Soal Latihan UKK/PAT Kelas 8 Semester 2 (Genap) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013

1. Perhatikan kutipan teks ulasan berikut!
Aspek menarik patut dicatat adalah kesadaran Raditya Dika terhadap plot film sebagai entitas berbeda dan merdeka dari jajahan sumber adaptasinya. [.....] Bahkan, demi menjaga keutuhan plot, Dika mempreteli cerita sampai tataran karakterisasinya. Grup detektif Tiga Sekawan yang dibentuk Dika memiliki anggota berbeda antara di buku dan di film. Gimmick yang dipakai pun berbeda. Ada kreativitas yang menekankan bahwa humor sebaiknya sambung-sinambung menjadi satu dan karakterisasi sangat penting dalam mewujudkan misi itu.

Kalimat tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks ulasan tersebut adalah....
A. Dika merelakan beberapa bagian dalam buku tidak dimasukkan ke dalam film agar keutuhan plot cerita terjaga.
B. Dika memisahkan beberapa bagian dalam buku yang kurang menarik agar tidak dimasukkan dalam pembuatan film.
C. Dika ingin semua bagian dalam buku dimasukkan ke dalam film agar keutuhan plot cerita tiga babak utuh.
D. Semua unsur canda dalam buku karya Dika tetap dimasukkan dalam film agar keutuhan plot cerita tiga babak utuh.

2. Kalimat dalam teks ulasan yang memuat tentang sinopsis/ isi buku adalah ....
a. Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah karya fiksi terpenuhi dalam buku ini.
b. Buku ini mengupas tentang pemanfaatan teknologi di berbagai kantor. Pada bab pertama diuraikan pentingnya teknologi dalam pengolahan data.
c. Buku ini penting dibaca karena sebagai penuntun bagi orang tua, atau siapa pun, yang ingin mengamankan keluarga dan lingkungan di sekitarnya dari jerat narkoba.
d. Bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra memang buku ini tidak begitu menarik sebab novel ini serius dan tidak cukup menghibur.

3.Perhatikan kutipan data buku berikut!
Judul : Riwayat Nabi Daud (Raja Adil Bijaksana, Nabi yang Mulia)
Pengarang : Ismail Pamungkas
Penerbit : PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Tahun : 1995
Setelah dibaca, ternyata buku tersebut menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
Kalimat ulasan yang tepat untuk menggambarkannya adalah . . . .
a. Isi buku ini bercerita tentang keadilan dan kebijaksanaan Nabi Daud. Daud menjadi raja sudah kehendak dari Tuhan.
b. Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami dan komunikatif. Dengan demikian, pembaca dapat menikmati cerita tanpa harus berpikir keras.
c. Selain menarik, kelebihan buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang mendukung isi cerita sehingga mudah dimengerti.
d. Kekurangan cerita ini hanya terletak pada kisahnya yang terlalu singkat sehingga ceritanya kurang lengkap

4. Perhatikan kutipan teks ulasan film berikut!
Kelebihan film ini terletak pada adegan kejar-kejaran yang digarap serealistis mungkin. Dari segi cerita, dapat juga diambil sisi positifnya. Keteguhan sang tokoh terhadap perjanjian awal yang telah disepakati sebelumnya adalah hal yang patut ditiru. Tapi ingat, jangan meniru adegan dalam film tersebut, terutama anak-anak.
Kalimat terakhir pada kutipan ulasan film The Transporter tersebut kurang tepat, perbaikannya adalah . . . .
a. Namun, mengingat banyaknya adegan kekerasan, film ini tidak layak untuk ditonton oleh anak-anak.
b. Film ini tidak cocok untuk ditonton oleh anak usia dini karena mengandung adegan sadis
c. Amanatnya, jangan suka mencuri, karena mencuri itu dosa dan menyusahkan orang lain.
d. Terlalu banyak adegan kekerasan berupa pembunuhan dan penembakan dalam film ini

5. 1) Buku yang berjudul Matinya Media:Perjuangan Menyelamatkan Demokrasi disunting oleh Danny Schechter.2) Buku tersebut mengulas perkembangan media massa yang mulai mengancam masa depan demokrasi. 3) Sampul buku tersebut berwarna biru tua. 4) Namun, bahasa yang digunakan masih terlalu sulit dipahami.
Sinopsis buku terdapat pada kalimat ….
a. 1)
b. 2)
c. 3)
d. 4)

6. Perhatikan data buku berikut!
Judul buku: Pesona Batik
Penulis: Nanik Herawati
Penerbit: Intan Pariwara, Klaten
Cetakan: Juli,2010
Tebal: iv+68
Keunggulan: Penyampaian dengan bahasa yang mudah dipahami.
Kelemahan: Penampilan gambar kurang jelas karena ukurannya kecil dan tidak berwarna.

Paragraf ulasan yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah...
A. Buku Pesona Batik disampaikan dengan gaya tutur anak muda. Gaya ini menyebabkan buku ini disukai anak muda. penampilan gambar cukup membantu pembaca.
B. Buku Pesona Batik pantas dibaca karena memuat nilai-nilai moral, adat, kepercayaan, keyakinan, status, dan pandangan hidup sebagian masyarakat Indonesia dalam karya seni batik. Dalam membatik dimulai dari menggambar.
C. Buku Pesona Batik mencerminkan khazanah kebudayaan Indonesia. Meskipun penampian gambar sederhana, penyampaian bahasa dalam buku ini mudah dipahami.
D. Buku Pesona Batik membahas seni batik yang jarang dimengerti oleh sebagian besar masyarakat. Akan tetapi, dengan bahasa penyampaian yang mudah dipahami menyebabkan buku ini disukai pembaca dari berbagai kalangan.

7. Cematilah data buku berikut!
Judul: Sekolah Itu Candu
Penulis: Roem Topati Masang
Penerbit: Insid Press, Yogyakarta
Cetakan: Pertama, Juli 2007
Tebal: xvii+ 178 halaman
Kelebihan: Buku ini menggunakan bahasa komunikatif, tidak terkesan menggurui, dan patut dibaca semua kalangan.
Kelemahan: Desain kover buku kurang menarik.

Paragraf ulasan yang sesuai dengan data tersebut adalah. . .
A. Buku ini mengangkat masalah yang aktual dan cerdas, tetapi tidak terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, kover buku sengaja didesain dengan penampilan menarik. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
B. Buku ini mengangkat masalah aktual, cerdas, dan terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, kover buku sengaja didesain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
C. Buku ini mengangkat masalah aktual, cerdas, dan terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, kover buku sengaja didesain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
D. Buku ini mengangkat masalah aktual dan cerdas, tetapi tidak terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, kover buku sengaja didesain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.

8. Perhatikan data buku berikut!
Judul buku: Ayat-Ayat Cinta
Nama pengarang: Habiburrahman El Shirazy
Tempat dan penerbit buku: Jakarta, Penerbit Republika
Tahun Penerbitan: 2004
Tebal buku: 20,5x'13,5 cm
Keunggulan: Novel Ayat-Ayat Cinta mengajak kita untuk lebih jernih, lebih cerdas dalam memahami cakrawala keislaman, kehidupan, dan juga cinta.
Kekurangan: Menggunakan terlalu banyak kata dalam bahasa Arab yang tidak mudah dipahami

Paragraf ulasan yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah...
A. Novel yang ditulis Habiburrahman El Shirazy adalah novel terlaris di Indonesia. Novel ini tampak memiliki banyak kelebihan. Kelemahan nyaris tidak terdapat dalam novel
ini.
B. Novel terbitan tahun 2004 ini adalah novel penting yang mengajak pembaca untuk lebih jernih dan cerdas. Buku setebal 20,5x 13,5 cm ini sangat laris di pasaran.
C. Novel yang ditulis Habiburrahman El Shirazy diterbitkan oleh Penerbit Republika. Novel ini disajikan dengan menggunakan bahasa campuran. Bahasa tersebut adalah bahasa Indonesia dan bahasa Arab.
D. Novel Ayat-Ayat Cinta terbitan tahun 2004 ditulis oleh Habiburrahman El Shirazy ini mengajak kita untuk lebih jernih, lebih cerdas dalam memahami cakrawala keislaman, kehidupan, dan juga cinta. Sayangnya, novel ini menggunakan terlalu banyak kata berbahasa Arab yang tidak mudah dipahami.

9. Perhatikan data buku berikut!
Judul buku : Laskar Pelangi
Pengarang : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka, Yogyakarta
Keunggulan: Hubungan antara satu bagian dan bagian lain harmonis dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca.
Kelemahan : Penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut.

Paragraf ulasan yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah ....
A. Laskar Pelangi merupakan buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi atau gabungan dari 4 karya berbeda, buku kedua Sang Pemimpi berikutnya Edensor dan Maryamah Karpov. Buku ini diterbitkan oleh Bentang Pustaka, Yogyakarta.
B. Keunggulan buku ini adalah hubungan antara satu bagian dan bagian yang lain harmonis dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca. Oleh karena itu, buku ini laris di pasaran.
C. Selain menarik, kelebihan buku Laskar Pelangi memiliki hubungan harmonis antara satu bagian dan bagian yang lain dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca. Akan tetapi, penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi
pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut.
D. Kelemahannya adalah penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut sehingga pembaca akan lebih repot karena harus membuka halaman glosarium jika ingin tahu artinya.

10. Teks yang berisi pernyataan-pernyataan yang mendorong seseorang untuk mengikuti ajakan atau bujukan, harapan atau
keinginan-keinginan, ataupun imbauan penulis adalah teks ....
a. deskripsi
b. persuasi
c. eksplanasi
d. argumentasi

11. Paragraf yang merupakan kutipan teks persuasi adalah ....
a. Grup detektif Tiga Sekawan yang dibentuk Dika memiliki anggota berbeda antara di buku dan di film. Gimmick yang dipakai pun berbeda. Ada kreativitas yang menekankan bahwa humor sebaiknya sambung-sinambung menjadi satu dan karakterisasi sangat penting dalam mewujudkan misi itu.
b. Penyebab seseorang mengalami gangguan pencernaan, antara lain, pola makan tidak teratur. Misalnya, sering terlambat makan, kurang mengonsumsi sayur dan buah, dan kurang memperhatikan gizi makanan. Salah satu upaya menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat, makanlah dengan pola makan sehat dan seimbang.
c. Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun sampai dengan 21 tahun. Pada masa itu remaja sedang mencari identitas dirinya.
d. Bertepatan dengan Hardiknas, siswa-siswa SMP se-Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se-Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur dan pejabat yang terkait dengan acara. Acara ini digunakan sebagai sarana mengekspresikan kreativitas, komunikasi antar sekolah, serta perkembangan Iptek.

12. Perhatikan cuplikan teks berikut!
Sejak terjadinya bencana gempa bumi dan gelombang tsunami itu sering kali bencana tersebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari masyarakat. Banyak organisasi atau kelompok orang tak bertanggung jawab meminta sumbangan untuk korban bencana tersebut. Mereka beroperasi di atas bus kota, lampu merah, dan pinggir-pinggir jalan lainnya yang mengatasnamakan dinas sosial. Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut. Kami organisasi Sosial Peduli Kasih, tidak pernah meminta sumbangan dengan cara-cara seperti itu.
Kalimat persuasi dalam kutipan di atas adalah kalimat ke-....
a. 1
b. 2
c. 4
d. 5

13. Fungsi fakta dalam sebuah teks persuasi adalah ....
a. agar pembaca bisa merasakan, mendengar, dan melihat
b. agar pembaca bisa mengetahui keunggulan dan kelemahan
c. agar bisa mengembangkan imajinasi pembaca
d. agar bisa meyakinkan dan memengaruhi pembaca

14. Secara tersurat (eksplisit), kalimat persuasif biasanya ditandai oleh kata-kata berikut, kecuali ....
a. harus
b. hendaknya
c. meski
d. jangan

15. Perhatikan kutipan teks berikut!
Menurut para ahli kesehatan, hal umum yang menyebabkan orang mengalami gangguan pencernaan, antara lain, pola makan tidak teratur dan sering terlambat makan. Mereka pun kurang mengonsumsi sayur dan buah; juga kurang memperhatikan gizi makanan. Salah satu upaya menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat, makanlah dengan pola makan sehat dan seimbang.
Simpulan cuplikan teks tersebut adalah ....
a. Agar tidak mengalami gangguan pencernaan, kita harus makan dengan pola makan sehat dan seimbang.
b. Hal umum yang menyebabkan orang mengalami gangguan pencernaan adalah sering terlambat makan.
c. Hal umum yang menyebabkan orang mengalami gangguan pencernaan adalah pola makan yang tidak teratur.
d. Mereka pun kurang mengonsumsi sayur dan buah; juga kurang memperhatikan gizi makanan.

16. Perhatikan kutipan teks berikut!
Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kita harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. Salah satu hikmahnya adalah semangat persatuan. Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama. Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa.
Simpulan cuplikan teks tersebut adalah ....
a. Hikmah peringatan hari Sumpah Pemuda adalah memupuk semangat persatuan.
b. Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kita harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya.
c. Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama.
d. Ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa.

17. Struktur teks persuasi yang benar adalah ....
a. pengenalan isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan, penegasan kembali.
b. rangkaian argumen, pengenalan isu, pernyataan ajakan, penegasan kembali.
c. rangkaian argumen, pernyataan ajakan, penegasan kembali, pengenalan isu.
d. pengenalan isu, penegasan kembali, rangkaian argumen, pernyataan ajakan.

18. Kalimat penegasan kembali atas pernyataan-pernyataan sebelumnya, biasanya tidak ditandai oleh ungkapan-ungkapan seperti ....
a. demikianlah
b. dengan demikian
c. oleh karena itulah
d. pada zaman dahulu

19. Perhatikan kutipan teks berikut!
Jujur saja, kita memang belum bisa terbuka membicarakan soal seks dan kesehatan reproduksi. Padahal, itu penting sekali buat kita ketahui supaya tidak terjerumus ke jalan yang salah. Nah, lewat situs-situs tertentu di internet, beragam informasi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan.
Struktur teks berdasarkan kutipan tersebut adalah .....
a. pengenalan isu
b. rangkaian argumen
c. pernyataan ajakan
d. penegasan kembali

20. Perhatikan kutipan teks berikut!
Sudah menjadi rahasia umum, kalau ada sepasang kekasih yang terjerumus melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Peristiwa itu terjadi karena mereka tidak tahu cara mengontrol diri dan mengabaikan ajaran agama. Mereka juga tidak tahu cara menghindari diri dari perbuatan itu. Akibatnya, mereka menyesal, lalu terpikir untuk aborsi. Seram, kan? Itu hanya salah satu contoh akibat ketidakpedulian kita atas hak kita untuk mendapatkan informasi yang benar tentang diri, seksualitas, permasalahan reproduksi remaja lain, dan tentu saja karena lemahnya iman pada diri mereka.
Struktur teks berdasarkan kutipan tersebut adalah .....
a. pengenalan isu
b. rangkaian argumen
c. pernyataan ajakan
d. penegasan kembali

21. Kata ganti "kita" merupakan jenis kata ganti ....
a. orang pertama tunggal
b. orang pertama jamak
c. orang kedua tunggal
d. orang kedua jamak

22. Contoh kata kerja imperatif adalah ....
a. harus
b. sepantasnya
c. jadikanlah
d. sebaiknya

23. Kalimat yang merupakan pendapat adalah ....
a. Banyak situs di internet yang menyediakan berbagai informasi tentang seksualitas dan reproduksi bagi remaja.
b. Lewat situs-situs tertentu di internet, beragam informasi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan.
c. Dari sepuluh itu, salah satunya adalah mendapatkan informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja.
d. Kita bisa bertanggung jawab atas pilihan kita tadi sehingga tidak akan menyesal di kemudian hari.

24. Kalimat yang merupakan fakta adalah ....
a. Kita memang belum bisa terbuka membicarakan soal seks dan kesehatan reproduksi.
b. Kita bisa bertanggung jawab atas pilihan kita tadi sehingga tidak akan menyesal di kemudian hari.
c. Dari sepuluh itu, salah satunya adalah mendapatkan informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja.
d. Mereka yang terjerumus melakukan hubungan seksual sebelum menikah, mungkin saja karena tidak memiliki iman.

25. Dari deretan kata berikut yang merupakan kata-kata penghubung yang argumentatif adalah ....
a. jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu.
b. dan, sebab, karena, alangkah baiknya, atau, oleh karena itu.
c. dan, sebab, atau, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu.
d. jika, atau, karena, dengan demikian, sebaiknya, oleh karena itu.

26. Kata-kata yang digunakan sebagai kata kerja mental adalah ....
a. jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu.
b. seperti diharapkan, memprihatinkan, memperkirakan, mengagumkan, menduga.
c. berdasarkan data..., merujuk pada pendapat..., seperti yang dinyatakan oleh....
d. dengan demikian, oleh karena itu, berpendapat, berasumsi, menyimpulkan.

27. Kata-kata yang digunakan sebagai kata-kata perujukan adalah ....
a. jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu.
b. seperti diharapkan, memprihatinkan, memperkirakan, mengagumkan, menduga.
c. berdasarkan data..., merujuk pada pendapat..., seperti yang dinyatakan oleh....
d. dengan demikian, oleh karena itu, berpendapat, berasumsi, menyimpulkan.

28. Yang merupakan konjungsi kausalitas adalah ....
a. kemudian, lalu, harus, hendaknya
b. sejak, semenjak, kemudian, akhirnya
c. bahwa, yakni, yaitu, adalah
d. sebab, karena, oleh sebab itu, sehingga

Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 29 dan 30!
Masut : Guru, terima kasih atas ilmu yang guru berikan kepadaku. Apalah artinya diriku andai tidak ada guru.
Guru : Masut, Masut! Kamu harus tahu, meskipun kita mempunyai ilmu hanya sedikit, namun tetap harus diberikan kepada orang lain.
(Istri Masut masuk ke ruangan membawa teh hangat).
Istri Masut : Lebih baik kalau ngobrolnya, sambil minum teh hangat (menyodorkan cangkir)
Guru : Bisa saja istri kamu, Ut.

29. Suasana yang tergambar pada drama tersebut adalah ...
A. santai
B. tegang
C. haru
D. seram

30. Latar tempat kutipan drama tersebut adalah ....
A. rumah guru
B. rumah Masut
C. ruang kerja
D. ruang kelas

Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 31 dan 32!

Brilian : Sekarang serahkan hp kalian, kami akan minta uang tebusan!!! (mendorong Dimi masuk)
Dimi : Ka …ka ... kami tidak bawa hp (gugup).
Brilian : Periksa kantongnya!!
Timmy : Siap, bos. (memeriksa kantong)
Markus: Ada gak? Ini tempat apa? (matanya melotot)
Timmy : Ruang menyimpan perkakas bekas (sambil meraba kantong si anak). Ini bos, hpnya (mengeluarkan hp N.95).
Markus : Tanyakan nomor hp orang tuanya! Hubungi untuk minta tebusan!
Timmy : Siap, bos!

31. Suasana kutipan drama tersebut adalah ...
A. haru
B. tegang
C. sedih
D. seram

32. Latar kutipan tersebut adalah ...
A. gudang
B. kamar
C. garasi
D. rumah

33. Inu : “Tenang, Jati. Tidak ada apa-apa!"
Jati : “Enak saja! Senang ya dapat membuat orang lain menangis?"
Inu : “Jati, apakah setiap tangis itu duka?"
Jati : “Tetapi, dia jelas tampak menderita!"
Inu : “Tampak menderita tidak sama dengan nyata-nyata menderita, kan?"
Dikutip dari: Tangis, P. Harianto
Suasana yang tergambar dalam cuplikan drama tersebut adalah…
a. Ketakutan
b. Kekhawatiran
c. kemarahan
d. Kejengkelan

34. Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
Rina : Apa-apaan sih? Kok posterku disobek?
(menahan marah)
Aji : […]
Rina : Maaf..maaf enak saja!
Aji : (dengan amat menyesal)
Iya deh, aku ganti postermu. Tapi kamu mau maafin aku kan?
Rina : Ya. Lain kali kamu jangan ceroboh.
Aji : (dengan tersenyum)
Oke, Bos!

Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan drama tersebut adalah...
A. Begitu saja kok kamu marah, Rin.
B. Maafin aku Aji. Aku tidak sengaja.
C. Maafin aku Rina. Aku tidak sengaja.
D. Baiklah aku akan beli yang baru.

35. Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
Maya : Pokoknya, Ibu harus setuju!
Ibu : (menarik napas panjang kecewa)
Dengan apa Ibu membayarnya?
Maya : (terkejut dan gugup)
Kan masih lama, Ibu.
Ibu : Biaya kursus cukup besar, Maya.
Maya : […]
Ibu : (dengan tersenyum)
Nah, begitu. Ini baru putri Ibu.

Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan drama tersebut adalah ...
A. Baiklah Ibu akan beli yang baru.
B. Maya, kita sekarang lagi kesulitan.
C. Coba kamu mengerti kondisi Ibu.
D. Iya deh, Maya turuti nasihat Ibu.

36. Bacalah kutipan drama berikut!
1. Putri : Reno....! Kau jangan bersikap tidak sopan kepada orang tua!
2. Reno : Biarin aja, toh mereka tidak peduli.
3. Putri : Bukannya tidak peduli, tapi mereka sibuk mencari uang buat kita anak-anaknya.
4. Reno : Itu hanya alasan saja! [mondar mandir seperti orang kebingungan]
5. Putri : Reno jika dinasihati itu, cobalah dituruti jangan menuruti kemauanmu saja!

Perbaikan kesalahan petunjuk laku nomor 4 pada naskah drama tersebut adalah ...
A. (Reno tertawa geli, kemudian ia ngeloyor pergi dari rumah)
B. (Putri terkekeh, kemudian ia ngeloyor pergi dari rumah)
C. (Sambil melotot matanya, dari teras Putri masuk ke dalam rumah.)
D. (Sambil menggerutu, dari teras Reno masuk ke dalam rumah.)

37. Parto : Harus antre? Aku malas, ah! (menenteng kaleng minyak tanah)
Pardi : Ya iyalah. Kamu lihat sana orang meletakkan jerigen minyak dalam antrean! (menarik lengan Parto menunjuk ke arah depot minyak tanah)
Parto : Lalu, kapan aku memandikan kerbauku?
Pardi : Ah, kamu ini [ . . . ]
Parto : Kamu benar juga, Di!
Kalimat yang tepat untuk melengkapi ucapan Pardi pada teks drama tersebut adalah…
a. Ambil kerbaumu dan mandikan saja segera, antrean masih panjang!
b. Sebaiknya tanyakan berapa banyak orang yang antre sebelum memandikan kerbau!
c. Letakkan saja kaleng minyak tanahmu dalam antrean sementara kamu memandikan kerbau!
d. Itu depot minyak tanah, sudah sana ambil jerigenmu!

38. Andi adalah anak saleh dan ramah. Dia anak yatim yang sangat berbakti dan setia kepada ibunya. Pada saat liburan dia diajak oleh Ali dan Arsad camping ke hutan lindung. Ketika meraka akan berangkat, tiba-tiba ibu Andi mendadak sakit keras. Karena rencana sudah matang, kedua temannya tetap mengajak berangkat tanpa mempedulikan keadaan Andi. Andi menjadi bingung.
Naskah drama yang paling tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….
a Ali : (Bersemangat) Gimana An, sudah siap? Ayo berangkat!
Andi : Maaf Al, ibuku …sakit mendadak. (menunduk)
Arsad : Ala, mengapa lu pikirin. Nanti juga akan sembuh sendiri.
Ali : Iya An, rencana kitakan sudah matang. Ingat, demi kita!
Andi : (Bingung) Gimana, ya!

b. Arsad : (Semangat) Gimana An, sudah siap? Ayo berangkat!
Andi : Maaf, Ar. Aku ragu. (menunduk)
Ali : Mengapa An, tiba-tiba kau berubah pikiran? Kita berangkat sajalah!
Andi : Ibuku sakit mendadak. Aku harus menungguinya.
Arsad : jangan, kita tunda keberangkatan ini!
Andi : Aduh, gimana dong? Kita memang sudah sepakat! Tapi….(bingung)

c. Andi : Al, ibu tiba-tiba sakit. Gimana rencana kita?
Ali : Rencana kita sudah matang. Kita tetap harus berangkat.
Arsad : Betul, An, kita harus kompak.
Andi : Baik, ibuku akan kubujuk biar merelakanku.
Andi : Nah, gitu dong. Sepakat?

d. Arsad : (Antusias) Al, gimana persiapanmu?
Ali : Oke. Aku tingal cabut saja.
Arsad : Kamu gimana, An?
Andi : sebenarnya ibuku sakit, tapi aku siap juga. Kita harus berangkat.
Ali : Demi kita, hidup rio Singa. (mereka menyatukan tangan)

39. Perhatikan kutipan data buku berikut!
Judul : Riwayat Nabi Daud (Raja Adil Bijaksana, Nabi yang Mulia)
Pengarang : Ismail Pamungkas
Penerbit : PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Tahun : 1995
Setelah dibaca, ternyata buku tersebut menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Kalimat rangkuman yang tepat untuk menggambarkannya adalah ….
a. Isi buku ini bercerita tentang keadilan dan kebijaksanaan Nabi Daud menjadi raja sudah kehendak dari Tuhan.
b. Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami dan komunikatif. Dengan demikian, pembaca dapat menikmati cerita tanpa harus berpikir keras.
c. Selain menarik, kelebihan buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang mendukung isi cerita sehingga mudah dimengerti.
d. Kekurangan cerita ini hanya terletak pada kisahnya yang terlalu singkat sehingga ceritanya kurang lengkap.

40. Di bawah ini merupakan komentar buku fiksi…
a. Imajinasinya sangat kuat membangun plot cerita fantasi lokal yang tidak kalah keren dengan fantasi asing.
b. Secara keseluruhan buku ini hanya menginformasikan hal yang telah diketahui umum.
c. Buku ini ditulis dengan sistematika yang runtut sehingga sangat mudah dipahami.
d. Buku ini mengangkat masalah aktual dan cerdas, tetapi tidak terkesan menggurui.

41. Komentar negatif terhadap buku nonfiksi adalah ....
a. Warna yang dipilih terkesan ramai dan mengganggu pembaca.
b. Membaca buku ini seakan berpetualang ke seluruh wilayah Indonesia yang indah.
c. Penulis menggunakan kalimat yang sederhana sehingga mudah dipahami.
d. Ia menulis buki ini dengan penuh wawasan dan ia peduli kepada manusia.

42. Berikut ini bukanhal yang harus kita lakukan saat akan meringkas buku adalah …
a. Mencatat judul buku yang akan kita ringkas.
b. Membaca buku yang akan diringkas.
c. Mencatat garis besar isinya dan merangkainya menjadi sebuah ringkasan.
d. Membeli buku sebanyak-banyaknya.

43. Berikut ini yang merupakan penggalan buku non fiksi adalah …
a. Pada bab II pembaca dapat menemukan berbagai fakta makna praktik KKN
b. Buku ini diceritakan dengan gaya humor, sikap sinis, sarkasme para tokohnya
c. Novel ini meninggalkan kesan arti sejarah, kearifan, dan kefanaan manusia
d. Pengarang sangat cermat penggambaran watak-watak para tokoh

44. Perhatikan data buku berikut !
Judul buku : Supernova
Penulis : Dewi Lestari
Penerbit : Truedee books tahun tebit, cetakan ke 7, 2006
Jumlah halaman : 286 halaman
Dimensi : 16 x 21 cm
Deskipsi : menjadi salah satu lima besar katulistiwa Literary Award, telah menjadi best seller nasional dan episode pertamanya telah tejual 100 ribu buku. Salah satu kesegaran baru yang muncul sebagai penelusuran lewat sains, spiritualitas, dan percintaan yang cerdas, unik, dan mengguncang.
Kalimat ringkasan berupa keunggulan novel yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
a. Dewi Lestari dalam novelnya Supernova berusaha mengungkapkan sains melalui percintaan yang unik dan menarik bagi perkembangan yang gemar membaca.
b. Novel Supernova yang ditulis Dewi Lestari berisi sains yang dikemas dalam bentuk cerita yang unik sehingga sangat menarik bagi pembaca di lingkungannya.
c. Novel Supernova yang diterbitkan Truedee Books mendapatsambutan hangat dari kaum kritikus karena unik dan menarik.
d. Novel Supernova karya Dewi Lestari ditulis secara unik melalui syair percintaan, spiritual, dan membawa kesegaran baru bagi para pembaca.

45. Perhatikan paragraf berikut!
1) Buku yang berjudul Matinya Media : Perjuangan Menyelamatkan Demokrasi disunting oleh Danny Schechter. 2) buku tersebut mengulas perkembangan media massa yang mulai mengancam masa depan demokrasi. 3) Sampul buku tersebut berwarna biru tua. 4) Namun, bahasa yang digunakan masih terlalu sulit dipahami.
Kutipan isi buku terdapat pada kalimat ….
a. 1)
b. 3)
c. 2)
d. 4)

KUNCI JAWABAN

Posting Komentar untuk "Soal Latihan UKK/PAT Kelas 8 Semester 2 (Genap) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013"

Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!
loading...