Program Contoh Teks Ulasan Film "Dilan 1991" (2019)

5W1H Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-22 2019

DMCA.com Protection Status
Loading...
Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.
Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Perlu diingat, bahwa setiap bagian kalimat atau paragraf bisa saja mengandung lebih dari satu unsur berita. Namun yang dimaksud di sini adalah dalam satu bagian berita (kalimat ataupun paragraf), unsur berita yang dimaksud adalah yang termaktub dalam inti kalimat atau inti paragraf.
Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:

Apa
Indonesia berhasil meraih juara di Piala AFF U-22 2019.

Di mana
Bertanding di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa petang (26/2/2019).

Kapan dan Siapa
Gol untuk Thailand dicetak di menit ke-57 oleh Saringkan Promsupa yang menanduk tendangan bebas rekannya dan mengarahkan bola ke pojok kiri bawah gawang Idonesia. Di menit ke-58, sepakan Sani Rizki dari luar kotak penalti membentur bek lawan, dan mengecoh Nareechan. Bola masuk ke gawang Thailand. Skor menjadi 1-1.
Indonesia berbalik unggul di menit ke-63. Osvaldo Haay membuat Indonesia unggul 2-1. Keunggulan itu bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Mengapa
Hasil timnas U-22 ini seakan menjadi pelipur lara di tengah buramnya dunia sepakbola Indonesia yang saat ini berada di titik nadir terkait dengan kasus pengaturan skor di liga Indonesia hingga menyeret PLt Ketua Umum PSSI Djoko Driyono.

Bagaimana
Perjalanan timnas U22 di bawah pelatih Indra Syafri ini tidak mudah. Di fase grup, mereka hanya dua kali imbang 1-1 dengan Myanmar dan 2-2 dengan Malaysia, serta hanya sekali menang 2-0 melawan Kamboja. Di semifinal cukup susah payah mengalahkan Vietnam 1-0 hingga mampu mencapai final.
Di partai final ini pula, skuat Garuda Muda harus bermain 10 orang setelah Bagas Adi mendapat kartu merah di menit ke-88.
Di ajang ini pula Marinus Wanewar 'menebus dosa' dengan menyandang predikat top scorer dengan 3 gol. Sementara itu, di perebutan tempat ketiga, Vietnam berhasil mengalahkan Kamboja.

Ini merupakan raihan pertama Indonesia di Piala AFF U-22. Gelar ini melengkapi trofi yang lebih dulu diraih timnas U-19 pada tahun 2013 dan U-16 pada 2018 lalu.
Indra Sjafri menjadi sosok yang berjasa mengantarkan Indonesia ke dua titel di antaranya, yakni di level U-19 dan U-22 ini.
Timnas Indonesia U-19 yang menjadi juara di ajang Piala AFF U-19 lewat generasi Evan Dimas, Muhammad Ilham Udin, dan Hansamu Yama Pranata. Pelatihnya saat itu Indra Sjafri, yang kini melatih Timnas U-22.
Timnas Indonesia U-16 yang mempersembahkannya di bawah arahan pelatih Fakhri Husaini dengan skuat mudanya seperti duet si kembar Amirudin Bagus Kahfi-Amirudin Bagas Kaffa dan Rendy Juliansyah.

Berikut Susunan Pemain Indonesia vs Thailand di Final Piala AFF U-22 2019:

Indonesia: Awan Setho, Firza Andika, Bagas Adi Nugroho (c), Nurhidayat, Asnawi Mangkualam, Gian Zola, Muhammad Luthfi, Sani Rizki, Witan Sulaeman, Osvaldo Haay, Marinus Wanewar.
Loading...

Terima kasih sudah membaca 5W1H Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-22 2019
Bagikan:
Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "5W1H Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-22 2019"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

Loading...