Home » » TIPS | Meredam Perilaku Mencontek

TIPS | Meredam Perilaku Mencontek

Oleh PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU 15 January 2010

Artikel Terbaru:

Mencontek (bukan: menyontek) memang perilaku yang tidak terpuji. Untuk menghindarinya mudah kok, yakni dengan jalan menanamkan keyakinan dalam diri siswa itu sendiri, antara lain:

1.Meyakini bahwa mencontek itu adalah perbuatan dosa, melecehkan guru, pelajaran, serta eksistensi dirinya sendiri. Pelajar yang senang mencontek bukanlah pelajar, karena mencontek bukan moral pelajar.
2.Kebiasaan mencontek justru akan memadamkan semangat belajar. Para pencontek biasa berpikir untuk menyiapkan bahan-bahan untuk membuat contekan, nilai yang diperoleh pun kadang lebih bagus dari siswa yang jujur. Nilai boleh saja bagus, namun sebenarnya ia tidak tahu apa-apa dan tidak ada apa-apanya. Ilmu pengetahuannya tidak pernah bertambah karena rajin mencontek. Lalu apa bedanya dengan mereka yang tidak pernah sekolah?
3.Secanggih-canggihnya ilmu mencontek yang dimiliki oleh seorang siswa, risiko tertangkap tetaplah ada. Apakah ia tidak merasa malu karena tertangkap basah?
4.Ujian Nasional merupakan pertaruhan paling berat bagi mereka yang telah mendarah daging dengan aktivitas mencontek. Tidak mencontek pusing tujuh keliling jadinya.
5.Kebiasaan mencontek berakibat sangat buruk. Dalam kehidupan sehari-hari, pencontek akan gampang berdusta, tidak sportif, tidak setia, dan mudah berkhianat.
6.Kebiasaan mencontek mengakibatkan pelaku menjadi acuh tak acuh terhadap kemajuan IPTEKAS (ilmu pengetahuan, teknologi, agama, dan seni) yang diajarkan di sekolah, kehilangan kebiasaan untuk berpikir dan memikirkan.
7.Jika di saat menjadi pelajar seorang siswa mengidap penyakit mencontek, besar kemungkinan setelah menjadi pejabat atau konglomerat akan bertindak manipulasi dan korup. Kebiasaan melanggar norma dan etika serta melakukan hal-hal tercela di masa muda, pada gilirannya mereka tidak akan merasa risih berbuat skandal dan memperkaya diri sendiri dengan jalan ilegal ketika memiliki kedudukan (jabatan).

Dari Majalah GERBANG Edisi III tahun 2005

Perhatian:
Mencontek berasal dari awalan men- dan kata dasar contek.
Menyontek berasal dari awalan men- dan kata dasar sontek (contoh: menyontek bola)


AAC Alumni Bahasa banjar Baru Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi UN Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara