Contoh Soal Latihan Penilaian Tengah Semester (PTS) Kelas 8 Semester Ganjil

Soal PTS berikut memuat 15 butir soal teks berita dan cerita fantasi, serta 10 butir soal teks eksposisi.

1. Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.

Teks 2
Secara tingkatan perkembangan kepribadian anggotanya, Pramuka dibagi menjadi beberapa tingkat, yaitu Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega, dan Pembina.
Kutipan berita tersebut merupakan informasi di bidang ....
A. Teks 1: ekonomi; Teks 2: peristiwa alam
B. Teks 1: politik; Teks 2: sekolah
C. Teks 1: peristiwa alam ; Teks 2: pendidikan
D. Teks 1: ekonomi ; Teks 2: sosial

2. Teks I
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara, baik roda dua maupun roda empat dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks II
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Kesamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah ...
A. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar wisatawan datang ke Puncak.
B. Imbauan Kasat Lalu Lintas tentang rencana penutupan jalur Puncak sore hari.
C. Imbauan Kasat Lalu Lintas kepada para pengendara roda dua dan roda empat.
D. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar pengunjung Puncak tiba sebelum pukul 13.00.

3. Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks Berita 2
menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ...
A. teks I diawali dengan siapa, teks II diawali mengapa.
B. teks I diawali dengan apa, teks II diawali bagaimana.
C. teks I diawali dengan mengapa, teks II diawali bagaimana.
D. teks I diawali dengan apa, teks II diawali mengapa.

4. Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks 1
Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.

Teks 2
Minggu dini hari tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan pantura Jawa Timur banjir. Sejauh ini telah diusahakan penanggulangannya, tetapi belum berhasil. Pihak kepolisian setempat mengimbau agar pengguna jalan pantura berhati-hati.
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....

A. Teks 1: apa, bagaimana, mengapa, siapa ; Teks 2: apa, kapan bagaimana, siapa
B. Teks 1: di mana, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2: apa, bagaimana, kapan, siapa
C. Teks 1: di mana, mengapa, siapa, bagaimana ; Teks 2: kapan, bagaimana, apa, siapa
D. Teks 1: apa, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2:kapan, apa, bagaimana, siapa

5. Pahami informasi berikut!
1) Peristiwa yang terjadi: unjuk rasa petani tembakau.
2) Orang yang mengalami peristiwa: para petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK, Jawa Tengah.
3) Tempat terjadinya peristiwa: Kendal
4) Waktu terjadinya peristiwa: Kamis, 22 Desember 2011
5) Penyebab terjadinya peristiwa: pemerintah kurang memperhatikan nasib petani tembakau
6) Proses terjadinya peristiwa: Para petani menutup Jalan Waleri, Kendal. Mereka menutup jalan sebagai wujud ketidakpuasan petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.

Teks berita yang tepat berdasarkan informasi di atas adalah . . . .
a. Hingga saat ini ribuan petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah melakukan unjuk rasa. Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Waleri. Aksi tersebut dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.
b. Petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, melakukan unjuk rasa. Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Waleri. Aksi tersebut dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.
c. Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, melakukan unjuk rasa. Unjuk rasa dilakukan pada Kamis (22/12/2011). Unjuk rasa dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.
d. Ribuan petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, Kamis (22/12/2011), melakukan unjuk rasa. Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Waleri, Kendal. Aksi tersebut dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.

6. Usaha manajemen Sriwijaya FC (SFC) untuk mendapatkan striker Budi Sudarsono tinggal selangkah lagi. Kesepakatan harga sudah dicapai, tinggal menunggu tanda tangan kontrak. Budi akan dikontrak selama setengah musim atau hingga putaran kedua Liga Super berakhir. Meskipun demikian, manajemen SFC tidak akan melakukan pencoretan pemain lama.

Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ...
A. Manajemen SFC mendapatkan Budi Sudarsono.
B. Harga kontrak tidak disepakati SFC dan Budi Sudarsono.
C. Budi Sudarsono akan dikontrak SFC setengah musim.
D. Budi Sudarsono telah menandatangani kontrak dengan SFC.

7. Karya-karya Deddy Mizwar yang muncul dalam layar kaca selalu menjadi tontonan yang laris dipilih pemirsa. Seperti, Para Pencari Tuhan, sinetron yang ditayangkan salah satu televisi swasta menempati rating tertinggi. Film Naga Bonar Jadi Dua, juga telah menyedot animo masyarakat untuk menonton film tersebut di gedung bioskop.

Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ...
A. Karya-karya Deddy Mizwar muncul dalam layar kaca.
B. Para Pencari Tuhan menempati rating tertinggi.
C. Karya Deddy Mizwar selalu mendapat kritikan masyarakat.
D. Animo masyarakat untuk menonton film di gedung bioskop tidak banyak.

8. Bacalah penggalan teks berita berikut !
Mendiknas M. Nuh mengatakan, pengintegrasian Unas tidak bermaksud untuk menghapus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Akan tetapi, itu bertujuan mengintegrasikan ujian dari jenjang pendidikan SD hingga Perguruan Tinggi (PT). ”Kalau ujian SD bisa dipakai masuk SMP, terus ujian SMP bisa untuk masuk SMA, mengapa ujian SMA tidak bisa digunakan untuk masuk PT? Hanya, memang lebih ketat, ”ujar Nuh di Depdiknas kemarin. Karena itu, dia meminta PTN merumuskan ujian tersebut.
Simpulan penggalan teks berita di atas adalah...
a. Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri akan di hapus
b. Tidak ada rencana untuk menyamakan teknik masuk PT dengan SMP dan SMA
C. Unas SMA bisa digunakan untuk masuk PT seperti Unas SD yang bisa digunakan untuk masuk SMP, dan unas SMP yang bisa digunakan untuk masuk SMA.
d. Ujian masuk PT akan lebih ketat lagi.

9. Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama menyambut baik Cina untuk bertemu dengan utusannya. Dalai Lama juga mengatakan, kedua belah pihak memang perlu berbicara serius mengenai bagaimana pemecahan masalah yang telah memicu kerusuhan di Tibet bulan lalu.
Sumber : Kompas, 28 April 2008
Simpulan dari teks berita di atas adalah ...
a. Dalai Lama adalah pemimpin spiritual Tibet
b. Dalai Lama dan Cina telah melakukan dialog.
c. Cina merasa perlu mengajak dialog Dalai Lama.
D. Dalai Lama bersedia berunding dengan pemeritah Cina.

10. Bacalah kutipan berikut!
Putri Tidur Telah Siuman
Echa si “Putri Tidur” akhirnya siuman setalah sepekan mendapat perawatan khusus di Rumah Sakit Ansari Shaleh Banjarmasin. Rabu (1/11) Echa masih dirawat di rumah sakit. Terhitung sudah tujuh hari ia dirawat di rumah sakit tersebut. Kondisinya sudah kian membaik. Dia bukan lagi Echa, si “Putri Tidur” yang sempat pulas selama 12 hari pada 11 – 21 Oktober, dengan hanya sesekali bangun.
Echa mengalami kondisi tidur tidak normal sejak Mei lalu. Semula gejala itu duduga akibat dari kecelakaan yang ia alami setahun yang lalu. Tapi setelah dilakukan tes CT Scan menunjukkan tak ada masalah dengan tubuhnya.
Wardah Rahmatul Iskamiayah, SpS, spesialis saraf dari RSUD dr Soetomo menyebutkan kondisi yang dialami Echa diakibatkan oleh sindrom Kleine-Levin. Atau bahsa awamnya sindrom putrid tidur. Orang yang mengalami sindrom ini biasanya akan tertidur lebih lama dari orang normal. “Bisa tidur dua hingga empat hari “ katanya.
Kini Echa sudah mulai bisa makan sendiri dan mulai teratur merawat kebersihan tubuh. Bahkan Echa menungkapkan sangat ingin pulang ke rumah dan berkumpul dengan teman-temannya.
Tapi keinginannya untuk pulang tampaknya harus dipendamnya dahulu. Sebab, hingga kemarin pihak dokter yang merawatnya masih melakukan observasi terhadap penyakitnya.

Ringkasan isi berita di atas adalah…
a. Echa si “Putri Tidur”akhirnya siuman setelah tujuh hari, Rabu (1/11) dirawat di rumah sakit Ansari Shaleh Banjarmasin. Hal ini disebabkan karena ia terkena sindrom Kleine-Levin. Dan kini kondisinya sudah mulai membaik.
b. Echa si “Putri tidur” kondisinya mulai membaik. Ia mau pulang pada hari Rabu (1/11) tapi belum dibolehkan oleh dokter yang merawatnya. Karena ia terkena sindrom Kleine-Levin.
c. Echa si “Putri tidur” yang terkena sindrom Kleina-Levin kini dirawat di rumah sakit Ansari Shale, Rabu (1/11). Walau kondisinya sudah membaik tapi ia belum di bolehkan pulang karena dokter yang merawatnya masih harus melakukan observasi.
d. Echa si “Putri Tidur” belum diperbolehkan pulang oleh dokter yang merawatnya, karena ia terkena sindrom Kleine-Levin. Walaupun kondisinya membaik. Ia tetap harus di rawat di rumah sakit Ansari Shaleh pada Rabu (1/11) kemaren.

11. Perhatikan teks berita berikut ini!
Banjir kembali melanda kecamatan Kelua. Hal ini terjadi pada hari Kamis 12 Oktober 2017. Ini merupakan yang pertama kalinya di tahun ini. Banjir diakibatkan oleh terjadinya hujan selama tiga hari berturut-turut di daerah hulu. Beberapa persawahan terendam air yang mengakibatkan terjadinya gagal panen. Walau tidak menelan korban jiwa tapi kerugian yang diakibatkan oleh banjir sangat dirasakan masyarakat.
Unsur bagaimana pada kutipan berita di atas adalah …
a. Beberapa persawahan terendam air
b. Kamis 12 Oktober 2017
c. Banjir diakibatkan oleh hujan selama tiga hari
d. Banjir kembali melanda kecamatan Kelua

12. Minggu ini kelompok diskusi kami mendapat tugas untuk mengisi kolom berita pada majalah dinding sekolah. Suatu kebetulan, kemarin diaula kantor Depdiknas provinsi Kalimantan Selatan berlangsung pameran karya inovasi ilmiah yang diadakan dalam rangka menyambut Hardiknas tersebut dibuka oleh Gubernur Kepala Daerah.
Teks berita dibawah ini yang sesuai dengan ilustrasi diatas adalah…..
a. Betepatan dengan Hardiknas, siswa-siswa SMP diseluruh provinsi se- Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se- Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur dan pejabat yang terkait dengan acara. Acara yang dibuka oleh Bapak Gubernur ini, diadakan di aula kantor Depdiknas provinsi Kalimantan Selatan. Acara ini digunakan sebagai sarana mengekspresikan kreativitas, komunikasi antar sekolah, serta perkembangan Iptek.
b. Bertepatan dengan Hardiknas, siswa-siswa SMP seluruh provinsi se-Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se- Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur dan pejabat yang terkait dengan acara. Acara yang dibuka oleh Bapak Gubernur ini, diadakan di aula kantor Depdiknas provinsi Kalimantan Selatan. Acara ini digunakan, sebagai sarana mengekspresikan kreativitas, komunikasi antar sekolah, serta perkembangan Iptek. Hasil karya-karya mereka banyak menarik perhatian dan banyak mendapatkan respon positif dari banyak pihak.
c. Siswa-siswa se-provinsi Kalimantan Selatan mengadakan acara pameran karya inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se- provinsi Kalimantan Selatan. Acara ini digunakan, sebagai sarana mengekspresikan kreativitas, komunikasi antar sekolah, serta perkembangan Iptek. Hasil karya-karya mereka banyak menarik perhatian.
d. Betepatan dengan Hardiknas, siswa-siswa SMP seluruh provinsi se- Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se- Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur dan pejabat yang terkait dengan acara. Acara yang dibuka langsung oleh Bapak Gubernur ini, diadakan di aula kantor Depdiknas provinsi Kalimantan Selatan.

13. Penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya terutama kesalahan para pemudik biasa kurang sabar. Mereka sering mengebut dan ingin mendahului. Mengantuk juga sering menjadi penyebab kecelakaan. Jarak yang ditempuh kendaraan terlalu jauh akan mengakibatkan sopir lelah dan mengantuk sehingga mudah tabrakan dengan kendaraan lain.
Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah……
a. Jarak terlalu jauh mengakibatkan pengemudi kurang sabar.
b. Bila sopir berhati-hati, kecelakaan tidak mungkin terjadi.
c. Para pengemudi biasanya mengebut dan mendahului.
d. Tabrakan terjadi karena sering mengantuk mengemudi.

14. Pelabuhan Merak dipadati oleh truk-truk pengangkut barang nonsembako pada sepuluh hari menjelang lebaran, Sabtu (15/11). Kondisi tersebut disebabkan adanya larangan melintas baik truk nonsembako pada tangal 21-25 November.
Berdasarkan teks berita tersebut. Struktur teks berita merupakan bagian….
a. Tubuh berita
b. Kepala berita
c. Ekor berita
d. Judul berita

15. Alya bertanya,” Tina ada di rumah?”
Jika kalimat langsung di atas diubah menjadi kalimat tidak langsung menjadi……
a. Alya menanyakan apakah Tina ada di rumah?
b. Alya bertanya “ Apakah Tina ada di rumah?
c. Alya menanyakan,”Apakah Tina ada di rumah?”
d. Alya menanyakan bahwa, Apakah Tina ada di rumah?

16. Perhatikan teks iklan berikut ini!
Gunakan listrik seperlunya!

Kaidah yang muncul dalam teks iklan di atas adalah ....
a. Kalimat persuasif
b. Kalimat imperatif
c. Berima puitis
d. Berkesan positif

17. Perhatikan data-data berikut ini !
1. bersifat persuasif.
2. Mengutamakan unsur kata-kata
3. Memadukan unsur gambar dengan kata, gerak, dan suara.
4. Mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata.
5. Dipajang di tempat umum.
6. Disampaikan melalui media massa.

Berdasarkan data di atas, yang merupakan unsur-unsur sebuah poster adalah …
a. 1,2,3
b. 1, 2,5
c. 1,3,5
d. 1,4,5

18. Perhatikan iklan berikut!
DICARI
Asisten Apoteker (AA) Llsn Farmasi, Berpengalaman/ blm untuk Apotek di Keling Jepara.
Hub: Ambar HP: 085249380532
Iklan di atas termasuk iklan . . . .
a. layanan masyarakat
b. undangan
c. pemberitahuan
d. permintaan

19. Untuk meningkatkan kepedulian warganya tentang kesehatan, Abdullah, Lurah Desa Makmur membuat slogan.
Slogan yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah ...
A. Lingkungan hidup asri dambaan kita.
B. Gaya hidup bersih cermin perilaku sehat.
C. Hijau lingkunganku pasti nyaman hidupku
D. Hidup sehat dengan makan banyak.

20. Untuk meningkatkan disiplin menjaga kebersihan lingkungan, OSIS SMP Idola mengadakan lomba kebersihan kelas.
Slogan yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah...
A. Jika semuanya bersih, hati ini bersih.
B. Lingkungan bersih, nyaman di hati
C. Ikuti lomba kesehatan sekolah kita.
D. Hijau lingkunganku, hijau sekolahku.

21. Perhatikan slogan berikut!
Satu Pohon ditanam untuk kehidupan
Itulah perbuatan yang dilakukan daripada
Seribu Pohon ditebang untuk tambang

Perbaikan slogan tersebut yang tepat adalah ….
A. Seribu Pohon ditanam untuk kehidupan
lebih baik dari
Satu Pohon ditebang untuk tambang

B. Satu Pohon ditebang untuk tambang
lebih baik
Satu Pohon ditanam untuk kehidupan

C. Satu Pohon ditanam untuk Kehidupan
lebih baik daripada
Seribu Pohon ditebang untuk tambang

D. Satu Pohon ditanam untuk kehidupan
Sedangkan
Satu Pohon ditebang untuk tambang

22. Perhatikan tabel berikut
Berdasarkan informasi pada tabel tersebut, pernyataan tentang persamaan iklan,slogan, dan poster yang tepat adalah …
a. Iklan,slogan, dan poster mengandung unsur gambar, kata-kata, gerak, dan suara.
b. Iklan,slogan,dan poster sama-sama menggunakan kata-kata untuk menyampaikan pesan.
c. Iklan,slogan, dan poster menggunakan kata-kata dan gambar untuk menyampaikan pesan.
d. Iklan,slogan,dan poster sama-sama tidak menggunakan unsur gerak dan suara.

23. Perhatikan slogan berikut!
Di bumi damai untuk ketenangan di hati
Perbaikan terhadap slogan tersebut yang tepat adalah ….
A. Damai di hati tenang di bumi
B. Tenang di bumi tenteram di hati
C. Tenang di hati damai di bumi
D. Damai di bumi damai di hati

24.Perhatikan iklan berikut!
Dicr: staf Akt Wnt, Meng. Lap. Keuangan. Min. SMA Plus/D3, Bs Comp, Usia max.30th. Dtg lsg&Bw CV Ke: Jl. Kalibata Selatan No. 16, Pasar Minggu (Depan Gedung Tranka)
Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan iklan di atas adalah . . . .
a. Pekerjaan yang ditawarkan dalam iklan di atas adalah staf akuntan.
b. Orang yang berhak mengisi lowongan tersebut adalah wanita yang mengerti laporan keuangan
c. Orang yang berhak mengisi lowongan tersebut adalah wanita dengan pendidikan terakhir SMA Plus atau D3.
d. Orang yang dapat mengisi lowongan tersebut adalah lulusan D3 dan usia minimal 28 tahun

25. Berikut ini merupakan contoh iklan yang isinya mengandung fakta adalah . . . .
a. Minum “Singset Putri”' tubuh lebih langsing, kulit mulus bak putri keraton!
b. Perangi kebodohan dengan cara membaca!
c. Griya Anggrek Indah, hunian nyaman keluarga bahagia!
d. Basmi nyamuk dengan “Sorafit”, nyamuk hilang tidur tenang!

26. Perhatikan Ilustrasi berikut!
Untuk meningkatkan disiplin menjaga kebersihan lingkungan, Ketua OSIS akan membuat slogan.

Slogan yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah....
a. Lingkungan hidup asri bagian dari kebersihan
b. Hidup sehat dengan menjaga lingkungan
c. Hijau lingkungan ku, Hijau sekolahku
d. Jika semuanya bersih,hati ini bersih

27. Iklan yang sesuai dengan syarat bahasa iklan adalah...
a. Jagalah Kelestarian hutan lindung kota ini
b. Hutan lindung lestari, lingkungan bersih
c. Awas bencana bila hutan lindung musnah
d. Hutan lindung berhasil mencegah bencana

28. Perhatikan slogan berikut ini!
Satu tunas untuk masa depan bumi kita
Makna slogan tersebut adalah …
a. Mari kita menanam pohon bersama-sama.
b. Bumi ini akan indah jika pohon tidak ditebang.
c. Satu pohon yang kita tanam sangat bermanfaat bagi masa depan bumi dan manusia.
d. Pohon yang kita tanam tidak ada pengaruhnya bagi dunia ini.

29. Perhatikan potongan iklan berikut!
Direktur dan Segenap Staf
RSUD Ulin Banjarmasin
Mengucapkan
Selamat dan Sukses
Atas Terpilihnya Bapak Suhastono
Sebagai Bupati Tabalong
Semoga berhasil menjadikan Kabupaten Tabalong sebagai pusat agrobisnis
Opini yang terdapat dalam penggalan iklan tersebut adalah . . . .
a. Direktur dan Segenap Staf RSUD Ulin Banjarmasin mengucapkan Selamat dan Sukses.
b. Terpilihnya Bapak Suhastono sebagai bupati.
c. Direktur RSUD Ulin Banjarmasin mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terpilihnya Bapak Suhastono sebagai bupati
d. Semoga berhasil menjadikan Kabupaten Tabalong sebagai pusat agrobisnis

30. Perhatikan iklan berikut!
Hadiri dan Saksikan!!
Pameran dan Bursa Buku
di
Dinamo Convention Centre
Tanggal 8-13 Novemeber 2008
Tersedia Berbagai Macam Buku
Harga Paling Murah
Koleksi Buku Lengkap
Harga Diskon
Fakta yang terdapat dalam penggalan iklan tersebut adalah . . . .
a. pameran dan bursa buku di Diamond Convention Centre
b. semua merek ada di sini
c. harga paling murah
d. kualitas terjamin

31. Perhatikan kutipan teks eksposisi berikut!
Dampak paling nyata dari bencana asap adalah masalah kesehatan. Lebih dari tiga bulan terpapar udara bercampur asap membuat daya tahan masyarakat kian menurun. [...] Beberapa bantuan yang akan didistribusikan meliputi 125 ribu masker ke 97 kabupaten/kota terdampak, makanan tambahan 11 ton, alat penjernih air, serta 4482 oximetry (alat cek denyut jantung) dan sontheimer (alat menghitung kecepatan pernapasan anak-anak yang diperkirakan menderita ISPA. Selain itu, 70 unit alat penjernih udara (air purifier) untuk rumah sakit, oksigen konsentrate dan 500 unit kit penanggulangan asap ke puskesmas-puskesmas.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian teks eksposisi di atas adalah....
A. Melihat kondisi yang kian menghawatirkan, Menkes langsung menginstruksikan untuk kembali mengirim tambahan bantuan ke daerah-daerah terdampak kabut asap.
B. Keadaan semakin parah, pemerintah tidak bisa berdiam diri melihat daerah-daerah terdampak kabut asap.
C. Pemerintah akan memberi Bantuan Santunan Kematian kepada korban meninggal akibat bencana asap.
D. Kondisi semakin memprihatinkan, pemerintah daerah dan provinsi wajib meliburkan siswa di daerah terdampak kabut asap.

32. Perhatikan kutipan teks eksposisi acak berikut:
1).Siswa Indonesia sangat berprestasi.
2).Prestasi itu telah dibuktikan oleh siswa Indonesia yang meraih medali pada kategori Lingkungan Hidup.
3).Kedua siswa itu secara kreatif memanfaatkannya untuk industri garmen.
4).Penelitian yang mereka lakukan adalah mengelola limbah hewan yang terdapat pada kulit udang dan kepiting yang mengandung bahan anti bakteri.
5).Prestasi itu diraih di antaranya oleh siswa yang berasal dari sekolah siswa SMA Kharisma Bangsa, Banten.

Urutan teks yang tepat adalah ....
a. 1-3-2-5-4
b. 1-2-4-3-5
c. 1-2-5-4-3
d. 1-5-2-3-4

33. Kutipan teks acak pada soal no. 2 tersebut merupakan bagian dari struktur:
a. Tesis
b. Argumentasi
c. Penegasan ulang
d. Deskripsi bagian

34. Perhatikan kutipan teks eksposisi berikut:
Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun sampai dengan 21 tahun. Pada masa itu remaja sedang mencari identitas dirinya. Oleh karena itu, remaja harus mendapat pendidikan karakter agar dapat mengarahkan minatnya pada kegiatan-kegiatan positif. Pendidikan karakter yang dapat diberikan pada remaja, antara lain, berperilaku jujur, kreatif, percaya diri, santun, dan peduli.
Menurut kuripan teks tersebut, yang disebut remaja adalah ....
a. masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa
b. anak-anak dengan kisaran usia 10 tahun sampai dengan 21 tahun
c. masa anak-anak ke masa awal dewasa usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun
d. masa anak-anak ke masa awal dewasa 21 tahun

35. Dari kutipan teks soal nomor 6, pendidikan karakter apakah yang diperlukan seorang remaja?
a. berperilaku jujur, percaya diri, santun, dan peduli
b. berperilaku jujur, kreatif, santun, dan peduli
c. kreatif, percaya diri, santun, dan peduli
d. berperilaku jujur, kreatif, percaya diri, santun, dan peduli

36. Simak kutipan teks berikut :
Mungkin tidak banyak orang menyadari bahwa sebenarnya sarapan adalah salah satu rahasia untuk menjaga kesehatan. Tidak peduli seberapa sibuknya Anda, penting untuk mengisi bahan bakar untuk tubuh Anda sehingga energi Anda terpenuhi sepanjang hari. Selain memberi energi pada tubuh, sarapan juga memiliki manfaat lain yang tak kalah pentingnya.
Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah . . . .
a. Apa yang dimaksud dengan sarapan?
b. Di mana tempat sarapan yang paling tepat?
c. Mengapa sarapan itu penting?
d. Bagaimanakah sarapan yang tepat itu?

Teks berikut untuk soal no. 37-39!
Setiap orang mempunyai hobi atau kegemaran, namun tidak setiap orang dapat mengembangkan hobinya dengan baik. Banyak faktor yang menyebabkan orang tidak dapat mengembangkan hobinya. Pertama, kemungkinan lingkungan tidak mendukung. Sebagai contoh, kita memiliki hobi melukis, namun orang tua tidak menginginkan kita mengembangkan hobi kita itu. Faktor kedua, adalah dana atau fasilitas pendukung. Kita mempunyai hobi beternak ayam, namun kita tinggal di perkotaan yang padat penduduk. Faktor lain yang lebih penting adalah kemauan kita. Apapun kendala yang kita hadapi, apabila kita memiliki kemauan yang kuat, tidak setengah hati, kita dapat mengatasi masalah-masalah yang menghambat pengembangan hobi kita.
37. Tesis pada teks eksposisi di atas memiliki ide pokok ....
a. Semua orang memiliki hobi atau kegemaran.
b. Tidak setiap orang dapat mengembangkan hobinya dengan baik.
c. Faktor yang menyebabkan seseorang tidak dapat mengembangkan hobinya.
d. Lingkungan dapat menjadi penyebab orang tidak mengembangkan hobinya.

38. Argumentasi pada teks eksposisi tersebut tidak terdapat pada ....
a. kalimat kedua
b. kalimat keempat
c. kalimat keenam
d. kalimat kedelapan

39. Penegasan ulang pada teks eksposisi tersebut memiliki ide pokok ....
a. Faktor yang menyebabkan seseorang tidak dapat mengembangkan hobinya
b. Berusaha untuk meningkatkan dana untuk mengembangkan hobi.
c. Dengan kemauan yang kuat dapat mengatasi masalah yang menghambat hobi.
d. Hobi harus tetap dikembangkan bagaimanapun caranya.

40. Bacalah kutipan teks eksposisi berikut!
Bagi kami, komunikasi menjadi sarana cukup penting. Dengan komunikasi, kami bisa mengungkapkan gagasan kepada orang lain. Dengan komunikasi yang lancar, segala hal yang berkaitan dengan pengetahuan akan cepat tersebar. Demikian pula dengan keterampilan berbahasa, hubungan sosial akan tercipta.

Unsur fakta pada teks tersebut terdapat pada kalimat. . .
a. Bagi kami, komunikasi menjadi cukup penting.
b. Dengan komunikasi yang lancar, segala hal yang berkaitan dengan pengetahuan akan cepat tersebar.
c. Dengan komunikasi, kami bisa mengungkapkan gagasan kepada orang lain.
d. Demikian pula dengan keterampilan berbahasa, hubungan sosial akan tercipta.

KUNCI JAWABAN

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Latihan Penilaian Tengah Semester (PTS) Kelas 8 Semester Ganjil "

Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!