728x90 AdSpace

27 April 2013

Manfaat Diskusi dan Debat

Manfaat Diskusi dan Debat--
Salah satu cara memecahkan permasalahan adalah dengan berdiskusi. Diskusi adalah bentuk tukar pikiran antara dua orang atau lebih tentang suatu masalah untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam diskusi, tidak menutup kemungkinan akan terjadi debat. Debat atau adu pendapat merupakan suatu bentuk pertentangan dalam diskusi. Jika dalam mendiskusikan sesuatu dengan tujuan kepentingan bersama, debat yang terjadi haruslah berujung pada sebuah kesepakatan yang mewadahi semua kepentingan. Namun, ada pula debat yang memang diadakan untuk ajang beradu pendapat.

Pada adu debat seperti ini, tidak ada pemecahan masalah bersama. Informasi serta sanggahan yang saling diungkapkan, tidak dimaksudkan untuk mencapai kesepakatan, Informasi dan argumentasi yang diungkapkan tersebut bertujuan memperoleh kemenangan. Kemenangan dicapai melalui adu pendapat (argumentasi). Pelaku debat dapat diperankan oleh pribadi ataupun oleh kelompok.

Manfaat Diskusi dan Debat:

1. Diskusi dan debat bisa menjadi sebuah kegiatan olah pikir. Mau tidak mau, kamu harus mencari bahan dan tambahan pengetahuan mengenani subjek yang didiskusikan. Kamu pun akan mendapat pengetahuan baru dari lawan diskusi atau debatmu.
2. Diskusi atau debat akan membuatmu lebih memahami masalah di lingkungan, keluarga, masyarakat, organisasi, dan lingkungan lainnya.
3. Menumbuhkan bakat, sifat, dan sikap kepemimpinan.
4. Melatihmu merumuskan buah pikiran yang jelas dan singkat.
5. Dengan saling mendengarkan, akan membuatmu terlatih bersabar, bertoleransi, dan bersikap menerima pendapat orang lain.
6. Melatihmu berkomunikasi secara akurat pada saat yang tepat.
Orang yang pandai berdebat bukannya yang banyak bersilat lidah, melainkan yang pandai menata pikiran dengan benar.
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Manfaat Diskusi dan Debat Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi