728x90 AdSpace

09 August 2013

Contoh Riwayat Hidup untuk Lampiran Karya Tulis

Contoh Riwayat Hidup untuk Lampiran Karya Tulis-- Sebelumnya, Pelajaran B.Indonesia di Jari Kamu sudah memberikan contoh Daftar Riwayat Hidup (Curiculum Vitae (CV)) yang biasa digunakan untuk melamar pekerjaan atau untuk hal yang terkait dengan surat-menyurat lainnya. Berikut contoh Riwayat Hidup yang biasa digunakan untuk lampiran (biasanya di lembar/halaman terakhir) dalam karya tulis kita.

RIWAYAT HIDUP

YADI KARNADI lahir di Amuntai pada tanggal 8 Februari 1975. Pendidikan SD, SMP, dan SMA diselesaikannya di daerah Sebamban Kabupaten Kotabaru (sekarang Kabupaten Tanah Bumbu). Ia menyelesaikan Program Sarjana tahun 2000 pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Unlam Banjarmasin, serta lulus seleksi CPNS di tahun yang sama. Ia juga menyelesaikan Program Magister tahun 2012 pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Unlam Banjarmasin atas beasiswa yang ia terima dari program CD (Community Development) PT Adaro sesuai waktu yang ditentukan.
Sampai saat ini, ia masih mengajar bidang studi Bahasa Indonesia di sekolah tempat pertama ia diangkat, SMPN 2 Tanta. Namun, ia juga ikut membantu kekosongan pengajar di SMPN 4 Tanjung (tahun 2006), SMP Plus Murung Pudak (2007-2009), dan SMP Hasbunallah (2009 hingga sekarang). Ia juga pernah aktif mengajar di Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Primagama cabang Banjarmasin (tahun 2000) dan LBB Primagama cabang Tanjung (2007-2009). Di sela-sela aktivitas mengajarnya, ia juga aktif di forum MGMP Bahasa Indonesia SMP/MTs Kabupaten Tabalong dan sejak tahun 2009 menduduki jabatan sebagai ketua hingga kini. Belakangan, ia juga turut berpartisipasi di Komunitas Guru Peneliti dan Penulis Kabupaten Tabalong yang baru terbentuk. Di waktu senggang, ia juga menjelma sebagai blogger dengan mengelola blog guru di alamat www.yadi82.com sejak akhir 2009 dan mendapat tambahan penghasilan dari hobi online-nya itu.
Sejak tahun 2010, ayah dari dua anak ini mulai tertarik pada karya tulis ilmiah dan penelitian. Karya tulis ilmiahnya yang pertama adalah “Opini Guru Abad 21, Transformasi untuk Menjawab Tantangan Zaman” mengantarkannya lulus seleksi 10 besar calon peserta Konferensi Guru Nusantara tahun 2010 di Jakarta. Ia juga mendapat bantuan dana dan fasilitas pendampingan dari YABN (Yayasan Adaro Bangun Negeri) tahun 2011 untuk mengadakan penelitian tindakan kelas. Di tahun 2012, ia meraih juara pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah Guru dan Kepala Sekolah Kabupaten Tabalong yang diadakan Rumah Belajar Saraba Kawa dan PT Adaro-Pama dengan judul “Karya Kreatif dan Inovatif Media Pembelajaran Audiovisual Menulis Puisi”. Prestasi itu mengantarkannya pula untuk mengikuti Konferensi Guru Nasional di Jakarta tahun 2012. Di tahun 2013, ia meraih juara dua Guru Berprestasi Kabupaten Tabalong dan lomba PTK di Forum Ilmiah Guru. Selain karya tulis ilmiah tersebut, ia juga mengecap penelitian kuantitatif berupa tesis dengan judul “Hubungan Penguasaan Kosakata dan Minat Baca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IX SMPN 2 Tanta” sebagai syarat meraih gelar magister pendidikan.
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Contoh Riwayat Hidup untuk Lampiran Karya Tulis Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi