728x90 AdSpace

14 August 2014

Contoh Teks Eksposisi tentang Lidah Buaya

Contoh Teks Eksposisi tentang Lidah Buaya-- Teks eksposisi adalah teks yang berisi pandangan tentang sesuatu sehingga memperluas pengetahuan pembaca. Karangan eksposisi bersifat ilmiah/nonfiksi. Teks eksposisi kerap digunakan untuk mengajukan pendapat pribadi. Pendapat itu akan diterima atau tidak oleh orang
lain sangat bergantung pada kuat atau tidaknya dan/atau logis tidaknya argumentasi
yang diberikan.

Di sinilah perbedaannya dengan karangan deskripsi. Karangan deskripsi bertujuan menggambarkan / melukiskan sesuatu sehingga seolah-olah pembaca melihat atau merasakannya sendiri. Karangan deskripsi dapat bersifat ilmiah atau non-ilmiah. Sumber karangan diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian, dan imajinasi.

Teks eksposisi memiliki ciri: 1. Strukturnya terdiri atas: Pembukaan (tesis), argumentasi, dan penegasan ulang; 2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual); 3. Memuat informasi tentang fakta dengan argumen dan contoh-contoh; 4. Sumber karangan ini dapat diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian, atau pengalaman.
Berikut contoh teksnya:

Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya serta manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.
Tumbuhan tanpa buah ini mempunyai ciri: daun berbentuk panjang, tebal, dan berwarna hijau. Daunnya mengandung serat bening sebagai daging.

Meskipun sejak dahulu dikenal memiliki banyak khasiat, belum banyak yang mengetahui bahwa tanaman ini bisa menjadi komoditas yang menguntungkan. Para peneliti menemukan manfaat lebih dari tanaman serbaguna ini. Disebutkan di bawah ini lima manfaat kesehatan dari lidah buaya, jus lidah buaya, dan gel lidah buaya :
1.Bagian tertentu dari tanaman lidah buaya menjadi obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan cedera apapun. Lidah buaya sangat baik untuk mengobati bekas luka, luka bakar, dan luka karena cidera.
2. Aloe Vera ini juga dikenal karena sifat anti-inflamasi. Dengan kata lain, ia memiliki kemampuan untuk menghambat peradangan atau memperlambatnya karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya dapat mencegah atau menghentikan peradangan yang disebabkan oleh cedera, disfungsi kekebalan tubuh, dan masalah lainnya.

3. Meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Baik jus lidah buaya atau gel merupakan pencahar yang baik dan sangat membantu dalam berurusan dengan sembelit.
4. Aloe Vera memiliki efek anti-bakteri dan anti-jamur, sifat ini membuat lidah buaya salah satu produk alami yang sehat. Menjadi antioksidan yang kuat, ia membunuh radikal bebas dan melindungi tubuh.
5. Gel atau jus dari tanaman lidah buaya secara tradisional digunakan sebagai obat untuk diabetes, karena lidah buaya dapat menurunkan gula darah.

Sudah jelas, komoditas ini tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan penyubur rambut, tetapi justru sebagai minuman yang menyehatkan. Ternyata alam telah menyediakannya untuk kita.

Struktur teks:
- Tesis: "Sejak zaman dahulu......dst."
- Argumentasi: "Meskipun sejak dahulu dikenal......dst."
- Penegasan Ulang: "Sudah jelas, komoditas ini......dst."

Referensi:
Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. PT.Grafika Dua Tujuh
Tags: #contoh teks eksposisi singkat #contoh teks eksposisi pendidikan #contoh teks eksposisi #beserta strukturnya #contoh teks eksposisi terbaru #contoh teks eksposisi tentang politik #contoh teks eksposisi tentang ekonomi #contoh teks paragraf eksposisi
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Contoh Teks Eksposisi tentang Lidah Buaya Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi