Loading...

Contoh Teks Eksplanasi tentang Arti Ucapan Gong Xi Fat Chai

DMCA.com Protection Status
Loading...
Contoh Teks Eksplanasi tentang Arti Ucapan Gong Xi Fat Chai-- Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terbentuk/terjadinya suatu fenomena baik alam maupun sosial.
Ciri-ciri Teks Eksplanasi:
1. Strukturnya terdiri atas: pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi.
Pernyataan umum merupakan gambaran awal tentang apa yang disampaikan dengan pernyataan yang bersifat umum. Deretan penjelasan (eksplanasi) merupakan inti penjelasan apa yang disampaikan. Sementara itu, interpretasi yang berisi pandangan atau simpulan penulis bersifat opsional, boleh ada atau boleh juga tidak ada.
2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)
3. Faktualnya memuat informasi yang bersifat keilmuan (misal: sains).

Berikut contoh teks eksplanasi.
Gong Xi Fat Chai adalah istilah yang akrab di telinga jelang perayaan hari raya Imlek. Begitu pula pada tahun baru imlek 2019, ucapan Gong Xi Fat Chai kembali ramai diucapkan jelang Imlek. Bahkan jelang perayaan Imlek ini, pencarian kata Gong Xi Fat Chai di mesin pencarian Google meningkat drastis. Netizen khususnya ramai-ramai mengucapkan selamat atas perayaan Tahun Baru Imlek 2019 atau Tahun Babi Tanah. Dalam setiap pengucapan selamat atas perayaan Tahun Baru Imlek, selalu diimbuhi "gong xi fat chai", baik secara lisan maupun tulisan. Sejalan dengan itu, mungkin banyak yang mengira bahwa gong xi fa cai terjemahannya selamat tahun baru.
Ternyata salah besar.

Dikutip dari Gongxifatchoi.com, gong xi fat chai atau kiong hi fat chai, jika diterjemahkan kira-kira adalah selamat dan semoga kaya. Gongxi (baca: kungsi) berarti selamat, fa berarti berkembang, dan cai berarti kekayaan. Facai berarti berkembang dan menjadi kaya.
Dikutip dari Intisarionline.com, penggunaan kata ini berawal dari beberapa abad yang lalu. Barongsai, tarian tradisional China, menjadi salah satu media perekat persahabatan antara etnis Tionghoa dan Muslim di Kota Banda Aceh. Dari 25 penari barongsai, delapan di antaranya adalah pelajar Muslim warga Banda Aceh yang selalu ikut dalam penampilan barongsai setiap perayaan Imlek di kawasan Pasar Penayong, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Jumat.
Barongsai, tarian tradisional China, menjadi salah satu media perekat persahabatan antara etnis Tionghoa dan Muslim di Kota Banda Aceh. Dari 25 penari barongsai, delapan di antaranya adalah pelajar Muslim warga Banda Aceh yang selalu ikut dalam penampilan barongsai setiap perayaan Imlek di kawasan Pasar Penayong, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Jumat. (kompas.com)
Penggunaan dua kata pertama yaitu "Gong Xi" memiliki sejarah penggunaan yang cukup panjang, tetapi jika berdasarkan legenda maka ucapan ini digunakan untuk memberi selamat ketika penduduk China dapat mengatasi binatang buas Nian yang kerap memangsa mereka .

Namun di luar legenda, pada kenyataannya ini lebih kepada ucapan pemberian selamat diantara para penduduk China untuk merayakan berlalunya cuaca musim dingin yang luar biasa kerasnya.
Masih ingat cerita-cerita bencana kelaparan dan kematian anak-anak yang kerap terjadi sehingga penduduk China rata-rata memiliki banyak anak di masa lalu ?
Mungkin ini juga adalah latar belakang ucapan selamat dilaluinya masa-masa sulit tersebut.

Pada perkembangan selanjutnya, seiring membaiknya harapan kesejahteraan yang mengangkat kondisi yang serba keras, semangat kapitalisme dan konsumerisme yang melanda seluruh komunitas China seluruh dunia menjadikan ditambahkannya kata "Fa Chai" (sejahtera/makmur) pada pengucapan tersebut. Ucapan inilah yang sekarang lebih banyak terdengar pada komunitas masyarakat keturunan China di seluruh dunia ketika merayakan tahun baru Imlek.

Selain gong xi/kiong hi, beberapa ucapan lain yang sering digunakan, antara lain:
1. suì suì píng an (岁岁平安), yang terjemahannya kestabilan dan kedamaian tahun ke tahun,
2. nián nián you yú ( 年年有餘 ), yang terjemahannya tiap tahun diberkati kelimpahan panen.

Ucapan gong xi fa chai digunakan juga oleh anak-anak ketika menerima ang pau, menukar kado, atau ketika mengunjungi biara-biara. Dan ada candaan dari frase yang sering digunakan oleh anak-anak dan remaja dengan penambahan "gong xi fa cái, hóng bao ná lái" yang terjemahannya "selamat sejahtera, ang pau ke sini dong !" ketika berkunjung terutama kepada para kerabat dekat yang lebih senior.

Nah bagi kamu yang ingin mengucapkan selamat, ada banyak kalimat yang bisa dipakai kepada relasi anda dalam bahasa Mandarin dan Indonesia.
Berikut kumpulan ucapan selamat hari raya Imlek 2019 yang Banjarmasinpost.co.id kutip dari berbagai sumber :
1. Xin Nian Kuai Le [新年快乐] - Happy New Year! - Selamat Tahun Baru!
2. Gong He Xin Xi [恭贺新禧] - Happy New Year! - Selamat Tahun Baru!
3. Gong Xi Fa Cai [恭喜发财] - May you have a prosperous New Year! - Semoga Anda makmur di Tahun Baru ini!
4. Wan Shi Ru Yi [万事如意] - May all your wishes comes true! - Semoga segala harapanmu tercapai!
5. Xin Xiang Shi Cheng [心想事成] - May all your wishes comes true! - Semoga segala harapanmu tercapai!
6. Shen Yi Xing Long [生意兴隆] - May you have prosperous business! - Semoga bisnismu makin maju dan berkembang!
7. Ta Ji Ta Li [大吉大利] - Wish you have a great luck dan great profit! - Semoga Anda mendapatkan keberuntungan dan keuntungan yang besar!
8. Cai Yuan Guang Jin [财源广进] - Wish you have abundance of wealth! - Semoga Anda memiliki harta yang berlimpah ruah!
9. Nian Nian You Yu [年年有余] - May you have abudance year after year! - Semoga Anda mendapatkan rezeki yang berlimpah ruah tahun demi tahun!
10. Yi Fan Feng Shun [一帆风顺] - Wish you everything is running smoothly! - Semoga segala hal dalam hidup Anda berjalan mulus!

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Ucapan Gong Xi Fat Chai Artinya Bukan Selamat Tahun Baru Imlek, Ini Kata-kata Mutiara Imlek 2019, http://banjarmasin.tribunnews.com/2019/02/04/ucapan-gong-xi-fat-chai-artinya-bukan-selamat-tahun-baru-imlek-ini-kata-kata-mutiara-imlek-2019?page=all.
Penulis: Amirul Yusuf
Editor: Restudia

Sumber teks: banjarmasin.tribunnews.com

Tags: #contoh teks eksplanasi
Terima kasih sudah membaca Contoh Teks Eksplanasi tentang Arti Ucapan Gong Xi Fat Chai
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Contoh Teks Eksplanasi tentang Arti Ucapan Gong Xi Fat Chai"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.