Loading...

5W1H Anjloknya KRL Jurusan Jatinegara-Bogor di Kawasan Stasiun Cilebut

DMCA.com Protection Status
Loading...
Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.
Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Perlu diingat, bahwa setiap bagian kalimat atau paragraf bisa saja mengandung lebih dari satu unsur berita. Namun yang dimaksud di sini adalah dalam satu bagian berita (kalimat ataupun paragraf), unsur berita yang dimaksud adalah yang termaktub dalam inti kalimat atau inti paragraf.
Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa, Di mana, dan Kapan
Kereta Rel Listrik (KRL) jurusan Jatinegara-Bogor terguling di kawasan Stasiun Cilebut, Bogor, sekitar pukul 10.15 WIB pagi, Minggu (10/03).

Siapa dan Bagaimana
Paling sedikit enam orang terluka, termasuk masinis, tetapi belum dilaporkan adanya korban meninggal, akibat anjloknya KRL di kawan Stasiun Cilebut, Bogor, tetapi dipastikan akan menganggu jadwal perjalanan kereta api, kata Wali Kota Bogor, Bima Arya.
"Semua penumpang sudah dievakuasi, gerbong sudah kosong, sejauh ini tidak ada korban jiwa," kata Bima Arya dalam wawancara dengan Kompas TV, Minggu sekitar pukul 11.35 WIB.
Dalam wawancara itu, Bima Arya mengatakan setidaknya ada lima gerbong yang "keluar dari rel". Namun sejumlah laporan menyebutkan ada tiga gerbong yang keluar dari rel.
"Kami sekarang mempercepat evakuasi, dengan segera mendatangkan alat berat," kata Bima Arya.

Sejumlah pemberitaan menyebutkan sejumlah penumpang KRL berusaha menyelamatkan diri dengan keluar dari gerbong dan "terlihat panik".
Beberapa foto yang disebarkan saksi mata di media sosial memperlihatkan sebagian gerbong miring ke samping keluar dari relnya dan lokomotifnya menabrak tiang listrik. Terlihat pula sebuah gerbong yang tertimpa tiang listrik.

Mengapa
Keterangan resmi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyatakan belum diketahui penyebab anjloknya kereta.
"Penyebab kejadian tersebut belum dapat disampaikan karena masih proses evakuasi dan akan dilakukan investigasi lebih lanjut," kata Eva Chairunisa, juru bicara PT KCI dalam keterangan tertulisnya yang diterima BBC News Indonesia, Minggu.
Dalam keterangan tertulisnya, pihaknya meminta maaf atas gangguan perjalanan di lintas Bogor - Jakarta Kota/Jatinegara karena anjloknya kereta.
"Hingga kini perjalanan KRL lintas Bogor Jakarta Kota/Jatinegara dan sebaliknya belum dapat dilayani," katanya.
Pihak pengelola KRL menyatakan masih melakukan "evakuasi penumpang" di lokasi kejadian, katanya.
"Petugas dari PT KAI Daop 1 dan PT KCI telah berada di lokasi untuk melakukan evakuasi penumpang dan KRL," ungkap Eva.

Sumber berita: bbc.com
Terima kasih sudah membaca 5W1H Anjloknya KRL Jurusan Jatinegara-Bogor di Kawasan Stasiun Cilebut
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "5W1H Anjloknya KRL Jurusan Jatinegara-Bogor di Kawasan Stasiun Cilebut"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.