Program Contoh Teks Ulasan Film "Dilan 1991" (2019)

Contoh Teks Eksplanasi tentang Gempa Bumi

DMCA.com Protection Status
Loading...
Contoh Teks Eksplanasi tentang Gempa Bumi-- Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terbentuk/terjadinya suatu fenomena baik alam maupun sosial.
Ciri-ciri Teks Eksplanasi:
1. Strukturnya terdiri atas: pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi.
Pernyataan umum merupakan gambaran awal tentang apa yang disampaikan dengan pernyataan yang bersifat umum. Deretan penjelasan (eksplanasi) merupakan inti penjelasan apa yang disampaikan. Sementara itu, interpretasi yang berisi pandangan atau simpulan penulis bersifat opsional, boleh ada atau boleh juga tidak ada.
2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)
3. Faktualnya memuat informasi yang bersifat keilmuan (misal: sains).

Berikut contoh teks eksplanasi tentang gempa bumi (tanpa struktur interpretasi).
Tribunnews.com merilis berita telah terjadi gempa dengan kekuatan 6.4 SR sekitar pukul 06.47 Wita, Minggu (29/7/2018). Berdasarkan rilis BBMKG Wilayah III Denpasar, Lokasi gempa yaitu lintang 8.26 LS, bujur 116.55 BT dengan kedalaman 10 km. Lokasi tepatnya yaitu wilayah Sumbawa atau 28 km barat laut Lombok Timur - NTB. Guncangan gempa bahkan terasa hingga wilayah Denpasar dan sekitarnya. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.
Apakah sesungguhnya gempa itu? Dikutip dari wikipedia, gempa bumi adalah getaran atau getar getar yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi). Frekuensi suatu wilayah, mengacu pada jenis dan ukuran gempa Bumi yang di alami selama periode waktu. Gempa Bumi diukur dengan menggunakan alat Seismometer. Moment magnitudo adalah skala yang paling umum di mana gempa Bumi terjadi untuk seluruh dunia. Skala Rickter adalah skala yang di laporkan oleh observatorium seismologi nasional yang di ukur pada skala besarnya lokal 5 magnitude. kedua skala yang sama selama rentang angka mereka valid. gempa 3 magnitude atau lebih sebagian besar hampir tidak terlihat dan besar nya 7 lebih berpotensi menyebabkan kerusakan serius di daerah yang luas, tergantung pada kedalaman gempa.

Gempa bumi ada dua macam: gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa bumi vulkanik adalah gempa bumi yang terjadi akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Apabila keaktifannya semakin tinggi maka akan menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya gempabumi. Gempa bumi tersebut hanya terasa di sekitar gunung api tersebut.
Gempa bumi tektonik adalah gempa bumi yang disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Gempabumi ini banyak menimbulkan kerusakan atau bencana alam di bumi, getaran gempa bumi yang kuat mampu menjalar keseluruh bagian bumi. Gempa bumi tektonik disebabkan oleh perlepasan [tenaga] yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik seperti layaknya gelang karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba. Tenaga yang dihasilkan oleh tekanan antara batuan dikenal sebagai kecacatan tektonik. Teori dari tectonic plate (lempeng tektonik) menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan, sebagian besar area dari lapisan kerak itu akan hanyut dan mengapung di lapisan seperti salju. Lapisan tersebut begerak perlahan sehingga berpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lainnya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gempa tektonik.

BMKG merilis kiat menghadapi gempa sebagaimana dikutip tribunnews. Begini kiatnya:
- Jika Anda berada di dalam bangunan, keluar dari bangunan tersebut dengan tertib. Jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa.
- Periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K.
- Telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda.
- Periksa apabila terjadi kebakaran.
- Periksa apabila terjadi kebocoran gas.
- Periksa apabila terjadi arus pendek.
- Periksa aliran dan pipa air.
- Periksa segala hal yang dapat membahayakan (mematikan listrik, tidak menyalakan api dll).
- Jangan masuk ke dalam bangunan yang sudah rusak terkena gempa, karena kemungkinan sewaktu-waktu dapat runtuh akibat gempa susulan.
- Jangan mendekati bangunan yang sudah rusak terkena gempa, karena kemungkinan sewaktu-waktu dapat runtuh akibat gempa susulan.
- Menyimak informasi mengenai gempa susulan dari media cetak maupun media elektronik.

Sumber teks: wikipedia, tribunnews.com
Baca contoh lainnya: Contoh Teks Eksplanasi tentang Angin Topan
Tags: #contoh teks eksplanasi #contoh teks eksplanasi tentang peristiwa alam #contoh teks eksplanasi singkat #contoh teks eksplanasi sosial #contoh teks eksplanasi tentang bencana alam
contoh teks eksplanasi beserta strukturnya #contoh teks eksplanasi kompleks #contoh teks eksplanasi dan karakteristiknya #struktur teks eksplanasi #contoh teks eksplanasi singkat tentang angin puting beliung #teks eksplanasi tentang angin topan beserta strukturnya #karangan yang bertema peristiwa angin topan #teks eksplanasi tentang tornado api #interpretasi angin puting beliung #kerangka teks eksplanasi angin puting beliung #contoh teks eksplanasi tentang bencana alam gunung meletus #teks eksplanasi awan cumulonimbus #contoh teks eksplanasi tentang badai pasir
Loading...

Terima kasih sudah membaca Contoh Teks Eksplanasi tentang Gempa Bumi
Bagikan:
Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Contoh Teks Eksplanasi tentang Gempa Bumi"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

Loading...