Program Contoh Teks Ulasan Film "Dilan 1991" (2019)

Contoh Soal UN: Menulis Terbatas

DMCA.com Protection Status
Loading...
BNSP (Badan Nasional Standar Pendidikan) telah menerbitkan Kisi-kisi Ujian Nasional untuk SMP/MTs Mapel B.Indonesia. Berdasarkan lingkup materi, soal Ujian Nasional meliputi:
-Membaca nonsastra
-Membaca sastra
-Menulis terbatas
-Menyunting kata, kalimat, paragraf, dan
-Menyunting ejaan dan tanda baca.

Khusus Menulis Terbatas, kita pisahkan menjadi Menulis Terbatas Nonsastra dan Menulis Terbatas Sastra.
Berikut Contoh Soal UN dengan lingkup materi Menulis Terbatas Nonsastra.

1. Perhatikan kalimat berikut!
Salah satu upaya penanggulangan banjir ialah dengan membuat saluran air [ ... ] got ke sungai.
Kata depan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ,...
A. di
B. ke
C. dari
D. pada
Baca selanjutnya di Contoh Soal UN: Menulis Terbatas Nonsastra
Berikut Contoh Soal UN dengan lingkup materi Menulis Terbatas Sastra.

2. Bacalah kutipan cerita berikut!
Bagi Dasuki, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dirasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika Dasuki menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya.

Pengubahan kutipan cerita tersebut menjadi sudut pandang orang pertama yang tepat
adalah .,.
A. Bagi kami, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kami rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika kami menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur dengan penghasilannya.
B. Bagi dia, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dia rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika dia menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya.
C. Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kurasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, aku bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anakku semata wayang. Dulu, ketika aku menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang aku sangat bersyukur dengan penghasilanku.
D. Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kami rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangku. Dulu, ketika kami menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur dengan penghasilan kami.
Baca selanjutnya di Contoh Soal UN: Menulis Terbatas Sastra

Loading...

Terima kasih sudah membaca Contoh Soal UN: Menulis Terbatas
Bagikan:
Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.
Loading...