Widget HTML Atas

Soal Latihan PH (Penilaian Harian) Bab I (Teks Berita) Kelas 8 Semester 1

1. Perhatikan teks berita berikut ini!
KOMPAS.com - Pesawat Lion Air JT 610 dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat pada Senin (29/10/2018). Berdasarkan keterangan pihak berwenang, pesawat itu jatuh tak lama setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang, Banten. Pesawat itu lepas landas sekitar pukul 06.20 WIB. Namun, tak lama kemudian pesawat hilang kontak. Sedianya, pesawat itu mendarat di Pangkal Pinang pukul 07.20 WIB, namun tak ada kabar. Badan SAR Nasional pun memastikan bahwa pesawat Boeing 737 Max 8 itu jatuh. Pencarian dan upaya penyelamatan pun segera dilakukan oleh Basarnas. Pesawat yang baru beroperasi pada 15 Agustus 2018 itu diketahui membawa 189 orang, yang terdiri dari 178 penumpang dewasa, 1 orang anak, 2 bayi, dan 8 awak pesawat.

Unsur bagaimana pada kutipan berita di atas adalah …
a. Pesawat itu jatuh tak lama setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang, Banten. Pesawat itu lepas landas sekitar pukul 06.20
b. Pesawat yang baru beroperasi pada 15 Agustus 2018 itu diketahui membawa 189 orang, yang terdiri dari 178 penumpang dewasa, 1 orang anak, 2 bayi, dan 8 awak pesawat.
c. Senin, 29 Oktober 2018
d. Terjatuhnya pesawat Lion Air JT 610

2. Perhatikan teks berita berikut ini!
Senin 22 Oktober tadi pagi bus penumpang dari Banjarmasin – Balikpapan masuk parit di wilayah Kasiau. Kecelakaan di duga disebabkan terlepasnya ban depan sehingga menabrak tiang listrik lalu masuk parit. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Karena benturan bus tidak terlalu kuat. Saat ditemui di lokasi kejadian kepala Organda Cabang Balikpapan menuturkan penyebab pasti kecelakaan itu beberapa kemungkinan, antara lain factor bus, pemasangan ban depan, dan factor teknis lain.
Informasi yang tepat berdasarkan teks berita tersebut adalah …
a. Bus penumpang Balikpapan mengalami kecelakaan pada hari Senin yang mengakibatkan korban jiwa
b. Kecelakaan terjadi pada bus penumpang karena sopir mengantuk
c. Hari Senin terjadi kecelakaan bus penumpang Banjarmasin-Balikpapan akibat lepasnya ban depan dan tidak ada korban jiwa
d. Organda Cabang Balikpapan dapat memastikan akibat kecelakaan itu

3. NTB: Setidaknya 16 orang meninggal dunia, 5.000 lebih masih di penampungan Gempa kuat yang mengguncang Lombok Nusa Tenggara Barat) dan Bali pada Minggu (29/07) menyebabkan setidaknya 16 orang meninggal dunia, lebih dari 160 lainnya luka-luka. Hingga Senin (30/07) malam waktu setempat, lebih dari 5.000 warga masih berada di tempat-tempat penampungan sementara. Lima di antara korban meninggal dunia dilaporkan adalah anak-anak.
Topik berita tersebut adalah …
a. Bencana alam berupa gempa
b. Korban Gempa
c. Penyebab gempa
d. kekuatan gempa

4. Bacalah kutipan berikut!
Muhammad Zohri kebanggaan Indonesia
Atlet Indonesia Muhammad Zohri meraih medali emas nomor bergengsi lari 100 meter di Kejuaraan Dunia Atletlik U-20 (di bawah usia 20 tahun) di Finlandia, Rabu (11/07). Atlet kelahiran 1 Juli 2000 ini mencatat waktu 10,18 detik. Zohri mengalahkan dua pelari asal Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison yang sama-sama mencatatkan waktu 10,22 detik. International Association of Athletics Federation (IAAF) melalui akun Twitter resmi mereka memberikan selamat kepada Lalu Muhammad Zohri, menegaskan bahwa ini adalah "kejadian bersejarah". Muhammad Zohri menjadi orang Indonesia pertama yang pernah memenangkan medali di kejuaraan semacam ini," kata @iaaforg. "Muhammad Zohri sekali lagi membuktikan bahwa kita tidak boleh meremehkan kuda hitam." Indonesia telah mengirimkan atletnya untuk mengikuti kejuaraan dunia U-20 ini dalam berbagai cabang, sebanyak 10 kali sejak 1986. Belum sekali pun Indonesia mendapatkan medali.Prestasi atlet 18 tahun ini begitu membanggakan sehingga ribuan ucapan selamat berdatangan dari seluruh penjuru tanah air.
Ringkasan isi berita di atas adalah…
a. International Association of Athletics Federation (IAAF) melalui akun Twitter resmi mereka memberikan selamat kepada Lalu Muhammad Zohri, menegaskan bahwa ini adalah "kejadian bersejarah".
b. Atlet Indonesia Muhammad Zohri meraih medali emas nomor bergengsi lari 100 meter sehingga ribuan ucapan selamat berdatangan dari seluruh penjuru tanah air.
c. Muhammad Zohri meraih medali emas nomor bergengsi lari 100 meter di Kejuaraan Dunia Atletlik U-20 (di bawah usia 20 tahun). Hal ini menjadikannya orang Indonesia pertama yang pernah memenangkan medali di kejuaraan semacam ini.
d. Muhammad Zohri meraih medali emas nomor bergengsi lari 100 meter di Kejuaraan Dunia Atletlik U-20 (di bawah usia 20 tahun) di Finlandia, Rabu (11/07). Prestasinya ini sangat membanggakan Indonesia karena sejak keikutsertaanya baru kali ini Indonesia mendapatkan medali.

5. Menurut Wapres, kelalaian penanganan TKI ilegal merupakan kesalahan komulatif (tertimbun) dan harus segera dibenahi. Namun, bukan berarti selama ini pemerintah tidak serius menangani masalah TKI. Terutama persyaratan pemulangan TKI seperti yang terjadi di Nunukan.
Simpulan berita di atas adalah. ...
a. Selama ini pemerintah tidak serius menanggulangi masalah TKI.
b. Pemerintah tidak pernah lalai dalam penanganan TKI.
c. Pemulangan besar-besaran TKI ilegal merepotkan pemerintah.
d. Wapres mengakui bahwa kelalaian penanganan TKI adalah kesalahan bersama dan akan segera dibenahi.

6. Penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya terutama kesalahan para pemudik biasa kurang sabar. Mereka sering mengebut dan ingin mendahului, mengantuk juga sering menjadi penyebab kecelakaan. Jarak yang ditempuh kendaraan terlalu jauh akan mengakibatkan sopir lelah dan mengantuk sehingga mudah tabrakan dengan kendaraan lain.
Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah … .
a. Jarak terlalu jauh mengakibatkan pengemudi kurang sabar.
b. Bila sopir berhati-hati, kecelakaan tidak mungkin terjadi
c. Para pengemudi biasanya mengebut dan mendahului.
d. Tabrakan terjadi karena sering mengantuk saat mengemudi.

7. Pelabuhan Merak dipadati oleh truk-truk pengangkut barang nonsembako pada sepuluh hari menjelang lebaran, Sabtu (15/11). Kondisi tersebut disebabkan adanya larangan melintas baik truk nonsembako pada tangal 21-25 November.
Struktur teks berita di atas merupakan bagian….
a. Ekor berita
b. Tubuh berita
c. Kepala berita
d. Judul berita

8. Bu Yasmin menanyakan kepadaku kapan aku akan pergi ke Bandung.
Bentuk kalimat langsung dari kalimat tak langsung di atas adalah….
a. Bu Yasmin bertanya,” Kapan kamu akan pergi ke Bandung?”
b. Bu Yasmin bertanya,” Kapan aku akan pergi ke Bandung?”
c. Bu Yasmin bertanya,” Kapan kita akan pergi ke Bandung?”
d. Bu Yasmin bertanya,” Kapan dia akan pergi ke Bandung?”

9. Sekitar 37 peserta mengikuti donor darah yang diadakan di Kantor Kecamatan Kartasura, Rabu (2/8/2007). Kepala markas Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Sukoharjo, Ahmad Basuki, menjelaskan bahwa pada kesempatan tersebut berhasil ditampung 37 kantong darah dari seluruh peserta yang terdiri atas warga setempat. ”Donor darah ini sebagai upaya memenuhi ketersediaan stok di bank darah. Kegiatan dilaksanakan pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB,” kata Basuki kepada Espos.
Kapan kegiatan donor darah di atas dilaksanakan?
a. Rabu, 2 Agustus 2007
b. pada bulan Agustus
c. Rabu, 8 Februari 2007
d. pukul 12.00-09.00 WIB

10. Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.

Teks 2
Secara tingkatan perkembangan kepribadian anggotanya, Pramuka dibagi menjadi beberapa tingkat, yaitu Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega, dan Pembina.
Kutipan berita tersebut merupakan informasi di bidang ....
a. Teks 1: ekonomi; Teks 2: peristiwa alam
b. Teks 1: politik; Teks 2: sekolah
c. Teks 1: peristiwa alam ; Teks 2: pendidikan
d. Teks 1: ekonomi ; Teks 2: sosial

11. Simak kutipan berita berikut!
1) Menko PMK Muhadjir Effendy mengabarkan PPKM Darurat akan diperpanjang hingga akhir Juli. 2) Muhadjir menerangkan perpanjangan PPKM Darurat untuk menekan penularan virus corona itu sudah diputuskan Presiden Jokowi dalam Rapat Kabinet Terbatas.
3) "Tadi rapat kabinet terbatas yang saya ikuti waktu saya di Sukoharjo sudah diputuskan oleh Bapak Presiden, dilanjutkan sampai akhir Juli, sampai akhir Juli PPKM ini," kata Muhadjir di Hotel University Club (UC) UGM, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (16/7).

Unsur berita yang terdapat dalam kutipan nomor 1 adalah ....
a. siapa, apa, dan kapan
b. siapa, apa, dan di mana
c. di mana, apa, dan kapan
d. siapa, di mana, dan kapan

12. Teks I
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara, baik roda dua maupun roda empat dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks II
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Kesamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah ...
a. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar wisatawan datang ke Puncak.
b. Imbauan Kasat Lalu Lintas tentang rencana penutupan jalur Puncak sore hari.
c. Imbauan Kasat Lalu Lintas kepada para pengendara roda dua dan roda empat.
d. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar pengunjung Puncak tiba sebelum pukul 13.00.

13. Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks Berita 2
menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ...
a. teks I diawali dengan siapa, teks II diawali mengapa.
b. teks I diawali dengan apa, teks II diawali bagaimana.
c. teks I diawali dengan mengapa, teks II diawali bagaimana.
d. teks I diawali dengan apa, teks II diawali mengapa.

14. Pahami informasi berikut!
1) Peristiwa yang terjadi: unjuk rasa petani tembakau.
2) Orang yang mengalami peristiwa: para petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK, Jawa Tengah.
3) Tempat terjadinya peristiwa: Kendal
4) Waktu terjadinya peristiwa: Kamis, 22 Desember 2011
5) Penyebab terjadinya peristiwa: pemerintah kurang memperhatikan nasib petani tembakau
6) Proses terjadinya peristiwa: Para petani menutup Jalan Waleri, Kendal. Mereka menutup jalan sebagai wujud ketidakpuasan petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.

Teks berita yang tepat berdasarkan informasi di atas adalah . . . .
a. Hingga saat ini ribuan petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah melakukan unjuk rasa. Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Waleri. Aksi tersebut dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.
b. Petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, melakukan unjuk rasa. Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Waleri. Aksi tersebut dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.
c. Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, melakukan unjuk rasa. Unjuk rasa dilakukan pada Kamis (22/12/2011). Unjuk rasa dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.
d. Ribuan petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, Kamis (22/12/2011), melakukan unjuk rasa. Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Waleri, Kendal. Aksi tersebut dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.

15. Karya-karya Deddy Mizwar yang muncul dalam layar kaca selalu menjadi tontonan yang laris dipilih pemirsa. Seperti, Para Pencari Tuhan, sinetron yang ditayangkan salah satu televisi swasta menempati rating tertinggi. Film Naga Bonar Jadi Dua, juga telah menyedot animo masyarakat untuk menonton film tersebut di gedung bioskop.

Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ...
a. Karya-karya Deddy Mizwar muncul dalam layar kaca.
b. Para Pencari Tuhan menempati rating tertinggi.
c. Karya Deddy Mizwar selalu mendapat kritikan masyarakat.
d. Animo masyarakat untuk menonton film di gedung bioskop tidak banyak.

16. Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama menyambut baik Cina untuk bertemu dengan utusannya. Dalai Lama juga mengatakan, kedua belah pihak memang perlu berbicara serius mengenai bagaimana pemecahan masalah yang telah memicu kerusuhan di Tibet bulan lalu.
Sumber : Kompas, 28 April 2008
Simpulan dari teks berita di atas adalah ...
a. Dalai Lama adalah pemimpin spiritual Tibet
b. Dalai Lama dan Cina telah melakukan dialog.
c. Cina merasa perlu mengajak dialog Dalai Lama.
d. Dalai Lama bersedia berunding dengan pemeritah Cina.

17. Minggu ini kelompok diskusi kami mendapat tugas untuk mengisi kolom berita pada majalah dinding sekolah. Suatu kebetulan, kemarin diaula kantor Depdiknas provinsi Kalimantan Selatan berlangsung pameran karya inovasi ilmiah yang diadakan dalam rangka menyambut Hardiknas tersebut dibuka oleh Gubernur Kepala Daerah.
Teks berita di bawah ini yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah…..
a. Betepatan dengan Hardiknas, siswa-siswa SMP diseluruh provinsi se- Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se- Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur dan pejabat yang terkait dengan acara. Acara yang dibuka oleh Bapak Gubernur ini, diadakan di aula kantor Depdiknas provinsi Kalimantan Selatan. Acara ini digunakan sebagai sarana mengekspresikan kreativitas, komunikasi antar sekolah, serta perkembangan Iptek.
b. Bertepatan dengan Hardiknas, siswa-siswa SMP seluruh provinsi se-Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se- Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur dan pejabat yang terkait dengan acara. Acara yang dibuka oleh Bapak Gubernur ini, diadakan di aula kantor Depdiknas provinsi Kalimantan Selatan. Acara ini digunakan, sebagai sarana mengekspresikan kreativitas, komunikasi antar sekolah, serta perkembangan Iptek. Hasil karya-karya mereka banyak menarik perhatian dan banyak mendapatkan respon positif dari banyak pihak.
c. Siswa-siswa se-provinsi Kalimantan Selatan mengadakan acara pameran karya inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se- provinsi Kalimantan Selatan. Acara ini digunakan, sebagai sarana mengekspresikan kreativitas, komunikasi antar sekolah, serta perkembangan Iptek. Hasil karya-karya mereka banyak menarik perhatian.
d. Betepatan dengan Hardiknas, siswa-siswa SMP seluruh provinsi se- Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se- Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur dan pejabat yang terkait dengan acara. Acara yang dibuka langsung oleh Bapak Gubernur ini, diadakan di aula kantor Depdiknas provinsi Kalimantan Selatan.

18. Pelabuhan Merak dipadati oleh truk-truk pengangkut barang nonsembako pada sepuluh hari menjelang lebaran, Sabtu (15/11). Kondisi tersebut disebabkan adanya larangan melintas baik truk nonsembako pada tangal 21-25 November.
Berdasarkan teks berita tersebut, struktur teks berita merupakan bagian….
a. Tubuh berita
b. Kepala berita
c. Ekor berita
d. Judul berita

19. Perhatikan kutipan berita berikut!
Ketua DPN Apindo sekaligus Wakil Kadin Indonesia Adi Mahfudz WH menyebut selama pandemi ini tanpa PPKM Darurat saja pengusaha sudah ngos-ngosan, apalagi ditambah dengan perpanjangan PPKM Darurat.
Dia menilai skema bekerja dari rumah 15 hari yang dicetuskan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah bisa saja dilakukan. Menurut Adi, jangankan 15 hari, 30 hari bekerja dari rumah bisa saja dilakukan asal pemerintah hadir.
Pihak yang disinggung dalam kutipan tersebut adalah ....
a. pengusaha
b. Adi Mahfudz WH
c. Ida Fauziyah
d. pemerintah

20. Adi Mahfudz WH menyayangkan komunikasi pemerintah dengan pelaku usaha yang minim. Adi mengatakan pihaknya tidak dilibatkan dalam merumuskan opsi WFH 15 hari yang dilontarkan pemerintah. "Kami terus terang sampai saat ini belum diajak bicara," ujarnya. Dia berharap pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan bisa menjembatani komunikasi yang baik dengan pengusaha dan pekerja agar kebijakan dapat dipahami dan dicarikan solusinya.
Simpulan kutipan berita tersebut adalah ....
a. pemerintah menjalin komunikasi dengan pelaku usaha
b. pengusaha dilibatkan dalam merumuskan opsi WFH 15 hari
c. pengusaha tidak diajak bicara dalam membuat keputusan
d. pemerintah diminta menjembatani komunikasi pengusaha dan pekerja

KUNCI JAWABAN

Posting Komentar untuk "Soal Latihan PH (Penilaian Harian) Bab I (Teks Berita) Kelas 8 Semester 1"

.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!