Program Contoh Teks Ulasan Film "Dilan 1991" (2019)

5W1H Berita Indonesia Juara Piala AFF U-16 Tahun 2018

DMCA.com Protection Status
Loading...
Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.
Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Perlu diingat, bahwa setiap bagian kalimat atau paragraf bisa saja mengandung lebih dari satu unsur berita. Namun yang dimaksud di sini adalah dalam satu bagian berita (kalimat ataupun paragraf), unsur berita yang dimaksud adalah yang termaktub dalam inti kalimat atau inti paragraf.
Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:

Apa
Tim nasional Indonesia tampil sebagai juara Piala AFF U-16 2018 usai mengalahkan Thailand. Sempat unggul 1-0 di babak pertama, Indonesia dipaksa imbang 1-1 di babak kedua oleh Thailand.

Di mana dan Kapan
Pertandingan babak final yang digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018) malam WIB itu dilanjutkan dengan adu penalti dan Indonesia unggul dengan skor 4-3.

Mengapa
Raihan juara itu menyempurnakan rekor Indonesia karena 'Garuda Asia' tak terkalahkan di sepanjang turnamen. Ini menjadi penegasan dari performa oke yang ditampilkan tim arahan Fakhri Husaini itu sejak awal. Ini jadi gelar juara perdana Indonesia di ajang Piala AFF U-16. Pencapaian terbaik sebelumnya adalah runner-up pada 2013.

Siapa dan Bagaimana
Indonesia tampil dominan sejak kick-off. Tapi beberapa peluang terbuang percuma. Salah satunya saat Supriadi mencoba untuk membuka keunggulan, namun upayanya digagalkan kiper Thailand, Anuchid Taweesri.
Kebuntuan Indonesia untuk mencetak gol cepat direspons sang pelatih, Fakhri Husaini, dengan menarik keluar Amanar Abdillah pada menit ke-17. Dia digantikan Fajar Fathur Rachman. Pergantian itu membuahkan hasil. Tampil dari bangku cadangan, Fajar, berhasil menjebol gawang Thailand setelah memanfaatkan umpan dari Andre Oktaviansyah. Indonesia pun unggul 1-0. Tak ada gol lagi di babak pertama. Indonesia unggul 1-0 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia tak mengubah permainan. Laga bergulir lebih berimbang. Tapi kemudian, Indonesia bisa membuat sejumlah peluang berbahaya. Gempuran pemain-pemain Indonesia sempat membahayakan Thailand, namun tak berbuah gol. Tembakan Supriadi di menit ke-68 masih terlalu lemah dan bisa dinetralkan oleh kiper Thailand. Di menit ke-73, Indonesia malah kebobolan. Pemain cadangan Apidet Janngam berhasil membobol gawang yag yang dijaga Ernando Ari. Apidet tak mendapatkan kawalan dan dengan mudah menembakkan gol. Beberapa upaya Indonesia untuk mencetak gol buntu. Kedudukan imbang 1-1 hingga wasit meniup peluit panjang.

Dalam persaingan adu penalti, Thailand mendapatkan kesempatan lebih dulu. Ernando Ari tak berhasil mengantisipasi sepakan Thanarin Thumsen. Indonesia mengimbanginya lewat Sutan Zico. Ernando Ari berhasil menggaglkan orang kedua Thailand, Apidet Janngam. Indonesia menjadi unggul dengan keberhasilan Bagus Kahfi. Anaucha Sodri kemudian berhasil dan kedudukan 2-2. Orang ketiga Indonesia Rendy Juliansah juga berhasil mengeksekusi penalti sehingga unggul 3-2. Kittiphong Khetpara membuat kedudukan sama 3-3. David Maulana membuat Indonesia kembali unggul 4-3. Indonesia memastikan gelar juara saat Ernando Ari berhasil menggagalkan tendangan Pongsakorn Innet.

Di babak grup, Indonesia yang tergabung di Grup A menyapu bersih lima pertandingan.
Berikut perjalanan Indonesia di Piala AFF U-16 2018:

Fase grup
Indonesia 8-0 Filipina
Myanmar 1-2 Indonesia
Vietnam 2-4 Indonesia
Indonesia 3-0 Timor Leste
Kamboja 0-4 Indonesia

Semifinal
Indonesia 1-0 Malaysia

Final
Thailand 1-1 Indonesia (adu penalti 3-4)

Sumber dan gambar: sport.detik.com
Loading...

Terima kasih sudah membaca 5W1H Berita Indonesia Juara Piala AFF U-16 Tahun 2018
Bagikan:
Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.
Loading...