728x90 AdSpace

13 December 2012

Jenis-jenis Kamus

Jenis-jenis Kamus--
1. Berdasarkan Penggunaan Bahas
Kamus Ekabahasa
Kamus ini hanya menggunakan satu bahasa. Kata-kata (entry yang dijelaskan dan penjelasannya terdiri dari bahasa yang sama. Kamus ini mempunyai perbedaan yang jelas dengan kamus dwibahasa karena penyusunan dibuat berdasarkan pembuktian data korpus. Contoh kamus ekabahasa adalah Kamus Besar Bahasa lndonesia.

Kamus Dwibahasa
Kamus ini menggunakan dua bahasa, yakni kata masukan dari bahasa yang dikamuskan diberi padanan bahasa yang lain. Contoh kamus dwibahasa adalah Kamus Bahasa Inggris Oxford (Inggris-Indonesia; Indonesia-Inggris).

Kamus Aneka Bahasa
Kamus ini sekurang-kurangnya menggunakan tiga bahasa atau lebih, misalnya bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Cina. Contoh kamus aneka bahasa ini adalah Kamus Indonesia-Inggris-Arab.

2. Berdasarkan Ukuran
Kamus Mini
Pada zaman sekarang, kamus ini susah dijumpai. Ia dikenal sebagai kamus mini karena dapat disimpan dalam saku. Tebalnya lebih kurang 2 cm.

Kamus Kecil
Kamus berukuran kecil ini biasa dijumpai. Kamus ini merupakan kamus yang mudah dibawa-bawa.

Kamus Besar
Kamus ini memuat segala leksikal yang terdapat daram satu bahasa. Setiap kata dijelaskan artinya secara lengkap. Ukuran kamus ini besar dan tidak sesuai untuk dibawa-bawa.

3. Kamus Khusus
Kamus Istilah
Entri dalam kamus ini terdiri atas istilah khusus bagi bidang tertentu. Fungsinya adalah untuk keperluan ilmiah, contohnya Kamus Istilah Biologi.

Kamus Etimologi
Kamus yang menerangkan asal usul suatu kata dan maksud asalnya.

Kamus Peribahasa/Simpulan Bahasa
Kamus yang menerangkan maksud suatu peribahasa/ungkapan bahasa.

Kamus Terjemahan
Kamus yang menyediakan kata seperti bahasa asing untuk satu bahasa yang dituju. Kegunaannya adalah untuk membantu para penerjemah.
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Jenis-jenis Kamus Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi