728x90 AdSpace

15 January 2010

TIPS | Meredam Perilaku Mencontek


Mencontek (bukan: menyontek) memang perilaku yang tidak terpuji. Untuk menghindarinya mudah kok, yakni dengan jalan menanamkan keyakinan dalam diri siswa itu sendiri, antara lain:

1.Meyakini bahwa mencontek itu adalah perbuatan dosa, melecehkan guru, pelajaran, serta eksistensi dirinya sendiri. Pelajar yang senang mencontek bukanlah pelajar, karena mencontek bukan moral pelajar.
2.Kebiasaan mencontek justru akan memadamkan semangat belajar. Para pencontek biasa berpikir untuk menyiapkan bahan-bahan untuk membuat contekan, nilai yang diperoleh pun kadang lebih bagus dari siswa yang jujur. Nilai boleh saja bagus, namun sebenarnya ia tidak tahu apa-apa dan tidak ada apa-apanya. Ilmu pengetahuannya tidak pernah bertambah karena rajin mencontek. Lalu apa bedanya dengan mereka yang tidak pernah sekolah?
3.Secanggih-canggihnya ilmu mencontek yang dimiliki oleh seorang siswa, risiko tertangkap tetaplah ada. Apakah ia tidak merasa malu karena tertangkap basah?
4.Ujian Nasional merupakan pertaruhan paling berat bagi mereka yang telah mendarah daging dengan aktivitas mencontek. Tidak mencontek pusing tujuh keliling jadinya.
5.Kebiasaan mencontek berakibat sangat buruk. Dalam kehidupan sehari-hari, pencontek akan gampang berdusta, tidak sportif, tidak setia, dan mudah berkhianat.
6.Kebiasaan mencontek mengakibatkan pelaku menjadi acuh tak acuh terhadap kemajuan IPTEKAS (ilmu pengetahuan, teknologi, agama, dan seni) yang diajarkan di sekolah, kehilangan kebiasaan untuk berpikir dan memikirkan.
7.Jika di saat menjadi pelajar seorang siswa mengidap penyakit mencontek, besar kemungkinan setelah menjadi pejabat atau konglomerat akan bertindak manipulasi dan korup. Kebiasaan melanggar norma dan etika serta melakukan hal-hal tercela di masa muda, pada gilirannya mereka tidak akan merasa risih berbuat skandal dan memperkaya diri sendiri dengan jalan ilegal ketika memiliki kedudukan (jabatan).

Dari Majalah GERBANG Edisi III tahun 2005

Perhatian:
Mencontek berasal dari awalan men- dan kata dasar contek.
Menyontek berasal dari awalan men- dan kata dasar sontek (contoh: menyontek bola)
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: TIPS | Meredam Perilaku Mencontek Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi