Widget HTML Atas

Contoh Teks LHO (Laporan Hasil Observasi) tentang Lingkungan Hidup

Contoh Teks LHO (Laporan Hasil Observasi) tentang Lingkungan Hidup-- Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang dibuat/ ditulis dari hasil observasi di lapangan. Teks laporan hasil observasi memiliki ciri struktur yang terdiri atas: Definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Ciri lainnya adalah informasi yang dimuat dalam teks laporan hasil observasi berdasarkan fakta (faktual), yaitu hasil penelitian/ pengamatan (observasi) yang telah dilakukan.
Baca juga: Contoh Soal Teks Laporan Hasil Observasi (Kelas VII)

Berikut contoh teksnya :
Kelestarian Lingkungan Hidup
Lingkungan adalah sesuatu yang ada di sekitar manusia yang dapat memengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan benda dan kesatuan mahluk hidup termasuk manusia terlibat di dalamnya. Manusia harus menyadari bahwa lingkungan merupakan sarana pengembangan hidup yang harus dijaga kelestariannya.

Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem, yaitu tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup.
Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu: Unsur hayati (biotk), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotk), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari mahluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh manusia berupa sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam prilaku sebagai mahluk sosial. Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari mahluk tak hidup seperti tanah, air, iklim, udara dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.

Dari hasil pengamatan yang dilakukan di lingkungan sekitar, masalah lingkungan disebabkan oleh dua faktor:
a. Ulah manusia.
Coba saja perhatikan. Kerusakan lingkungan dapat disebabkan oleh limbah industri (pabrik), penebangan hutan yang tak terkendali, pembakaran hutan, perdagangan (misal: sampah di pasar), dan pembasmian hewan liar yang dilindungi.
b. Faktor alam.
Perhatikan saja, kerusakan alam juga disebabkan oleh pengaruh cuaca, iklim, sifat alam, dan faktor alam lainnya misalnya gunung meletus, banjir bandang, gempa bumi, kekeringan panjang, dan lain sebagainya.

Lingkungan hidup harus kita jaga kelestariannya sampai dunia ini berakhir. Siapapun wajib menjaga keindahan dan kenyamanannya. Jangan sampai lingkungan kita hancur karena ulah kita sendiri. Meskipun dalam suatu pemerintahan terdapat peraturan tentang pelestarian lingkungan, tapi masih banyak manusia yang belum sadar bahwa pelestarian lingkungan merupakan kewajiban kita. Hal ini sangat penting, karena generasi berikutnya akan ikut merasakan hidup di bumi. Kita tidak boleh memberikan beban lingkungan kepada anak cucu kita. Tapi mereka tetap harus kita ajarkan mengenai manfaat menjaga lingkungan.

Bagian definisi umum: "Lingkungan adalah sesuatu yang ada.....dst."
Bagian deskripsi khusus (bagian): "Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem.....dst."
Bagian deskripsi manfaat: "Lingkungan hidup harus kita jaga......dst."

Sumber bacaan: sanusiadam79.wordpress.com dengan pengubahan

Tags: #contoh teks laporan hasil observasi singkat #contoh teks laporan hasil observasi tentang alam #contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan #contoh teks laporan hasil observasi hewan #contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan hidup #contoh teks deskripsi #contoh teks laporan hasil observasi beserta strukturnya #contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!