SOAL | Menulis Sinopsis Novel

Artikel Terbaru:
SOAL | Menulis Sinopsis Novel--> Sinopsis novel Raumanen yang benar adalah . . . .
a. Raumanen adalah seorang gadis Makassar berusia 18 tahun yang aktif dalam berbagai organisasi di Jakarta. Ia pun berkenalan dengan seorang insinyur muda, Monang namanya. Hubungan mereka kemudian berlanjut menjadi hubungan sepasang kekasih, sampai akhirnya mereka melakukan perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh sepasang suami isteri. Manen pun hamil. Namun, orangtua Monang menolak memiliki menantu yang berbeda suku. Dalam keputusasaannya, Manen mengambil jalan tragis: bunuh diri.
b. Raumanen adalah seorang gadis Manado berusia 18 tahun yang aktif dalam berbagai organisasi di Jakarta. Ia pun berkenalan dengan seorang insinyur muda, Yusuf namanya. Hubungan mereka kemudian berlanjut menjadi hubungan sepasang kekasih, sampai akhirnya mereka melakukan perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh sepasang suami isteri. Manen pun hamil. Mereka pun akhirnya menikah dan hidup bahagia untuk selamanya.
c. Raumanen adalah seorang gadis Makassar berusia 18 tahun yang aktif dalam berbagai organisasi di Jakarta. Ia pun berkenalan dengan seorang insinyur muda, Monang namanya. Hubungan mereka kemudian berlanjut menjadi hubungan sepasang kekasih, sampai akhirnya mereka melakukan perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh sepasang suami isteri. Manen pun hamil. Namun, orangtua Monang menolak memiliki menantu yang berbeda suku. Dalam keputusasaannya, Manen mengambil jalan tragis: bunuh diri.
d. Raumanen adalah seorang gadis Manado berusia 18 tahun yang aktif dalam berbagai organisasi di Jakarta. Ia pun berkenalan dengan seorang insinyur muda, Monang namanya. Hubungan mereka kemudian berlanjut menjadi hubungan sepasang kekasih, sampai akhirnya mereka melakukan perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh sepasang suami isteri. Manen pun hamil. Mereka pun akhirnya menikah dan hidup bahagia untuk selamanya.

1) Oleh karena itu, Remon ingin segera tiba di kampung halamannya.
2) Ia sudah rindu pada ibunya yang selama ini ia tinggalkan karena harus menuntut ilmu.
3) Sewaktu dalam perjalanan pulang ke kampung halamannya di Rianite, Remon berkenalan dengan Riana.
4) Perkenalannya dengan Riana, membuat hati Remon terasa bagai diburu bayangan ibunya.
5) Perkenalan itu bermula ketika Riana ditolong oleh Remon dalam sebuah kecelakaan kecil di kapal yang mereka tumpangi.
6) Padahal, sebelumnya ia sudah antipati pada gadis yang pernah membentaknya itu ketika mereka berada dalam satu bus.
Urutan kalimat sinopsis yang tepat adalah ….
a. 1)-5)-6)-4)-3)-2)
b. 3)-5)-4)-6)-2)-1)
c. 3)-5)-6)-4)-1)-2)
d. 5)-3)-6)-4)-1)-2)

….
“Tidak!” Kata Hedemi keras kepala. Mereka sudah sering berdebat tentang hal ini dan untuk masalah yang satu ini Hedemi benar-benar tak mau menyerah. “Dia perempuan, bukan laki-laki. Tempatnya di sini, bersama kita. Apa untungnya mengirim dia ke California?”
“Umurnya sudah hampir delapan belas tahun,” jelas Masao sabar untuk keseribu kali. “Bahasa Inggrisnya cukup baik tapi akan lebih baik baginya jika dia menetap setidaknya satu tahun di Amerika, atau kalau mungkin lebih lama lagi.” Masao ingin agar Hiroko kuliah di sana, tapi ia tahu Hedemi belum siap untuk melepas putrinya kuliah selama empat tahun di negeri orang. Itu akan meningkatkan pendidikannya, membuka wawasannya, dan memperluas cakrawalanya. Sepupuku dan istrinya akan menjaganya dengan baik.
Sinopsis yang sesuai dengan kutipan novel tersebut…
a. Hedemi ingin putrinya, Hiroko, melanjutkan studinya ke Amerika. Namun, Masao tidak menyetujuinya.
b. Masao ingin putrinya, Hiroko, melanjutkan studinya ke Amerika. Namun, Hedemi tidak menyetujuinya.
c. Hiroko ingin putrinya, Hedemi, melanjutkan studinya ke Amerika. Namun, Masao tidak menyetujuinya.
d. Hiroko ingin putrinya, Masao, melanjutkan studinya ke Amerika. Namun, Hedemi tidak menyetujuinya.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara