Home » » Teori | Mengenal Homograf dan Contoh-contohnya | Kau Makan Tahu, Aku Tak Tahu

Teori | Mengenal Homograf dan Contoh-contohnya | Kau Makan Tahu, Aku Tak Tahu

Posted by PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU on 25 January 2012

Artikel Terbaru:

Sebelumnya Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu telah membagikan tentang Homonim dan Polisemi yang dari segi bentuk kata memiliki kesamaan. Selain itu kita juga memiliki kata yang pelafalannya sama, namun tulisan dan maknanya berbeda, yaitu dikenal dengan istilah Homograf.
Contoh:

  1. Adik tidak mau tahu pokoknya malam ini dia harus makan tahu (tahu yang pertama dilafalkan sebagai tau, dan tahu yang kedua tetap dilafalkan sebagai tahu).
  2. Daripada kecewa lantaran pertandingan bola malam ini berlangsung seri, ayah lebih memilih nonton film seri (seri yang pertama dilafalkan seperti e pada kata bekas dan seri yang kedua dilafalkan seperti e pada kata sepak).
  3. Pejabat teras itu sedang duduk di teras rumah  (teras yang pertama dilafalkan seperti e pada kata bekas dan teras yang kedua dilafalkan seperti e pada kata sepak).
  4. Dasar memang memiliki mental baja, kiper itu mampu meninju bola hingga mental beberapa meter (mental yang pertama dilafalkan seperti e pada kata sepak dan mental yang kedua dilafalkan seperti e pada kata bekas).

Demikian, baru empat kata ini saja yang sempat tercatat di buku notes saya......


Gabung di Facebook