Widget HTML Atas

Contoh Soal Latihan PTS (Penilaian Tengah Semester) Kelas 7 Semester Ganjil

1. Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih di dagunya. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.

Struktur teks deskripsi di atas adalah …
a. Identifikasi
b. simpulan
c. deskripsi bagian
d. koda

2. Setiap memandang wajahnya, hatiku terasa teduh. Ya, wajah ibuku memang meneduhkan. Matanya yang bulat menyiratkan kasih sayang kepada orang lain. Tangannya yang mungil dan lembut mengajari kami berjalan untuk pertama kalinya. Dengan tangannya yang mungil, ibuku menyuapi kami untuk pertama kalinya dan menghapus air mata kami saat kami menangis.
Rambut ibu yang indah menggambarkan keindahan pikirannya. Tidak pernah terbesit dalam pikirannya berbuat buruk kepada orang lain. Dengan bibir mungilnya nasihat-nasihat indah tentang kehidupan mengalir ke telinga kami.
Kalimat di atas merupakan deskripsi. . .
a. Deskripsi sugestif
b. Deskripsi teknis/ekspositoris
c. Deskripsi subjektif
d. Deskripsi objektif

3. Berdasarkan teks deskripsi pada soal di atas objek yang dideskripsikan adalah. . .
a. wajah ibuku
b. tangan ibuku
c. keramahan ibuku
d. sosok ibuku

4. Paragraf yang menyatakan aspek bidang perasaan adalah. . .
a. Kedua anak itu bak pinang dibelah dua. Wajahnya sangat mirip. Rambut kedua anak itu ikal. Kulitnya putih bersih seperti ibunya.
b. Dilihat dari penampilannya, orang itu pasti kaya. Setiap hari baju yang dikenakan selalu bagus. Ia selalu menggunakan baju dan perhiasan mahal jika akan pergi ke pesta.
c. Hani sangat sensitif. Ia mudah tersinggung jika temannya salah mengucapkan kata-kata. Oleh karena itu, teman-teman Hani sangat hati-hati memperlakukannya.
d. Ayah dan ibu tidak pernah berbuat kasar terhadap kami. Ayah dan ibu selalu memperlakukan kami dengan lembut. Keluarga kami hangat dan saling menyayangi.

5. Perhatikan kedua teks berikut !

TEKS 1
PANTAI MOJOPAHIT
Pemandangan Pantai Mojopahit - Mojokerto sangat memesona. Di sebelah kiri terlihat tebing yang amat sangat tinggi dan di sebelah kanan kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Mojopahit ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Di pantai Mojopahit ini keta bisa bermain pasir dan merasakan hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.Disore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan momen sangat istimewa melihat matahari yang seolah-olah amsuk ke dalam hamparan air laut.

TEKS 2
TARI GAMBYONG
Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama Gambyong. Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta. Dia mahir dalam menari dan memiliki suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda pada zaman itu.

Koreografi tari Gambyong sebagian besar berpusat pada penggunaan gerak kaki, tubuh, lengan, dan kepala. Penari tidak hanya lentur tubuhnya, tetapi juga harus terampil.Ada berbagai gerak dalam tari Gambyong.Gerak srisig adalah gerak dengan sikap berdiri jinjit dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil. Nacah miring yaitu kaki kiri bergerak ke samping, bergantian disusul kaki kanan diletakkan di depan kaki kiri. Kengser adalah gerak kaki ke samping dengan cara bergeser dengan posisi kaki tetap merapat ke lantai. Gerak embat atau entrag adalah gerak dengan posisi lutut yang membuka karena mendhak bergerak ke bawah dan ke atas. Selain itu, ada juga gerak berjalan (sekaran mlaku), dan gerak di tempat (sekaran mandheg).
(sumber:http://www.guruberbahasa.com/2016/02/2-contoh-teks-deskripsi-tari-saman-dan.html)

Perbedaan teks 1 dan teks 2 tersebut adalah ...
a. Topik utama yang dideskripsikan: Teks 1 Pantai Mojopahit, Teks 2 Tari Gambyong
Perincian isi: Teks 1 Pemandangan pantai, tebing di kanan kiri pantai, pengunjung, keindahan matahari terbenam. Teks 2 Waktu pementasan, koreografi tari Gambyong
b. Topik utama yang dideskripsikan: Teks 1 Keindahan Pantai Mojopahit, Teks 2 Tari Gambyong
Perincian isi: Teks 1 Pemandangan pantai, pengunjung, permainan yang ada di pantai, keindahan matahari terbenam. Teks 2 Penemu tari Gambyong, gerakan tari Gambyong
c. Topik utama yang dideskripsikan: Teks 1 Pantai Mojopahit Teks 2 Tari Gambyong
Perincian isi: Teks 1 Keindahan Pantai Mojopahit ketika sore hari Teks 2 Kelenturan Tari Gambyong
d. Topik utama yang dideskripsikan: Teks 1 Pantai Mojopahit Teks 2 Tari Gambyong
Perincian isi: Teks 1 Alasan mengapa pantai ini sangat banyak pengunjungnya, Teks 2 Tujuan tari, gerakan tari Gambyong

6. Paragraf yang mengandung unsur deskripsi umum adalah ...
a. Rumah makan “Nyampleng” terletak di sebelah selatan alun-alun Kota Malang. Rumah makan ini terkenal dengan masakan tradisionalnya. Nama rumah makan ini berasal dari bahasa Jawa yaitu nyamleng yang berarti enak sekali. Sesuai dengan namanya rumah makan ini menyediakan masakan Jawa dengan cita rasa tinggi. Bangunan rumah makan ini beraksitektur Jawa. Hampir semua peralatan dan ornamen di rumah makan ini berhiaskan dengan nuansa Jawa.
b. Memasuki rumah makan ini, kita disambut gapura bernuansa Jawa yang berdiri kokoh di pintu masuk. Di bagian DEPAN rumah makan ini terpasang gapura yang indah bertuliskan huruf Jawa dengan warna alami. Begitu memasuki pintu utama kita akan disambut ruangan yang sejuk dengan estetika tinggi. Lantai rumah makan ini terbuat dari kayu berwarna coklat tua. Dinding berwarna putih bersih.
c. Di dalam rumah makan ini diletakkan gamelan Jawa yang tertata rapi lengkap dengan niyaganya. Warna gamelan keemasan dengan bingkai kayu warna coklat gelap sangat antik dan menarik. Di samping gamelan di tata meja kursi antik dengan warna legam. Di pojok ruangan diletakkan lampu hias coklat dengan ornamen kuning keemasan.
d. Di bagian belakang terdapat kolam ikan nila. Warna merah yang mendominasi kolam nampak seperti kain indah yang sedang dimainkan seorang penari. Kolam itu tidak terlalu luas, tetapi bersih. Di pinggir kolam dihias beragam bunga. Warna warni bunga dengan semerbakwanginya menambah keasrian rumah makan ini.

7. Rumah makan ini terkenal dengan masakan tradisionalnya.
Kata bercetak miring pada kalimat tersebut bermakna ....
a. Paling
b. Mempunyai
c. Menyerupai
d. Banyak

8. (1) Memasuki bibir pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang lembut dan udara yang segar. (2) Angin lembut terasa mengelus kulit. (3) Garis pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam membuat keindahan pantai ini semakin menarik. (4) Pemandangan bawah laut Senggigi juga tidak kalah memesona. (5) Terumbu karang nampak berwarna-warni sangat indah.
Dari kutipan teks di atas, yang termasuk majas personifikasi adalah ...
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)

9. Kelas VII F sangat bersih, tidak ada sampah berserakan atau coretan-coretan . Mereka kompak membersihkan kelasnya bersama-sama. Setiap hari mereka bergantian membersihkan kelas. Tidak heran kalau kelas mereka menjadi kelas terbersih tahun ini.
Kalimat perincian pada teks deskripsi di atas terdapat pada kalimat....
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat

10. (1).Pasar Terapung adalah pasar tradisional yang ada di Banjarmasin. (2) Para pedagang berjualan di sungai dengan menggunakan perahu. (3) Macam-macam yang mereka jual, ada makanan, sayur, buah,ikan, dan kebutuhan lainnya. (4) Deretan perahu yang saling berdempetan dan aneka jualan yang terlihat berwarna-warni di pagi hari sangat memesona. (5) Keunikan pasar Terapung banyak memukau wisatawan lokal maupun luar yang melihat atau berbelanja di pasar Terapung.
Kata bersinonim pada teks deskriptif di atas terdapat pada kalimat ....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)

11. Penggunaan awalan me-N yang tepat terdapat dalam kalimat ....
a. Tarian yang dibawakan anak-anak kelas VII G itu sangat mempesona
b. Nilai pelajaran bahasa Indonesia kelas VII F semester ini menurun sekali.
c. Siswa kelas VII E tidak ada yang saling mempengaruhi berbuat yang tidak baik.
d. Sebagai pelajar yang baik, kita harus menturuti apa yang dinasihatkan guru.

12. Penggunaan kata depan yang tepat terdapat pada kalimat ....
a. Orang-orang ramai berjualan menggunakan perahu .
b. Sungai Barito adalah sungai yang ada di Kalimantan Selatan
c. Tarian Dayak itu menarik perhatian pada wisatawan.
d. Terdengar suasana riuh ketika drama itu selesai dipentaskan

Teks berikut untuk Soal no.13-16!
Parangtritis nan Indah
Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta.
Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.
Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimba matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Seakan tersihir kita menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam hamparan air laut.
Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjunngi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai Parangtritis ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati embusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.

13. Tujuan teks deskripsi Parangtritis nan Indah yaitu…
a. Memberi informasi secara rinci tentang pantai Parangtritis.
b. Mengemukakan keindahan Pantai Parangtritis.
c. Menggambarkan keindahan Pantai Parangtritis.
d. Merincikan keindahan Pantai Parangtritis.

14. Objek teks deskripsi di atas adalah…
a.Wisata kota Yogya
b.Pantai Parangtritis
c.Keindahan Pantai
d.Pengunjung Parangtritis

15. Rincian objek teks deskripsi Pantai Parangtritis nan Indah adalah….
a. Keindahan fisik pantai, keindahan sore hari (sunset), suasana kegiatan orang di pantai.
b. Lokasi pantai Parangtritis, keindahan pantai Parangtritis, dan aktivitas di Pantai Parangtritis.
c. Kemolekan Pantai Parangtritis dan tempat Parangtritis.
d. Suasana keindahan Pantai Parangtritis dan suasana kegiatan orang di pantai

16. Perasaan pembaca kepada teks deskripsi Pantai Parangtritis nan Indah adalah….
a.Takjub keindahan Pantai Parangtritis
b.Kekaguman dan kebanggaan
c.Terpesona keindahan Pantai Parangtritis
d.Bangga dengan keindahan Parangtritis.

17. Teks satu
Drama tari kolosal “Ariah” dipentaskan di area Monas. Pementasan tari kolosal ini dalam rangka hari jadi Kota Jakarta ke- 386. Drama musikal “Ariah” diambil dari cerita Betawi. “Ariah” menceritakan pejuang perempuan muda Betawi yang penuh semangat dan mempunyai martabat. Atilah Soeryadjaya memprakarsai dan menjadi sutradara cerita rakyat Betawi ini. Selain itu, seniman serba bisa itu juga menulis naskah dan sekaligus menulis lirik lagu pementasannya. Dari awal sampai akhir, pementasan ini sangat memukau.

Teks dua
Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Rumah adat ini merupakan salah satu ikon suku Toraja selain upacara pemakamannya. Toraja termasyur oleh karena rumah adatnya yang unik dan cantik ini. Oleh karena arsitekturnya yang menarik, Tongkonan kemudian dinobatkan sebagai rumah adat Toraja.

Pernyataan isi yang tepat pada dua kutipan teks deskripsi tersebut adalah…
a. Teks satu menggambarkan keindahan tari kolosal dan teks dua menggambarkan suku Toraja.
b. Teks satu menggambarkan keindahan tari kolosal Ariah dan teks dua menggambarkan suku Toraja.
c. Teks satu menggambarkan keindahan tari kolosal Ariah dan teks dua menggambarkan rumah adat Tongkonan.
d. Teks satu menggambarkan keindahan tari kolosal dan teks dua menggambarkan tongkonan

18. Kelinciku bernama Bagas. Kunamakan Bagas karena saya berharap kelinci kesayanganku itu selalu sehat dan bugar. Bagas memiliki bulu yang lebat dan berwarna putih dan titik-titik hitam. Matanya cokelat seperti madu. Matanya jernih menyejukkan untuk dipandang. Bibir mungilnya yang merah muda sungguh menggemaskan. Telinganya panjang dan melambai-lambai kalau dia berlari.

Kata umum dan kata khusus dalam teks deskripsi di atas adalah…
a. Hitam dan putih
b. Panjang dan tebal
c. coklat dan madu
d. warna dan hitam

19. Kelinciku bernama bagas. Bagas sangatlah manja. Hampir tiap malam, Bagas tidur di ujung kakiku. Sebelum kuelus-elus dia akan selalu menggangguku. Kalau waktunya makan dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperi orang sedang berdoa. Kemanjaannya membuat aku selalu rindu.

Kata sifat yang terdapat di dalam cuplikan tersebut adalah…
a. Komat-kamit
b. manja
c. selalu
d. sangat

20. Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di NTB. Pantai Senggigi sangat indah. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB. Pantai Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Pemandangan bawah laut Senggigi juga menakjubkan.

Penggunaan kata bersinonim terdapat pada kalimat ....
a. Pertama dan kedua
b. ketiga dan keempat
c. kedua dan keempat
d. kedua dan kelima

21. Pemerintah Kabupaten Probolinggo menawarkan paket wisata erupsi Gunung Bromo. Penawaran ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus memberikan jaminan bahwa gunung setinggi 2.329 m dari permukaan laut tersebut aman dikunjungi meskipun berstatus siaga. Wisatawan dapat menikmati pemandangan eksotis Gunung Bromo dari jauh. Penawaran paket wisata ini termasuk kegiatan menikmati hasil panen dan keindahan matahari terbit.
Teks tersebut membahas. . .
a. keindahan gunung Bromo
b. penawaran paket wisata erupsi Gunung Bromo
c. peningkatan kunjungan wisatawan
d. pemandangan eksotis Gunung Bromo

22. Setiap penari profesionil, pada saat berlomba pasti menggunakan metoda secara konsekwen, berbeda dengan yang amateran.
Perbaikan kata bercetak miring dalam kalimat tersebut yang tepat adalah ....
a. profesional, methoda, konsekuwen, amatiran
b. profesionil, metode, konsekuen, amatiran
c. profesional, metode, konsekuen, amatiran
d. profesional, methoda, konsekuwen, amatir

23. Berikut adalah contoh judul yang tepat kalau kita ingin menulis karangan teks deskriptif....
a. Tabalong, Kota yang Bersih
b. Membuat layang-layang
c. Dora Emon dan Kantong ajaib
d. Laporan Banjir di Tabalong

24. Perhatikan gambar berikut
Teks deskripsi yang sesuai dengan gambar di atas adalah…
a. Hutan yang lebat penuh dengan pepohonan yang rindang.
b. Hutan gundul, pepohonan rusak karena ditebang secara membabi buta.
c. Sebuah rumah yang dikelilingi pohon yang roboh.
d. Hutan gundul, pohon hancur dan tidak terawat.

25. Kalimat berikut yang tidak menggunakan kata sambung penanda urutan waktu adalah ….
a. Farta sampai di planet Mars dan bertemu Tatao, hal itu terjadi dua tahun kemudian.
b. Setelah kantong ajaib terbuka Doraemon kembali ke masa lampau.
c. Akhirnya, Nataga bingung mendengar kekalahan pasukan serigala.
d. Tanpa diduga, labu itu berisikan perhiasan emas dan berlian.

26. Kutipan cerita berikut yang merupakan struktur resolusi dalam cerita fantasi adalah….
a. Tiga rumah bergaya kerucut menyambut mataku. Ketika aku memandang satu persatu, ternyata rumah itu memiliki model yang sama. Hanya satu yang membedakan ketiga rumah itu, yaitu warna pintunya.
b. Pak Raden mengambil cangkul yang ada di sampingnya, dan mengarahkan kepada harimau itu. Lalu tembuslah cangkul itu di perut harimau, kemudian harimau itupun mati. Setelah berhasil membunuh harimau itu, Pak Raden mengangkat bayi itu dan membawanya pulang bersamanya untuk diurus dan di angkat menjadi anaknya
c. Alien itu berhidung mancung. Dengan hidungnya yang menjulang ia mengendus sekeliling. Sepertinya ia bingung dan mencoba mengenali tempat itu. Matanya yang sebesar biji kemiri berkedip-kedip memamerkan cahaya kehijauan.
d. Pasukan terdepan dari binatang-binatang hutan segera mengepung para serigala dengan lemparan bola api. Pasukan serigala sempat kaget tak percaya, karena korban berjatuhan di pihak mereka karena lemparan bola api. Namun pemimpin pasukan serigala kembali mengatur siasat pada posisi menyerang.

27. Penulisan kalimat langsung yang tepat adalah ….
a. Dengan gugup Cinderella berkata, “saya ingin pergi pergi ke pesta, tapi mereka meninggalkan aku di sana”.
b. “Mengapa engkau menangis, Cinderella”, sebuah suara lembut berbisik .
c. Ibu Peri berkata, “Pergilah Cinderella, tapi kamu harus pulang sebelum tengah malam”.
d. Sekarang saatnya kamu harus pergi Cinderella, “Bisik ibu peri”.

28. Pada suatu masa ada seekor kucing yang sangat awas dan sigap. Tikus-tikus takut memperlihatkan dirinya karena takut dimangsa oleh sang kucing, sehingga sang kucing harus mencari akal untuk menangkap mereka.
Suatu hari sang kucing naik ke atas rak. Ia menggantungkan diri dengan satu kakinya pada tali, dengan kepala menghadap ke bawah, seolah-olah telah mati. Saat tikus-tikus melihat posisi kucing seperti itu, mereka menyangka bahwa sang kucing telah melakukan kesalahan. Dengan hati-hati para tikus mengeluarkan kepalanya dari sarang dan mengendus-endus ke sana ke mari. Karena tidak terjadi apa-apa, mereka melompat ke luar dari sarang seraya menari-nari untuk merayakan kebebasan mereka.
Saat itulah sang kucing tiba-tiba melepaskan tali pegangan pada tali, dan sebelum tikus-tikus itu tersadar sang kucing telah menangkap tiga ekor tikus.
Bagian yang menceritakan kecerdasan tokoh kucing pada kutipan cerita tersebut adalah ….
a. Tokoh kucing mengendus-endus ingin memangsa tikus yang berkeliaran mencari makan.
b. Kucing dengan lincah dapat dapat menerkam tikus-tikus yang suka berkeliaran mencari tikus-tikus.
c. Kucing selalu siap siaga dengan cakarnya menerkam tikus-tikus yang berkeliaran mencari makan.
d. Kucing menggantungkan dirinya dengan satu kaki pada tali, dengan kepala ke bawah seolah olah dia telah mati

29. Penggunaan ejaan yang tepat terdapat pada kalimat ..
a. Sang nenek berkata, “kamu hanya boleh membuka kalau sudah tiba di rumah”.
b. Setibanya di tepi pantai bawang putih mencari-cari suara ajaib itu.
c. Sekarang saatnya Bawang Putih harus pergi.
d. Bawang merah sangat terkejut melihat isi labu itu.

30. Cermati ilustrasi berikut!
1) Tikus lapar menemukan keranjang yang penuh jagung.
2) Tikus masuk ke dalam keranjang melalui celah sempit.
3) Tikus makan jagung dengan sangat rakus hingga perutnya tiga kali lebih besar.
4) Tikus tidak dapat keluar dari keranjang dan mengerang-erang minta tolong.
5) Seekor musang lewat dan mengetahui kejadian yang menimpa tikus.
6) Musang menyatakan jika tikus akan keluar harus menunggu badannya kempes seperti semula.

Buatlah cerita fantasi berdasarkan ilustrasi tersebut …
a. Seekor tikus lapar menemukan sebuah keranjang yang penuh jagung. Ia masuk ke dalam keranjang melalui celah sempit. Jagung itu dimakannya dengan rakus sampai perutnya tiga kali lipat besarnya. Tikus itu tidak dapat keluar dari keranjang jagung. Ia mengerang-ngerang minta tolong ke luar. Muncullah musang dan mengatakan pada tikus, jika mau keluar harus menunggu sampai perutnya kempes seperti semula.
b. Seekor tikus rakus menemukan sekeranjang jagung. Ia melahap jagung hingga puas dan kekenyangan. Akibatnya perutnya berubah menjadi tiga kali lipat. Ia tidak bias keluar karena celah dalam keranjang terlalu sempit. Tidak lama kemudian musang lewat. Ia merasa iba melihat kejadian itu. Kemudian, musang menolong tikus yang malang itu.
c. Ada sekeranjang jagung di suatu tempat. Seekor tikus sangat gembira karena mendapatkan banyak makanan. Ia ingin segera makan jagung itu. Akan tetapi celah keranjang itu sempit. Tikus dengan susah payah berusaha masuk dalam keranjang. Ia kekenyangan menyantap jagung itu. Tiba-tiba musang dating dan melihat tikus dengan rakus makan jagung itu.
d. Ada sekeranjang jagung makanan kesukaan tikus. Tikus telah memakannya dengan rakus. Perut tikus menjadi tiga kali lipat besarnya. Ia meminta tolong kepada musang yang sedang lewat. Musang segera menolong sahabatnya itu. Jagung itu masih tersisa banyak. Musang lalu memakan jagung itu hingga kenyang.

31. Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran !
Pernyataan tersebut merupakan kalimat ....
a. imperatif
b. deklaratif
c. interogatif
d. berita

32. Berikut ini yang tidak termasuk ciri umum teks cerita fantasi, yaitu...
a. Bersifat nyata dalam kehidupan sehari-hari
b. Ide cerita dari khayalan/ imajinasi penulis
c. Menggunakan berbagai latar (lintas ruang dan waktu)
d. Ada keajaiban/keanehan/kemisteriusan

33. Bacalah penggalan cerita fantasi berikut !
“Bersama kedua sahabat barunya, Harry mengalami petualangan yang sangat mendebarkan. Mulai dari menghadapi Troll, menyelamatkan naga milik Hagrid, dan petualangan-petualangan tengah malam lainnya. Bertiga mereka menempuh bahaya, melewati anjing raksasa berkepala tiga, tanaman jerat setan, kunci-kunci terbang, troll, logika api, dan cermin Tarsah. Sehingga yang tersisa di akhir hanyalah Harry yang langsung berhadapan dengan Voldemort dan abdi setianya”.
Berdasarkan kesesuaiannya dalam kehidupan nyata penggalan cerita fantasi di atas termasuk..
a. Fantasi irisan
b. Fantasi lintas waktu
c. Fantasi waktu sezaman
d. Fantasi total

Penggalan cerita fantasi berikut untuk no.34-35!
Harry Potter tinggal bersama Mr. & Mrs. Dursley dan sepupunya Dudley Dursley di Privet Drive. Hidupnya selama hampir 11 tahun dijalani dengan sangat mengenaskan. Dimana paman, bibi, dan sepupunya sama sekali tidak menyukai keberadaannya di keluarga mereka. Namun, sebuah surat atau tepatnya ratusan surat yang dikirimkan kepadanya tepat menjelang ultahnya yang kesebelas, telah membuat hidupnya berubah.”

34. Kalimat yang menunjukkan ciri teks cerita fantasi di atas adalah...
a. 4
b. 3
c. 2
d. 1

35. Kalimat yang menunjukkan latar tempat pada teks fantasi di atas adalah...
a. 3
b. 1
c. 4
d. 2

Penggalan cerita fantasi berikut untuk no.36-39!
Jaka Gledek Anak Ajaib
Alkisah, di sebuah desa di lereng lembah Gianti, pada suatu malam lahirlah seorang bayi dari rahim seorang perempuan miskin. Perempuan miskin itu hidup sendirian dan tidak ada warga yang mengetahui bahwa dia sedang hamil. Ketika bayi itu lahir, hujan lebat beserta petir sedang melanda. Tepat pada tengah malam, sang bayi lahir bersamaan dengan petir yang menyambar rumah perempuan itu dan menyebabkan rumah terbakar. perempuan itu mati terbakar dan secara ajaib, sang bayi berhasil selamat. Ia ditemukan keesokan harinya oleh seorang pengemis tua dan diasuhnya sang bayi tersebut. Bayi itu diberi nama Jaka Gledek untuk mengenang peristwa petir yang menyambar rumahnya.
Jaka Gledek tumbuh sebagai bayi yang nakal dan suka mengganggu temannya. Tubuhnya besar, membuat teman-temannya takut padanya. Ia pun memiliki sebuah kelebihan, yaitu kebal terhadap api. Karena kenakalannya, warga desa tidak menyukainya. Pak RT termasuk warga yang sangat membenci Jaka Gledek karena anaknya sering menjadi korban kenakalan Jaka Gledek. Pak RT bersama para warga mengadakan rapat untuk membahas Jaka Gledek. Mereka sepakat untuk mengusir Jaka Gledek apa bila kenakalannya tidak dapat dikendalikan lagi. Pada suatu malam Jumat, hujan petir kembali melanda desa. Warga takut rumah mereka akan disambar petir. Petir ternyata menyambar beberapa rumah warga, termasuk rumah Pak RT yang akhirnya terbakar. Para warga mengungsi ke tempat yang aman, termasuk Pak RT. Tapi ternyata, anak Pak RT tidak sempat ikut mengungsi karena ia sedang tidur dan pintunya terkunci. Ia tidak sempat menyelamatkan diri.
Jaka Gledek yang mengetahui bahwa anak Pak RT yang masih berada di rumah, segera menuju ke rumah Pak RT dan menyelamatkan anak Pak RT. Tanpa takut, ia menerobos rumah yang terbakar dan segera mendobrak kamar anak Pak RT dan menyelamatkannya. Para warga merasa lega dan berterima kasih pada Jaka Gledek terutama Pak RT. Setelah kejadian itu mereka tidak lagi menganggap Jaka Gledek sebagai anak nakal. Mereka bahu-membahu membantu Jaka Gledek dengan menyekolahkannya agar Jaka Gledek mempunyai pendidikan budi pekerti. Setelah sekolah, Jaka Gledek sadar bahwa kekuatannya seharusnya tidak digunakan untuk berbuat nakal kepada temannya. Justru ia dapat menolong banyak orang dengan kekuatan supernya itu.
36. Alur teks cerita fantasi di atas menggunakan alur ….
a. Pengenalan – klimaks- muncul masalah
b. Pengenalan - rangkaian kejadian – klimaks - resolusi
c. Mulai munculnya masalah - klimaks-resolusi
d. Pengenalan– resolusi- klimaks- masalah

37. Berdasarkan teks cerita fantasi di atas, latar tempatnya adalah ….
a. di lingkungan pasar
b. di lingkungan sekolah
c. di lingkungan desa
d. di lingkungan hutan

38. Tokoh utama yang ada dalam teks cerita fantasi di atas adalah ….
a. Pengemis
b. Pak RT
c. Warga Desa
d. Jaka Gledek

39. Pada paragraf kedua pada teks cerita fantasi di atas termasuk ….
a. orientasi
b. resolusi
c. komplikasi
d. reorientasi

40. Bacalah penggalan cerita fantasi berikut !
.... Nono nyaris dihukum gantung gara-gara kaus Manchester United yang dikenakannya saat itu. Setelah itu, dia terperangkap di Warung Mbok Rimbi yang merupakan jelmaan iblis, berkawan dengan kelompok Semut Hitam yang ternyata adalah segerombolan pencuri. Nono juga bertemu legenda Gunung Kelud, Mahesasuro dan Lembusuro, berjumpa dengan Saarce si putri Belanda yang dapat mengubah dirinya menjadi burung kenari, dan berhadapan dengan Sri Ratu yang dijuluki 'Setan Merah' karena kekejamannya. Tiba-tiba Nono diminta untuk memimpin perang yang disebabkan oleh konspirasi orang-orang dalam kerajaan.

Berdasarkan kesesuaiannya dalam kehidupan nyata penggalan cerita fantasi di atas termasuk..
a. Fantasi irisan
b. Fantasi lintas waktu
c. Fantasi waktu sezaman
d. Fantasi total

KUNCI JAWABAN

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Latihan PTS (Penilaian Tengah Semester) Kelas 7 Semester Ganjil "

Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!