Hasil Pertandingan dan Klasemen Akhir Turnamen MNC Cup 2013

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Hasil Pertandingan dan Klasemen Akhir Turnamen MNC Cup 2013--
Sebagai bagian dari persiapan tim mengikuti SEA Games 2013 di Myanmar, timnas U-23 mengikuti turnamen mini yang bertajuk MNC Cup pada 21-24 November di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Selain Indonesia, ada tiga tim lainnya yang ikut serta, yakni Laos, Papua Nugini, dan Maladewa.
Hasilnya, timnas U-23 keluar sebagai juara dengan nilai sempurna, 9, hasil tiga kali kemenangan.

Sebagaimana dikutip dari detiksport, Asisten pelatih Aji Santoso menjanjikan timnya bakal bermain serius demi mencari gambaran tim inti di SEA Games 2013.
"Turnamen kali ini kami harapkan bisa menjadi tempat untuk mendapatkan gambaran tim Indonesia di SEA Games. Karena ujicoba ini adalah ujicoba terakhir. Semoga tim ini bisa menampilkan permainan maksimal," ujar Aji dalam konferensi pers di SUGBK, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2013).

Berikut Hasil Pertandingan Turnamen Mini MNC Cup:

21-11-13
15:00 WIB Maladewa 1-0 Papua Nugini (PNG)
19:30 WIB Indonesia 3-0 Laos (Gol: Ramdani L, Andik V, Alfin T)

22-11-13
15:00 WIB Laos 2-1 Maladewa
19:30 WIB Indonesia 6-0 PNG (Gol: Dendi S, Yandi S/ 2 gol, Andik, Bayu G, Rony E)

24-11-13
16:30 WIB Laos 3-1 PNG
19:30 WIB Indonesia 2-1 Maladewa (Gol Indonesia: Peri Pahabol dan Dendi S)

KLASEMEN (Main Menang Seri Kalah Selisih Gol Nilai):
1. Indonesia 3 3 0 0 11-0 9
2. Laos 3 2 0 1 5-5 6
3. Maladewa 2 1 0 2 3-4 3
4. Papua Nugini 3 0 0 3 1-10 0


Timnas U-23 sejauh ini telah menjalani beberapa laga ujicoba. Namun, penampilan Indonesia dinilai masih kurang maksimal mengingat target yang dicanangkan tim besutan Rahmad Darmawan itu adalah meraih medali emas di SEA Games 2013. Timnas U-23 akan menjadikan turnamen tersebut sebagai simulasi pertandingan di SEA Games sekaligus mempersiapkan mental pemain. Menurut coach RD, lawan-lawan timnas U-23 di turnamen ini adalah tim dari u-23, bukan timnas senior. "Jadi kalau mau melihat dari sisi kelompok umur, sebenarnya praktis hampir tidak ada kesenjangan satu sama lain," kata RD ketika ditemui di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (20/11).

"Tapi perlu diingat juga bahwa lawan yang datang ini punya ranking FIFA dan kualitas tim yang tak jauh berbeda dengan tim senior. Jadi semua harus diperhitungkan," tambahnya. "Masih ingat ketika Laos U-19 masuk di kualifikasi Piala Asia, kualitas mereka sudah sangat bagus. Kalau Papua Nugini, dua tahun lalu mereka banyak pemain naturalisasi, tapi sekarang pemain mereka sudah ada yang dari Pulau Solomon. Itu akan menjadi kekuatan yang mengejutkan," jelas RD.

"Kalau Maladewa, saya sendiri pernah melawan tim asal sana, sangat tidak mudah menghadapi mereka," kata dia. "Namun begitu hal terpenting saat ini, saya tidak melihat tim yang akan bertanding di sini. Tapi saya berharap bisa mensimulasikan pola permainan anak-anak," simpulnya.

Sumber: detiksport

Perbedaan Penggunaan Kata "Sanksi" dengan "Sangsi"

Perbedaan Penggunaan Kata "Sanksi" dengan "Sangsi"--
Dalam bahasa tulis, termasuk di media televisi, kita sering jumpai penggunaan dua kata ini: sanksi dan sangsi. Namun, terkadang masih salah, maksudnya sanksi yang bermakna hukuman tapi malah maknanya menjadi berbeda karena kata yang digunakan adalah sangsi. Perhatikan contoh kalimat berikut:
- Mereka yang bersalah patut diberikan sangsi.
Maksud "sangsi" pada kalimat ini adalah hukuman bukan? Ya, seharusnya kata yang digunakan adalah sanksi sehingga kalimatnya:
- Mereka yang bersalah patut diberikan sanksi.
Arti sanksi tersebut adalah hukuman.

Mengenai penggunaan kata "sangsi" berikut yang benar:
- Masyarakat masih sangsi akan keseriusan pemerintah memberantas korupsi.
Arti sangsi di sini adalah ragu.

Kedua kata tersebut (sangsi dan sanksi) merupakan homofon, yakni dua kata yang dilafalkan (bunyi) sama, namun berbeda tulisan (ejaan) dan maknanya.

Dongeng Abunawas "Menjebak Pencuri Domba"

Untuk persiapan Hari Raya Qurban, Abunawas membeli seekor anak domba. Anak domba tersebut rencananya akan dipeliharanya dan dijual pada hari raya qurban nanti. Diharapkan anak domba tersebut sudah menjadi gemuk dan besar pada saatnya nanti.
“Tentu harganya akan mahal,” lamun Abunawas” dan aku pasti untung besar.”
Tapi untung tak dapat diraih, malah tak bisa ditolak. Belum dua hari Abunawas memeliharanya, tiba-tiba anak domba itu hilang dicuri orang. Dapat dibayangkan betapa sedihnya hati abunawas.
“Tega benar pencuri itu padaku,” gumam abunawas. “padahal aku membelinya dengan susah payah.”
Berhari-hari Abunawas mencarinya, tapi tidak ketemu juga. Dari pengalamannya, pencuri domba itu bukan orang jauh. Kalau bukan tetangga, pasti orang-orang di dekat sini saja. Tapi bagaimana memastikan bahwa merekalah pencurinya?
Seminggu kemudian, abunawas diundang tasyakuran. Yang mengundang adalah tetangga dekatnya yang bernama Towos. Selain abunawas, towos juga mengundang Pak Hakim. Sejak menerima undangan itu, Abunawas sudah merasa curiga pada towos. Perasaan itu terpatri kuat di hati abunawas.
Dalam acara tasyakuran tersebut dihidangkan menu sate dan gulai yang amat lezat. Baunya semerbak membangkitkan selera. Abunawas menahan perasaannya dalam-dalam.
“Kalau makan sate dan gulai seperti ini kau jadi ingat anak domba kesayanganku,” ujar Abunawas mengawali bualannya.
“Tapi sayang,” lanjutnya Abunawas lagi,” anak domba itu dicuri orang. Padahal…?”
“Padahal apa Abunawas?” Tanya pak hakim yang rupanya tertarik dengan cerita abunawas.
“Padahal anak domba kepunyaanku itu tidak ada bandingannya di seantero bagdad ini. Badannya gemuk, matanya bersinar, dan bulunya lembut bagaikan sutra. Siapa yang melihatnya pasti ingin memilikinya.”
“Sayang sekali aku belum melihatnya,” ujar pak hakim mengomentari cerita Abunawas.
“itu belum seberapa,” lanjut abunawas meneruskan bualannya. “disaat bulan purnama, anak domba kesayanganku itu bisa juga bisa mendendangkan lagu-lagu qasidah.”
Pak Hakim dan para undangan semakin tercengang. Mereka seakan –akan tidak percaya. Tapi situasi semacam itu membuat towos, tuan rumah menjadi panas hatinya. Dia tahu persis bahwa anak domba kepunyaan abunawas sama sekali tidak seperti yang diceritakan oleh si empunya. Tak sadar, dia keceplosan.
“badrun!” teriak towos memanggil anaknya. “tolong ambilkan kulit domba yang baru saja kita sembelih dan bawa kesini!”
“buat apak pak?” Tanya badrun
“biar pak hakim dan para undangan tahu kalau abunawas adalah seorang pembual besar. Dengan melihat kulitnya, mereka akan tahu kalau anak domba abunawas sebenernya sangat kurus dan kurapan.”
Mendengar towos keceplosan, seketika abunawas menghujam pertanyaan yang telak.
“jadi, kau yang mencuri anak dombaku?” sergah abunawas. Towos gelagapan. Dia sadar kalau keceplosan ngomong. Akhirnya mau tak mau dia menemui akibatnya, mendapat malu tengah-tengah pak hakim dan para undangan, sementara itu, abunawas walau telah kehilangan anak domba, akhirnya bisa tersenyum karena mempermalukan pencurinya

Contoh Musikalisasi Puisi "Doa" dengan Chord Lagu "Munajat Cinta" (The Rock)

Contoh Musikalisasi Puisi "Doa" dengan Chord Lagu "Munajat Cinta" (The Rock)--
Sebelumnya, blog Pelajaran B.Indonesia di Jari Kamu telah memberi contoh chord gitar puisi Doa yang slow (lambat), puisi Aku yang 'nakal' dengan notasi lagu "Balikin" (Slank), dan puisi Sepisaupi dengan notasi lagu "Semua Tak Sama" (Padi Band). Ada juga versi lain seperti yang pernah ditunjukkan oleh siswa saya ketika memusikalisasi puisi Doa dengan menggunakan lagu "Untukmu Selamanya" dari Band Ungu dan puisi Aku dengan menggunakan lagu "Hidupku Kan Damaikan Hatimu" dari Caffein (Lihat video-nya klik "Doa" dan "Aku").

Berikut contoh musikalisasi puisi "Doa" dengan notasi lagu "Munajat Cinta" (The Rock)
Intro: G
G
Oh Tuhanku
D                    Em                       D
dalam termangu ku masih sebut nama-Mu
C                 G
Biar ku susah sungguh
D                 G
ingat Kau penuh sluruh

G               D
Cahaya-Mu panas suci
Em                    D
kini tinggal kedip di kelam sunyi
C             G
Tuhan ku hilang bentuk
D              G
dan juga remuk

Reff
G                  D
Tuhan aku mengembara
Em            D
di negeri sangat asing
C                G
Di pintu-Mu kuketuk
D                 G
Tak bisa berpaling

Int: G
Kembali ke awal

Selamat bereksplorasi......

Inilah 32 Peserta Putaran Final Piala Dunia (World Cup) 2014 Brazil

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Inilah 32 Peserta Putaran Final Piala Dunia (World Cup) 2014 Brazil--
Tuntas sudah kualifikasi Piala Dunia 2014. Tim nasional Uruguay menjadi tim terakhir yang melengkapi 32 tim yang lolos ke putaran final tahun depan setelah bermain imbang 0-0 dengan Jordania, pada leg kedua babak play-off, Rabu (20/11/2013). Uruguay memastikan diri tampil di putaran final Piala Dunia 2014 Brasil, mengingat pada leg pertama mereka menang 5-0.

Berikut peserta putaran final Piala Dunia 2014 sudah genap 32 tim, yaitu:
UEFA: Spanyol, Jerman, Swiss, Belgia, Belanda, Italia, Inggris, Rusia, Portugal, Yunani, Kroasia, Perancis, Bosnia-Herzegovina
Conmebol: Argentina, Kolombia, Uruguay, Brasil, Chile, Ekuador
Concacaf: AS, Meksiko, Kosta Rika, Honduras
CAF: Nigeria, Pantai Gading, Kamerun, Ghana, Aljazair
AFC: Jepang, Australia, Korsel, Iran


Ke-32 tim itu akan dibagi dalam empat pot berdasarkan peringkat FIFA. Dari setiap pot akan diambil satu tim melalui pengundian untuk masuk dalam satu grup di putaran final Piala Dunia 2014, yang akan dilakukan di Bahia, Brasil, 6 Desember 2013.
Pengundian grup juga mempertimbangkan konfederasi negara peserta. Negara yang berasal dari konfederasi yang sama tidak akan bertemu di fase grup, kecuali untuk zona Eropa (UEFA).

tribunnews
http://www.tribunnews.com/superball/2013/11/21/inilah-32-negara-peserta-putaran-final-piala-dunia-2014

FIFA Akui Indonesia Adalah Negara Asia Pertama yang Pernah Tampil di Piala Dunia

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info FIFA Akui Indonesia Adalah Negara Asia Pertama yang Pernah Tampil di Piala Dunia--
Indonesia negara Asia pertama yang pernah tampil di Piala Dunia! Sepertinya itu yang diakui secara tersirat oleh Badan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Di berita berjudul ‘Brazilian masterminds Indonesia rise' atau (orang Brasil di balik meningkatnya performa timnas Indonesia), FIFA menempatkan Indonesia sebagai negara pertama Asia yang bisa tampil di Piala Dunia 1938.
“(The first Asian team to have participated in a FIFA World Cup™, at France 1938, Indonesia now find themselves struggling to qualify for their continental finals) Tim Asia pertama yang telah berpartisipasi di Piala Dunia di Prancis tahun 1938, Indonesia sekarang tengah berjuang untuk lolos dari kualifikasi ke babak final kompetisi benua (Piala Asia 2015),” demikian pernyataan laman resmi FIFA benua mereka.

Meski performa Garuda Indonesia di level internasional masih jauh dari harapan, FIFA menganggap pelatih Jacksen Ferreira Tiago sebagai orang di balik peningkatan performa timas. Padahal, Boaz Solosa dan kawan-kawan sudah tersingkir dari kualifikasi Piala Asia 2015, setelah dikalahkan Cina dan Irak secara beruntun.

Di Piala Dunia 1938, tim Hindia-Belanda yang dianggap representasi dari Indonesia langsung tersingkir di babak awal setelah dipecundangi Hungaria, 0-6. Prancis yang bertindak sebagai tuan rumah disingkirkan Italia di perempat final dengan skor 1-3. Gli Azzurri akhirnya terus melaju dan menundukkan Hungaria, 4-2 hingga menjadi juara untuk pertama kalinya.

republika

Sinopsis Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Sinopsis Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck--
Setelah film Di Bawah Lindungan Ka'bah, satu lagi film yang diangkat dari novel Indonesia karya Hamka yang diangkat ke layar lebar, Tenggelamnya Kapal van Der Wijck. Dikisahkan, Zainuddin (Herjunot Ali) adalah seorang anak berdarah Makassar yang dibesarkan dengan kebudayaan suku Bugis. Dalam pencarian jati dirinya, Zainuddin merantau ke tanah kelahiran ayahnya di Batipuh, Padang Panjang. Zainuddin pergi dengan niatan mencari ilmu agama yang kental di ranah Minangkabau dan ingin mempelajari kebudayaan setempat.

Pada saat berada di tempat yang ditujunya, Zainuddin terpesona oleh keindahan budaya Minang dan bertemu dengan gadis cantik yang bernama Hayati (Pevita Pearce), seorang anak yatim piatu yang diasuh oleh ketua suku di Batipuh. Keduanya pun saling jatuh cinta.

Cerita kemudian memasuki konflik, yaitu ketika hubungan berbeda budaya ini ditentang oleh para ninik-mamak Hayati dan juga para tetua Suku karena zanuddin dianggap bukan seorang yang berdarah Minang. Selain itu, Zainuddin bukan termasuk seorang pria mapan sehingga dianggap tidak cocok untuk dijadikan sebagai sandaran hidup Hayati. Lalu, pada akhirnya para tetua memutuskan agar Zainuddin segera angkat kaki dari Batipuh agar tidak berhubungan dengan Hayati lagi.
Sebelum meninggalkan Batipuh, Zainuddin dan Hayati mengucapkan janji setia akan menjalani hidup bersama di suatu saat nanti. Mereka menelurkan ikrar di sebuah danau tempat Zainuddin biasa menulis.

Di suatu ketika, Zainnuddin kembali lagi ke Padang Panjang untuk memperdalam belajar agama. Namun, apa yang didapat, janji suci antara dirinya dengan Hayati ternyata hanya sebatas manis di mulut. Hayati ternyata sudah dipersunting oleh Aziz (Reza Rahardian), seorang anak kaya raya yang berdarah Minang dan tidak hanya itu saja, Aziz juga adalah seorang keturunan bangsawan sehingga tetua adat lebih menyukai Aziz dibanding Zainuddin yang tak punya apa-apa. Mengetahui kenyataan itu, Zainuddin meluapkan amarah dengan mengatakan pernikahan Hayati dan Aziz hanyalah, “Pernikahan harta dan kecantikan”.

Zainuddin pun jatuh sakit melihat kabar itu, hatinya seperti diiris-iris oleh pisau bermata gerigi. Sakit bukan main. Di situ, Muluk (Randy Nidji) menasihati Zainuddin untuk terus melangkah dan Zainuddin pun membawa hati yang resah ke tanah Jawa dengan banyak belajar tentang hidup dan ia akhirnya berhasil menjadi orang terpandang. Zainuddin memanfaatkan tulisan-tulisan berharganya yang ia telah buat sewaktu di surau, danau, dan di kamarnya. Ia mengumpulkan semuanya lalu mengirimkannya ke surat kabar di tanah Batavia (Jakarta). Karya tulisnya pun dinikmati oleh seluruh masyarakat tanah air dan sampai pula ke Sumatera Barat. Zainuddin yang dalam setiap tulisannya selalu membubuhkan nama pena Z menjadi buah bibir, ia pun menjadi seorang pujangga yang diidolakan banyak wanita dari berbagai suku.

Setelah itu, Zainuddin juga menulis sebuah buku hingga membawanya menjadi pemimpin surat kabar di Surabaya. Di sini ia mengumpulkan semua anak rantauan dari Minang di tanah Jawa. Dan dalam sebuah pagelaran Opera, Zainuddin melihat keberadaan Hayati dengan suaminya yang ternyata selama ini telah tinggal dan berdomisili di Surabaya.

Di depan Hayati, Zainuddin tampak berpura-pura tegar seolah-olah tidak mengenalinya. Ia sudah menganggap Hayati sebagai istri dari temannya hingga pada akhir kisah ternyata ikrar janji yang dahulu pernah dibuat, mekar kembali. Namun, pada akhirnya kisah cinta Zainuddin dan Hayati menemui ujian terberatnya, dalam sebuah tragedi pelayaran kapal Van Der Wijck.

Film ini juga diluncurkan dengan dua versi. Pada versi pertama, film itu berdurasi dua setengah jam lebih. Namun, di versi extended-nya, film tersebut akan berdurasi lebih lama, 3 Jam 30 menit, yang rilis 11 September 2014.

Jenis Film : Drama
Produser : Ram Soraya, Sunil Soraya
Produksi : PT. Soraya Intercine Films
Sutradara : Sunil Soraya
Pemain: Herjunot Ali, Pevita Pearce, Reza Rahadian

21cineplex, berbagai sumber

Musikalisasi Puisi dengan Musik Mulut (Accapella), Mengapa Tidak?

Musikalisasi Puisi dengan Musik Mulut (Accapella), Mengapa Tidak?--
Sebelumnya, blog Pelajaran B.Indonesia di Jari Kamu telah memberi contoh chord gitar puisi Doa yang slow (lambat), puisi Aku yang 'nakal' dengan notasi lagu "Balikin" (Slank), dan puisi Sepisaupi dengan notasi lagu "Semua Tak Sama" (Padi Band). Ada juga versi lain seperti yang pernah ditunjukkan oleh siswa saya ketika memusikalisasi puisi Doa dengan menggunakan lagu "Untukmu Selamanya" dari Band Ungu dan puisi Aku dengan menggunakan lagu "Hidupku Kan Damaikan Hatimu" dari Caffein (Lihat video-nya klik "Doa" dan "Aku"). Semuanya diiringi dengan alat/ instrumen musik.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana jika dibawakan tanpa alat musik misalnya secara accapella (musik mulut) saja? Jawabannya, mengapa tidak? Tentu kalian bisa. Penasaran bagaimana contoh menyanyikan lagu dengan cara accapella? Video klip dari WALK OFF THE EARTH Feat. KRNFX berjudul "I Knew You Were Trouble" ini bisa dijadikan referensi. Lagu itu dipopulerkan oleh Taylor Swift
Contoh lagu yang dinyanyikan secara acapella:

Video: Youtube

Rekapitulasi Hasil Pertandingan Timnas (Klub) Sepakbola Indonesia (Update)

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi wawasan: Rekapitulasi Hasil Pertandingan Timnas (Klub) Sepakbola Indonesia (Update)--
Sepakbola Indonesia memang sudah meninggalkan catatan hitam kisruh kepengurusan. Kini, insan sepakbola nasional sedang berupaya membenahi agar cabang sepakbola yang sangat digilai sebagian besar masyarakat Indonesia ini mampu lebih berprestasi. Tim-tim luar negeri pun sudah ramai berdatangan silih-berganti. Bagaiman rekam jejak timnas (klub) sepakbola kita itu? Berikut rekapnya.

Pra-Piala Asia (AFC Cup) Grup C 2015 Timnas Senior:
19 Nov: Indonesia vs Irak: Kalah 0-2

Duel Pramusim:
17 Nov 2013: Pro Duta FC vs Buriram United FC (Thailand) di Stadion New i-Mobile Stadium, Thailand: ????

Eksebisi "All Star Challenge" Kandang:
16 Nov 2013 (Stadion Maguwoharjo, Sleman, Indonesia): Indonesia XI vs Singapore League Selection: Imbang 0-0 (Agregat 2-2, Indonesia XI unggul gol tandang dan keluar sebagai juara)

Pra-Piala Asia (AFC Cup) Grup C 2015 Timnas Senior:
15 Nov: Indonesia vs China: Kalah 0-1

Ujicoba di Hong Kong:
14 Nov 2013: Timnas U-23 vs Sun Pegasus Hong Kong: Kalah 0-1

Ujicoba:
12 Nov 2013: Timnas U-23 vs Citizen FC Hong Kong: Menang 3-0 (Gol: Andik Vermansah, Ramdhani Lestaluhu, dan Ferinando Pahabol)

Eksebisi "All Star Challenge" Tandang:
11 Nov 2013 (Jalan Besar Stadium, Singapura): Indonesia XI vs Singapore League Selection: Imbang 2-2 (Gol Van Dijk dan Kim Kurniawan)

Ujicoba:
10 Nov 2013: Timnas Senior vs April 25 Sports Club (Juara Liga Korut): Kalah 0-2

Ujicoba:
1 Nov 2013: Timnas Senior vs Kyrgyzstan: Menang 4-0 (Zamrun 2 gol, Tibo, Ahmad Jufrianto)

Ujicoba:
30 Okt: Timnas U-23 vs Timor Leste: Imbang 0-0

Pra-Piala Asia (AFC Cup) Grup C 2015 Timnas Senior:
15 Okt: Indonesia vs China: Imbang 1-1

Pra-Piala Asia (AFC Cup) U-19:
12 Okt: Indonesia vs Korea Selatan: Menang 3-2 (Juara Grup dan lolos ke Piala Asia 2014)

Battle of The League:
1 Okt: Indonesia XI vs Fulham U-23 Inggris: Menang 2-0
3 Okt: Persipura vs Santos U-23 Brazil: Menang 2-1
5 Okt: Arema Indonesia vs Frankfurt Jerman: Menang 3-2

Final Menpora Cup 2013:
29 Sept 2013: Arema Indonesia vs Central Coast Mariners Australia: Menang 2-1

Final AFF Cup U-19 2013:
22 Sept: Indonesia vs Vietnam: Menang 7-6 (Adu Penalti)

Materi Musikalisasi Puisi: Chord Gitar Lagu Berita Kepada Kawan (Ebiet G. Ade)

Materi Musikalisasi Puisi: Chord Gitar Lagu Berita Kepada Kawan (Ebiet G. Ade)--
Musikalisasi puisi merupakan salah satu materi apresiasi sastra yang diberikan di kelas IX dan berlanjut di bangku SMA/SMK. Musikalisasi puisi adalah menyajikan (mendeklamasikan) puisi dengan diiringi instrumen musik ataupun menyajikan puisi dengan menyanyikannya (menggunakan notasi lagu, baik ciptaan sendiri atau memakai notasi lagu yang sudah tenar). Menggunakan notasi lagu tak boleh sembarangan, namun harus disesuaikan dengan nada, suasana, dan isi puisi yang hendak dimusikalisasi. Sebelumnya, blog Pelajaran B.Indonesia di Jari Kamu telah memberi contoh chord gitar puisi Doa yang slow (lambat), puisi Aku yang 'nakal' dengan notasi lagu "Balikin" (Slank), dan puisi Sepisaupi dengan notasi lagu "Semua Tak Sama" (Padi Band). Ada juga versi lain seperti yang pernah ditunjukkan oleh siswa saya ketika memusikalisasi puisi Doa dengan menggunakan lagu "Untukmu Selamanya" dari Band Ungu dan puisi Aku dengan menggunakan lagu "Hidupku Kan Damaikan Hatimu" dari Caffein (Lihat video-nya klik "Doa" dan "Aku").
Nah, yang sering dicontohkan di buku yaitu lagu "Berita Kepada Kawan" merupakan puisi yang dijadikan lagu namun tak menyertakan chord. Biar asyik menyanyikannya, sebaiknya diiringi gitar.
Berikut chord-nya.

Intro : D G D A D G D

D                            A                     D
Perjalanan ini terasa sangat menyedihkan
Em                      A        D
Sayang engkau tak duduk disampingku kawan
D                                  A                 D
Banyak cerita yang mestinya kau saksikan
Em              A           D
Di tanah kering bebatuan

G          D               A        D                  G       D                 A       D
Oh oh ooohhhhh..... Oh oh ooohhhhh..... Oh oh ooohhhhh..... Oh oh ooohhhhh

D                                        A             D
Tubuhku terguncang dihempas batu jalanan
Em        A                    D
Hati tergetar menampak kering rerumputan
D                              A            D
Perjalanan ini pun seperti jadi saksi
Em                                   G        D
Gembala kecil menangis sedih oooo

Reff-1
A                      G              D
Kawan coba dengar apa jawabnya
A              G                D
Ketika ia kutanya mengapa
A              G                    D
Bapak ibunya telah lama mati
A                 G             D
Ditelan bencana tanah ini

G
Sesampainya di laut
D
Kukabarkan semuanya
Em                      A                     D
Kepada karang kepada ombak kepada matahari
G                               D
Tetapi semua diam tetapi semua bisu
Em                               A
Tinggal aku sendiri terpaku menatap langit

Reff-2
D                                 A
Barangkali disana ada jawabnya
A                                      D
Mengapa di tanahku terjadi bencana

G                                              D
Mungkin Tuhan mulai bosan melihat tingkah kita
Em                      A                   D
Yang selalu salah dan bangga dengan dosa-dosa
G                                         D
Atau alam mulai enggan bersahabat dengan kita
Em                    A              G         A         D
Coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang

G          D               A        D                  G       D                 A       D
Oh oh ooohhhhh..... Oh oh ooohhhhh..... Oh oh ooohhhhh..... Oh oh ooohhhhh

Kembali ke Reff-1

Gaya Penceritaan dari Pernyataan Langsung ke Pernyataan Tak Langsung, atau Sebaliknya

Contoh Gaya Penceritaan dari Pernyataan Langsung ke Pernyataan Tak Langsung, atau Sebaliknya--
Kalian sudah melihat contoh kalimat langsung dan tak langsung. Jika kita perhatikan pula, untuk menggambarkan latar (setting), alur, dan tokoh-tokoh dalam cerpen, pengarang menyatakannya secara langsung dan tak langsung. Pernyataan langsung umumnya dinyatakan dalam dialog. Contoh penggambaran secara langsung itu, "Ia memang seorang yang keras kepala. semua nasihat tak pernah digubrisnya." Penggambaran secara langsung
itu misalnya dinyatakan dalam dialog antartokoh seperti berikut.
"Heh, hok, dipakai?" Kaka bertambah gusar. Ia kemudian menarik jilbab Pipit.
"Memangnya kenapa? Ini kan jilbabku juga?" Pipit tak kalah keras.
"Tapi, kamu kan, baru pakai kemarin, sekarang giliranku," sahut Kaka bertambah sengit.

Ketiga kalimat itu dapat dinyatakan secara tak langsung, yakni diubah menjadi narasi seperti di bawah ini.
Dengan rasa gusar, Kaka menarik jilbab adiknya. Ia bertanya, mengapa jilbabnya dipakai. Lalu, dengan suara yang tak kalah kerasnya, Pipit menjawab bahwa jilbab itu juga jilbabnya. Sebagai adik, Pipit merasa punya hak lebih.
Kaka tak mau kalah. Ia tetap ngotot mau memakai jilbab itu. Ia merasa bahwa adiknya sudah mendapat giliran memakainya kemarin.

Kalimat Langsung dan Kalimat Tak Langsung

Kalimat Langsung dan Kalimat Tak Langsung--
Berdasarkan ada tidaknya unsur asli seperti apa adanya ucapan orang ketiga, kalimat dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu kalimat langsung dan kalimat tak langsung.
1. Kalimat Langsung
Kalimat langsung adalah kalimat yang memberitahukan bagaimana ucapan yang dikatakan oleh orang ketiga seperti apa adanya. Bila ditulis, ucapan asli itu diapit oleh tanda petik.
Contoh :
- "Di mana sepatu baruku?" tanya Joni.
- "Angkat barang itu," perintahnya, "dan bawa masuk!"
- "Dapatkah kamu berenang?" tanya Bu Mardiah.
2. Kalimat Tak Langsung
Kalimat tak langsung adalah kalimat yang menyampaikan isi atau maksud yang dikatakan oleh orang ketiga. Tidak menirukan langsung seperti apa adanya.
Contoh :
- Joni menanyakan di mana sepatu barunya.
- Dia memerintahkan agar saya mengangkat dan membawa masuk barang itu.
- Bu Mardiah bertanya apakah saya dapat berenang.
  1. Kalimat tak langsung: Menurut Pak Gede, latihan tari yang kita lakaanakan belum cukup.
    Kalimat langsung: "Latihan tari yang kalian lakaanakan belum cukup," demikian kata Pak Gede
  2. Kalimat langsung: "Pada saatnya nanti, musik tradisional akan disenangi kembali oleh remaja," kata Mendiknas dalam sebuah wawancara dengan wartawan.
    Kalimat tak langsung: ....
  3. Kalimat langsung: "Saya senang dapat menikmati tari negara Swedia ini," kata Mr. Brown, seorang warga Swedia.
    Kalimat tak langsung: ....
  4. Kalimat tak langsung: Akhurat, seorang budayawan Surabaya, menyatakan, "Ludruk tidak harus dipentaskan semalam suntuk, melainkan harus dipreteli sehingga menjadi tontonan yang bisa dinikmati masyarakat kini. Misalnya, disajlkan dalam bentuk tari remo saja, lawakan, dagelan, atau mungkin hanya kidungan saja.
    Kalimat langsung: ....
  5. Kalimat tak langsung: Sementara Drs. Kasiyanto yang mencoba melacak perjalanan kesenian ludruk menyimpulkan bahwa unsur sutradara dan pemain bagi ludruk saat ini tidak mempunyai visi.
    Kalimat tak langsung: ....
  6. Kalimat langsung: "Sayang, hanya satu Yupa yang tertinggal di sini," kata Teguh, teman seperjalanan kami di Kalimantan.
    Kalimat tak langsung: ....

Hasil Pemilukada Tabalong 2013: Pasangan An-Noor Ungguli Lawan-lawannya

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Hasil Pemilukada Tabalong 2013: Pasangan An-Noor Ungguli Lawan-lawannya--
BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Pasangan nomor urut 1 H Anang Syakhfiani-H Zony Alfianoor (An-Noor) hingga Kamis pukul 14.40 WITA sementara unggul dalam perolehan suara. Berdasarkan data perhitungan cepat yang dilakukan KPU Tabalong, sudah sebanyak 100.716 suara yang masuk, tetap tak ada pengaruh terhadap urutan peserta yang memperoleh suara terbanyak.
Pasangan An-Noor menjadi 51.762 suara atau 51,39 persen, pasangan Arafah menjadi 31.930 suara atau 31,70 persen. Pasangan Muda menjadi 14.180 suara atau 14,08 persen dan pasangan Ham menjadi 2.844 suara atau 2,82 persen. Sementara itu, surat suara tidak sah menjadi 99 suara dari 100.716 suara yang masuk.
Untuk total pemilih sendiri berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilukada Tabalong, ada sebanyak 168.436 orang.

Pemilu Satu Putaran
Melihat hasil perhitungan cepat yang menunjukkan pasangan An Noor sudah jauh unggul, Ketua KPU Tabalong, Fahriansyah, sudah bisa memastikan tak ada putaran kedua Pemilukada Tabalong 2013.
"Iya, bisa dipastikan hanya ada satu putaran saja," ujar Fahriansyah.

Dijelaskannya, untuk bisa menetapkan hasil perolehan suara ada beberapa proses yang harus dijalani mulai dari tingkatan PPS, PPK hingga di KPU. Diawali dengan rekapitulasi dan penetapan melalui pleno pengurus KPPS yang dilakukan paling lama tiga hari. Setelah itu baru hal yang sama dilakukan ditingkat PPK dan kemudian diserahkan ke KPU paling lambat 19 November 2013.

Sumber:
http://kalteng.tribunnews.com/2013/11/14/suara-baru-tak-berpengaruh
Foto: https://www.facebook.com/pages/Warga-Tabalong/205135562856409

Hasil Pemilihan Bupati Tabalong 2013

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Hasil Pemilihan Bupati Tabalong 2013--
Hari ini, 13 November 2013, masyarakat Tabalong melakukan pemilihan bupati secara langsung. Pesta demokrasi yang sempat panas oleh berbagai isu, hari ini mencapai puncaknya. Hari yang cerah dan pemilihan berjalan lancar tanpa adanya riak seakan menjadi bukti bahwa perbedaan tak lantas berlanjut menjadi permusuhan.
Saya ingin melaporkan hasil pemilihan bupati di TPS 18 Komplek Swadharma Lestari RT.11 RW 04:
- Pasangan Anang-Zony meraih suara 116
- Arifin-Abdel 55
- Mukhlis dan pasangannya 26 suara
- Hasbullah dan pasangan 2 suara
Jumlah suara: 199

Hasil ini masih harus diakumulasikan dengan perolehan suara di TPS-TPS lainnya. Diprediksi, pasangan no.1, 2, dan 3 berpeluang unggul. Masyarakat Tabalong tentu masih menunggu pengumuman resmi dari KPUD.

Tercatat ada empat pasangan calon yang bersaing merebut simpati masyarakat untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati periode 2013-2018.
Keempat pasangan tersebut :
  1. Annor atau Anang Syachfiani (Kepala BLHD Hulu Sungai Selatan) berpasangan dengan Zony Alfiannor. Pasangan ini diusung Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bintang Reformasi (PBR), dan Partai Bulan Bintang (PBB).
  2. Ariffin Noor (sebelumnya menjabat Kepala Bappeda Tabalong) berpasangan dengan Abdel Fadillah, Sekda Tabalong. Pasangan yang dikenal dengan akronim Arafah ini didukung empat parpol besar, yakni Partai Pembangunan Persatuan (PPP), Golongan Karya (Golkar), Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).
  3. Muchlis (sebelumnya menjabat Wakil Bupati Tabalong) berpasangan dengan Hj. Noor Farida (pengusaha). Pasangan dengan akronim Muda tersebut diusung Partai Hanura dan Gerindra.
  4. Pasangan Hasruddin-Hasbullah yang dikenal dengan akronim HAM, berasal dari calon independen.

Kombinasi (Fungsi) Tombol Keyboard Komputer/ Laptop

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Kombinasi (Fungsi) Tombol Keyboard Komputer/ Laptop--
Komputer merupakan salah satu alat yang dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia, terlebih bagi mereka yang pekerjaannya berhubungan dengan data/ administrasi. Akan lebih optimal lagi kegunaannya jika kita mengetahui fungsi-fungsi tombol di keyboard tersebut. Nah, berikut kombinasi tombol keyboard yang dapat dimaksimalkan.

Ctrl + A : Select All
Ctrl + B : Bold
Ctrl + C : Copy
Ctrl + D : Font
Ctrl + E : Center Alignment
Ctrl + F : Find
Ctrl + G : Go To
Ctrl + H : Replace
Ctrl + I : Italic
Ctrl + J : Justify Alignment
Ctrl + K : Insert Hyperlink
Ctrl + L : Left Alignment
Ctrl + M : Hanging Indent
Ctrl + N : New
Ctrl + O : Open
Ctrl + P : Print
Ctrl + Q : Normal Style
Ctrl + R : Right Alignment
Ctrl + S : Save / Save As
Ctrl + T : Left Indent
Ctrl + U : Underline
Ctrl + V : Paste
Ctrl + W : Close
Ctrl + X : Cut
Ctrl + Y : Redo
Ctrl + Z : Undo
Ctrl + 1 : Single Spacing
Ctrl + 2 : Double Spacing
Ctrl + 5 : 1,5 lines
Ctrl + Esc : Start Menu
F1 : Menjalankan fungsis pertolongan yang disediakan pada Word
F2 : Memindahkan teks atau objek yang dipilih
F3 : Menjalankan perintah AutoText
F4 : Mengulangi perintah sebelumnya
F5 : Menjalankan perintah Find and Replace atau Goto
F6 : Menjalankan Perintah Other Pane
F7 : Memeriksaan kesalahan ketik dan ejaan teks
F8 : Awal perintah penyorotan/pemilihan teks atau objek
F9 : Mengupdate Field (Mail Merge)
F10 : Mengaktifkan Menu
F11 : Memasukkan field berikutnya (Mail Merge)
F12 : Mengaktifkan dialog Save As
Esc : Membatalkan dialog / perintah
Enter : Melaksanakan pilihan atau mengakhiri suatu paragraf
Tab : Memindahkan teks sesuai dengan tanda tab yang ada pada ruler horizontal
Windows : Mengktifkan Menu Start
Shortcut : Mengaktifkan shortcut pada posisi kursor
Delete : Menghapus 1 karakter di sebelah kanan kursor
Backspace : Menghapus 1 karakter di sebelah kiri kursor
Insert : Menyisip karakter di posisi kursor
Home : Memindahkan posisi kurosr ke awal baris
End : Memindahkan posisi kurosr ke akhir baris
Page Up : Menggulung layar ke atas
Page Down : Menggulung layar ke atas
Up : Memindahkan kursor 1 baris ke atas
Down : Memindahkan kursor 1 baris ke bawah
Left : Memindahkan kursor 1 karakter ke kiri
Right : Memindahkan kursor 1 karakter ke kanan
Num Lock On : Fungsi pengetikan angka-angka dan operator matematik aktif
Num Lock Off : Fungsi tombol navigasi aktif
Shift + F10 : Membuka menu pintas, sama seperti mengklik kanan
Alt : Penekanan tombol yang tidak dikombinasikan dengan tombol lain hanya
berfungsi untuk mengaktifkan atau memulai penggunaan menu bar
Shift + Delete : Menghapus item yang dipilih secara permanen tanpa menempatkan item
dalam Recycle Bin
Ctrl + Right Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal kata berikutnya
Ctrl + Left Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal kata sebelumnya
Ctrl + Down Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal paragraf berikutnya
Ctrl + Up Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal paragraf sebelumnya
Alt + F4 : Menutup item aktif, atau keluar dari program aktif
Alt + Enter : Menampilkan properti dari objek yang dipilih
Alt + Spacebar : Buka menu shortcut untuk jendela aktif
Ctrl + F4 : Close dokumen aktif dalam program-program yang memungkinkan Anda
untuk memiliki beberapa dokumen yang terbuka secara bersamaan
Alt + Tab : Switch antara item yang terbuka
Alt + Esc : Cycle melalui item dalam urutan yang mereka telah dibuka
Ctrl + Shift + Tab : Bergerak mundur melalui tab
Shift + Tab : Bergerak mundur melalui pilihan

Version 2 Keyboard Komputer
• CTRL + C (Copy)
• CTRL+X (Cut) CTRL + X (Cut)
• CTRL+V (Paste) CTRL + V (Paste)
• CTRL+Z (Undo) CTRL + Z (Undo)
• DELETE (Hapus)
• SHIFT+DELETE (Menghapus item yang dipilih secara permanen tanpa menempatkan item dalam Recycle Bin)
• CTRL sambil menyeret (men-drag) sebuah item (Menyalin item yang dipilih)
• CTRL + SHIFT sambil menyeret item (Buat cara pintas ke item yang dipilih)
• Tombol F2 (Ubah nama item yang dipilih)
• CTRL + RIGHT ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal kata berikutnya)
• CTRL + LEFT ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal kata sebelumnya)
• CTRL + DOWN ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal paragraf berikutnya)
• CTRL + UP ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal paragraf sebelumnya)
• CTRL + SHIFT dengan salah satu ARROW KEY (Sorot blok teks)
• SHIFT dengan salah satu ARROW KEY (Pilih lebih dari satu item dalam sebuah jendela atau pada desktop, atau pilih teks dalam dokumen)
• CTRL + A (Pilih semua)
• Tombol F3 (Mencari sebuah file atau folder)
• ALT + ENTER (Melihat properti untuk item yang dipilih)
• ALT + F4 (Menutup item aktif, atau keluar dari program aktif)
• ALT + ENTER (Menampilkan properti dari objek yang dipilih)
• ALT + SPACEBAR (Buka menu shortcut untuk jendela aktif)
• CTRL + F4 (Menutup dokumen aktif dalam program-program yang memungkinkan Anda untuk memiliki beberapa dokumen yang terbuka secara bersamaan)
• ALT + TAB (Beralih antara item yang terbuka)
• ALT + ESC (Cycle melalui item dalam urutan yang mereka telah dibuka)
• Tombol F6 (Siklus melalui elemen-elemen layar dalam jendela atau pada desktop)
• Tombol F4 (Menampilkan Address bar list di My Computer atau Windows Explorer)
• SHIFT + F10 (Menampilkan menu shortcut untuk item yang dipilih)
• ALT + SPACEBAR (Tampilan menu Sistem untuk jendela aktif)
• CTRL + ESC (Menampilkan menu Start)
• ALT + huruf digarisbawahi dalam nama menu (Menampilkan menu yang sesuai)
• Surat digarisbawahi dalam nama perintah pada menu yang terbuka (Lakukan perintah yang sesuai)
• Tombol F10 (Aktifkan menu bar dalam program aktif)
• ARROW (Buka menu berikutnya ke kanan, atau membuka submenu)
• LEFT ARROW (Buka menu sebelah kiri, atau menutup submenu)
• Tombol F5 (Memperbarui jendela aktif atau merefresh)
• BACKSPACE (Melihat folder satu level ke atas di My Computer atau Windows Explorer)
• ESC (Membatalkan tugas sekarang)
• SHIFT ketika Anda memasukkan CD-ROM ke dalam CD-ROM (Mencegah CD-ROM secara otomatis bermain/autoplay)
Keyboard Shortcuts Dialog Box
• CTRL + TAB (Move forward melalui tab)
• CTRL + SHIFT + TAB (Bergerak mundur melalui tab)
• TAB (Move forward melalui pilihan)
• SHIFT + TAB (Bergerak mundur melalui pilihan)
• ALT + huruf yang digarisbawahi (Lakukan perintah yang sesuai atau pilih opsi yang sesuai)
• ENTER (Lakukan perintah untuk opsi atau tombol aktif)
• SPACEBAR (Pilih atau menghapus kotak centang jika pilihan yang aktif adalah check box)
• Arrow tombols Panah (Pilih sebuah tombol jika pilihan aktif adalah group tombol pilihan)
• Tombol F1 (Menampilkan Help)
• Tombol F4 (Menampilkan item dalam daftar aktif)
• BACKSPACE (Membuka folder satu tingkat ke atas jika folder dipilih dalam Simpan Sebagai atau Buka kotak dialog)
Microsoft Natural Tombolboard Shortcuts Microsoft Natural Tombolboard Shortcuts
• Windows Logo (Menampilkan atau menyembunyikan menu Start)
• Logo Windows + BREAK (Menampilkan System Properties dialog box)
• Logo Windows + D (Menampilkan the desktop)
• Logo Windows + M (Meminimalkan semua jendela)
• Logo Windows + SHIFT + M (Memulihkan jendela yang diminimalkan)
• Logo Windows + E (Membuka My Computer)
• Logo Windows + F (Mencari for a file atau folder)
• CTRL + Windows Logo + F (Mencari for komputer)
• Logo Windows + F1 (Menampilkan Windows Help)
• Logo Windows + L (Mengunci keyboard)
• Logo Windows + R (Membuka kotak dialog Run)
• Logo Windows + U (Membuka Utility Manager)
Accessibility Tombolboard Shortcuts
• Right SHIFT selama delapan detik (Beralih FilterTombols on atau off)
• LEFT ALT + LEFT SHIFT + PRINT SCREEN (Beralih High Contrast on atau off)
• LEFT ALT + LEFT SHIFT + NUM LOCK (Mengaktifkan MouseTombols on atau off)
• SHIFT lima kali (Mengaktifkan StickyTombols on atau off)
• NUM LOCK selama lima detik (Mengaktifkan ToggleTombols on atau off)
• Logo Windows + U (Membuka Utility Manager)
Windows Explorer Tombolboard Shortcuts Windows Explorer Tombolboard Shortcuts
• END (Menampilkan bagian bawah jendela aktif)
• HOME (Menampilkan bagian atas jendela aktif)
• NUM LOCK + Asterisk sign (*) (Tampilkan semua subfolder yang berada di bawah folder yang dipilih)
• NUM LOCK + Plus sign (+) (Menampilkan isi dari folder yang dipilih)
• NUM LOCK + Minus sign (-) (Collapse folder yang dipilih)
• LEFT ARROW (Collapse pilihan saat ini jika diperluas, atau pilih folder utama)
• RIGHT ARROW (Menampilkan pilihan saat ini, atau pilih subfolder pertama)
Shortcut Tombols for Character Map Tombol pintas untuk Peta Karakter
• Setelah Anda klik dua kali pada grid karakter karakter, Anda dapat bergerak melalui grid dengan menggunakan cara pintas tombolboard:
• RIGHT ARROW (Pindah ke kanan atau ke awal baris berikutnya)
• LEFT ARROW (Pindah ke kiri atau ke akhir baris sebelumnya)
• UP ARROW (Pindah ke atas satu baris)
• DOWN ARROW (Pindah ke bawah satu baris)
• PAGE UP (Pindah ke atas satu layar pada satu waktu)
• DOWN (Pindah ke bawah satu layar pada satu waktu)
• HOME (Pindah ke awal baris)
• END (Pindah ke akhir baris)
• CTRL + HOME (Pindah ke karakter pertama)
• CTRL + END (Pindah ke karakter terakhir)
• SPACEBAR (Beralih antara yang lebih besar dan Normal ketika seorang karakter yang dipilih)
Microsoft Management Console (MMC) Main Window Tombolboard Shortcuts
• CTRL + O (Open yang disimpan konsol)
• CTRL + N (Buka konsol baru)
• CTRL + S (Save the open console)
• CTRL + M (Menambah atau menghapus item konsol)
• CTRL + W (Buka jendela baru)
• F5 tombol (Update konten dari semua jendela konsol)
• ALT + SPACEBAR (Menampilkan menu jendela MMC)
• ALT + F4 (Close the console)
• ALT + A (Menampilkan the Action menu)
• ALT + V (Menampilkan the View menu)
• ALT + F (Menampilkan the File menu)
• ALT + O (Menampilkan the Favorites menu)
Konsol MMC Window Tombolboard Shortcuts
• CTRL + P (Mencetak halaman aktif atau aktif pane)
• ALT + tanda Minus (-) (Menampilkan menu jendela jendela konsol yang aktif)
• SHIFT + F10 (Menampilkan the Action menu shortcut untuk item yang dipilih)
• Tombol F1 (Membuka topik Bantuan, jika ada, untuk item yang dipilih)
• Tombol F5 (Update konten dari semua jendela konsol)
• CTRL + F10 (Memaksimalkan jendela konsol yang aktif)
• CTRL + F5 (Memulihkan jendela konsol yang aktif)
• ALT + ENTER (Menampilkan kotak dialog Properties, jika ada, untuk item yang dipilih)
• Tombol F2 (Ubah nama item yang dipilih)
• CTRL + F4 (Close jendela konsol yang aktif. Ketika sebuah konsol hanya memiliki satu jendela konsol, jalan pintas ini akan menutup konsol)
Remote Desktop Connection Navigation
• CTRL+ALT+END (Open the m*cro$oft Windows NT Security dialog box
• ALT + PAGE UP (Beralih antara program dari kiri ke kanan)
• ALT + PAGE DOWN (Beralih antara program dari kanan ke kiri)
• ALT + INSERT (Cycle melalui program-program yang terakhir digunakan)
• ALT + HOME (Menampilkan menu Start)
• CTRL + ALT + BREAK (Beralih komputer klien antara jendela dan layar penuh)
• ALT+DELETE (Menampilkan the Windows menu) ALT + DELETE (Menampilkan the Windows menu)
• CTRL + ALT + Minus sign (-) (Membuat snapshot dari jendela aktif klien pada clipboard server Terminal dan menyediakan fungsi yang sama dengan menekan PRINT SCREEN pada komputer lokal.)
• CTRL + ALT + Plus sign (+) (Membuat snapshot dari seluruh area jendela klien pada clipboard server Terminal dan menyediakan fungsi yang sama dengan menekan ALT + PRINT SCREEN pada komputer lokal.)
Internet Explorer navigation Internet Explorer navigasi
• CTRL + B (Membuka kotak dialog Atur Favorit)
• CTRL + E (Open the Mencari bar)
• CTRL + F (Start the Find utility)
• CTRL + H (Open the History bar)
• CTRL + I (Open the Favorites bar)
• CTRL + L (Buka kotak dialog Open)
• CTRL + N (Start contoh lain dari browser dengan alamat Web yang sama)
• CTRL + O (Membuka kotak dialog Buka, sama seperti CTRL + L)
• CTRL + P (Membuka kotak dialog Print)
• CTRL + R (Memperbarui halaman Web ini)
• CTRL + W (Close jendela aktif)

Sumber: Google

Game FIFA 14 yang 'Wah'

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Game FIFA 14 yang 'Wah'--
Tak lama sejak diluncurkan FIFA 14 langsung memuncaki daftar penjualan video game, mengalahkan sejumlah game top lainnya. Diluncurkan di akhir bulan September, di akhir pekan pula, FIFA 14 hanya perlu waktu satu hari untuk menjadi game yang terlaris di pekan lalu. Produk andalan Electronics Art itu menggeser Grand Theft Auto (GTA) V, yang sempat berjaya selama beberapa pekan. Pesaing utama mereka, Pro Evolution Soccer (PES) 14, hanya bertengger di posisi keempat sampai minggu lalu.

Hanya saja, kendati mampu merajai penjualan, nyatanya penjualan FIFA 14 masih kalah mentereng dibandingkan dengan FIFA 13. Walau tidak ada data spesifik, penjualan FIFA 14 menurun 24% dibandingkan versi sebelumnya dalam penjualan di pekan pertama.

Electronics Art, sang pembesut FIFA 14, menjanjikan sejumlah perbaikan dan penambahan fitur yang membuat game ini semakin mendekati kenyataan seperti aslinya.
EA menyematkan fitur yang disebut Pure Shot. Ini kemampuan di mana pemain bisa menempatkan posisi dan sudut saat menembak, termasuk keseimbangan ketika didepan gawang, ketika ingin menembak.
Jadi, Anda akan melihat gaya menendang melengkung dengan kaki kiri ala Van Persie yang khas. Skill menendang memang berpengaruh juga, tapi posisi badan yang pas pun bisa melakukan hal serupa.
Seperti apakah edisi terbaru game ini? Layakkah diberi label "bintang 5"?

1. IGN
Pengalaman serta emosi dalam mencetak gol semakin besar dirasakan di FIFA 14. Dengan inovasi gameplay, akan terlihat bagaimana kerennya membangun lini tengah atau saat pemain mendikte tempo pertandingan.
Rasakan juga ketegangan saat menciptakan peluang. Sebuah fitur baru yang disebut Pure Shot adalah sistem terbaik yang akan mengubah setiap usaha tembakan terasa nyata.
Nilai plusnya adalah, FIFA 14 memberikan fitur online yang menghubungkan penggemar lainnya dalam EA Sports Football Club. FIFA 14 layak menjadi jejaring sosial sepakabola, di mana para fans di seluruh dunia, bersaing, dan terhubung.

2. Gamespot
FIFA 14 menawarkan grafis yang jauh lebih bagus dari versi sebelumnya. Jelas ini membuat pemain di game ini terasa sangat hidup bila dibandingkan game yang terdahulu. Hal kecil tapi penting adalah menu bar antarmuka yang kini jauh lebih baik. Sehingga tak lagi membingungkan bagi para pemainnya.
Dari segi kecepatan pemain saat mengejar bola atau berlari akan sedikit lambat, ini bagi beberapa orang akan bagus karena terlihat natural. Namun yang menyukai konsep kick and rush mungkin akan sedikit kecewa.
Terlebih bagi yang menerapkan strategi serangan balik, di FIFA 14 ini tidak menunjukkan cara peningkatan yang baik daripada versi sebelumnya.

3. T3
Lengkapnya tim sepakbola di FIFA 14 akan semakin membuat Anda senang. Apalagi kini, terdapat klub sepakbola hingga ke divisi yang paling rendah. Plus, Ultimate Team yang terdiri dari jajaran legenda sepakbola dunia. Grafis di FIFA 14 jangan diragukan lagi, walau beberapa pemain terlihat sedikit galak dari versi aslinya. Tapi lebih dari itu, game ini masih menjadi permainan dengan grafis yang mendekati kenyataan. Lihat juga cara menggiring bola dan melakukan pressing di lapangan yang akan lebih terasa getaran antara pemain satu dengan pemain lainnya. Secara keseluruhan dan fitur yang ditawarkan, layak bila FIFA 14 diberi nilai 8 dari angka sempurna, 10.

4. Videogamer
FIFA 14 kali ini memperkenalkan fitur yang menarik bernama skema multi-touch, sehingga pengguna yang bermain bersama-sama dalam satu lapangan, bisa didorong agar lebih kreatif untuk mengelola gerakan. Permainan terasa akan lebih lambat, ini bagus yang menginginkan sesuatu yang tak berlebihan. Namun dengan kombinasi gerakan dan tombol konsol tetap agak perlu adaptasi lagi. Grafis ciamik dan gameplay menawan lagi-lagi membuat FIFA 14 masih satu langkah lebih maju dibandingkan dengan pesaing abadinya, Pro Evolution Soccer (PES) 2014.

5. Computer and Video Games
Pemain menjadi lebih kuat namun dengan aksi penetrasi yang lebih ringan. Ini akan membuat Anda semakin menggilai game FIFA 14 ini. Ini juga menarik, di setiap pemain dalam melakukan tembakan tak hanya disesuaikan dengan skill pemain saja. Namun juga bagaimana sudut tembaknya dan berat badannya. FIFA 14 masih seperti versi sebelumnya, dimana pergerakan dalam melakukan serangan akan lebih hidup bila dimulai dari lini tengah. Mungkin yang terbiasa dengan serangan sayap, akan perlu beradaptasi lagi di FIFA 14.

Intinya, game ini layak untuk Anda beli dan mainkan di konsol bersama dengan kawan-kawan.

Sumber: http://sport.detik.com/aboutthegame/read/2013/10/08/112218/2381067/1494/game-fifa-14-yang--wah-?b991104fea

Lansiran BPS Agustus 2013: Angka Pengangguran Lulusan SMK Tinggi, Mengapa?

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Lansiran BPS Agustus 2013: Angka Pengangguran Lulusan SMK Tinggi, Mengapa?--
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Pengembangan SMK Kemdikbud Mustaghfirin mengungkapkan penyebab cukup tingginya angka pengangguran lulusan SMK berdasarkan lansiran BPS Agustus 2013 lalu.
Menurutnya, penyebab masih banyaknya lulusan SMK yang menganggur dikarenakan mereka masih menunggu ijazah yang dikeluarkan dari pihak sekolah.
"Mereka belum bisa bekerja karena menunggu ijazahnya keluar," kata Mustaghfirin Senin (11/11).

Mustaghfirin menuturkan lulusan SMK sebenarnya sudah bisa bekerja sejak bulan kelulusan yaitu Juni. Akan tetapi, karena ijazah mereka belum dikeluarkan pihak sekolah maka mereka harus menunggu beberapa bulan.
"Juni-Juli-Agustus sebenarnya sudah banyak yang bekerja. Tapi mereka menunggu ijazah," kata Mustaghfirin.

Mustaghfirin menuturkan, umumnya lulusan SMK menganggur karena menunggu ijazahnya keluar. Mereka menunggu sekitar 2 hingga 6 bulan. Selama itu, jika ada tawaran bekerja, para lulusan SMK belum dapat mengisi lowongan pekerjaan tersebut.
"Sekitar bulan September-Oktober lulusan SMK biasanya sudah bekerja. Jadi, kalau ada survei mengatakan pengangguran lulusan SMK tinggi mungkin saat survei dilakukan sekitar bulan Juni-Agustus di mana pada masa itu para lulusan masih menunggu ijazah," kata dia.

Lebih lanjut Mustaghfirin menilai tingginya pengangguran lulusan SMK bukan dikarenakan tidak memiliki ketrampilan atau tidak adanya lowongan pekerjaan di perusahaan.
Ia memastikan setiap lulusan SMK memiliki keahlian spesifik. Sehingga jika tidak diterima bekerja pun dapat berwirausaha.

Ia pun mengungkapkan setiap tahunnya terdapat 1,1 juta lulusan SMK. 10 persen dari jumlah tersebut memilih untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi, 2-5 persen berwirausaha, dan 70-75 persen sudah bekerja.

Sumber:
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/11/11/mw3mj4-ini-penyebab-pengangguran-lulusan-smk-tinggi

Persiapan Sebelum Melakukan Wawancara

Persiapan Sebelum Melakukan Wawancara--
Kalian mau jadi wartawan? Dengan anggota kelompok belajarmu, wawancarailah seorang narasumber di lingkungan luar sekolah, misalnya lurah, ketua RT/RW. Kalian diminta menyusun figur seorang tokoh agar profilnya dapat ditampilkan di majalah sekolah.
Tujuan wawancara adalah mendapatkan informasi untuk sebuah penelitian, penyusunan berita, atau penyusunan laporan. Informasi itu didapat setelah sang pewawancara melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang telah disusun sebelumnya.
Persiapkan wawancaramu dengan menyusun pokok-pokok pertanyaan. Mulailah dari data diri tokoh tersebut:
1. nama;
2. nama panggilan;
3. tempat dan tanggal lahir;
4. bentuk fisik, tinggi, dan berat badan;
5. kebiasaannya sehari-hari;
6. asal mula bekerja di kantornya;
7. suka dukanya melayani masyarakat;
8. dan seterusnya.

Susunlah sebuah daftar pertanyaan yang berkenaan dengan sifat orang yang kalian wawancarai!
Setelah persiapan kalian matang, lakukan pendekatan dan janji untuk berwawancara dengan tokoh yang kalian tuju. Ikuti langkah berikut!

1. Sampaikan keinginanmu untuk berwawancara dan maksud dari wawancara itu! Sampaikan pula akan dipublikasikan di mana hasilnya!
2. Sampaikanlah pokok-pokok pertanyaan yang akan disampaikan nanti agar narasumber dapat mempersiapkan jawaban!
3. Lakukan wawancara pada tempat dan waktu yang sudah ditentukan. Jangan berwawancara di tempat yang resmi dan banyak orang. Tempat-tempat seperti rumah tokoh, taman, dan perpustakaan dapat dijadikan pilihan.
4. Gunakan alat tulis atau alat perekam (jika punya).
5. Lakukan juga pengamatan secara fisik dan tingkah laku tokoh ketika wawancara berlangsung: bagaimana bentuk wajahnya, tinggi badannya, gurat-gurat otot di wajahnya; apakah ketika diwawancarai ia merokok atau tidak, dan seterusnya.

Kalimat dengan Keterangan Cara, Alat, Tempat, dan Kesertaan

Kalimat dengan Keterangan Cara, Alat, Tempat, dan Kesertaan--
Perhatikan kalimat berikut!
1. Saya mengajak seorang teman pergi ke toko kaset.
2. Kami pergi ke sana dengan naik angkot dua kali.
Kedua kalimat tersebut sudah diperluas dari kalimat intinya. Kalimat inti dari kalimat (1) adalah Saya mengajak seorang teman, yang kemudian diperluas dengan keterangan tempat ke toko kaset. Kalimat inti dari kalimat (2) adalah Kami pergi ke sana, yang diperluas dengan keterangan alat dengan naik angkot dua kali.
Untuk memperluas kalimat inti, selain dengan keterangan tempat dan keterangan alat, juga dapat dilakukan dengan menambahkan keterangan cara dan keterangan kesertaan. Kalimat yang diperluas dengan keterangan cara, misalnya: Ia memperbaiki motornya dengan susah payah. Kalimat yang diperluas dengan keterangan kesertaan, misalnya: Ia memperbaiki motor itu bersama Rudi.

Coba perluaslah kalimat berikut dengan keterangan cara, keterangan alat, keterangan tempat, atau keterangan kesertaan!
1. Ia telah memperbaiki perahunya ....
2. Lubang di lambung perahunya telah ditambalnya ....
3. Tape itu dibelinya di kamar itu dibantingnya ....
4. Lampu baca ....
5. Ia belajar menggambar di komputer ....
6. Ia akan menunjukkan CD baru ....
7. Listrik di rumahnya mati ....
8. Ia menjual radionya ....
9, Pesawat tempur itu lewat ....
10. Mita pergi ....

Latihan Menuliskan Gelar dan Sebutan

Latihan Menuliskan Gelar dan Sebutan--
Perbaikilah penulisan nama, gelar, dan sebutan berikut ini!
1. P, Ernawati
2. Dra. Dinar Sitinjak MA
3. dr. Fadly Azhar.
4. Dra. Tjut Ernidawati M.Pd
5. Insinyur Marzul Hidayat
6. Proff. Dr Zulsofyan Harahap, Sh
7. Mangisi Bontur Siahaan SH
8. RA Purba,S.PD
9. Drs. Hadi Syahrianto MM.
10. Hj. Dra. Yunita Karyawetti.

Hasil Perbaikan:
1. P. Ernawati
2. Dra. Dinar Sitinjak, M.A.
3. dr. Fadly Azhar
4. Dra. Tjut Ernidawati, M.Pd.
5. Ir. Marzul Hidayat
6. Prof. Dr. Zulsofyan Harahap, S.H.
7. Mangisi Bontur Siahaan, S.H.
8. R.A. Purba, S.Pd.
9. Drs. Hadi Syahrianto, M.M.
10. Dra. Hj. Yunita Karyawetti

Latihan Menentukan Kalimat Pasif

Latihan Menentukan Kalimat Pasif--
Berdasarkan hubungan antara pelaku-tindakan, kalimat dapat digolongkan menjadi kalimat aktif dan kalimat pasif. Kalimat aktif adalah kalimat yang subyeknya berperan sebagai aktor atau pelaku.
Berikut disajikan ubahan kalimat aktif menjadi kalimat pasif, pilihlah ubahan yang paling tepat!

1. Teman-teman menanggapi cerita masa lalu saya yang manis.
a. Cerita masa lalu saya yang manis ditanggapi teman-teman.
b. Cerita masa lalu saya ditanggapi manis oleh teman saya.

2. Dia mengira saya orang Jawa.
a. Orang Jawa saya dikira dia.
b. Saya dikiranya orang Jawa.

3. Seorang pedagang menghitung hasil jualannya.
a. Hasil jualan pedagang itu dihitungnya.
b. Hasil jualan pedagang dihitung oleh seorang pedagang.

4. Andi mencarikan temannya rumah sewaan yang berkamar besar-besar.
a. Rumah sewaan yang berkamar besar-besar dicari Andi untuk temannya.
b. Temannya dicarikan Andi rumah sewaan yang berkamar besar-besar.

5. Ia memperbaiki jalan desa untuk kesejahteraan rakyat.
a. Untuk kesejahteraan rakyatnya jalan desa diperbaiki.
b. Jalan desa untuk kesejahteraan rakyat diperbaikinya.

Jawab: 1.a, 2.b, 3.a, 4.b, 5.b.

Pola Ujian Nasional tahun 2015 Akan Diubah

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Pola Ujian Nasional tahun 2015 Akan Diubah--
REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengubah pola ujian nasional (UN) pada 2015, karena saat itu semua jenjang pendidikan sudah menerapkan Kurikulum 2013. "Pola UN tidak mungkin diubah sekarang, karena siswa pelaksana Kurikulum 2013 masih belum menjadi peserta UN," kata Staf Khusus Mendikbud Bidang Komunikasi Media, Sukemi, di Surabaya, Selasa (5/11).

Ia menjelaskan UN sebagai standard evaluasi akan tetap ada. Hal itu merujuk pada standar evaluasi yang selalu ada pada semua jenis kurikulum pendidikan dan UN juga merupakan amanat UU Sisdiknas yang dapat menjadi ukuran untuk pembanding standar pendidikan dengan negara lain.
"Tapi, pola UN bisa jadi akan disesuaikan dengan Kurikulum 2013 pada saat seluruh siswa sudah menerapkan Kurikulum 2013, sedangkan Kurikulum 2013 saat ini hanya diterapkan pada siswa kelas 1 dan 4 SD, kelas 1 (VII) SMP, dan kelas 1 (X) SMA," katanya.

Ia mengaku belum bisa merinci bentuk perubahan pola UN itu. "Yang jelas, UN saat ini dipakai pemerintah untuk empat fungsi, yakni pemetaan, syarat kelulusan, syarat melanjutkan studi ke jenjang berikutnya, dan intervensi kebijakan. Pemetaan dan intervensi kebijakan itu bisa dilakukan kalau ada UN," katanya.

Misalnya, ada SMA di Jakarta dengan hanya lima siswa yang semuanya tidak lulus UN, lalu Kemendikbud melakukan intervensi dengan kebijakan merger. "Atau, SMA di NTB yang jeblok pada mata pelajaran Bahasa Inggris, ternyata sekolah itu tidak memiliki guru Bahasa Inggris dan pengajar Bahasa Inggris justru guru bidang studi lain, lalu kami beri guru Bahasa Inggris," katanya.

Sementara itu, mantan Kepala Puspendik Balitbang Kemendikbud Hari Setiadi menyatakan Kemendikbud sejak tahun 2011 sebenarnya sudah menggabungkan nilai ujian sekolah (US) dengan UN. US berfungsi sebagai evaluasi internal dan UN sebagai evaluasi eksternal. "Peran dari nilai US mencapai 40 persen, sedangkan UN mencapai 60 persen, sehingga kalau banyak siswa yang lulus UN karena ada faktor US itu. Kedepan, kami akan memberikan kisi-kisi US agar kualitas US semakin baik," katanya.

Sumber:
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/11/05/mvslvm-kemendikbud-akan-ubah-pola-ujian-nasional-di-2015

Ujian Nasional dengan Kurikulum 2013 Baru Akan Dilaksanakan pada UN 2016

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Ujian Nasional dengan Kurikulum 2013 Baru Akan Dilaksanakan pada UN 2016--
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP) Teuku Ramli Zakaria mengatakan perubahan Ujian Nasional (UN) untuk Kurikulum 2013 masih dikaji. Ia mengatakan kajian perubahan tersebut dimulai tahun ini hingga tahun penyelenggaraannya yakni 2016. "Jadi 2016 akan ada UN yang sesuai dengan Kurikulum 2013," katanya dihubungi Rabu (6/11).

Teuku menuturkan pengkajian UN 2016 tersebut akan diintensifkan pembahasannya tahun depan. Saat ini, menurutnya, mulai dibicarakan bagaimana konsepnya dan unit kerja penyelenggaranya. UN pada tahun ajaran 2015-2016 nanti akan ada perbedaan dengan UN tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan materi kurikulum dan penekanan materi.
Ia mengungkapkan pada Kurikulum 2013 lebih menekankan penilaian sikap dari pada kognitif (pengetahuan). Untuk penilaian sikap tersebut diserahkan pada guru karena guru yang berinteraksi langsung dengan peserta didik sehari-hari, sedangkan untuk penilaian aspek kognitif, tetap menggunakan UN.
"Aspek kognitif pada Kurikulum 2013 perlu diuji. Dan instrumen yang tepat untuk mengujinya adalah UN," katanya.

Teuku mengatakan soal UN terkalibrasi. Hasilnya pun berupa angka yang dapat diperbandingkan. Jika UN dihapuskan maka akan sulit untuk membandingkan kualitas peserta didik.
"Untuk meningkatkan kualitas pendidikan perlu ada instrumen ujian yang terkalibrasi artinya dapat dibandingkan. Dengan UN pencapaian pendidikan dapat dibandingkan dan diukur," ujarnya.

Teuku menyatakan soal UN Kurikulum 2013 nantinya dibuat berdasarkan apa yang siswa temukan, siswa lakukan, dan siswa amati. Menurut dia, soal UN yang diujikan sesuai pengalaman belajar peserta didik.
"Jadi bukan sekedar menguji hafalan mereka saja," ujarnya.

BENTUK SOAL UN
Untuk bentuk soal, lanjut Teuku, kemungkinan tetap pilihan ganda bukan esai. Hal ini dikarenakan jumlah peserta UN yang banyak dan lingkup materi yang diujikan cukup luas.
"Ini untuk memudahkan dan mengefisienkan waktu pemeriksaan jawaban UN," kata dia.

Teuku mengungkapkan jika soal UN 2016 berbentuk esai, dikhawatirkan tidak terkoreksi dengan benar dan akan memakan waktu lebih lama dalam pemeriksaan.
"Soal esai itu cocok jika jumlah peserta dan ruang lingkup ujian sedikit," jelasnya.

Namun, lanjutnya, dalam soal pilihan ganda UN Kurikulum 2013, soal yang ditanyakan yaitu pertanyaan-pertanyaan yang berdasarkan pengalaman belajar siswa dan menguji daya nalar siswa.
"Soal pilihan ganda UN 2016 akan dikompilasikan dengan soal-soal yang tidak hanya menguji hafalan saja," katanya.

http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/11/06/mvu6oy-perubahan-un-kurikulum-2013-masih-dikaji

Persamaan dan Perbedaan Memo dengan Nota

Persamaan dan Perbedaan Memo dengan Nota--
Dalam keseharian kita, ada kalanya kita tidak dapat menyampaikan pesan secara langsung kepada orang yang kita kehendaki. Apabila hal ini terjadi kita dapat menulis pesan singkat agar pesan atau informasi yang akan kita sampaikan dapat diterima oleh orang yang kita kehendaki. Di abad digital seperti sekarang, kamu tentu biasa menyampaikan pesan melalui SMS bukan?

Pesan singkat merupakan salah satu bentuk komunikasi yang biasa dilakukan seseorang kepada orang lain, baik di lingkungan suatu organisasi, kantor, atau di lingkungan tempat tinggal kita. Pesan singkat dapat disusun dan disampaikan secara lisan maupun tertulis. Karena berupa pesan singkat, kalimat yang digunakan harus efektif dan santun. Salah satu contoh pesan singkat yang digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan kedinasan yang sifatnya resmi dan dalam keadaan mendesak adalah memo.
Memo atau memorandum dan nota adalah tulisan singkat, senilai dengan surat yang digunakan secara intern.

Isi memo dan nota:
1. meminta dan memberi informasi
2. meminta dan memberi petunjuk
3, meminta dan memberi informasi yang bersifat mengingatkan (memo)

Perbedaan antara memo dan nota :
1. memo: dari atasan kepada bawahan atau antar pejabat yang setingkat
2. nota : dari atasan kepada bawahan

Contoh Surat Kuasa

Contoh Surat Kuasa--
Surat kuasa berisi pemberian kuasa kepada seseorang untuk menyelesaikan suatu urusan, misalnya untuk : menjualkan tanah, menandatangani akte jual-beli, mengambilkan wesel tabungan, mewakili sidang di pengadilan, dll.
Surat berisi :
- identitas pemberi kuasa
- identitas penerima kuasa
- urusan yang harus diselesaikan
- batas-batas kewenangan, jika dipandang perlu
- masa berlakunya surat kuasa, jika dipandang perlu
- tanda tangan kedua belah pihak, dan kalau perlu saksi-saksi

Surat kuasa perlu diberi materai, dan bahkan perlu disahkan notaris atau pejabat yang berwenang lainnya (misal lurah dan camat).

Contoh Surat Kuasa :
PEMERINTAH KABUPATEN TABALONG
DINAS PENDIDIKAN
SMPN 2 TANTA
Alamat: Jalan Penghulu Siogoeg, Warukin, Kec.Tanta, Kab.Tabalong 71571
============================================================
SURAT KUASA
Nomor: 475/SMPN2Tnt/XI/2013

Yang bertanda tangan di bawah ini,
nama          : Sutatik, S.Pd.
NIP            : 19550206 197903 2 003
jabatan        : Kepala Sekolah

dengan ini memberikan kuasa untuk mengurus pencairan gaji pegawai bulan Desember 2013, kepada:
nama         : Sudardi
NIP           : 19770808 200012 1 009
jabatan       : guru

Surat kuasa ini berlaku mulai 19 November 2013 hingga 5 Desember 2013 dan diterbitkan untuk digunakan seperlunya.

                                                                    Tanjung, 8 November 2013
Penerima Kuasa,                                             Pemberi Kuasa,


Sudardi                                                          Sutatik, S.Pd.

Menulis Daftar Pustaka

Menulis Daftar Pustaka-- Dalam dunia tulis-menulis, terutama karya ilmiah, di bagian akhir tulisan, kita mencantumkan daftar pustaka. Penulisan daftar pustaka harus memerhatikan al-hal berikut:
- Daftar pustaka/buku disusun menurut abjad nama pengarang, nama badan, lembaga yang menciptakan karangan itu.
- Kalau ada dua judul buku atau lebih dari seorang pengarang, nama pengarang tidak usah disebutkan dua kali, tetapi dibuat garis sepanjang delapan pukulan (karakter) dari margin.
- Nama pengarangnya ditulis mulai dengan nama akhir.
- Nomor halaman tidak dicantumkan.
- Nama pengarang mulai diketik pada garis margin biasa, sedangkan baris kedua dan selanjutnya diketik empat pukulan (karakter) ke dalam berspasi satu.
- Antara dua sumber dikosongkan dua spasi.
- Daftar buku tidak diberi nomor urut.
- Jika pengarangnya dua orang, keduanya ditulis dengan menggunakan kata hubung dan.
- Jika pengarangnya lebih dari dua orang, cukup ditulis satu pengarang yang paling awal (atas) dan dibelakangnya ditulis et al atau dkk
- Gelar akademis maupun gelar lain tidak dicantumkan
Contoh:
Daftar Pustaka

TEORI | Menulis Resensi, Kritik, Esai, Artikel, Tajuk (Editorial), dan Notula (Notulen)

TEORI | Menulis Resensi, Kritik, Esai, Artikel, Tajuk (Editorial), dan Notula (Notulen)--
A. Menulis Resensi
Resensi adalah tulisan yang berisi ulasan, pertimbangan atau pembicaraan suatu karya (sastra, nonsastra, film, drama, dan sebagainya). Tujuan penulisan resensi adalah menyampaikan informasi kepada pembaca apakah sebuah karya patut mendapat sambutan atau tidak. Hal-hal yang perlu dituangkan dalam resensi buku:
1. identitas buku (judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, dan tebal halaman)
2. sinopsis, unsur ekstrinsik, dan intrinsiknya (untuk buku fiksi) dan gambaran isi buku (untuk nonfiksi)
3. nilai buku : kelebihan dan kelemahan buku
4. keterbacaan atau kecocokan pembacanya (rekomendasi kepada pembaca)
Contoh Resensi

B. Menulis Kritik
Kritik (sastra) adalah tulisan yang berisi pertimbangan baik buruknya suatu karya (sastra) atau penghakiman terhadap karya (sastra).
Fungsi kritik (sastra):
1. mendorong pengarang untuk meningkatkan karyanya
2. menjembatani pemahaman penikmat dengan pengarangnya
3. membantu pembaca dalam memahami suatu karya (sastra)

C. Menulis Esai
Esai adalah sebuah karangan yang berisi kupasan atau tinjauan tentang suatu pokok masalah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, pendapat, atau ideologi yang disusun secara populer berdasarkan sudut pandang pribadi penulisnya (bersifat subyektif).

D. Menulis Artikel
Artikel adalah tulisan tentang suatu masalah, termasuk pendapat dan pendirian penulis tentang masalah itu. Artikel bertujuan meyakinkan, mendidik, atau menghibur pembaca. Sebagai tulisan nonfiksi artikel dapat kita baca pada koran atau majalah.

E. Menulis Tajuk Rencana / Editorial
Tajuk Rencana adalah artikel pokok dalam surat kabar yang merupakan pandangan redaksi terhadap hal-hal atau peristiwa penting yang sedang menjadi pembicaraan pada saat surat kabar itu diterbitkan.
Dalam tajuk rencana biasanya diungkapkan adanya informasi atau masalah aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah itu, kritik dan saran atas permasalahan dan harapannya akan peran serta pembaca.

F. Menulis Notulen/ Notula
Notula adalah catatan singkat jalannya rapat atau persidangan dan hal-hal yang dibahas atau diputuskan. Notula berfungsi sebagai alat dokumentasi dan alat bukti pelaksanaan rapat atau sidang.
Contoh Notula

CONTOH SOAL SMA | Menentukan Pola Pengembangan Paragraf

CONTOH SOAL SMA | Menentukan Pola Pengembangan Paragraf --
Kita sudah mempelajari teori pola pengembangan paragraf, yaitu a. Pengembangan Contoh, b. Definisi, c. Klasifikasi, d. Umum-khusus, e. Khusus-umum, f. Sebab-akibat, g. Klimaks, h. Antiklimaks, i. Perbandingan-pertentangan. Nah sekarang kita berlatih mengerjakan soal-soal yang terkait materi tersebut.

Bila istilah wiraswasta diterima sebagai terjemahan enterpreneur atau sebagai pengganti kata usahawan, juga memiliki watak wira dan swasta. Jadi seorang wiraswasta adalah seorang usahawan yang mampu berusaha dalam bidang
ekonomy/ niaga secara tepat guna, juga berwatak merdeka lahir batin serta berbudi pekerti luhur.
Paragraf di atas menggunakan pola pengembangan... .
A. analogi
B. deduksi
C. definisi
D. sebab-akibat
E. klasifikasi
Jawab: C

Jika orang hendak membagi bahasa Melayu ataupun bahasa Indonesia, pastilah tidak cukup apabila hanya dibagi atas bahasa Melayu rendah dan bahasa Melayu tinggi. Pun tidak bisa dibagi menjadi bahasa dalam,
bahasa bangsawan, bahasa dagang, dan bahasa kacukan.
Paragraf di atas djkembangkan dengan ... .
A. perbandingan
B. analogi
C. klasifikasi
D. definisi
E. klimaks
Jawab: C

Wawasan nusantara merupakan suatu pandangan yang menyeluruh tentang tanah air, bangsa, dan negara Indonesia yang meliputi wawasan ideologi, politik, sosial, budaya, serta pertambahan keamanan sebagai satu kesatuan yang utuh.
Paragraf di atas dikembangkan dengan pola....
A. analogi
B. definisi
C. deduktif
D. induktif
E. contoh-contoh
Jawab: B

Contoh Soal Obyektif (Pilihan Ganda) Untuk SMP dan SMA/SMK/MA

Contoh Soal Obyektif (Pilihan Ganda) Untuk SMP dan SMA/SMK/MA--
Selamat datang. Kamu berada di blog Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu, blog tempat belajar Bahasa Indonesia melalui jari-jari kamu.

Di blog ini, kalian dapat mempelajari contoh-contoh soal obyektif bahasa Indonesia. Silakan pilih dan klik judul-judul di bawah ini.


SOAL SMP/MTs:

SOAL-SOAL SMA/SMK/MA:

Jenis Paragraf Berdasarkan Isinya

Jenis Paragraf Berdasarkan Isinya--
Materi pelajaran bahasa Indonesia yang terkait teks bacaan memang terkadang susah, walau terkadang gampang juga. Tapi tahukah kamu macam-macam paragraf? Kita sudah membahas jenis paragraf berdasarkan tujuannya dan jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya. Sekarang kita bahas jenis paragraf berdasarkan isinya:
1) Paragraf deskripsi : kalimat utama tak tercantum secara nyata. Tema paragraf tersirat dalam keseluruhan paragraf. Biasa dipakai untuk melakukan sesuatu, hal, keadaan, situasi dalam cerita.
2) Paragraf proses.
Tidak terdapat kalimat utama. Pikiran utama tersirat dalam kalimat-kalimat penjelas, memaparkan urutan suatu kejadian/proses, meliputl waktu, ruang, klimaks, antiklimaks.
3) Paragraf efektif
Paragraf efektif ialah alinea yang memenuhi ciri paragraf yang baik, alinea terdiri atas beberapa kalimat. Terdiri atas satu pikiran utama dan lebih dari satu pikiran penjelas. Tidak boleh ada kalimat sumbang. Ada koherensi antarkalimat

Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utamanya

Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utamanya--
Materi pelajaran bahasa Indonesia yang terkait teks bacaan memang terkadang susah, walau terkadang gampang juga. Tapi tahukah kamu macam-macam paragraf? Kita sudah membahas jenis paragraf berdasarkan tujuannya. Nah, sambil melirik wajah Peter Parker, kita membahas jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya.
l) Paragraf deduktif :
Paragraf ini letak kallmat utamanya di awal paragraf. Biasanya dimulat dengan pernyataan umum diikuti dengan uraian atau penjelasan khusus,
2) Paragraf Induktif:
Paragraf ini letak kallmat Utamanya di akhir paragraf. Biasanya diawali dengan uraian/ penjelasan yang bersifat khusus dan diakhiri dengan pernyataan umum.
3) Paragraf campuran
Paragraf ini letak kalimat utamanya ada di awal dan di akhir paragraf. Kalimat utama yang terletak di akhir bersifat penegasan kembali dengan susunan kalimat yang agak berbeda.

Jenis Paragraf Berdasarkan Tujuannya

Jenis Paragraf Berdasarkan Tujuannya--
Materi pelajaran bahasa Indonesia yang terkait teks bacaan memang terkadang susah, walau terkadang gampang juga. Tapi tahukah kamu macam-macam paragraf?
Berdasarkan tujuannya, paragraf dibedakan atas:
1) Paragraf pembuka : Paragraf pembuka biasanya memillki sifat ringkas menarik, dan bertugas menyiapkan pikiran pembaca kepada masalah yang akan diuraikan,
Z) Paragraf penghubung : Paragraf penghubung berisi inti masalah yang hendak disampaikan kepada pembaca. Secara fisik, paragraf ini lebih panjang daripada alinea pembuka.
3) Paragraf penutup : Paragraf penutup biasanya berisi simpulan (untuk argumentasi) atau penegasan kembali (untuk eksposisi) mengenal hal-hal yang dianggap penting.

Syarat Pembentukan Paragraf yang Baik

Syarat Pembentukan Paragraf yang Baik--
Membuat paragraf memang gampang-gampang susah. Beberapa orang merasa mudah, sebagian yang lain merasa sangat susah. Yang penting, harus diingat bahwa paragraf yang baik haruslah memenuhi syarat-syarat tertentu.
Syarat-syaratnya sebagai berikut.
a. Prinsip kesatuan (unity)
Makudnya setiap paragraf sebaiknya mengandung satu gagasan pokok.
b. Prinsip Kepaduan (koherensi)
Maksudnya setiap paragiaf haruslah merupakan kumpulan kalimat yang saling berhubungan secara padu, tidak berdiri sendiri atau terlepas satu sama lain,
c. Kelengkapan
Dikatakan lengkap jika berisi kalimat-kalimat penjelas yang cukup untuk menunjang kejelasan kalimat topik,
Dikatakan tidak lengkap, jika tidak dlkembangkan atau hanya diperluas dengan pengulangan-pengulangan.

CONTOH SOAL SMA | Menulis Karangan

CONTOH SOAL SMA | Menulis Karangan--
Sebuah kerangka karangan terdiri atas hal-hal sebagai berikut :
(1) Pendahuluan
(2) Penggolongan puskesmas
(3) Sasaran puskesmas
(4) Jenis layanan di puskesmas : Pemeriksaan, pengobatan, penyuluhan
(5) Penutup
Tema yang tepat untuk kerangka karangan adalah ,,, .
A. Peranan Puskesmas bagi masyarakat
B. Puskesmas adalah singkatan dari pusat kesehatan masyarakat
C. Cara kerja puskesmas
D. Masyarakat pengguna puskesmas
E. Penggolongan puskesmas
(Jawab: A)

Di satu pihak sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan koperasi sejak Pelita I, koperasi diberi peranan luas dalam pembangunan di segala sektor karena koperasi mampu berfungsi sesuai semangat, jiwa, dan tujuannya. Sedang di lain pihak, dalam rangka peningkatan produksi dan kesejahteraan rakyat di pedesaan, pemerintah menganjurkan kepada pemerintah daerah agar membentuk organisasi-organisasi koperasi di tingkat desa, yaitu Koperasi Unit Desa atau KUD.
Jenis paragraf di atas adalah ... .
A. narasi
B. deskripsi
C. eksposisi
D. argumentasi
E. persuasi
(Jawab: D)

Kalimat yang tepat untuk meyakinkan seseorang tentang manfaat menabung ialah....
A. Menabunglah setiap hari walaupun hanya seratus rupiah.
B. Percayalah, dengan menabung Anda dapat merencanakan masa depan yang gemilang.
C. Cobalah Saudara mulai menabung dari sekarang.
D. Dengan menabung Anda memperoleh bunga.
E. Dengan menabung Anda dapat berhemat.
(Jawab: B)

Yang bukan merupakan bagian dari kerangka karangan deskripsi tentang Pantai Sanur di Bali adalah... .
A. letak geografinya
B. perjalanan menuju lokasi
C. keindahan pemandangannya
D. wisatawan yang berkunjung
E. upaya pengembangan pariwisata
(Jawab: E)

Syarat judul karangan yang tepat adalah ... .
A. asli, singkat, sesuai dengan tema
B. asli, provokatif, bertema kehidupan
C. singkat, pembangkitan semangat
D, singkat, mengandung nasehat
E. panjang dan jelas
(Jawab: A)

Bentuk karangan berikut digolongkan ke dalam karangan fiksi, kecuali ... .
A. fabel
B. novel
C. legenda
D. cerpen
E. esai
(Jawab: E)

June berasal dari keluarga penulis. Kedua orang tuanya mencari nafkah dari menulis. Ibunya seorang penulis novel dan ayahnya seorang dosen. Kakak laki-lakinya adalah seorang wartawan. Selama masa hidupnya June merasa terintimidasi oleh sebutan keluarga penulis. Ia dihadapkan pada situasi yang mengharuskan ia bisa menulis. Bila ada yang memintanya menulis, ia menolak dengan alasan bakat keluarganya dalam menulis sudah habis.
Penggalan karangan tersebut disampaikan secara....
A. narasi
B. deskripsi
C. eksposisi
D. argumentasi
E. persuasi
(Jawab: A)

Jika Anda menulis deskripsi tentang Candi Borobudur yang diuraikan adalah..,
A. kisah seorang penjaga candi yang telah bekerja puluhan tahun
B. sebab-sebab Candi Borobudur harus dipelihara dengan baik
C. perhitungan dana renovasi candi
D. himbauan agar masyarakat ikut menjaga kelestarian candi
E. lokasi candi, bentuk bangunan, letak geografisnya, dan jumlah pengunjung tiap bulannya
(Jawab: E)

Jika Anda ditugasi untuk membuat laporan pengamatan secara rinci tentang segala aspek yang berkaitan dengan pedagang kaki lima (penyebaran, peranannya, dampak negatif, dampak positif, kesemrawutan lingkungan, kekumuhan kota, keamanan, dan ketertiban) maka bentuk karangan yang tepat adalah ....
A. narasi
B. deskripsi
C. eksposisi
D. argumentasi
E. persuasi
(Jawab: B)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara