Program Contoh Teks Ulasan Film "Dilan 1991" (2019)

5W1H Berita Gerhana Bulan 28 Juli 2018

DMCA.com Protection Status
Loading...
Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.
Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Perlu diingat, bahwa setiap bagian kalimat atau paragraf bisa saja mengandung lebih dari satu unsur berita. Namun yang dimaksud di sini adalah dalam satu bagian berita (kalimat ataupun paragraf), unsur berita yang dimaksud adalah yang termaktub dalam inti kalimat atau inti paragraf.
Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:

Apa, Di mana, Kapan, Mengapa
Gerhana bulan total yang terjadi pada Sabtu (28/7) dini hari ini merupakan gerhana bulan total terlama abad ini karena mencapai 103 menit. Gerhana bulan total terlama ini bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Fase gerhana bulan total yang lebih lama dari gerhana bulan dini hari ini dan bisa disaksikan di Indonesia bakal terjadi pada 19 Juni 2141, yaitu mencapai 106 menit.

Siapa dan Bagaimana
Pantauan detikcom di kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (28/7/2018), fase gerhana bulan awal ini dimulai pukul 00.13 WIB. Sekitar pukul 01.30 WIB fase gerhana bulan sudah mulai masuk ke umbra.

Gerhana bulan total ini bisa diamati menggunakan teropong bintang merek Vixen. Ada dua teropong yang disediakan BMKG untuk memantau gerhana bulan total terlama abad ini. Teropong ini bisa langsung disambungkan ke kamera DSLR atau disambungkan ke laptop untuk bisa dengan jelas melihat penampakan gerhana bulan yang sedang terjadi. Fase gerhana mulai atau P1 pun menjadi terlihat jelas.
"Jadi gerhana baru mulai. Jadi ketutup yang bayangan penumbra. Jadi cuma bedanya tipis banget. Kita baru fase ini jadi seperti tertutup selaput tipis saja. Sekarang ketutup bayangan tipis saja. Belum terlihat signifikan. Kita menyebutnya gerhana mulai atau P1," ujar pengamat Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Syiroj Judin di lokasi.

Berikut waktu dari proses gerhana bulan total 28 Juli 2018:

- Bulan memasuki penumbra Bumi/gerhana bulan penumbra mulai (P1): 00.13 WIB
- Bulan memasuki umbra Bumi/gerhana bulan sebagian mulai (U1): 01.24 WIB
- Gerhana bulan total mulai (U2): 02.29 WIB
- Puncak gerhana bulan total: 03.21 WIB
- Gerhana bulan total selesai (U3): 04.13 WIB
- Bulan meninggalkan umbra Bumi/gerhana bulan sebagian selesai (U4): 05.19 WIB
- Bulan meninggalkan penumbra Bumi/gerhana bulan penumbra selesai (P4): 06.28 WIB

Sumber dan gambar: detik.com
Loading...

Terima kasih sudah membaca 5W1H Berita Gerhana Bulan 28 Juli 2018
Bagikan:
Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "5W1H Berita Gerhana Bulan 28 Juli 2018"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

Loading...