Home » , , » Contoh Teks LHO (Laporan Hasil Observasi) tentang Lingkungan Hidup

Contoh Teks LHO (Laporan Hasil Observasi) tentang Lingkungan Hidup

Oleh PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU 25 August 2014

Artikel Terbaru:
Contoh Teks LHO (Laporan Hasil Observasi) tentang Lingkungan Hidup-- Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang dibuat/ ditulis dari hasil observasi di lapangan. Teks laporan hasil observasi memiliki ciri struktur yang terdiri atas: Definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Ciri lainnya adalah informasi yang dimuat dalam teks laporan hasil observasi berdasarkan fakta (faktual), yaitu hasil penelitian/ pengamatan (observasi) yang telah dilakukan.
Berikut contoh teksnya :
Kelestarian Lingkungan Hidup
Lingkungan adalah sesuatu yang ada di sekitar manusia yang dapat memengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan benda dan kesatuan mahluk hidup termasuk manusia terlibat di dalamnya. Manusia harus menyadari bahwa lingkungan merupakan sarana pengembangan hidup yang harus dijaga kelestariannya.

Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem, yaitu tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup.
Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu: Unsur hayati (biotk), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotk), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari mahluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh manusia berupa sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam prilaku sebagai mahluk sosial. Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari mahluk tak hidup seperti tanah, air, iklim, udara dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.

Dari hasil pengamatan yang dilakukan di lingkungan sekitar, masalah lingkungan disebabkan oleh dua faktor:
a. Ulah manusia.
Coba saja perhatikan. Kerusakan lingkungan dapat disebabkan oleh limbah industri (pabrik), penebangan hutan yang tak terkendali, pembakaran hutan, perdagangan (misal: sampah di pasar), dan pembasmian hewan liar yang dilindungi.
b. Faktor alam.
Perhatikan saja, kerusakan alam juga disebabkan oleh pengaruh cuaca, iklim, sifat alam, dan faktor alam lainnya misalnya gunung meletus, banjir bandang, gempa bumi, kekeringan panjang, dan lain sebagainya.



Lingkungan hidup harus kita jaga kelestariannya sampai dunia ini berakhir. Siapapun wajib menjaga keindahan dan kenyamanannya. Jangan sampai lingkungan kita hancur karena ulah kita sendiri. Meskipun dalam suatu pemerintahan terdapat peraturan tentang pelestarian lingkungan, tapi masih banyak manusia yang belum sadar bahwa pelestarian lingkungan merupakan kewajiban kita. Hal ini sangat penting, karena generasi berikutnya akan ikut merasakan hidup di bumi. Kita tidak boleh memberikan beban lingkungan kepada anak cucu kita. Tapi mereka tetap harus kita ajarkan mengenai manfaat menjaga lingkungan.

Bagian definisi umum: "Lingkungan adalah sesuatu yang ada.....dst."
Bagian deskripsi khusus (bagian): "Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem.....dst."
Bagian deskripsi manfaat: "Lingkungan hidup harus kita jaga......dst."

Sumber bacaan: sanusiadam79.wordpress.com dengan pengubahan
Tags: #contoh teks laporan hasil observasi singkat #contoh teks laporan hasil observasi tentang alam #contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan #contoh teks laporan hasil observasi hewan #contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan hidup #contoh teks deskripsi #contoh teks laporan hasil observasi beserta strukturnya #contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan


AAC Alumni Bahasa banjar Baru Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi UN Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara
Blog ini dijual (This web for sale)
Estimated worth
• Rp 50.807.728 •