Soal Latihan Simulasi/ Gladi Bersih UNBK 2020

DMCA.com Protection Status
Loading...
SOAL LATIHAN SIMULASI/ GLADI BERSIH UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
BAHASA INDONESIA

1. Bacalah teks berikut!
Orang Banyuwangi sangat percaya diri meramu aneka pengaruh untuk kemudian diakui sebagai identitas diri. Mereka sangat terbuka menerima budaya luar untuk diolah menjadi budaya Banyuwangi. Tabrak budaya ini terlihat pada ramuan kulinernya, seperti rawon malang dicampur dengan pecel madiun menjadi rawon pecel. Sinkretisasi budaya juga menjadi sesuatu yang mutlak terjadi karena Banyuwangi hingga kini memang dihuni oleh beragam suku.
Makna istilah sinkretisasi pada teks tersebut adalah ....
A. penyerasian antara dua aliran
B. pencampuran berbagai daerah
C. adaptasi dari berbagai teknologi
D. interaksi masyarakat di daerah

2. Bacalah teks berikut!
(1) Lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah dengan diameter 10 cm dan kedalaman 100 cm. (2) Dalam kasus tanah dengan permukaan air tanah dangkal kedalaman lubang tidak melebihi kedalaman muka air tanah. (3) Lubang biopori diisi dengan sampah organik untuk memicu terbentuknya biopori. (4) Biopori adalah pori-pori berbentuk lubang (terowongan kecil) yang terbentuk oleh aktivitas fauna tanah atau akar tanaman.
Makna kalimat nomor (2) pada teks tersebut adalah ...
A. Untuk lubang serapan dibuat sejajar dengan kedalam muka air tanah.
B. Untuk daerah permukaan air tanah dangkal, kedalaman lubang dibuat lebih dalam.
C. Daerah yang permukaan air tanahnya dangkal, lubang biopori dibuat lebih dangkal.
D. Tanah yang permukaan air tanah dangkal, lubang dibuat sedalam permukaan air tanah.

3. Bacalah teks laporan percobaan berikut!
Energi listrik dapat dihasilkan dari buah yang banyak mengandung banyak asam sitrat hal ini sesuai teori bahwa keasaman pada beberapa jenis buah mampu menghasilkan energi listrik karena bersifat elektrolit. Buah-buahan yang mengandung asam mineral berupa asam klorida dan asam sitrat merupakan elektrolit kuat yang terurai sempurna menjadi ion dalam larutan air, sehingga apabila dua logam yang berbeda dicelupkan pada larutan buah-buahan yang mengandung asam mineral akan menimbulkan potensial elektroda yang dapat menghasilkan arus listrik (Kartawidjaya, 2008).
Informasi tersurat pada teks tersebut adalah ...
A. Energi listrik dapat dihasilkan dari buah-buahan yang berwarna kuning kemerahan.
B. Buah-buahan mengandung asam mineral berupa asam klorida dan asam sitrat.
C. Semua buah-buahan mampu menghasilkan energi listrik karena bersifat elektrolit.
D. Buah-buahan yang mengandung asam klorida dan asam sitrat merupakan elektrolit.

4. Bacalah teks laporan percobaan berikut!
Pada percobaan di atas, energi potensial dapat dihitung karena ada data tentang massa bandul, gaya gravitasi, dan tinggi bandul dari lantai. Energi potensial terbesar terdapat pada bandul yang berada di titik awal dan akhir 40 cm baik pada bandul dengan panjang tali 50 cm maupun 70 cm. Energi potensial terbesar di antara dua panjang tali tersebut ada pada bandul dengan panjang tali 50 cm dan simpangan 40 cm. Sedangkan energi potensial terkecil terdapat pada bandul dalam keadaan setimbang baik pada bandul dengan panjang tali 50 cm maupun 70 cm.
Dalam struktur teks laporan percobaan cuplikan tersebut terdapat pada bagian….
A. tujuan
B. kajian teori
C. pembahasan
D. hasil pengamatan

5. Bacalah teks deskripsi berikut!
Penyakit influenza termasuk ke dalam penyakit yang penularannya sangat mudah. Penyakit ini menyebar dari satu orang ke orang lain melalui kontak langsung. Menurut penelitian terbaru, penyebaran virus flu sangat terkait dengan level kelembapan udara. Di negara beriklim sedang seperti Amerika Utara dan Eropa, wabah flu biasanya terjadi di musim dingin. Sementara di negara tropis influenza menyebar di musim penghujan.
Ide pokok bacaan di atas adalah ....
A. jenis penyakit yang penularannya mudah
B. mudahnya menular
C. penyebaran penyakit influenza
D. penyebab penyakit influenza

6. Bacalah teks berikut!
Kondisi Waduk Gajahmungkur sekarang ini mengalami pendangkalan sehingga over kapasitas. Laju erosi di daerah hulu tidak terkendali. Pengerukan terus-menerus dilakukan dengan menggunakan kapal keruk. Namun, pengerukan itu tidak sebanding dengan kecepatan dan peningkatan sedimentasi. Sedimentasi di Waduk Gajahmungkur memang cukup mengkhawatirkan.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
A. Kondisi Waduk Gajahmungkur sekarang ini mengalami pendangkalan sehingga over kapasitas.
B. Pengerukan itu tidak sebanding dengan kecepatan dan peningkatan sedimentasi.
C. Sedimentasi di Waduk Gajahmungkur memang cukup mengkhawatirkan.
D. Pengerukan terus-menerus dilakukan dengan menggunakan kapal keruk.

7. Bacalah teks berikut!
Semakin maju peradaban manusia, semakin banyak aktivitas manusia yang dilakukan di muka bumi. Hampir semua aktivitas tersebut menyebabkan penambahan misi gas rumah kaca. Hasil penelitian tentang perubahan iklim menyebutkan, menggunakan bahan bakar fosil, misalnya minyak bumi, batu bara, dan gas alam telah menyumbangkan cukup besar pencemaran gas efek rumah kaca. Efek rumah kaca berpengaruh besar dalam proses pemanasan global.
Simpulan teks tersebut adalah ...
A. Bahan bakar fosil digunakan secara berlebihan.
B. Proses pemanasan global berpengaruh pada bumi.
C. Aktivitas manusia menyebabkan pemanasan global.
D. Hasil penelitian membenarkan adanya pemanasan global.

8. Bacalah teks berikut!
(1) Aktivitas olahraga sangat baik bagi kegugaran tubuh kita. (2) Akan tetapi, masih ada sebagian masyarakat yang enggan melakukannya dengan alasan repot. (3) Mereka merasa tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan kegiatan tersebut. (4) Padahal, untuk melakukan aktivitas sehat ini, waktu lima atau sepuluh menit pun jadi untuk sebuah olahraga ringan.
Pendapat pro pada teks tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

9. Bacalah teks berikut!
(1) Mengelola sekolah menengah kejuruan (SMK) pada zaman sekarang harus menggunakan metode baru. (2) Caranya dengan menghasilkan tamatan yang mempunyai keahlian sesuai tuntutan pasar, siap kerja, dan bisa meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi. (3) Lebih dari itu, lulusan SMK diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. (4) Namun, kenyataannya masih banyak lulusan SMK yang menjadi pengangguran.
Pendapat kontra pada teks tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

10. Bacalah teks berikut!
Teks I
Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada kurban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawasan dari fihak LSM.
Teks II
Kebersihan lingkungan sekolah merupakan tanggung jawab semua warga sekolah tanpa kecuali. Sekolah yang bersih membuat nyaman para penghuninya. Dalam menjaga kebersihan sekolah berawal dari kebersihan diri sendiri, kelas, dan lingkungan. Lingkungan yang bersih membuat badan sehat jauh dari penyakit

Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah ....

11. Bacalah teks berikut!
Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang. Bunga ini mekar pada musim semi. Bunga sakura dapat dilihat diberbagai tempat di Jepang. Masyarakat Jepang menganggap bunga sakura sebagai simbol penting. Gambar dan lukisan bunga sakura dapat ditemui hampir semua di semua barang yang ada di Jepang.
Bunga sakura dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Bunga sakura dapat digunakan untuk membuat teh. Bunga sakura yang sudah di rendam air garam dimanfaatkan untuk acar. Bunga sakura juga bermanfaat untuk kecantikan kulit karena bunga sakura memiliki kandungan zat melatonin dan antioksidan.
Ringkasan teks tersebut adalah ...
A. Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang sehingga lukisannya dapat ditemui di semua tempat di Jepang.
B. Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang dan mengandung zat yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.
C. Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang dan dapat dimanfaatkan untuk membuat teh dan acar.
D. Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

12. Bacalah teks berikut!
Teks 1
Kemacetan telah menjadi hal yang biasa di Jakarta. Kemacetan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain. Pertama, jumlah kendaraan yang ada tidak seimbang dengan luasnya jalan. Kedua, kurangnya rasa disiplin untuk semua pengguna jalan raya. Ketiga, munculnya tempat-tempat yang mengganggu lalu lintas seperti pasar, rel kereta api, halte yang tidak difungsikan, banjir, pedagang kaki lima, dan sebagainya. Yang terakhir, tidak tegasnya aparat yang berwenang dalam menindak para pelanggar lalu lintas.

Teks 2
Hasil panen para petani di Desa Sukamaju tahun ini tidak memuaskan. Ribuan hektar sawah hanya bisa panen seperapatnya. Banyak tanaman padi yang mati sebelum waktu dipanen karena serangan hama tikus dan walang sangit. Keadaan ini membuat petani cukup kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mereka harus memutar otak untuk dapat menemukan cara jalan keluarnya. Ditambah lagi dengan cuaca yang sangat panas sehingga menusuk sampai tulang. Semua permasalahan disebabkan kemarau yang lumayan panjang.

Teks 3
Andi suka membantu sesama tanpa pamrih. Dia juga selalu baik terhadap semua orang yang disekitarnya. Sikapnya yang sopan membuat dia mudah diterima di lingkungan mana saja. Tidak hanya itu, dia juga memiliki tutur kata yang lembut. Dia tdak pernah berbicara kasar yang akan mengakibatkan menyakiti orang lain. Ditambah lagi dia juga pintar di kelasnya. Meskipun begitu dia tidak pernah pelit ilmu kepada teman sekelasnya. Oleh karena itu, wajar saja Andi menjadi teman kesayangan dan siswa favorit oleh guru-guru di sekolah.

Perbedaan pola penyajian ketiga teks tersebut adalah …

13. Bacalah teks berikut!
Sekolahku mempunyai lingkungan yang bersih dengan halaman parkir dan lapangan upacara yang luas. Sekolahku mempunyai tiga gedung utama sebagai tempat pembelajaran, yaitu Gedung A, Gedung B dan Gedung C. Letak sekolahku terletak di tengah-tengah sawah, sehingga membuat suasana sekolah tampak segar dan sejuk. Team bola volley sekolahku selalu menjadi juara dalam tiap perlombaan.
Keunggulan teks tersebut adalah …
A. Objek digambarkan secara rinci.
B. Kalimat-kalimatnya memiliki kepaduan makna.
C. Penggunaan ejaan dan tanda baca sangat tepat.
D. Kalimat yang digunakan merupakan kalimat efektif.

14. Bacalah teks berikut!
Indonesia yang menganut perekonomian terbuka sangat sulit untuk mengelak dari dinamika ekonomi internasional yang semakin mengglobal. Konsekwensinya, pasar domestik indonesia tidak terlepas dari gejolak pasar dunia yang semakin liberal, karena kebijakan unilateral dan ratifikasi kerjasama perdagangan internasional yang harus dilakukan indonesia. World Trade Organization (WTO) atau organisasi perdagangan dunia merupakan satu-satunya badan internasional yang secara khusus mengatur masalah perdagangan antarnegara.
Kelemahan teks tersebut adalah …
A. Isi teks sulit dipahami.
B. Terdapat kesalahan ejaan.
C. Banyak kalimat tidak padu.
D. Beberapa kalimat tidak efektif.

15. Bacalah teks berikut!
Dalam konteks tertentu menguasai bahasa asing memang diperlukan. Akan tetapi, kebanggaan berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya jangan sampai mengikis kecintaan terhadap bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Pepatah mengatakan bahwa “Bahasa menunjukkan bangsa”. Jati diri kita sebagai bagian dari suku-suku di nusantara dan sebagai bangsa yang mandiri tercermin dari bahasanya.
Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah …
A. Penguasaan bahasa asing harus kita utamakan agar kita tidak tertinggal dari pergaulan dunia.
B. Hendaknya kita tetap mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia sebagai jati diri suatu bangsa.
C. Kita harus bangga dapat menguasai bahasa asing di samping menguasai bahasa Indonesia.
D. Bahasa daerah perlu dikembangkan lagi agar tidak terkikis oleh penggunaan bahasa asing.

16. Bacalah teks berikut!
Angin yang berhembus semilir-semilir membuat penghuni hutan mengantuk. Begitu juga dengan si kancil. Untuk mengusir rasa kantuknya ia berjalan-jalan di hutan sambil membusungkan dadanya. Sambil berjalan ia berkata, “Siapa yang tak kenal kancil. Si pintar, si cerdik dan si pemberani. Setiap masalah pasti selesai olehku”.
Makna kata membusungkan dada pada kutipan fabel tersebut adalah….
A. menggembungkan perut
B. membesarkan tubuh
C. mengembangkan dada
D. membanggakan diri

17. Perhatikan kutipan teks cerita berikut!
“Vaisha, itu ada yang cedera. Cepetan bantuin!” ucap Chika, salah satu anggota PMR.
“Vais, apa yang kamu lakuin” kata Sheina, sahabatku satu-satunya anggota PMR sepertiku.
Aku tetap tak menggubris.
“Vaisha!” teriak Sheina sambil menepukku.
Aku tersadar dan langsung berdiri menuju Ajun.
“Biarin aja dia yang nolongin. Dia kan nggak suka basket. Mungkin kalo nolongin kapten basket, dia bisa suka basket!” ucap Sheina.
“Suka basket, atau suka yang main basket?” canda Chika.
Mereka berdua saling tatap dengan senyum.
Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Salah satu anggota PMR yang bernama Chika cedera.
B. Sheina, sahabat Chika menolong yang cedera.
C. Kapten basket yang cedera ditolong oleh tokoh aku.
D. Vaisha mengobati kapten basket yang cedera.

18. Perhatikan kutipan teks cerita berikut!
Surti Tejo adalah anak bungsu dari Demang Tejo Kumolo yang merupakan orang terpandang di kampungnya. Sebagai anak bungsu dari tiga bersaudara, ia dikenal sebagai anak yang manja, walaupun sudah kelas IX SMP. Dia suka bergelayut di pundak kedua kakaknya yang semuanya laki-laki. Namun begitu, ia selalu rangking pertama di sekolahnya.
Kutipan teks cerita tersebut merupakan struktur teks cerpen bagian ....
A. orientasi
B. komplikasi
C. klimaks
D. resolusi

19. Perhatikan kutipan teks cerita berikut!
Ketika cahaya bersinar, menembus celah-celah kecil jendela. Udara sejuk menyentuh hingga ke raga. Hembusan angin terdengar mendesah berirama. Bunga pagi serentak merekah merona. Ketika bunga tidur terbuyarkan oleh mata. Mata yang awalnya terpejam, kini terbuka nyata. Aroma sarapan menggugah selera. Ingin rasanya cepat-cepat menikmatinya. Wah, tumben ma… masaknya enak-enak?
Makna simbol dari kata bercetak miring tersebut adalah ....
A. lamunan
B. bayangan
C. kematian
D. impian

20. Perhatikan kutipan teks cerita berikut!
“Wah, tumben ma… masaknya enak-enak?”
“Jadi menurut kamu selama ini masakan mama nggak ada yang enak?”
“Maksud aku bukan gitu ma, ya… tumben aja masaknya nggak kayak biasanya”
“Emang nggak boleh sekali-kali kita sarapan beda?” tanya papa
“Boleh sih pa, bahkan kalo tiap hari kita sarapan beda terus, bisa habis dua piring aku!”
“Kamu tuh ya, ada-ada aja!” ucap mama
“Erfa, Erfa!” tambah papa
Setelah menikmati lezatnya sarapan dan hangatnya obrolan, Erfa pamit untuk berangkat.
Isi yang tersirat dalam kutipan teks tersebut adalah ...
A. Masakan Mama Erfa selama ini tidak enak.
B. Erfa memuji sarapan yang dibuat mamanya enak.
C. Erfa selalu menghabiskan dua piring nasi saat sarapan.
D. Mama Erfa marah karena dikatakan masakannya tidak enak.

21. Perhatikan kutipan teks cerita berikut!
Pagi saat sarapan, Naha turun ke meja makan. Di sana sudah ada Papa, Mama, dan Kina.
“Naha, ayo sarapan, sayang! Mama udah masakin sarapan yang enak, loh.”
Naha tetap diam dan meminum jusnya dengan berdiri.
“Naha! Jawab dong tawaran mama, jangan diem aja!” perintah papanya.
“Aku nggak peduli! Ingat ya, pa, aku nggak pernah mau menganggap mereka. Dan dia bukan mama aku!”
“Naha! (sambil berdiri menggebrak meja). Jaga omongan kamu!”
“Kenapa, Pa? Papa marah? Terserah! Papa juga nggak peduli sama aku. Papa cuma peduli sama mereka.”
“Naha, kamu jangan ngomong gitu!” ucap Kina.
“Diam, lo! Nggak usah ikut campur!”
“Naha, kenapa kamu jadi kasar gini, Nak?” keluh papanya.
“Papa tuh seharusnya udah tahu kenapa aku jadi kayak gini,”
Naha keluar dan tidak mempedulikan mereka.
Sebab konflik kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Nana tidak mau duduk saat sarapan.
B. Nana menggebrak meja saaat sarapan.
C. Nana tidak menjawab tawaran sarapan dari mamanya.
D. Papa Nana hanya memperhatikan mama dan saudara tirinya.

22. Perhatikan kutipan cerita berikut!
Teks 1
Inilah aku yang hidup hanya sendirian. Aku Andini, putri Ababil. Orangtuaku sudah pergi dan sekarang aku tinggal dengan nenekku. Nenekku yang tak mampu berjalan, nenekku yang tak mampu untuk bekerja. Ya, di sini aku merawatnya dengan kasih sayangku. Sekarang aku duduk di kelas 1 SMA. Pertama dari awal aku masuk, aku selalu tertimpa masalah. Walaupun aku sudah berusaha diam, tapi masalah itu timbul dalam hidupku, dan aku sering dimusuhi oleh teman-temanku hanya karena sepatuku yang butut dan seragamku yang kotor dan tak sebagus apa yang dipakai mereka.
Di saat jam sudah menunjukkan waktu pulang aku tak lupa untuk mampir ke musholla sekolahku, di sana aku selalu berdoa supaya aku bisa bersabar dalam menghadapi segala keadaan dan ocehan temanku, dan aku tak lupa untuk mendoakan nenekku yang sedang berbaring di kasurnya karena sakit.
Teks 2
Melihat mangsanya akan kabur Buaya segera mengejar dan akhirnya Bebekpun tertangkap.
Ampun Buaya, tolong jangan mangsa aku, dagingku sedikit, kenapa kamu tidak memang sa kambing saja di dalam hutan,” ucapnya seraya menagis ketakutan
“Baik, sekarang kau antar aku ke tempat persembunyian kambing itu,” perintah buaya dengan menunjukkan taring yang sangat tajam.
Berada tidak jauh dari tempat itu ada lapangan hijau tempat Kambing mencari makan, dan benar saja di sana ada banyak Kambing yang sedang lahap memakan rumput. “Pergi sanah, aku mau memangsa Kambing saja,” Bebek yang merasa senang, kemudian berlari dengan kecepatan penuh.

Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah ....

23. Bacalah kedua teks cerita berikut!
Teks I Teks II
Sejak aku kecil, rumah itu sudah berada di sana. Tepatnya di pertigaan dekat pohon beringin. Kata orang, itu rumah Wak Casno. Namun, sampai sekarang aku belum pernah melihat orangnya.
Kata orang-orang, Wak Casno peronda di balai desa sejak kepala desa yang pertama. Jadi, wajar kalau anak kecil sepertiku jarang melihat Wak Casno. Karena Wak Casno baru akan keluar rumah pukul delapan atau sembilan malam. Tetapi semenjak Wak Casno meronda, tidak ada pencurian atau babi ngepet yang ramai diperbincangkan orang. Suara itu terdengar kembali, namun suaranya sedikit lirih. Bahkan kali ini dibarengi dengan semerbak harum melati. Suara itu semakin jauh terdengar, tetapi harum melati semakin kuat.
“Sssssttttt, coba dengarkan, nama siapa yang dipanggil,” bisik Hartoyo, menatap Anjas dan Sahroni bergantian.
Hening kembali memeluk mereka. Suara itu kini sudah hilang. Begitu pun harum melati mulai menipis dan hilang.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks cerita tersebut adalah …

24. Bacalah teks cerita berikut!
(1) “Betul kata anak Pecikalan ini, Kek?” tanya Sulam kepada Kartareja. Kakek itu tidak segera memberi jawaban. Tanpa melihat kepada Sulam maupun Dower, kemudian Kartareja berkata.
(2) “Dower tidak berbohong. Tetapi duduklah dulu. Kau belum mengatakan maksud kedatanganmu ke rumah ini.”
(3) “Lho. Kau menyelenggarakan pertunjukkan malam ini, bukan?” tanya Sulam masih dengan caranya yang angkuh.
(4) “Betul.”
(5) “Nah, mengapa kau bertanya maksud kedatanganku. Kaukira aku akan datang kemari mencari tahu?” (Ahmad Tohari : Ronggeng Dukuh Paruk)
Bukti watak Sulam pada kutipan teks cerita tersebut terdapat pada nomor …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

25. Bacalah teks berikut!
“Dulu aku juga seperti kalian, senang bermain-main di tegalan sambil menggembala kambing,” kata Srintil. Tangannya sibuk membuat mainan baling-baling dari daun kelapa.
“Kakak juga pintar menangkap capung dengan getah nangka?” tanya seorang anak.
“Ah, itu gampang. Kalau mau dengan getah nangka malah bisa menangkap burung kedasih,” jawab Srintil dengan gaya seorang ibu yang bijak. (Ahmad Tohari : Ronggeng Dukuh Paruk)
Komentar yang sesuai dengan isi teks cerita tersebut adalah …
A. Sifat anak kecil selalu ingin tahu.
B. Mengenang masa kecil yang menyenangkan.
C. Pada umumnya masa kecil semua anak sama.
D. Bermain dengan anak kecil mengingatkan masa kecilnya.

26. Bacalah paragraf berikut!
Dalam budaya patriarki, perempuan dipandang rendah atau dianggap memiliki status sosial yang sangat rendah dibandingkan dengan laki-laki. Laki-laki lebih diutamakan dalam kelompok-kelompok sosial bahkan dalam kehidupan bermasyarakat itu sendiri. Tidak sedikit orang menganggap perempuan sebagai kelompok yang lemah dalam sebuah proses […] sosial.
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. produksi
B. adaptasi
C. interaksi
D. komunikasi

27. Bacalah paragraf berikut!
Sehat adalah keadaan sejahtera seutuhnya baik secara fisik, jiwa, maupun sosial. Remaja merupakan kelompok masyarakat yang hampir selalu […] dalam keadaan sehat. Padahal, banyak remaja yang meninggal sebelum waktunya akibat kecelakaan, percobaan bunuh diri, kekerasan, kehamilan yang mengalami komplikasi, dan penyakit lainnya yang sebenarnya bisa dicegah atau diobati. Banyak juga penyakit serius akibat perilaku yang dimulai sejak masa remaja contohnya merokok, penyakit menular seksual, penyalahgunaan narkotika, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA).
Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. dianggap
B. dirasa
C. dipikir
D. dilihat

28. Bacalah teks berikut!
(1) Di dalam korteks terdapat badan malpigi.
(2) Manusia memiliki dua organ ginjal berbentuk seperti kacang.
(3) Di dalam medulla terdapat piramida ginjal yang tersusun atas saluran-saluran pengumpul urin.
(4) Ginjal terdiri atas tiga bagian, yaitu korteks, medulla, dan pelvis.
(5) Urin yang disaring oleh glomerulus dialirkan melalui saluran tersebut untuk ditampung sementara di bagian pelvis.
(6) Dalam badan malpigi inilah berlangsung proses penyaringan darah yang dilakukan oleh glomerulus.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang baik dengan urutan …
A. (1), (6), (3), (5), (2), (4)
B. (2), (4), (1), (6), (3), (5)
C. (2), (5), (3), (4), (1), (6)
D. (4), (1), (6), (3), (5), (2)

29. Bacalah paragraf berikut!
Namanya tak sepopuler Affandi atau Basoeki Abdullah. Juga tak kemilau seperti Tino Sidin, yang mem punyai sejuta murid di TVRI. (...). Terutama pada babak seni rupa modern Indonesia. “Djon”, begitu ia biasa dipanggil, amat produktif. Dari masa prakemerdekaan hingga kini, lukisannya menghias sejumlah lembaga penting.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Akan tetapi, siapa berani menyangkal peran besar S. Sudjojono dalam sejarah seni rupa.
B. S. Sudjojono yang juga murid Ki Hadjar Dewantara ini sering mengkritik seni rupa saat itu.
C. Seni rupa modern dikembangkan oleh S. Sudjojono dengan menganut aliran realisme.
D. S.Sudjojono tidak pernah belajar seni rupa di bangku sekolah apalagi di bangku kuliah.

30. Bacalah teks berikut!
Setelah melalui langkah-langkah pembuatan dengan merangkai paralon dengan lensa okuler, kini teleskop sederhana ini sudah siap digunakan. Teleskop ini bisa untuk mengamati benda-benda langit yang jaraknya cukup jauh. Benda-benda langit yang bisa diamati antara lain bulan beserta kawah-kawahnya, bintang, ataupun planet-planet terdekat bumi.
Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Ternyata untuk mengamati benda langit yang jaraknya cukup jauh harus selalu menggunakan alat yang canggih dan mahal.
B. Ternyata untuk mengamati benda langit yang jaraknya cukup jauh tidak selalu harus menggunakan alat yang canggih dan mahal.
C. Ternyata untuk mengamati benda langit yang jaraknya tidak jauh selalu harus menggunakan alat yang canggih dan mahal.
D. Ternyata untuk mengamati benda langit yang jaraknya cukup jauh tidak bisa menggunakan alat yang canggih dan mahal.

31. Cermati kalimat berikut!
Ada dua jalan alternatif yang dapat dilalui wisatawan untuk menuju ke Pantai Anyer.
Variasi kata yang dicetak miring pada kalimat tersebut adalah ....
A. tembus
B. pintas
C. pilihan
D. khusus

32. Bacalah paragraf berikut!
Terlalu sering menonton tayangan televisi yang mengandung kekerasan akan memberikan dampak negatif pada anak. Anak yang menonton televisi tanpa kontrol akan menirukan hal-hal kurang baik, seperti perilaku agresif dan tindak kekerasan. Mereka menjadi sulit berbaur dengan teman-teman sebayanya dan sulit mengekspresikan diri.
Variasi kalimat yang dicetak miring pada paragraf tersebut adalah ...
A. Anak yang menonton hal-hal kurang baik seperti perilaku agresif dan tindak kekerasan tanpa kontrol akan meniru televisi.
B. Anak yang menirukan perilaku agresif dan tindak kekerasan akan menonton televisi kurang kontrol dan kurang baik.
C. Hal-hal kurang baik seperti meniru perilaku agresif dan tindak kekerasan tanpa kontrol ditonton anak dari televisi
D. Hal-hal kurang baik seperti perilaku agresif dan tindak kekerasan akan ditirukan anak yang menonton televisi tanpa kontrol.

33. Perhatikan tabel berikut!

Paragraf yang isinya sesuai dengan tabel tersebut adalah ...
A. Pada tahun 2017, jumlah kebutuhan garam nasional sebesar 3.500.000 ton, tetapi produksi garam hanya sebesar 3.100.000 ton sehingga harus diimpor garam sebesar 2.200.000 ton. Untuk tahun 2018, jumlah kebutuhan garam nasional sebesar 3.200.000 ton, tetapi produksi garam hanya 118.056 ton sehingga jumlah garam yang harus diimpor lebih sedikit dari tahun sebelumnya, yaitu sebesar 3.000.000 ton.
B. Berikut ini merupakan gambaran kebutuhan garam nasional pada tahun 2017 dan 2018. Jumlah kebutuhan garam nasional pada tahun 2018 lebih rendah dibandingkan tahun 2017, tetapi produksi garam pada tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun 2017. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan garam nasional pada tahun 2018, harus diimpor garam yang lebih banyak dari tahun 2017, yaitu 3.000.000 ton.
C. Jumlah kebutuhan garam nasional pada tahun 2017 dan 2018 berbeda. Jumlah kebutuhan garam nasional pada tahun 2017 lebih tinggi dibandingkan tahun 2018. Begitu juga dengan garam produksi yang pada tahun 2017 lebih tinggi dibandingkan tahun 2018. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan garam nasional, garam yang harus diimpor pada tahun 2017 lebih banyak dibandingkan tahun 2018.
D. Jumlah kebutuhan garam nasional pada tahun 2017 sebesar 3.500.000 ton, tetapi produksi garam hanya sebesar 3.100.000 ton sehingga harus diimpor garam sebesar 2.200.000 ton. Sementara itu, jumlah kebutuhan garam nasional pada tahun 2018 sebesar 3.200.000 ton, tetapi produksi garam hanya 118.056 ton sehingga jumlah garam yang harus diimpor lebih banyak daripada tahun 2017, yaitu sebesar 3.000.000 ton.

34. Bacalah teks berikut!
Akbar : “Bu, kok pisang goreng buatan Ibu renyah sekali, ya, cara mebuatnya bagaimana?”
Bu Yanuar : “Wah, itu saya pakai resep rahasia.”
Akbar : “Boleh dong, bu, saya tahu proses membuatnya?”
Bu Yanuar : “Boleh, sini saya beri tahu. Pertama kamu buat adonan dulu untuk menggoreng pisang nanti. Caranya masukkan tepung, air, gula, dan garam secukupnya ke dalam wadah kemudia aduk hingga merata.”
Akbar : “Terus gimana lagi, Bu, langsung digoreng?”
Bu Yanuar : “Bukan, langkah berikutnya, potong pisang terlebih dahulu menjadi dua atau tiga bagian lalu masukkan ke dalam adonan. Setelah dimasukkan ke adolan, kita panaskan minyak goreng di dalam wajan. Masukkan pisang ke dalam wajan.”
Akabar : “Wah, sudah, aromanya sedap, Bu. Sudah matang kah ini?”
Bu Yanuar : “Belum, tunggu hingga teksturnya terlihat lebih keras kemudian balik menggunakan spatula. Goreng pisang hingga warnanya berubah menjadi coklat keemasan. Setelah itu, angkat pisang goreng, tiriskan sebentar dan pisang siap disajikan.
Akbar : “Wah, mudah ya, Bu. Nanti saya ingin membuatnya di rumah.”
Ubahlah teks dialog tersebut menjadi sebuah prosedur ….
A. Cara Membuat Pisang Goreng
1. Masukkan tepung, air, gula, dan garam secukupnya ke dalam wadah kemudian aduk hingga merata!
2. Potong pisang menjadi dua atau tida bagian dan masukkan ke dalam adonan!
3. Panaskan minyak goreng ke dalam wajan!
4. Masukkan pisang ke dalam wajan!
5. Tunggu hingga teksturnya terlihat lebih keras kemudian balik dengan spatula!
6. Goreng pisang hingga warnanya berubah menjadi coklat keemasan!
7. Sajikan pisang goreng ke piring dan diberi hiasan!
B. Cara Membuat Pisang Goreng
1. Masukkan tepung, air, gula, dan garam secukupnya ke dalam wadah kemudian aduk hingga merata!
2. Potong pisang menjadi dua atau tida bagian dan masukkan ke dalam adonan!
3. Panaskan minyak goreng ke dalam wajan!
4. Masukkan pisang ke dalam wajan!
5. Tunggu hingga teksturnya terlihat lebih keras kemudian balik dengan spatula!
6. Goreng pisang hingga warnanya berubah menjadi coklat keemasan!
7. Angkat dan tiriskan sebentar, pisang goreng siap disajikan!
C. Cara Membuat Pisang Goreng
1. Potong pisang menjadi dua atau tida bagian dan masukkan ke dalam adonan!
2. Masukkan tepung, air, gula, dan garam secukupnya ke dalam wadah kemudian aduk hingga merata!
3. Panaskan minyak goreng ke dalam wajan!
4. Masukkan pisang ke dalam wajan!
5. Tunggu hingga teksturnya terlihat lebih keras kemudian balik dengan spatula!
6. Goreng pisang hingga warnanya berubah menjadi coklat keemasan!
7. Angkat dan tiriskan sebentar, pisang goreng siap disajikan!
D. Cara Membuat Pisang Goreng
1. Masukkan tepung, air, gula, dan garam secukupnya ke dalam wadah kemudian aduk hingga merata!
2. Potong pisang menjadi dua atau tida bagian dan masukkan ke dalam adonan!
3. Panaskan minyak goreng ke dalam wajan!
4. Masukkan pisang ke dalam wajan!
5. Goreng pisang hingga warnanya berubah menjadi coklat keemasan!
6. Tunggu hingga teksturnya terlihat lebih keras kemudian balik dengan spatula!
7. Angkat dan tiriskan sebentar, pisang goreng siap disajikan!

35. Bacalah teks berikut!
Tujuan Devi ingin menjadi artis bukan sekedar mencari popularitas. Dia nekat pergi ke ibukota untuk mencoba peruntungan menjadi artis terkenal dengan mencoba ikut audisi sebuah acara televisi. Devi sangat optimis dengan kreatifitas yang dimilikinya, ia akan berhasil menjadi seorang artis terkenal.
Kata yang tidak sesuai kaidah dalam teks tersebut adalah ….
A. artis, popularitas, audisi
B. audisi, ibukota, optimis
C. sekedar, ibukota, kreatifitas
D. sekedar, televisi, kreatifitas

36. Bacalah teks berikut!
(1) Prasetya membawakan cendera mata untuk Husna berupa liontin.
(2) Para pendemo dipaksa mundur ke belakang oleh aparat.
(3) Jihan mengalami cedera saat melakukan latihan.
(4) Fifi kepasar membeli apel dan semangka.
Kalimat yang tidak sesuai kaidah ditunjukkan pada nomor….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)

37. Bacalah teks berikut!
Warga berhasil […] batang pohon yang roboh di tengah jalan.
Kata bentukkan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. berpotongan
B. dipotong
C. memotong
D. memotongkan

38. Bacalah kalimat berikut!
Dia orang yang sangat kaya […] pekerjaannya hanya sebagai penjual pisau dapur.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam kalimat tersebut adalah….
A. tetapi
B. bahkan
C. asalkan
D. walaupun

39. Cermati paragraf berikut dengan saksama!
Peringatan Hari Wayang Internasional di Sragen berlangsung sangat meriah. Setidaknya dua puluh empat dalang kondang ikut memanfaatkan peringatan tersebut. Secara bergantian, mereka memainkan wayang dengan gaya masing-masing. Pentas yang sampaikan di Alun-Alun Sasono Langen Putro Sragen tersebut berlangsung selama 24 jam nonstop .
Kata yang tepat untuk mengganti kata bercetak miring pada kalimat kedua dan keempat pada paragraf tersebut adalah ...
A. memerankan, dilaksanakan
B. memeriahkan, digelar
C. melaksanakan, dipusatkan
D. mengisi, disediakan

40. Cermati paragraf berikut dengan saksama!
(1) Durian adalah buah asli Asia Tenggara, yang dibudidayakan dan tumbuh liar di hutan-hutan di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. (2) Buah tersebut merupakan salah satu buah terbesar, yang beratnya bisa mencapai 1-4 kg dengan diameter 15-30 cm. (3) Meskipun harga buah ini cukup mahal, namun banyak orang yang menyukainya. (4) Pohon durian berbuah setelah berusia 4-5 tahun dan dapat tumbuh hingga ketinggian 50 meter.
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat nomor (3) agar paragraf tersebut menjadi padu adalah ...
A. Buah yang memiliki rasa lezat ini hanya bisa tumbuh subur di daerah yang dingin.
B. Durian memiliki kandungan nutrisi yang lengkap sehingga sangat baik untuk kesehatan.
C. Daging buahnya berwarna kuning emas dan ukuran bijinya bervariasi, tergantung spesiesnya.
D. Kita harus hati-hati apabila mengupas durian karena duri-durinya sangat tajam.

41. Cermati kalimat berikut!
Banyak buku-buku di perpustakaan sekolah yang belum dibaca siswa.
Penggunaan kata banyak pada kalimat tersebut tidak tepat karena ...
A. kata buku-buku sudah memiliki makna banyak
B. kata ulang tidak boleh didahului dengan kata bilangan tidak tentu.
C. kata banyak tidak bisa diikuti oleh kata ulang
D. kata bilangan tidak tentu tidak boleh diletakkan di awal kalimat.

42. Cermati paragraf berikut dengan saksama!
(1) Buah alpokat sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk program diet menurunkan berat badan karena mengandung nutrisi penting seperti protein, karbohiodrat, vitamin C, vitamin A, dan lemak. (2) Nutrisi-nutrisi tersebut sangat dibutuhkan sekali selama menjalani diet. (3) Mengonsumsi buah alpokat juga dapat membuat kita tidak lapar dalam waktun lama karena kaya akan serat dan lemak baik. (4) Bahkan buah ini cocok digunakan sebagai pengganti nasi karena kandungan glukosanya sangat rendah.
Kalimat nomor (2) pada paragraf tersebut tidak efektif karena ....
A. terdapat konjungsi yang tidak tepat
B. terdapat pemborosan kata
C. tidak mempunyai subjek
D. menggunakan kata ulang

43. Cermati kalimat berikut dengan saksama!
Peletakan batu pertama pembangunan jembatan yang menghubungkan desa Tenggarjaya dengan desa Tenggarwangi di kecamatan Jatilawang dilakukan oleh bupati Banyumas.
Kesalahan penggunaan huruf kapita terdapat pada kata ...
A. Tenggarjaya, Tenggarwangi, Jatilawang
B. desa, Jatilawang, bupati
C. desa, kecamatan, bupati
D. jembatan, jatilawang, Banyumas

44. Cermati kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
(1) Perpindahan ibu kota negara diharapkan menjadi kesempatan bagi pemerintah untuk mendesain sistim transportasi yang lebih modern.
(2) Dengan transportasi modern yang digagas tersebut diharapkan tidak ada lagi problim kemacetan di ibu kota yang baru.
(3) Pembiayaan menjadi masalah utama dalam pembangunan transportasi modern di ibu kota baru.
(4) Permasalahan tersebut telah dibahas dalam seminar nasional yang diselenggarakan di auditorium Universitas Sebelas Maret.
Kesalahan penulisan ejaan terdapat pada kalimat ....
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (1) dan (3)
D. (1) dan (4)

45. Bacalah kalimat berrikut dengan cermat!
(1) Setiap siswa wajib mengikuti kegiatan akademik maupun non-Akademik di sekolah.
(2) Ruang kelasku berada di dekat lapangan basket, sebelah utara ruang UKS.
(3) Lomba antarkelas meliputi: memasak, olah raga, menyanyi, dan keindahan kelas.
(4) Ayah bertanya, ”Mengapa kalian tidak berangkat malam ini saja?”
Penggunaan tanda baca yang salah terdapat pada kalimat nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)

46. Cermatilah kalimat berikut!
Di kota ini saya menemui seorang teman yang bekerja di […] kemudian mengajaknya makan […] rebus di warung makan.
Kata yang ejaannya tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah ….
A. apotik, mie
B. apotek, mie
C. apotek, mi
D. apotik, mi

47. Perhatikan kalimat berikut dengan cermat!
Setelah menyelesaikan pertandingann ini [...] Kalian harus segera kembali ke asrama [ …]
Tanda baca yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah ….
A. [ : ] dan [ ? ]
B. [ ; ] dan [ . ]
C. [ , ] dan [ ! ]
D. [ , ] dan [ ? ]

48. Bacalah kalimat berikut dengan cermat!
Pulau Bali menawarkan Pesona wisata yang sangat luar biasa karena di sana terdapat objek wisata Alam, Budaya, dan bahari yang sangat indah.
Perbaikan kesalahan penggunaan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah ….
A. Pesona harusnya pesona, Alam harusnya alam, dan bahari harusnya Bahari.
B. Alam harusnya alam, Budaya harusnya budaya, dan bahari harusnya Bahari.
C. Wisata alam harusnya Wisata alam, Budaya harusnya budaya, dan bahari harusnya Bahari.
D. Pesona harusnya pesona, Alam harusnya alam, dan Budaya harusnya budaya.

49. Bacalah kalimat berikut dengan cermat!
Membaca puisi - sebagai salah satu kegiatan literasi - dapat meningkatkan kepekaan rasa kita terhadap sesama; terlebih terhadap lingkungan.
Perbaikan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah ….
A. Membaca puisi, sebagai salah satu kegiatan literasi, dapat meningkatkan kepekaan rasa kita terhadap sesama: terlebih terhadap lingkungan.
B. Membaca puisi - sebagai salah satu kegiatan literasi, dapat meningkatkan kepekaan rasa kita terhadap sesama; terlebih terhadap lingkungan.
C. Membaca puisi, sebagai salah satu kegiatan literasi, dapat meningkatkan kepekaan rasa kita terhadap sesama, terlebih terhadap lingkungan.
D. Membaca puisi sebagai salah satu kegiatan literasi dapat meningkatkan kepekaan rasa kita terhadap sesama; terlebih terhadap lingkungan.

50. Perhatikan kalimat berikut dengan cermat!
Kita membutuhkan material “pasir, semen, dan batu bata” untuk memperbaiki lantai lapangan basket yang amblas.
Alasan kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ….
A. Tanda baca kutip dipakai pada bagian yang berupa kutipan langsung, bukan pada bagian kalimat yang berupa rincian.
B. Tanda kutip dipakai pada bagian kalimat yang berisi rincian, bukan pada bagian kalimat yang menyatakan kutipan langsung.
C. Tanda kutip dipakai pada bagian kalimat langsung, bukan pada bagian kalimat yang menyatakan penjelasan.
D. Tanda kutip dipakai pada bagian kalimat yang berisi penjelasan, bukan pada bagian kalimat yang menyatakan kutipan.

KUNCI JAWABAN:

Terima kasih sudah membaca Soal Latihan Simulasi/ Gladi Bersih UNBK 2020
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Soal Latihan Simulasi/ Gladi Bersih UNBK 2020"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.