. Memberikan peringatan kepada semua orang agar tidak berlaku kejam.
c. Mendorong orang lain untuk tidak membuat keputusan yang salah.
d. Mengajak untuk berjuang melawan kekuasaan pemerintah yang tidak memedulikan rakyat.

45. Perhatikan puisi berikut!
Beri aku yang terbaik segala
Laut makmur dan ikan bertabur
Hawa sejuk dan angin lembut
[…..]
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah…..
a. Bukan tangis yang mengamuk sungai
b. Bukan perahu yang menebar jaring
c. Bukan angin yang lembut sepoi
d. Bukan ombak yang memecahkan perahu

46. Bacalah kutipan puisi berikut!
Beli cempedak campur acar,
naik becak menuju Semanggi
[…..]
[…..]
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah…..
a. Jadi anak harus rajin belajar,
agar kelak tidak merugi.
b. Jadi anak rajinlah mengaji,
agar besok masuk surge.
c. Marilah jadi anak yang sabar,
anak sabar disayang Tuhan.
d. Marilah adik bermain anggar,
bermain anggar pakai cemeti.

47. Bacalah kutipan puisi berikut!
Tuhan telah menegurmu
Dengan menahan kesabaran
Lewat gempa bumi yang berguncang
.......
Hujan dan badai yang melintang pukang
Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut agar bermakna adalah .......
a. Awan yang melintas
b. Air yang mengalir deras
c. Angin yang meraung-raung
d. Api yang berkobar-kobar

48. Bacalah ilustrasi berikut dengan saksama!
Seorang yang bernama Amar merasa segala doanya kepada Tuhan tak pernah dikabulkan. Ia menduga dosa yang banyak menjadi penyebabnya. Dosa akibat salah menjalankan perintah Tuhan.
Puisi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ......
a. Marahlah Kau padaku
Hasratku Kau abaikan
Salahkah aku
Doaku mengalun ke Arsy-Mu
Kurangkah sujudku
b. Ku terima nasibku
Jika kau abaikan diriku
Kau memang berkuasa
Atas diriku yang hina
Segala dosa sudah ku lantunkan
c. Segala kupinta tiada Kau beri
Segala kutanya tiada Kau sahuti
Benar-benar salah arahku
Hampir tertahan tumpah berkah
Hampir tertutup pintu restu
d. Nanar mata ini menatap
Bayang-bayang dosa
Tak terhapuskan dosa ini
Dengan segala dosa sengajakah
Kau lakukan ini

49. Perhatikan pantun berikut!
Padi di sawah kuning warna-warni
Batu di kali banyak bentuknya
. . . .
. . . .
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun rumpang tersebut adalah .…
a. Jika kamu ingin pintar
Belajarnya di pnggir sungai
b. Jangan lupa pada orangtua
Agar hidup senang selalu
c. Turuti saja petuah bibi
Agar hidup kita tidak sengsara
d. Banyak cara agar hidup bahagia
Kerjakanlah perintahnya

50. Perhatikan pantun berikut!
Yogyakarta kota berhati nyaman
Jika Anda cinta kebersihan
Mengapa buang sampah di kali
Itulah slogan indah sekali
Larik pantun tersebut akan menjadi pantun yang baik bila disusun menjadi . . . .
a. Yogyakarta kota berhati nyaman
Itulah slogan indah sekali
Jika Anda cinta kebersihan
Mengapa buang sampah di kali
b. Itulah slogan indah sekali
Yogyakarta kota berhati nyaman
Jika Anda cinta kebersihan
Mengapa buang sampah di kali
c. Jika Anda cinta kebersihan
Mengapa buang sampah di kali
Itulah slogan indah sekali
Yogyakarta kota berhati nyaman
d. Mengapa buang sampah di kali
Jika Anda cinta kebersihan
Yogyakarta kota berhati nyaman
Itulah slogan indah sekali

.

Contoh Soal UAS Sem. Genap (Semester IV) Kelas VIII | Arsip Soal Tahun 2013

Contoh Soal UAS Sem. Genap (Semester IV) Kelas VIII | Arsip Soal Tahun 2013--
Senin, 9 Juni 2014 nanti, kalian akan mengikuti Ulangan Umum atau UAS (Ulangan Akhir Semester). Ingin mengenali tipe soalnya? Berikut Bapak lampirkan soal UAS Semester Genap tahun lalu, 2013. Kerjakanlah soal berikut dengan menjawab di kertas lain. Cukup tulis abjadnya saja (A,B,C, atau D) dalam waktu 90 menit (jangan lebih). Jika selesai, periksa hasil jawabanmu dengan mencocokkan kunci jawaban.
Rajin Belajar
Ilmu pengetahuan merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya. Dengan ilmu pengetahuan kita dapat mengetahui segala sesuatu yang berada di dalam diri kita. Ia tidak bisa dicuri orang. Ia akan ikut ke mana saja kita pergi karena ia bersemayam dalam otak kita. Apabila ilmu pengetahuan yang ada dalam otak kita berikan kepada orang lain, ia tidak akan berkurang. Bahkan bertambah kokoh dalam ingatan kita. Karena itu, kita harus berusaha agar simpanan ilmu pengetahuan bertambah banyak dalam gudang ingatan kita, sehingga kapan diperlukan dapat digunakan dengan baik dan tepat.
Untuk menambah pengetahuan itu, satu-satunya jalan melalui belajar. Pelajaran yang dipelajari baru bisa dipelihara dalam ingatan apabila dihafal dan dipelajari dengan rajin dan sungguh-sungguh. Pelajaran atau ilmu pengetahuan tidak dapat diisikan ke dalam otak kita seperti memasukkan beras ke dalam karung. Memasukkannya adalah dengan menggunakan pancaindra secara sungguh-sungguh. Apabila guru sedang menerangkan pelajaran, dengarkanlah dengan baik dan penuh perhatian. Setelah itu, pelajaran tersebut diulang di rumah sampai dikuasai betul. Apabila membaca buku, hendaklah dengan sepenuh hati sehingga kita dapat memahami isi buku tersebut.
Orang yang malas belajar berarti ia tidak berusaha dengan sungguh-sungguh memasukkan pelajaran ke dalam ingatannya. Pelajaran yang tersimpan mungkin sedikit sekali. Waktu ujian, tentu ia tidak dapat menjawab pertanyaan dengan betul. Akhirnya, ia gagal atau tidak lulus dalam ujian. Selanjutnya, ia akan menemui kesulitan dalam hidup.
Suatu bangsa atau umat baru dapat maju dan sukses apabila mereka rajin belajar dan menuntut ilmu pengetahuan. Untuk mencapai sukses dalam kehidupan, baik secara pribadi maupun bangsa kita secara keseluruhan, marilah kita menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh.

1. Ide pokok paragraf kedua pada wacana di atas adalah ….
a. Belajar salah satu jalan menambah pengetahuan.
b. Pelajaran baru bisa diingat dengan cara dihafal.
c. Apabila guru sedang menerangkan harus diperhatikan.
d. Apabila membaca buku hendaklah dengan sungguh-sungguh.

2. Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf pertama adalah….
a. Untuk apa kita mencari ilmu pengetahuan?
b. Mengapa ilmu pengetahuan itu sangat berharga?
c. Dengan cara bagaimanakah kita mencari ilmu pengetahuan?
d. Untuk siapakah kita belajar dan mencari ilmu pengetahuan?

3. Perhatikan kutipan berikut!
Ekstrak daun dan buah jambu biji dapat berguna untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah. Rebusan daun dan sari buahnya pun dapat berguna untuk meningkatkan jumlah trombosit. Penderita yang sudah positif terkena DBD dapat mengonsumsi ekstrak jambu biji untuk menaikkan trombositnya. Setelah mengonsumsi ekstrak buah jambu sekitar 500cc dalam sehari, trombosit penderita DBD dapat meningkat dalam waktu 8 sampai 48 jam. Menurut penelitian, rebusan daun jambu biji juga dapat mencegah perkembangan virus DBD.
Dikutip dari: http://www.oblo-web.id, diunduh 11 September 2011

Simpulan isi bacaan tersebut adalah . . .
a. Jambu biji sangat bermanfaat bagi penderita DBD.
b. Ekstrak daun jambu biji dapat membantu
pertambahan trombosit.
c. Jambu biji sebagai buah yang kaya manfaat.
d. Manfaat ekstrak daun dan buah jambu biji bagi manusia.

4. Perhatikan denah berikut!
Jika Amin tinggal di perumahan Permata Hijau, perjalanan paling efektif menuju KPU adalah...
a. Dari perumahan Permata Hijau menyeberang jalan Siraj Salman melewati Jalan Wijaya Kusuma sampai Jalan Ir. Juanda belok ke barat.
b. Dari perumahan Permata Hijau, lewat jalan Siraj Salman belok ke timur terus Jalan Juanda I.
c. Dari perumahan Permata Hijau, masuk jalan Juanda I terus sampai Jalan Ir. Juanda lalu belok ke barat.
d. Dari perumahan Permata Hijau, masuk jalan Juanda I, belok ke barat lewat Jalan Wijaya Kusuma IV

5. Denah lokasi berisi…
a. Petunjuk ke pasar
b. Petunjuk untuk menemukan lokasi
c. Petunjuk untuk melakukan kegiatan
d. Membantu suksesnya penelitian

Teks 1.
Semua penumpang tewas dalam kecelakaan kereta api ekonomi Bengawan jurusan Solo-Tanah Abang. Peristiwa ini terjadi Selasa (16/1) pukul 06.06. Akibat peristiwa itu perjalanan kereta api terganggu.

Teks 2.
Selasa (16/1) dinihari terjadi kecelakaan kereta api di Dusun Gunung Lurah, Rancamaya, Banyumas. Kereta api ekonomi Bengawan jurusan Solo-Tanah Abang tergulir di jembatan rel Sungai Panger. Lima penumpang tewas dan lebih dari 100 orang luka-luka.

6. Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah…
a. Teks 1: Mengapa- apa – kapan
Teks 2: berapa - apa - kapan
b. Teks 1: Mengapa – apa – bagaimana
Teks 2: berapa – siapa – kapan
c. Teks 1: Berapa – kapan – bagaimana
Teks 2: kapan – apa – berapa
d. Teks 1: Berapa – siapa – bagaimana
Teks 2: kapan – bagaimana - berapa

7. Kesamaan informasi yang dibahas dalam kedua teks tersebut adalah …
a. Penumpang tewas.
b. Rel kereta rusak
c. Kecelakaan kereta api
d. Kecelakaan bus

Meskipun keputusan kenaikan harga elpiji 12 kg merupakan kewenangan Pertamina, pemerintah tidak akan lepas tanggung jawab. Pemerintah akan mengawasi pelaksanaan kenaikan harga sebesar Rp 100 per kg yang telah diberlakukan PT Pertamina mulai 10 Oktober 2009. Menurut Dirjen Migas Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Evita Legowo, pemerintah telah memberikan tiga syarat sebelum Pertamina menaikkan harga elpiji 12 kg. Ketiga syarat tersebut adalah sesuai harga patokan elpiji, kemampuan daya beli masyarakat, dan kesinambungan penyediaan serta pendistribusian. Harga elpiji disesuaikan dengan harga internasional.

8. Pernyataan yang merupakan isi kutipan berita tersebut adalah …
a. Harga elpiji 12 kg mulai stabil.
b. Melambungnya harga elpiji 12 kg.
c. Melonjaknya harga elpiji 12 kg
d. Kenaikan harga elpiji 12 kg.

9. Bacalah paragraf berikut!
1) Salah satu bagian sepeda motor yang penting adalah ban. 2) Biasanya para pengendara kurang memerhatikan hal-hal itu. 3) Mereka kurang memerhatikan bahwa kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara juga ditentukan oleh kondisi ban. 4) Oleh sebab itu, para pengendara perlu memerhatikan kondisi ban secara berkala.

Kalimat utama paragraf bernomor tersebut terdapat pada nomor ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

10. Terkesan masalah jaminan sosial bukan prioritas pemerintah, setelah pemerintah menunda rapat dengan panitia khusus DPR membahas Rancangan Undang-Undang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial, Jumat ( 15/7) siang. Padahal, batas akhir mengesahkan RUU BPJS ini tinggal lima hari, yakni 22 Juli 2011.
Simpulan isi bacaan tersebut adalah ....
a. Rancangan Undang-undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial
b. Masalah jaminan sosial bukan prioritas utama pemerintah
c. Mengesahkan RUU BPJS
d. Rapat ditunda

11. Kereta Api Kahuripan dari Bandung ke Kediri anjlok di Desa Kaligunting Saradan, Madiun, Jawa Timur. Kecelakaan diduga disebabkan terlepasnya engsel dan as kereta sehingga roda kereta keluar jalur. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Mungkin karena kereta hanya diisi sekitar 50 penumpang. Saat ditemui di lokasi kejadian, Kepala Humas PT. Kereta Api Daerah Operasi VII Madiun Wahyu Kartono menuturkan, penyebab pasti kecelakaan ada beberapa kemungkinan, antara lain faktor sarana kereta, prasarana rel, dan faktor teknis lainnya.
Simpulan paragraf di atas adalah . . . .
a. Masyarakat harus hati-hati jika menggunakan jasa kereta api
b. Faktor kesalahan manusia juga harus diselidiki
c. Anjloknya KA Kahuripan di Desa Kaligunting Saradan.
d. Sebaiknya pemerintah menyelidiki penyebab pasti kecelakaan

12. Kepada
Yth. Bapak Direktur PT Mitra Andalas
Jalan angkasa baru No. 50
Jakarta Timur
Perbaikan penulisan alamat surat tersebut yang tepat adalah ....
a. Yth.
direktur PT Mitra Andalas
Jalan angkasa baru No. 50
Jakarta Timur
b. Yth. Direktur PT Mitra Andalas
Jalan Angkasa Baru N0.50
Jakarta Timur
c. Yth. Direktur PT mitra andalas
Jalan Angkasa Baru N0. 50
Jakarta Timur
d. Yth. Direktur Pt Mitra Andalas
JL. Angkasa Baru N0.50
Jakarta Timur

13. Bacalah kutipan surat berikut!
Yth. Ketua Komite SMP 7 Muara Uya
di Muara Uya

Dengan hormat,
Kami mengharapkan kehadiran Saudara dalam acara pembentukan panitia HUT SMP 7 Muara Uya pada:
hari, tanggal : Sabtu, 24 Agustus 2013;
waktu : pukul 09.00 s.d. selesai;
tempat : aula SMP 7 Muara Uya.
[. . . .]
Kalimat penutup surat yang tepat untuk melengkapi surat tersebut adalah . . .
a. Atas kehadiran Saudara, kami ucapkan terima kasih.
b. Atas kedatangannya, diucapkan terima kasih.
c. Atas perhatian Saudara, kami mengucapkan terima kasih.
d. Atas perhatiannya Saudara, kami mengucapkan terima kasih.

14. OSIS SMP 7 Muara Uya akan mengadakan Porseni. Ketua OSIS mengundang pengurus OSIS untuk rapat pembentukan panitia. Rapat tersebut akan dilaksanakan pada Jumat, 19 Maret 2013, pukul 14.00 di ruang OSIS.
Isi surat resmi yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah . . .
a. Kami mengharapkan kehadiran para pengurus OSIS SMP 7 Muara Uya dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 19 Maret 2013
waktu : Pukul 08.00
tempat : Ruang OSIS
acara : Persiapan Lomba
b. Kami mengharapkan kehadiran pengurus OSIS SMP 7 Muara Uya dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 19 Maret 2013
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang OSIS
acara : Pembentukan Panitia Porseni
c. Teman-teman pengurus OSIS SMP 7 Muara Uya harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 19 Maret 2013
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang Rapat
acara : Persiapan Bakti Sosial
d. Para pengurus OSIS Muara Uya harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 19 Maret 2013
waktu : Pukul 13.00
tempat : Ruang Media
acara : Pembagian Kerja

15. Proses penuaan merupakan takdir yang tidak dapat ditolak. Namun, banyak orang berusaha mempertahankan proses penuaan ini.

Perbaikan kata becetak miring pada pargraf tersebut adalah...
a. dihapus, membiarkan
b. ditepis, memperlambat
c. dirasakan, menghilangkan
d. diminta, mengobati

16. laskar pelangi diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Andrea Hirata. Novel ini menjadi novel best seller yang tidak kalah menariknya dengan novel terjemahan.

Penggunaan huruf kapital yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah…
a. laskar pelangi menjadi Laskar Pelangi
b. Andrea Hirata menjadi andrea hirata
c. Best seller menjadi Best Seller
d. Novel terjemahan menjadi Novel Terjemahan
17. Kalimat poster yang paling tepat adalah . . .
a. Ada pertandingan seru antara Barito putra Galatama melawan Pupuk Kaltim di Stadion 17 Mei Banjarmasin sore ini.
b. Diberitahukan, sore ini ada pertandingan seru antara Barito Putra Galatama dengan Pupuk Kaltim di stadion 17 Mei Banjarmasin.
c. Jangan dilewatkan pertandingan seru kesebelasan Barito Putra Galatama melawan Pupuk Kaltim. Saksikan sore ini di stadion 17 Mei Banjarmasin.
d. Pertandingan antara Barito Putra Galatama melawan Pupuk Kaltim pasti seru. Sore ini akan berlangsung di stadion 17 Mei Banjarmasin.

18. Bacalah ilustrasi berikut!
Guna mendukung “Gerakan Menanam Sejuta Pohon”, OSIS SMP Wijaya bermaksud menyelenggarakan bakti sosial melalui menanam pohon. Hal ini karena dengan menanam sebatang pohon akan memberi banyak manfaat.
Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah . . .
a. Satu pohon demi anak cucu.
b. Satu pohon berjuta manfaat.
c. Ayo menanam sekarang juga.
d. Hijau lingkungan dengan menanam.

19. Bacalah kutipan cerpen berikut!
“Biarlah ini sudah nasib kita. Janganlah marah apalagi dendam,” kata ayah.
“Tapi, yah. Mereka keterlaluan, kita dikatakan orang yang tak tahu diuntung. Memangnya apa yang telah mereka berikan pada kita?” Ibu masih kelihatan marah. Raut mukanya masih tetap merah.
“Bu, kejahatan kalau dibalas kejahatan tidak akan ada artinya. Biarlah yang Mahakuasa memberikan pelajaran kepada siapa saja yang bersalah.”

Watak ayah dalam penggalan novel tersebut adalah ....
a. penuh perhitungan
b. sabar dalam bertindak
c. penuh perhatian
d. selalu pasrah

20. Setiap aku masuk ke ruangan itu, aku merasa dibelit rantai penjara. Kebebasanku dirampas. Segala gerakanku dikomandokan dan semua gerak-gerikku diamati. Andang, pengawas merangkap wakil kepala bagian, mutlak menjadi pengusaha tunggal di ruangan itu.

Sudut pandang pengarang dalam penggalan novel tersebut adalah ....
a. orang ketiga serbatahu
b. orang kedua pelaku sampingan
c. orang pertama pelaku utama
d. orang ketiga pelaku utama

21. (1) Kami berangkat menuju Loksado tanggal 2 Juni 2013
(2) Sesampainya di sana banyak temuan yang kami catat sebagai tambahan pengetahuan.
(3) Sedangkan para pembimbing berjumlah dua belas orang .
(4) Jumlah siswa yang ikut dalam rombongan karya wisata berjumlah 78 orang.
(5) Kawasan Loksado yang indah menjadi wisata kami
(6) Perjalananan wisata ke Loksado tidak dapat kami lupakan
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang sistematis bila disusun dengan urutan …….
a. 1-2-3-4-5-6
b. 5-1-4-3-2-6
c. 1-5-3-4-6-2
d. 4-1-5-3-6-2

22. Peringatan Hari Jadi SMP Banua Tahun ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut antara lain perlombaan seni dan pertandingan olah raga. Dalam bidang seni ada lomba lukis. Dalam bidang olah raga diisi dengan pertandingan sepak bola, bola basket, bola voli, dan bulu tangkis. Setiap lomba disiapkan hadiah untuk juara I, II, dan III.
Judul yang tepat untuk laporan tersebut adalah…….
a. Lomba Memperingati HUT SMP Banua
b. Pertandingan merebutkan juara dalam HUT Proklamasi
c. Laporan kegiatan SMP Banua Tahun 2013
d. Laporan Kegiatan Hari Proklamasi di SMP Banua

23. Perhatikan susunan acara berikut!
1) Pembukaan
2) Gelar tari tradisional
3) Sambutan- sambutan
4) Laporan panitia
5) Penutup
Susunan acara gelar tari tradisional dalam rangka ulang tahun sekolah yang tepat adalah...
a. 2,1,3,5,4
b. 1,2,4,3,5
c. 1,3,4,2,5
d. 1,4,3,2,5

24. Perhatikan susunan acara berikut!
1) Demikianlah yang dapat saya sampaikan salah khilaf mohon maaf
2) Dengan berakhirnya pembacaan doa tadi maka berakhir pulalah acara kita pada hari ini
3) Marilah kita tutup acara ini dengan bersama-sama membacakan Hamdallah
4) Bapak/ibu, saudara(i) yang saya hormati acara demi acara telah kita lalui bersama
Kalimat penutup acara yang tepat terdapat pada nomor...
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

25. Pertanyaan berikut ini yang sesuai untuk berwawancara dengan narasumber dalam rangka kegiatan memperingati hari kemerdekaan RI adalah ...
a. Bagaimana tanggapan Bapak tentang jalannya pertandingan di RT 2?
b. Bagaimana pendapat Bapak tentang hasil pertandingan?
c. Bagaimana tanggapan Bapak tentang peringatan kali ini jika dimeriahkan dengan kegiatan olahraga?
d. Bagaiman pendapat bapak tentang peringatan hari olahraga yang sekarang?

26. Tomi : ” Dalam rangka apa lomba desa ini diadakan, Pak?”
Kades : ” Dalam rangka merebut piala Adipura.”
Tomi : ” Berapa desa yang mengikuti lomba?”
Kades : ” Ada lima desa.”
Tomi : ” Bagaimana kriteria penilaiannya?”
Kades : ” Kriterianya meliputi kebersihan, keindahan, dan kenyamanan.”

Kesimpulan isi wawancara di atas adalah ....
a. Lomba disiplin kerja desa
b. Lomba memperebutkan piala Adipura.
c. Lomba keindahan desa
d. Lomba kenyamanan desa.

27. Sebuah negara perlu diatur dengan sistem pemerintahan yang dianggap bisa mengatasi dan mengayomi masyarakat. Salah satu sistem pemerintahan tersebut adalah demokrasi. Negara bisa menggunakannya. Negara yang masyarakatnya berpendidikan cukup, sistem demokrasi bisa memajukan negara. Akan tetapi, negara yang masyarakatnya masih kurang berpendidikan, demokrasi adalah suatu bencana.
Simpulan paragraf tersebut adalah…..
a. Sistem pemerintahan bisa mengayomi masyarakat
b. Sistem pemerintahan adalah sistem demokrasi
c. Sistem demokrasi mempunyai kelemahan dan kelebihan
d. Sistem demokrasi bisa memajukan negara

28. Bacalah bacaan berikut dengan saksama!
Indonesia memiliki keanekaragaman hayati terkaya di dunia. Di negara kita terdapat 515 spesies mamalia (12% dari total mamalia di dunia), 25 ribu spesies tumbuhan berbunga (10% dari tumbuhan berbunga dunia), 1.500 spesies burung, 600 spesies reptilia, dan 270 spesies amfibi. Oleh karena itu, tidaklah berlebihan jika dunia menjuluki negara kita sebagai megabiodiversity country.
Di bidang kelautan, Indonesia juga kaya akan berbagai jenis kekayaan hayati. Berbagai jenis terumbu karang dan ikan yang luar biasa terdapat di laut kita, termasuk 97 jenis ikan karang yang hanya hidup di perairan laut Indonesia. Selain itu, ada pula keanekaragaman hayati laut Indonesia lainnya, seperti hutan bakau, padang lamun, rumput laut, dan berbagai jenis ikan ekonomis.
Rangkuman yang tepat untuk bacaan tersebut adalah…..
a. Lebih dari sebagian kekayaan hayati dunia terdapat di Indonesia.
b. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati terkaya di dunia, baik kekayaan darat maupun laut.
c. Kekayaan di bidang kelautan Indonesia terdiri atas terumbu karang dan berbagai jenis ikan.
d. Indonesia terkenal dengan julukan megabiodiversity country.

29. Andrea Hirata merupakan Novelis yang produktif karena telah menghasilkan banyak novel yang berkualitas dan menarik.

Kalimat persetujuan yang sesuai dengan pendapat tersebut…
a. Saya sependapat dengan Anda karena novel-novel yang ditulis Andrea pun selalu menjadi best seller.
b. Saya setuju dengan pendapat Anda.
c. Pendapat Anda memang masuk akal, jadi tidak ada salahnya saya setuju dengan pendapat Anda.
d. Saat ini Andrea Hirata akan meluncurkan dua novel terbaru yang dibuatnya.

30. Kalimat yang tepat untuk menyanggah pendapat adalah …
a. Saya pikir pendapat Anda benar, tetapi fakta yang Anda sajikan kurang begitu meyakinkan. Sebaiknya, Anda menganalisis novel tersebut dengan teliti.
b. Saya rasa analisis Anda terhadap novel Laskar Pelangi sangat tepat karena bukti-bukti dan kutipan-kutipan kalimat yang Anda berikan sangat mendukung hasil analisis Anda.
c. Saya rasa hasil analisis Anda tidak masuk akal dan tidak dapat dipertanggungjawabkan secara moral.
d. Maaf, pendapat saya tentang novel itu sangat bertentangan dengan pendapat Anda.

31. Pernyataan berikut yang merupakan fakta adalah . . .
a. Bus itu membawa 25 orang penumpang
b. Sebaiknya kamu beristirahat dulu sebentar
c. Usia nenek kira-kira 75 tahun.
d. Dia seharusnya datang dalam acara penting ini

32. Langkah-langkah mengarang
1) Tentukan judul karangan
2) Tentukan tema karangan
3) Buatlah kerangka karangan
4) Kembangkan kerangka karangan
5) Edit karangan yang telah jadi
Langkah-langkah mengarang yang tepat adalah …
a. 3)-2)-4)-5)-1)
b. 3)-1)-4)-2)-5)
c. 2)-3)-4)-5)-1)
d. 2)-5)-3)-4)-1)

33. 1) Sebelum dikompres, dapat juga dibalurkan gel antiseptik.
2) Saat melakukan tindakan, usahakan korban dalam keadaan duduk dan perhatikan faktor kebersihan.
3) Temukan sengatan yang menancap pada tubuh, lalu cabut dengan menggunakan pinset.
4) Kompres dengan kompres dingin/es untuk menghilangkan rasa nyeri.
5) Cuci bekas gigitan dengan sabun di bawah air mengalir/keran.
Susunan yang tepat petunjuk cara menghilangkan gigitan serangga adalah …
a. 3)-4)-1)-2)-5)
b. 3)-5)-1)-4)-2)
c. 5)-1)-4)-2)-3)
d. 5)-3)-4)-1)-2)

34. Perhatikan petunjuk berikut !
Cara Membuat Jus Mangga
1) Kupas buah mangga yang sudah dan lepaskan daging buahnya dari bijinya.
2) [……..]
3) Tambahkan es batu
4) Tambahkan gula pasir dan susu secukupnya.
5) [……..]
6) Hidupkan blender selama tiga menit.
7) Tuangkan jus mangga ke dalam lima gelas.
Kalimat yang tepat untuk bagian rumpang petunjuk tersebut adalah…….
a. 2) Masukkan ke dalam blender.
5) Beri air matang dingin secukupnya.
b. 2) Beri air matang dingin.
5) Masukkan ke dalam blender.
c. 2) Tambahkan butiran es batu lagi.
5) Siapkan lima gelas yang sudah dicuci
d. 2) Hidupkan blendernya.
5) Beri matang dingin sebanyak-banyak.

35. Lebih dari empat ribu tahun yang akan lalu, orang Mesir dapat sudah membuat perhiasan indah daripada emas.
Kalimat efektif hasil perbaikan kalirnat tersebut yang benar adalah ....
a. Lebih dari empat ribu tahun yang akan lalu, orang Mesir sudah membuat perhiasan indah pada emas.
b. Lebih dari empat ribu tahun yang lalu, orang Mesir sudah membuat perhiasan indah dari emas.
c. Lebih dariempat ribu tahun yang akan lalu, orang Mesir dapat sudah membuat perhiasan indah dari emas.
d. Empat ribu tahun yang akan lalu, orang Mesir sudah membuat perhiasan indah dari emas.

36. Film laskar pelangi diproduksi oleh Mira Lesmana dan disutradarai oleh Riri Reza. Film yang diadaptasi dari novel laris dengan judul yang sama ini melaksanakan syuting perdana di Pulau Belitung.

Perbaikan penggunaan huruf kapital tersebut yang tepat adalah…
a. judul menjadi Judul
b. laskar pelangi menjadi Laskar Pelangi
c. novel menjdi Novel
d. perdana menjadi Perdana

37. Belum seluruh (1) mahluk hidup yang ada
(2) di muka bumi ini (3) diketahui oleh manusia. Sekitar 1,3 juta jenis sudah dikenal, (4) diantaranya 989.761 jenis serangga.

Kata-kata yang salah ejaannya dalam paragraf di atas terdapat pada nomor….
a. (1), (2)
b. (2), (3)
c. (2), (4)
d. (1), (4)

38. Kondisi museum tempat benda-benda cagar alam peninggalan nenek moyang sudah sangat mengerikan. Benda-benda dalam museum terlihat tidak terawat. Bangunannya sudah tidak layak sebagai ruang pamer benda-benda peninggalan sejarah yang tidak ternilai mutunya.

Kata yang tepat untuk mengganti kata bergaris bawah paragraf tersebut adalah …
a. pusaka, menyedihkan, fungsinya.
b. kesenian, memprihatinkan, mutunya.
c. budaya, memprihatinkan, harganya.
d. adat, menyedihkan, artinya.

39. Aki ialah seorang kepala keluarga dengan dua orang anak berumur 29 tahun. Aki mengidap penyakit TBC, kurus kering dengan kaki dan punggung bengkok. Pekerjaannya di kantor menjadi terhambat. Karena sakitnya ini, Aki bersikap pasrah. Ia rela mati kapan saja. Juga nasib istrinya Sulasmi, dan dua anaknya, Akbar dan Lastri tidak menjadi bahan pikirannya. Aki tawakal menerima nasib dan penantiannya….

Tema kutipan Novel di atas adalah ….
a. kerelaan
b. ketabahan
c. kepasrahan
d. kesedihan

40. ”Wah, Bapak sekarang rajin benar mempelajari agama,” kata Maria.
”Setiap petang Senin dan petang Kamis datang kemari guru agamanya.
Kami disuruhnya juga belajar agama. Kalau bagi saya apa salahnya kita menurut kata orang tua, menyenangkan hatinya.”

Hal yang menarik dari kutipan novel tersebut adalah ....
a. Orang tua sebaiknya rajin beribadah.
b. Seorang anak harus patuh terhadap orang tua.
c. Mempelajari agama dengan cara mendatangkan guru ke rumah.
d. Seorang anak dibiasakan rajin beribadah.

41. Dalam pandangan Fahri, Maria adalah seorang gadis Mesir yang unik.Walaupun ia bukan seorang Muslim, tetapi ia hafal beberapa surah dalam Alquran, seperti surah Maryam dan Almaidah di luar kepala. Ia juga mengetahui dengan baik tata cara dan sopan santun dalam membaca Alquran. Dalam tingkah laku sehari-hari, Maria terkadang terlihat lebih Islami bila dibandingkan dengan wanita Mesir yang masih sering berpakaian yang membuka aurat mereka.
Watak tokoh Maria dalam penggalan novel Ayat-ayat Cinta adalah…………….
a. periang
b. pemalu
c. unik
d. suka melucu

42. Malam itu……….
Saat di malam kesenian
Aku begitu terkesan
Melihat penampilanmu di atas panggungmu
Dengan selendang di pinggangmu
Kau menari dengan lemah gemulai

Citraan yang terdapat pada kutipan puisi tersebut adalah……….
a. Penglihatan
b. Pendengaran
c. Penciuman
d. Perasaan

43. Derai-derai cemara
Cemara menderai sampai jauh
Terasa hari akan jadi malam
Ada beberapa dahan di tingkap merapuh
Di pukul angin terpendam
Jenis rima puisi di atas adalah…………
a. Rima a-a-a-a
b. Rima a-b-a-b
c. Rima a-b-b-a
d. Rima a-b-c-d

44. Mentari mulai terbit
Ucapkan salam selamat pagi
Senandung burung
Bernyanyi riang
Terbang…….

Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi puisi rumpang tersebut adalah……………..
a. di rumput hijau
b. pinggir sawah
c. jalan setapak
d. di angkasa raya

45. ………………..
Wahai sahabat
Untuk selamanya
Kita percaya
Tebarkan arah jangan pernah lelah
Untukmu sahabat
…………………..
Amanat puisi tersebut adalah……………..
a. Untuk menjalin persahabatan dengan baik
b. Menyebarkan perdamaian
c. Untuk menyebarkan kesejahteraan
d. Meningkatkan kepercayaan sesama manusia

46. Rembulan

Rembulan
Kau berjalan di atas bumi pertiwi
Dengan sinar keagungan
Walau sesaat kita bertemu
Di malam hari


Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut adalah ….
a. Dia bermanfaat sekali
b. Rembulan menyinari bumi
c. Cahayanya bersinar terang
d. Engkau tersenyum padaku

47. Perhatikan dialog berikut!
Pedagang : Masya Allah! Jadi sampai di situ jahatnya kemungkinan-kemungkinan yang bisa menimpa diriku sekarang ini.
Petualang : Bapak boleh percaya atau tidak. Kalau tidak, silakan membuktikannya sendiri. Itu kalau Bapak suka main spekulasi dengan nyawa Bapak sendiri, lho.
Pedagang : Percaya Bung, percaya. Lantas apa yang mesti kuperbuat?
Petualang : (...)
Pedagang : Ya, ada.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog drama tersebut adalah ....
a. Dapatkah kamu membantu saya?
b. Apakah yang mendorong Saudara melakukan ini?
c. Di mana Bapak tinggal selama ini?
d. Apa Bapak membawa surat-surat tagihan yang dua juta itu?

48. Naskah drama berikut yang tepat isi dan penulisannya adalah ...
a. Dodot : (Dengan ragu-ragu dan suara terbata-bata) Maaf, Pak. Se...sebenarnya bukan saya yang melakukan, te ... tetapi ...
Pak Guru : Tetapi siapa? Katakan saja!
b. Dodot : Maaf, Pak. Se ... sebenarnya bukan saya yang melakukan, te ... tetapi...
Pak Guru : Tetapi siapa? Katakan saja!
c. Dodot : (Tanpa ragu-ragu dan suara lantang) Maaf, Pak se ... sebenarnya bukan saya yang melakukan, te ... tetapi ...
Pak Guru : Tetapi siapa ? katakan saja!
d. Dodot : (Dengan tegas dan berani) Maaf,Pak. Se... sebenarnya bukan saya yang melakukan, te... tetapi ...
Pak Guru :Tetapi siapa? Katakan saja!

Kutipan drama berikut soal nomor 49 dan 50 !

Politikus mondar-mandir lagi. Si pedagang masuk ke ruang, tapi sama sekali tidak diperhatikan oleh politikus yang nampak berpikir keras.
Politikus : Memang benar, apa artinya aku bila aku mati sekarang. Apa pula artinya pernikahanku bila aku bersanding dengan mempelai putri, sudah dalam wujud mayat.
Pedagang : Lagi pula, pasti tidak ada seorang putri pun yang mau kawin dengan mayat.

49. Suasana yang tergambar dalam kutipan drama tersebut adalah...
a. senang
b. serius
c. haru
d. sedih

50. Latar tempat yang tergambar dalam kutipan drama tersebut yaitu di ...
a. Sebuah ruangan
b. Sebuah rumah
c. Sebuah kebun
d. Sebuah sawah

Kunci Jawaban
.
Daftar Isi Blog ringkasan materi pelajaran bahasa dan sastra Indonesia, contoh soal, hasil belajar siswa, dan info pendidikan. Copas ke blog lain? Cantumkan link sumber!