Widget HTML Atas

Menangkap Makna Teks Biografi (KD 4.1)

Menangkap Makna Teks Biografi (KD 4.1)--
Sudah memelajari materi ini tadi? Masih kurang paham? Tak apa, namanya juga belajar. Kita tak bisa selalu harus bisa sekali memelajarinya. Mudah-mudahan penjelasan ini dapat 'merekatkan' kembali pemahaman kamu atas pembelajaran yang dilakukan gurumu di sekolah tadi.
Ini merupakan materi pertama dalam rangkaian materi pokok teks biografi. Kali ini, kamu belajar menangkap makna teks biografi tersebut, yaitu yang terkait dengan isi teks.
Dalam kegiatan inti, guru kamu mengamati/ membaca teks biografi "Ki Hajar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia". Guru juga telah memberi tahu kamu, bahwa dalam memahami isi teks biografi, ada 4 hal yang perlu kamu cermati: judul, hal menarik dan mengesankan, hal mengagumkan dan mengharukan, dan hal yang dapat dicontoh dari tokoh dalam biografi tersebut. Tugas kamu selanjutnya adalah mempertanyakan tentang empat hal tersebut.
Kamu berusaha menemukan jawaban sementara atas berbagai pertanyaan tentang hal tersebut dengan tentu saja membaca teks biografi tersebut. Selanjutnya, mulailah mencoba menguji pemahaman kamu dengan menjawab pertanyaan yang menyertai teks biografi tersebut. Lantas dengan strategi tertentu, guru kamu meminta kamu mengasosiasikan hipotesis (jawaban sementara) kamu dengan teman kelompokmu. Target akhir dari tahap menganalisis adalah perumusan simpulan kelompok kamu tentang 4 hal tadi.
Terakhir, komunikasikan (presentasikan) hasil kerja kelompok kamu di depan kelas. Kelompok lain akan diberi kesempatan memberikan tanggapan. Oleh karena itu kamu harus siap dengan argumen kamu atau dengan lapang dada menerima masukan kelompok lain secara bertanggung jawab. Kelompok lain juga harus dengan santun memberi tanggapan.
Ingat pula, guru menilai sikap kamu dan teman-temanmu saat melakukan tahapan kegiatan tersebut selain menilai keterampilan kamu dalam menangkap makna (memahami isi) teks biografi.

Untuk menunjang keberhasilan kamu mengikuti pembelajaran ini, kamu harus mengetahui tentang unsur 5W1H dalam upaya menangkap makna suatu teks.
Cari juga bahan tentang ini di blog ini melalui kolom pencarian bagian kanan atas blog ini.

Selamat belajar calon pemimpin bangsa....
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!