728x90 AdSpace

08 November 2013

TEORI | Menulis Resensi, Kritik, Esai, Artikel, Tajuk (Editorial), dan Notula (Notulen)

TEORI | Menulis Resensi, Kritik, Esai, Artikel, Tajuk (Editorial), dan Notula (Notulen)--
A. Menulis Resensi
Resensi adalah tulisan yang berisi ulasan, pertimbangan atau pembicaraan suatu karya (sastra, nonsastra, film, drama, dan sebagainya). Tujuan penulisan resensi adalah menyampaikan informasi kepada pembaca apakah sebuah karya patut mendapat sambutan atau tidak. Hal-hal yang perlu dituangkan dalam resensi buku:
1. identitas buku (judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, dan tebal halaman)
2. sinopsis, unsur ekstrinsik, dan intrinsiknya (untuk buku fiksi) dan gambaran isi buku (untuk nonfiksi)
3. nilai buku : kelebihan dan kelemahan buku
4. keterbacaan atau kecocokan pembacanya (rekomendasi kepada pembaca)
Contoh Resensi

B. Menulis Kritik
Kritik (sastra) adalah tulisan yang berisi pertimbangan baik buruknya suatu karya (sastra) atau penghakiman terhadap karya (sastra).
Fungsi kritik (sastra):
1. mendorong pengarang untuk meningkatkan karyanya
2. menjembatani pemahaman penikmat dengan pengarangnya
3. membantu pembaca dalam memahami suatu karya (sastra)

C. Menulis Esai
Esai adalah sebuah karangan yang berisi kupasan atau tinjauan tentang suatu pokok masalah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, pendapat, atau ideologi yang disusun secara populer berdasarkan sudut pandang pribadi penulisnya (bersifat subyektif).

D. Menulis Artikel
Artikel adalah tulisan tentang suatu masalah, termasuk pendapat dan pendirian penulis tentang masalah itu. Artikel bertujuan meyakinkan, mendidik, atau menghibur pembaca. Sebagai tulisan nonfiksi artikel dapat kita baca pada koran atau majalah.

E. Menulis Tajuk Rencana / Editorial
Tajuk Rencana adalah artikel pokok dalam surat kabar yang merupakan pandangan redaksi terhadap hal-hal atau peristiwa penting yang sedang menjadi pembicaraan pada saat surat kabar itu diterbitkan.
Dalam tajuk rencana biasanya diungkapkan adanya informasi atau masalah aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah itu, kritik dan saran atas permasalahan dan harapannya akan peran serta pembaca.

F. Menulis Notulen/ Notula
Notula adalah catatan singkat jalannya rapat atau persidangan dan hal-hal yang dibahas atau diputuskan. Notula berfungsi sebagai alat dokumentasi dan alat bukti pelaksanaan rapat atau sidang.
Contoh Notula
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: TEORI | Menulis Resensi, Kritik, Esai, Artikel, Tajuk (Editorial), dan Notula (Notulen) Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi