728x90 AdSpace

09 December 2010

SOAL | Menulis Sinopsis Novel

SOAL | Menulis Sinopsis Novel--> Sinopsis novel Raumanen yang benar adalah . . . .
a. Raumanen adalah seorang gadis Makassar berusia 18 tahun yang aktif dalam berbagai organisasi di Jakarta. Ia pun berkenalan dengan seorang insinyur muda, Monang namanya. Hubungan mereka kemudian berlanjut menjadi hubungan sepasang kekasih, sampai akhirnya mereka melakukan perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh sepasang suami isteri. Manen pun hamil. Namun, orangtua Monang menolak memiliki menantu yang berbeda suku. Dalam keputusasaannya, Manen mengambil jalan tragis: bunuh diri.
b. Raumanen adalah seorang gadis Manado berusia 18 tahun yang aktif dalam berbagai organisasi di Jakarta. Ia pun berkenalan dengan seorang insinyur muda, Yusuf namanya. Hubungan mereka kemudian berlanjut menjadi hubungan sepasang kekasih, sampai akhirnya mereka melakukan perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh sepasang suami isteri. Manen pun hamil. Mereka pun akhirnya menikah dan hidup bahagia untuk selamanya.
c. Raumanen adalah seorang gadis Makassar berusia 18 tahun yang aktif dalam berbagai organisasi di Jakarta. Ia pun berkenalan dengan seorang insinyur muda, Monang namanya. Hubungan mereka kemudian berlanjut menjadi hubungan sepasang kekasih, sampai akhirnya mereka melakukan perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh sepasang suami isteri. Manen pun hamil. Namun, orangtua Monang menolak memiliki menantu yang berbeda suku. Dalam keputusasaannya, Manen mengambil jalan tragis: bunuh diri.
d. Raumanen adalah seorang gadis Manado berusia 18 tahun yang aktif dalam berbagai organisasi di Jakarta. Ia pun berkenalan dengan seorang insinyur muda, Monang namanya. Hubungan mereka kemudian berlanjut menjadi hubungan sepasang kekasih, sampai akhirnya mereka melakukan perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh sepasang suami isteri. Manen pun hamil. Mereka pun akhirnya menikah dan hidup bahagia untuk selamanya.

1) Oleh karena itu, Remon ingin segera tiba di kampung halamannya.
2) Ia sudah rindu pada ibunya yang selama ini ia tinggalkan karena harus menuntut ilmu.
3) Sewaktu dalam perjalanan pulang ke kampung halamannya di Rianite, Remon berkenalan dengan Riana.
4) Perkenalannya dengan Riana, membuat hati Remon terasa bagai diburu bayangan ibunya.
5) Perkenalan itu bermula ketika Riana ditolong oleh Remon dalam sebuah kecelakaan kecil di kapal yang mereka tumpangi.
6) Padahal, sebelumnya ia sudah antipati pada gadis yang pernah membentaknya itu ketika mereka berada dalam satu bus.
Urutan kalimat sinopsis yang tepat adalah ….
a. 1)-5)-6)-4)-3)-2)
b. 3)-5)-4)-6)-2)-1)
c. 3)-5)-6)-4)-1)-2)
d. 5)-3)-6)-4)-1)-2)

….
“Tidak!” Kata Hedemi keras kepala. Mereka sudah sering berdebat tentang hal ini dan untuk masalah yang satu ini Hedemi benar-benar tak mau menyerah. “Dia perempuan, bukan laki-laki. Tempatnya di sini, bersama kita. Apa untungnya mengirim dia ke California?”
“Umurnya sudah hampir delapan belas tahun,” jelas Masao sabar untuk keseribu kali. “Bahasa Inggrisnya cukup baik tapi akan lebih baik baginya jika dia menetap setidaknya satu tahun di Amerika, atau kalau mungkin lebih lama lagi.” Masao ingin agar Hiroko kuliah di sana, tapi ia tahu Hedemi belum siap untuk melepas putrinya kuliah selama empat tahun di negeri orang. Itu akan meningkatkan pendidikannya, membuka wawasannya, dan memperluas cakrawalanya. Sepupuku dan istrinya akan menjaganya dengan baik.
Sinopsis yang sesuai dengan kutipan novel tersebut…
a. Hedemi ingin putrinya, Hiroko, melanjutkan studinya ke Amerika. Namun, Masao tidak menyetujuinya.
b. Masao ingin putrinya, Hiroko, melanjutkan studinya ke Amerika. Namun, Hedemi tidak menyetujuinya.
c. Hiroko ingin putrinya, Hedemi, melanjutkan studinya ke Amerika. Namun, Masao tidak menyetujuinya.
d. Hiroko ingin putrinya, Masao, melanjutkan studinya ke Amerika. Namun, Hedemi tidak menyetujuinya.

  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: SOAL | Menulis Sinopsis Novel Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi