Soal Latihan Penilaian Harian Bab VI (Teks Cerita Inspirasi) Kelas IX Sem.2

1. Bacalah data berikut!
(1) memiliki struktur teks yang terdiri dari orientasi, perumitan peristiwa, komplikasi, resolusi, dan koda. (2) biasanya memiliki tema spesifik yang dapat dikembangkan menjadi cerita yang menarik. (3) memiliki alur cerita tertentu sehingga pembaca dapat memahami cerita yang disajikan dan pesan yang terkandung di dalamnya. (4) bersifat argumentatif.
Berdasarkan data tersebut, yang bukan merupakan ciri teks cerita inspiratif adalah ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

2. Bacalah teks berikut!
Deni, sangat nekad dan seolah tidak ada takutnya. Semua kendaraan yang ada di depannya didahuluinya. Aku sendiri yang menyaksikannya begitu ngeri. Tetapi tidak baginya, dia seolah begitu asyik ketika sudah duduk di atas motor dan memacu motornya. Sampailah kami di jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun.
Namun, jalan seperti ini tidak menjadi halangan bagi Deni untuk terus menambah gasnya, sedangkan aku, Fajri, dan Faisal tetap hati-hati melintasi jalan yang dipasangi gambar tengkorak ini. Sampai di sebuah tikungan yang menurun, entah dari mana munculnya sebuah mobil pengangkut sayuran melaju pada posisi yang sedikit ke tengah.
Deni oleng dan sedikit memiringkan ke kiri stangnya. Namun naas keseimbangannya hilang. Ia menyusur di aspal mulus dengan posisi terbaring di bawah motor. Dan “Braakkkkk” motor dan badannya tertahan pohon cemara di tepi jurang. Deni pingsan.
Pelajaran hidup yang dapat dipetik dalam cerita tersebut adalah ....
a. Munculkan rasa berani dalam dirimu.
b. Tetaplah tidak terpengaruh dengan temanmu.
c. Berhati-hatilah di manapun dan kapanpun.
d. Jangan melintas di daerah yang terpasang gambar tengkorak.

3. Pak Nino adalah seorang mantan pegawai pabrik yang sudah pensiun beberapa tahun. Dia memiliki inisiatif untuk membuka usaha untuk memproduksi makanan ringan untuk meningkatkan kualitas hidupnya dan orang-orang di sekitar dia.
Kutipan teks inspiratif tersebut adalah bagian....
a. Orientasi
b. Perumitan Peristiwa
c. Komplikasi
d. Resolusi

Simak kutipan cerita berikut untuk soal no. 4 dan 5!
....
(1) "Bu, aku malu kepada Allah! Dia hanya menerima 10 ribu tapi begitu bersyukurnya kepada Allah dan berterima kasih kepadaku. Kalau memang demikian, siapakah yang pantas masuk ke dalam surga Allah, apakah dia yang menerima 10 ribu dengan syukur yang luar biasa, ataukah aku yang menerima jumlah lebih banyak dari itu namun sedikitpun aku tak berucap hamdalah?”

(2) Budiman mengakhiri kalimatnya dengan suara yang terbata-bata dan beberapa bulir air mata yang menetes. Istrinya pun menjadi lemas setelah menyadari betapa selama ini kurang bersyukur sebagai hamba.
(https://www.gomuslim.co.id/read/hikmah/2017/06/03/4272/sebuah-kisah-tentang-10-ribu-rupiah-membuat-anda-mengerti-cara-bersyukur.html)

4. Paragraf nomor (1) tersebut merupakan bagian ....
a. Orientasi
b. Perumitan peristiwa
c. Komplikasi
d. Resolusi

5. Paragraf nomor (2) tersebut merupakan bagian ....
a. Koda
b. Resolusi
c. Komplikasi
d. Perumitan peristiwa

6. Simaklah kutipan cerita inspiratif berikut!
(1) Tentunya hal tersebut akan membuat orang lain merasa curiga melihatnya.
(2) Namun nyatanya dugaannya salah besar, ternyata anak-anak sekolah tersebut sedang membagi-bagikan baju bekas dan makanan kepada seorang bapak tunawisma yang biasanya sering berkeliaran di kawasan sekolah.
(3) Bisa saja orang mencurigai segerombolan anak tersebut melakukan hal yang tidak diinginkan seperti merokok.
(4) Jika Anda melihat perbuatan anak-anak tersebut tentu saja akan ikut tergerak hatinya untuk turut membantu meringankan beban tunawisma tersebut, bukan?
(5) Pada suatu hari, terdapat segerombolan anak-anak sekolah yang pergi ke area belakang sekolahnya ketika waktu istirahat tiba.
(https://www.cermati.com/artikel/kisah-inspiratif-ini-mendorong-anda-untuk-selalu-berbuat-baik)

Susunan yang tepat dari kutipan cerita inspiratif tersebut adalah....
a. (5) - (2) - (1) - (3) - (4)
b. (5) - (3) - (4) - (2) - (1)
c. (5) - (1) - (3) - (2) - (4)
d. (5) - (4) - (2) - (3) - (1)

7. Usia yang tak lagi mudah, tak menyurutkan semangat kakek untuk berbagi untuk sesama. Kakek berusia 94 tahun bernama Mbah Asrori ini memiliki moto, "Usia bukan batasan untuk berhenti bersedekah". Kakek asal Semarang ini setiap hari Jumat selalu melakukan sedekah dengan membagikan nasi bungkus kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti pemulung, tukang becak, dan lainnya. Kakek tiga anak ini setidaknya menyisihkan uang sebanyak Rp400 ribu per bulan untuk sedekah.
Kutipan cerita di atas sangat inspiratif karena ....
a. Kepeduliannya
b. Kekayaannya
c. Profesinya
d. Usianya

8. Bacalah kutipan teks berikut!
Atas dasar semua bukti yang ada dan pengakuan Noura, akhirnya mau tidak mau Dewan Hakim memutuskan diriku tidak bersalah dan bebas dari dakwaan apa pun. Takbir dan hamdalah bergemuruh di ruang pengadilan itu dilantunkan oleh semua orang yang membela dan bersimpati padaku. Seketika aku sujud syukur kepada Allah Swt. Aisha memelukku dengan tangis bahagia tiada terkira.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
a. pengenalan
b. muncul masalah
c. klimaks
d. penyelesaian

9. Bacalah teks berikut!
Kedua tangan Tuson terus memegang pergelanganku dengan kencang, tapi tidak cukup kuat untuk menahan beban berat tubuh kami. Perlahan-lahan tanganku lolos dari genggamannya. Aku menutup mata pasrah. Rusdi di bawahku berteriak-teriak minta tolong. Aku pasrahkan hidupku padaMu, ya Tuhan. Sebentar lagi aku akan melayang jatuh.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
a. pengenalan
b. pemunculan masalah
c. klimaks
d. penyelesaian

10. Di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah ....
a. orientasi, perumitan peristiwa, komplikasi, resolusi, koda
b. orientasi, komplikasi, abstraksi, dan reorientasi
c. orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda
d. orientasi, komplikasi, perumitan peristiwa, resolusi, koda

11. Kalimat berikut yang mengandung kata tidak baku adalah ....
a. lbu meminta kuitansi barang sebelum meninggalkan toko.
b. Dia dan isterinya baru saja pergi.
c. Pencuri di pasar dikeroyok massa sebelum polisi datang.
d. Kakak menerima telepon dari ibu tadi siang.

12. Anakkku, dalam hidup ini segala sesuatu bisa terjadi di sekitar kita dan menimpa kita. Akan tetapi kitalah yang menentukan menjadi lemah, lebih kuat.. Kamu pilih yag mana?
Bagian tersebut merupakan bagian....
a. Orientasi
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. Koda

13. Cermati teks penggalan cerita inspirasi berikut!
Sejak kecil Andreas Gautama mengalami fisik yang tidak lengkap. Pria kelahiran 14 Juni 1991 ini tidak patah semangat ingat dia tetap mampu melakukan banyak hal untuk orang lain satunya adalah membantu saudara-saudara yang terkena musibah di Lombok.
Jenis cerita inspirasi pada penggalan cerita di atas adalah....
a. Cerita inspirasi non fiksi
b. Cerita inspirasi fiksi
c. Cerita inspirasi fiksi cerita inspirasi Sufi
d. Cerita inspirasi binatang

14. Hasan adalah seorang anak dari keluarga yang sederhana. Orang tuanya tidak mampu untuk membiayai Hasan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Walaupun orang tuanya tidak mampu membiayai dirinya ke perguruan tinggi, Hasan tetap semangat belajar. Karena Hasan tetap semangat belajar dan tidak putus asa, Hasan berhasil meraih beasiswa penuh untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Hal yang dapat diijadikan pelajaran dari kutipan teks inspirasi tersebut adalah....
a. Tidak perlu berusaha untuk melanjutkan pendidikan jika orang tua tidak mampu.
b. Mintalah bantuan ke pihak yang mampu untuk membantu biaya pendidikan.
c. Berhentilah belajar jika sudah tidak ada kemapuan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan.
d. Tetap semangat untuk selalu berusaha sebaik mungkin jika menghadapi berbagai tantangan atau masalah dalam hidup ini untuk meraih cita-cita yang diharapkan.

15. Perhatikan kalimat berikut!
Taman nasional berfungsi [...] melestarikan habitat hewan dan tumbuhan yang hidup di wilayah Indonesia.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada kalimat di atas adalah ....
a. Agar
b. Untuk
c. Oleh
d. Yang

16. Simaklah kutipan dongeng inspiratif berikut!
(1) Tentunya hal tersebut akan menciptakan orang lain merasa curiga melihatnya. (2) Namun nyatanya dugaannya salah besar, ternyata belum dewasa sekolah tersebut sedang membagi-bagikan baju bekas dan masakan kepada seorang bapak tunawisma yang biasanya sering berkeliaran di daerah sekolah. (3) Bisa saja orang meragukan segerombolan anak tersebut melaksanakan hal yang tidak diinginkan menyerupai merokok. (4) Jika Anda melihat perbuatan belum dewasa tersebut tentu saja akan ikut tergerak hatinya untuk turut membantu meringankan beban tunawisma tersebut, bukan? (5) Pada suatu hari, terdapat segerombolan belum dewasa sekolah yang pergi ke area belakang sekolahnya dikala waktu istirahat tiba.
Susunan yang sempurna dari kutipan cerita inspiratif tersebut adalah....
a. (5) - (1) - (3) - (2) - (4)
b. (5) - (3) - (4) - (2) - (1)
c. (5) - (2) - (1) - (3) - (4)
d. (5) - (4) - (2) - (3) - (1)

17. Bacalah kutipan teks berikut!
Angin malam berembus agak dingin, tetapi ia belum mau menutup jendela. Kalau saja mendiang istrinya masih ada, dia pun akan melakukan hal yang sama. Ya, Yasmin, istrinya, akan berbuat yang sama dengannya pada malam seperti itu. Berdiri di jendela, menatap ke luar memandang hujan yang jatuh, merasakan hembusan angin.
Latar tempat dalam kutipan cerita tersebut adalah ....
a. di rumah
b. di kamar
c. di dekat jendela
d. di halaman

18. Sejak awal, Jakob mendasarkan visi kekeluargaan. Maka ia memilih mempertahankan media dan nasib karyawannya di tengah kemelut tekanan pemerintah Orde Baru yang otriter.
Arti kata kemelut adalah ....
a. krisis
b. bahagia
c. sedih
d. marah

19. Bacalah teks berikut!
Rena bersuka karena apa yang diinginkan tercapai. Ya, lelaki yang dikaguminya membalas cintanya. Ia tak lagi bisa mengungkapkan perasaannya. Ia hanya merasa bahwa alam sedang bernyanyi dan titik-titik air yang menerpa kaca jendela menciptakan lirik-lirik puisi cinta yang romantis baginya.
Gaya bahasa yang dipakai dalam teks tersebut adalah ....
a. metafora
b. hiperbola
c. personifikasi
d. perumpamaan

20. Bacalah teks berikut!
Sampailah kami di jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun. Namun, jalan seperti ini tidak menjadi halangan bagi Deni untuk terus menambah gasnya, sedangkan aku, Fajri, dan Faisal tetap hati-hati melintasi jalan yang dipasangi gambar tengkorak ini.
Aspek kebahasaan yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah....
a. majas
b. deskripsi perincian
c. dialog
d. kalimat retoris

KUNCI JAWABAN

Posting Komentar untuk "Soal Latihan Penilaian Harian Bab VI (Teks Cerita Inspirasi) Kelas IX Sem.2"

Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!