Contoh Soal Latihan PTS (Penilaian Tengah Semester) Kelas 8 Semester Genap

1. Bacalah teks berikut!
Pengangguran menjadi masalah serius pada era modern ini. Secara umum, pengangguran berarti orang dewasa yang tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan, atau tidak memiliki pekerjaan formal. Pengangguran terjadi karena adanya kesenjangan antara pencari kerja dan kesempatan kerja. Selain itu, banyak pencari kerja tidak memiliki keterampilan dalam bidang tertentu. Akibatnya, mereka kesulitan memperoleh pekerjaan. Pengangguran perlu segera diatas. Langkah yang dapat ditempuh adalah memperbaiki kondisi lapangan kerja. Selain itu, pemerintah hendaknya mempersiapkan generasi muda sebagai wirausaha yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Ringkasan yang tepat untuk paragraf tersebut adalah ....
a. Pengangguran harus segera diatasi dengan menciptakan banyak lapangan pekerjaan dan wirausaha yang data menciptakan lapangan pekerjaan.
b. Pengangguran pada era modern yang terjadi karena kurangnya lapangan pekerjaan dan keterampilan pencari kerja harus segera diatasi
c. Pengangguran pada era modern terjadi karena kesenjangan antara pencari kerja dan jumlah lapangan pekerjaan yang ada
d. Pengangguran adalah orang dewasa tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan atau tidak memiliki pekerjaan formal

2. Inti cerita film “Beth” berkisah cinta yang tragis antara Beth dan Pesta sebagai dua anak manusia yang hidup dalam lingkungan sosial berbeda. Tak direstui oleh orang tua Beth yang Jendral kehidupan asmara Beth – Pesta pun berakhir mengenaskan. Pesta masuk penjara karena tertangkap mengkonsumsi narkoba. Beth jadi gila lantaran tak kuat menanggung deritanya. Lebih tragis lagi, keduanya dipertemukan kembali di rumah sakit jiwa.

Termasuk struktur teks bagian apakah cuplikan paragraf diatas ....
a. Orientasi
b. Analisis
c. Sinopsis
d. Evaluasi

3. Perhatikan kutipan teks ulasan berikut!
Aspek menarik patut dicatat adalah kesadaran Raditya Dika terhadap plot film sebagai entitas berbeda dan merdeka dari jajahan sumber adaptasinya. [.....] Bahkan, demi menjaga keutuhan plot, Dika mempreteli cerita sampai tataran karakterisasinya. Grup detektif Tiga Sekawan yang dibentuk Dika memiliki anggota berbeda antara di buku dan di film. Gimmick yang dipakai pun berbeda. Ada kreativitas yang menekankan bahwa humor sebaiknya sambung-sinambung menjadi satu dan karakterisasi sangat penting dalam mewujudkan misi itu.

Kalimat tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks ulasan tersebut adalah....
a. Dika merelakan beberapa bagian dalam buku tidak dimasukkan ke dalam film agar keutuhan plot cerita terjaga.
b. Dika memisahkan beberapa bagian dalam buku yang kurang menarik agar tidak dimasukkan dalam pembuatan film.
c. Dika ingin semua bagian dalam buku dimasukkan ke dalam film agar keutuhan plot cerita tiga babak utuh.
d. Semua unsur canda dalam buku karya Dika tetap dimasukkan dalam film agar keutuhan plot cerita tiga babak utuh.

4. Perhatikan kutipan teks ulasan film berikut!
Kelebihan film ini terletak pada adegan kejar-kejaran yang digarap serealistis mungkin. Dari segi cerita, dapat juga diambil sisi positifnya. Keteguhan sang tokoh terhadap perjanjian awal yang telah disepakati sebelumnya adalah hal yang patut ditiru. Tapi ingat, jangan meniru adegan dalam film tersebut, terutama anak-anak.
Kalimat terakhir pada kutipan ulasan film The Transporter tersebut kurang tepat, perbaikannya adalah . . . .
a. Namun, mengingat banyaknya adegan kekerasan, film ini tidak layak untuk ditonton oleh anak-anak.
b. Film ini tidak cocok untuk ditonton oleh anak usia dini karena mengandung adegan sadis
c. Amanatnya, jangan suka mencuri, karena mencuri itu dosa dan menyusahkan orang lain.
d. Terlalu banyak adegan kekerasan berupa pembunuhan dan penembakan dalam film ini

5. 1) Buku yang berjudul Matinya Media: Perjuangan Menyelamatkan Demokrasi disunting oleh Danny Schechter.2) Buku tersebut mengulas perkembangan media massa yang mulai mengancam masa depan demokrasi. 3) Sampul buku tersebut berwarna biru tua. 4) Namun, bahasa yang digunakan masih terlalu sulit dipahami.
Sinopsis buku terdapat pada kalimat ….
a. 1)
b. 2)
c. 3)
d. 4)

6. Cematilah data buku berikut!
Judul: Sekolah Itu Candu
Penulis: Roem Topati Masang
Penerbit: Insid Press, Yogyakarta
Cetakan: Pertama, Juli 2007
Tebal: xvii+ 178 halaman
Kelebihan: Buku ini menggunakan bahasa komunikatif, tidak terkesan menggurui, dan patut dibaca semua kalangan.
Kelemahan: Desain kover buku kurang menarik.

Paragraf ulasan yang sesuai dengan data tersebut adalah. . .
a. Buku ini mengangkat masalah yang aktual dan cerdas, tetapi tidak terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, kover buku sengaja didesain dengan penampilan menarik. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
b. Buku ini mengangkat masalah aktual, cerdas, dan terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, kover buku sengaja didesain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
c. Buku ini mengangkat masalah aktual, cerdas, dan terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, kover buku sengaja didesain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
d. Buku ini mengangkat masalah aktual dan cerdas, tetapi tidak terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, kover buku sengaja didesain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.

7. Perhatikan data buku berikut!
Judul buku: Ayat-Ayat Cinta
Nama pengarang: Habiburrahman El Shirazy
Tempat dan penerbit buku: Jakarta, Penerbit Republika
Tahun Penerbitan: 2004
Tebal buku: 20,5x'13,5 cm
Keunggulan: Novel Ayat-Ayat Cinta mengajak kita untuk lebih jernih, lebih cerdas dalam memahami cakrawala keislaman, kehidupan, dan juga cinta.
Kekurangan: Menggunakan terlalu banyak kata dalam bahasa Arab yang tidak mudah dipahami

Paragraf ulasan yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah...
a. Novel yang ditulis Habiburrahman El Shirazy adalah novel terlaris di Indonesia. Novel ini tampak memiliki banyak kelebihan. Kelemahan nyaris tidak terdapat dalam novel
ini.
b. Novel terbitan tahun 2004 ini adalah novel penting yang mengajak pembaca untuk lebih jernih dan cerdas. Buku setebal 20,5x 13,5 cm ini sangat laris di pasaran.
c. Novel yang ditulis Habiburrahman El Shirazy diterbitkan oleh Penerbit Republika. Novel ini disajikan dengan menggunakan bahasa campuran. Bahasa tersebut adalah bahasa Indonesia dan bahasa Arab.
d. Novel Ayat-Ayat Cinta terbitan tahun 2004 ditulis oleh Habiburrahman El Shirazy ini mengajak kita untuk lebih jernih, lebih cerdas dalam memahami cakrawala keislaman, kehidupan, dan juga cinta. Sayangnya, novel ini menggunakan terlalu banyak kata berbahasa Arab yang tidak mudah dipahami.

8. Perhatikan data buku berikut!
Judul buku : Laskar Pelangi
Pengarang : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka, Yogyakarta
Keunggulan: Hubungan antara satu bagian dan bagian lain harmonis dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca.
Kelemahan : Penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut.

Paragraf ulasan yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah ....
a. Laskar Pelangi merupakan buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi atau gabungan dari 4 karya berbeda, buku kedua Sang Pemimpi berikutnya Edensor dan Maryamah Karpov. Buku ini diterbitkan oleh Bentang Pustaka, Yogyakarta.
b. Keunggulan buku ini adalah hubungan antara satu bagian dan bagian yang lain harmonis dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca. Oleh karena itu, buku ini laris di pasaran.
c. Selain menarik, kelebihan buku Laskar Pelangi memiliki hubungan harmonis antara satu bagian dan bagian yang lain dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca. Akan tetapi, penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi
pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut.
d. Kelemahannya adalah penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut sehingga pembaca akan lebih repot karena harus membuka halaman glosarium jika ingin tahu artinya.

9. Bacalah teks dibawah ini!
Buku ini berjudul matematika aplikasi yang diperuntukkan untuk SMA dan MA kelas XII program studi ilmu alam, supaya dapat dipelajari sebagai sumber pengetahuan dan siswa dapat mendalami pelajaran matematika secara luas. Buku ini ditulis oleh Pesta E.S. dan Cecep anwar H.F.S, di mana dalam buku ini siswa dapat belajar aktif melalui aktivitas di kelas. Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik. Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, disain dan ilustrasi yang menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.

Kutipan ulasan diatas memaparkan tentang ....
a. Identitas buku dan ikhtisar isi buku
b. Ikhtisar isi buku dan kekurangan buku
c. Identitas buku dan kelebihan buku
d. Ikhtisar isi buku dan kelebihan buku

10. Bacalah teks berikut!
Buku bersampul hijau dan kuning ini berisi 198 halaman dan terdapat 8 bab, 4 bab pada pembahasan pertama, 4 bab lainnya pada pembahasan kedua. Pada pembahasan pertama yaitu kegiatan bersama. Bab I tertulis pada halaman 1, Bab II tertulis pada halaman 25, Bab III (Keperluan hidup) tertuang dalam halaman 47, Bab IV berisi “Melejitkan Potensi Diri” Tertulis pada halaman 73 . Pada pembahasan yang kedua yaitu Bab V pada halaman 103 membahas menghargai kreativitas. Bab VI membahas tentagn “Budaya Daerah” Bab ini tertulis pada halaman 25, Bab VII membahas tentang “Menguasai Ilmu Pengetahuan”. Bab VIII membahas tentang “Kegiatan Berkesan” Pada akhir buku ini terdapat epilog ditulis pada sampul belakang.

Kutipan resensi diatas memaparkan tentang ....
a. Identitas buku
b. Ikhtisar isi buku
c. Kelebihan dan kekurangan buku
d. Kesimpulan

11. Konjungsi yang menggunakan kata hubung karena dan sebab adalah konjungsi ....
a. Konjungsi Penerang
b. Konjungsi Temporal
c. Konjungsi Penyebab
d. Konjungsi Saran

12. Dari sana Keneth ingin memberi isyarat bahwa sudah waktunya kita mengkritisi pendapat-pendapat sesat yang kini terlanjur hidup dalam masyarakat kita.
Pada kalimat diatas terdapat penggunaan kata konjungsi, yaitu ....
a. Konjungsi penyebab
b. Konjungsi penerang
c. Konjungsi temporal
d. Konjungsi penyebab

13. Bacalah teks dibawah ini!
Buku ini banyak memiliki keunggulan yang disajikan dibandingkan dengan buku lain, yakni memiliki daftar simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya. Memiliki info yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi metematika dan perkembangan teknologi.
Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya. Memiliki indeks yang merupakan kumpulan istilah penting yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculan istilah dan disajikan secara alfabetis.

Berdasarkan kutipan resensi diatas, ke kuatan yang tidak dimiliki buku tersebut adalah ....
a. Memiliki kumpulan simbol yang merupakan kumpulan atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya
b. Memiliki informasi latar belakang matematikawan yang telah berjasa dengan menemukan berbagai macam teori yang sekarang ini digunakan dan dirasakan manfaatnya
c. Memiliki info yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi
d. Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya

14. Bacalah teks dibawah ini.
Di dalam buku ini terdapat berbagai keterampilan dasar dalam bercocok tanam. Seharusnya anak-anak itu sendiri harus dibekali keterampilan yang akan bermanfaat jika anak itu sendiri sering membaca buku ini dan berbagai buku pengetahuan lainnya. Mereka akan memperoleh berbagai pengetahuan dan keterampilan yang akan membekali mereka kelak nanti. Mereka juga dapat memanfaatkan buku ini sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan kelak di kemudian hari.

Paragraf diatas memaparkan tentang ....
a. Kekurangan isi buku
b. Kegunaan buku
c. Kesesuaian kelompok umur pembaca
d. Nilai komersial buku

15. Konjungsi yang menggunakan kata hubung bahwa, yakni, dan yaitu adalah konjungsi ....
a. Konjungsi Penerang
b. Konjungsi Temporal
c. Konjungsi Penyebab
d. Konjungsi Saran

16. Berikut ini kata yang tidak termasuk dalam konjungsi temporal adalah ....
a. Semenjak
b. Kemudian
c. Akhirnya
d. Sebab

17. Konjungsi yang menggunakan kata hubung sejak, semenjak, kemudian, dan akhirnya adalah konjungsi ....
a. Konjungsi Penerang
b. Konjungsi Temporal
c. Konjungsi Penyebab
d. Konjungsi Saran

18. Berikut ini kata yang tidak termasuk dalam konjungsi penyebab adalah ....
a. Seperti sejak
b. Karena
c. Sebab
d. Oleh karena itu

19. Yang tercantum dalam resensi buku seperti, judul buku, nama pengarang, penerbit, kota terbit, ukuran buku dan jumlah halaman. Pernyataan tersebut merupakan penjelasan dari ....
a. Identitas karya
b. Orientasi
c. Sinopsis
d. Evaluasi

20. Cermati data berikut ini!
Ulasan buku karya Sastranegara ini tidak mendalam dan tidak teliti karena desakan waktu yang disediakan kepada penulisnya. Buku ini merupakan catatan kesan-kesan pertama seorang pembaca.
Kalimat yang menyatakan kelemahan buku adalah ....
a. Penulis buku tidak teliti dan tidak mendalam mengulas masalah
b. Membaca, menikmati, dan menghayati cerpen Sastranegara tidak sulit
c. Buku tersebut disusun karena desakan penerbit
d. Pengarang menceritakan secara mendetail karya cerpennya

21. Perhatikan kutipan teks persuasi berikut:
1) Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. 2) Salah satu hikmahnya yang sangat penting adalah semangat persatuan. 3) Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapi secara bersama-sama. 4) Karena itulah perlu disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa.
Kalimat persuasif ditandai dengan kalimat nomor ....
a. 1)
b. 2)
c. 3)
d. 4)

22. (1) Dia memang patut disebut sebagai maniak bola. (2) Sejak usia 10 tahun, Ueda telah mendedikasikan hidupnya untuk olahraga sepakbola. (3) Kini dia berusia 29 tahun. (4) Dia mengaku tidak bisa memisahkan hidupnya dengan sepakbola.
Kalimat-kalimat yang berupa fakta adalah nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (3) dan (4)
c. (2) dan (3)
d. (4) dan (1)

23. Fungsi fakta dan pendapat dalam teks persuasi adalah ....
a. Untuk memengaruhi pendengar setelah memperoleh bujukan
b. Untuk menguatkan informasi-informasi yang terdapat pada teks
c. Untuk memengaruhi pembaca agar tidak mengikuti himbauan penulis
d. Untuk lebih meyakinkan pembaca sebelum mereka memperoleh bujukan atau himbauan

24. Paragraf yang merupakan kutipan teks persuasi adalah ....
a. Grup detektif Tiga Sekawan yang dibentuk Dika memiliki anggota berbeda antara di buku dan di film. Gimmick yang dipakai pun berbeda. Ada kreativitas yang menekankan bahwa humor sebaiknya sambung-sinambung menjadi satu dan karakterisasi sangat penting dalam mewujudkan misi itu.
b. Penyebab seseorang mengalami gangguan pencernaan, antara lain, pola makan tidak teratur. Misalnya, sering terlambat makan, kurang mengonsumsi sayur dan buah, dan kurang memperhatikan gizi makanan. Salah satu upaya menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat, makanlah dengan pola makan sehat dan seimbang.
c. Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun sampai dengan 21 tahun. Pada masa itu remaja sedang mencari identitas dirinya.
d. Bertepatan dengan Hardiknas, siswa-siswa SMP se-Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se-Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur dan pejabat yang terkait dengan acara. Acara ini digunakan sebagai sarana mengekspresikan kreativitas, komunikasi antar sekolah, serta perkembangan Iptek.

25. Fungsi fakta dalam sebuah teks persuasi adalah ....
a. agar pembaca bisa merasakan, mendengar, dan melihat
b. agar pembaca bisa mengetahui keunggulan dan kelemahan
c. agar bisa mengembangkan imajinasi pembaca
d. agar bisa meyakinkan dan memengaruhi pembaca

26. Secara tersurat (eksplisit), kalimat persuasif biasanya ditandai oleh kata-kata berikut, kecuali ....
a. harus
b. hendaknya
c. meski
d. jangan

27. Perhatikan kutipan teks berikut!
Menurut para ahli kesehatan, hal umum yang menyebabkan orang mengalami gangguan pencernaan, antara lain, pola makan tidak teratur dan sering terlambat makan. Mereka pun kurang mengonsumsi sayur dan buah; juga kurang memperhatikan gizi makanan. Salah satu upaya menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat, makanlah dengan pola makan sehat dan seimbang.
Simpulan cuplikan teks tersebut adalah ....
a. Agar tidak mengalami gangguan pencernaan, kita harus makan dengan pola makan sehat dan seimbang.
b. Hal umum yang menyebabkan orang mengalami gangguan pencernaan adalah sering terlambat makan.
c. Hal umum yang menyebabkan orang mengalami gangguan pencernaan adalah pola makan yang tidak teratur.
d. Mereka pun kurang mengonsumsi sayur dan buah; juga kurang memperhatikan gizi makanan.

28. Struktur teks persuasi yang benar adalah ....
a. pengenalan isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan, penegasan kembali.
b. rangkaian argumen, pengenalan isu, pernyataan ajakan, penegasan kembali.
c. rangkaian argumen, pernyataan ajakan, penegasan kembali, pengenalan isu.
d. pengenalan isu, penegasan kembali, rangkaian argumen, pernyataan ajakan.

29. Kalimat penegasan kembali atas pernyataan-pernyataan sebelumnya, biasanya tidak ditandai oleh ungkapan-ungkapan seperti ....
a. demikianlah
b. dengan demikian
c. oleh karena itulah
d. pada zaman dahulu

30. Perhatikan kutipan teks berikut!
Jujur saja, kita memang belum bisa terbuka membicarakan soal seks dan kesehatan reproduksi. Padahal, itu penting sekali buat kita ketahui supaya tidak terjerumus ke jalan yang salah. Nah, lewat situs-situs tertentu di internet, beragam informasi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan.
Struktur teks berdasarkan kutipan tersebut adalah .....
a. pengenalan isu
b. rangkaian argumen
c. pernyataan ajakan
d. penegasan kembali

31. Perhatikan kutipan teks berikut!
Sudah menjadi rahasia umum, kalau ada sepasang kekasih yang terjerumus melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Peristiwa itu terjadi karena mereka tidak tahu cara mengontrol diri dan mengabaikan ajaran agama. Mereka juga tidak tahu cara menghindari diri dari perbuatan itu. Akibatnya, mereka menyesal, lalu terpikir untuk aborsi. Seram, kan? Itu hanya salah satu contoh akibat ketidakpedulian kita atas hak kita untuk mendapatkan informasi yang benar tentang diri, seksualitas, permasalahan reproduksi remaja lain, dan tentu saja karena lemahnya iman pada diri mereka.
Struktur teks berdasarkan kutipan tersebut adalah .....
a. pengenalan isu
b. rangkaian argumen
c. pernyataan ajakan
d. penegasan kembali

32. Kata ganti "kita" merupakan jenis kata ganti ....
a. orang pertama tunggal
b. orang pertama jamak
c. orang kedua tunggal
d. orang kedua jamak

33. Contoh kata kerja imperatif adalah ....
a. harus
b. sepantasnya
c. jadikanlah
d. sebaiknya

34. Kalimat yang merupakan pendapat adalah ....
a. Banyak situs di internet yang menyediakan berbagai informasi tentang seksualitas dan reproduksi bagi remaja.
b. Lewat situs-situs tertentu di internet, beragam informasi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan.
c. Dari sepuluh itu, salah satunya adalah mendapatkan informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja.
d. Kita bisa bertanggung jawab atas pilihan kita tadi sehingga tidak akan menyesal di kemudian hari.

35. Kalimat yang merupakan fakta adalah ....
a. Kita memang belum bisa terbuka membicarakan soal seks dan kesehatan reproduksi.
b. Kita bisa bertanggung jawab atas pilihan kita tadi sehingga tidak akan menyesal di kemudian hari.
c. Dari sepuluh itu, salah satunya adalah mendapatkan informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja.
d. Mereka yang terjerumus melakukan hubungan seksual sebelum menikah, mungkin saja karena tidak memiliki iman.

36. Dari deretan kata berikut yang merupakan kata-kata penghubung yang argumentatif adalah ....
a. jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu.
b. dan, sebab, karena, alangkah baiknya, atau, oleh karena itu.
c. dan, sebab, atau, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu.
d. jika, atau, karena, dengan demikian, sebaiknya, oleh karena itu.

37. Kata-kata yang digunakan sebagai kata kerja mental adalah ....
a. jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu.
b. seperti diharapkan, memprihatinkan, memperkirakan, mengagumkan, menduga.
c. berdasarkan data..., merujuk pada pendapat..., seperti yang dinyatakan oleh....
d. dengan demikian, oleh karena itu, berpendapat, berasumsi, menyimpulkan.

38. Kata-kata yang digunakan sebagai kata-kata perujukan adalah ....
a. jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu.
b. seperti diharapkan, memprihatinkan, memperkirakan, mengagumkan, menduga.
c. berdasarkan data..., merujuk pada pendapat..., seperti yang dinyatakan oleh....
d. dengan demikian, oleh karena itu, berpendapat, berasumsi, menyimpulkan.

39. Yang merupakan konjungsi kausalitas adalah ....
a. kemudian, lalu, harus, hendaknya
b. sejak, semenjak, kemudian, akhirnya
c. bahwa, yakni, yaitu, adalah
d. sebab, karena, oleh sebab itu, sehingga

40. Nah, untungnya kita sudah akrab dengan teknologi internet. Media ini memungkinkan kita untuk mencari informasi semua kebutuhan kita. Banyak situs di internet yang menyediakan berbagai informasi tentang seksualitas dan reproduksi bagi remaja. Hanya saja kemajuan teknologi (termasuk internet) biasanya bagai pisau bermata dua: dia bisa bersifat sebagai teman alias penyedia informasi yang tepat, tetapi bisa juga sebagai devil advocate, teman yang malah justru menjerumuskan kita ke perbuatan yang tidak baik. Nah! Sekali lagi kita harus hati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan kita kunjungi.

Termasuk struktur teks bagian apakah cuplikan paragraf di atas ....
a. Pengenalan isu
b. rangkaian argumen
c. penegasan kembali
d. pernyataan ajakan

KUNCI JAWABAN

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Latihan PTS (Penilaian Tengah Semester) Kelas 8 Semester Genap"

Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!