728x90 AdSpace

14 November 2014

Contoh Soal Mengidentifikasi Kalimat Tunggal dalam Teks Biografi

Contoh Soal Mengidentifikasi Kalimat Tunggal dalam Teks Biografi-- Indikator: Disediakan sebuah kutipan biografi, peserta didik dapat menentukan gagasan utamanya.

1. Perhatikan paragraf bernomor berikut:
(1) Pada tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan seperjuangannya mendirikan perguruan yang bercorak nasional, yaitu Nationaal Onderwijs Instituut Taman Siswa (Perguruan Nasional Taman Siswa). (2) Melalui perguruan Taman Siswa dan tulisan-tulisannya yang berjumlah ratusan, Ki Hajar Dewantara berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia. (3) Ki Hajar Dewantara pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan. (4) Ki Hajar Dewantara tidak hanya dianggap sebagai tokoh dan pahlawan pendidikan yang tanggal kelahirannya 2 Mei dijadikan hari Pendidikan Nasional, tetapi juga ditetapkan sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional melalui surat keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959.
Kalimat tunggal yang terdapat dalam kutipan biografi tersebut adalah nomor . . . .
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

2. Perhatikan paragraf bernomor berikut:
(1) Ketika mencari barang rongsokan, Mertayani meminjam kamera foto milik Mrs. Dolly Amarhoseija, seorang wisatawan yang dikenalnya. (2) Kemudian, dia membuat 15 foto dengan kamera itu. (3) Hasil foto terakhirnya adalah sebuah potret pohon ubi karet dengan dahan tanpa daun yang tumbuh di depan rumahnya. (4) Seekor ayam bertengger di salah satu dahan, handuk berwarna merah jambu, dan baju hariannya yang dijemur di bawahnya.
Kalimat tunggal yang terdapat dalam kutipan biografi tersebut adalah nomor . . . .
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

Kunci Jawaban: 1)c, 2)b.
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Contoh Soal Mengidentifikasi Kalimat Tunggal dalam Teks Biografi Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi