Widget HTML Atas

Contoh Soal Menentukan Struktur Teks Berita

Teks Berita adalah teks yang berisi informasi tentang apapun yang terjadi di dunia, seperti yang tertulis di media cetak, disiarkan di radio, ditayangkan di televisi, dan diunggah di internet. Jadi teks berita tidak boleh berisi informasi yang yang fiksi atau tidak nyata, melainkan harus berisi informasi fakta yang jelas kebenaran sumbernya.
Struktur/bagian teks berita:
a. Orientasi Berita : pembuka yang berupa paragraf yang mengenai peristiwa yang akan diberitakan
b. Peristiwa/masalah : semua fakta yang ada atau peristiwa yang terjadi dinarasikan dan informasikan atau inti dari sebuah berita.
c. Sumber berita : berisi sumber dari peristiwa atau fakta yang dipaparkan pada teks berita tersebut. Lokasi sumber berita tidak harus berada pada akhir teks tetapi bisa fleksibel.

Berdasarkan penyajiannya, struktur teks berita seperti piramida terbalik:
1. Kepala berita
2. Tubuh berita
3. Ekor berita

CONTOH SOAL:

1. Pelabuhan Merak dipadati oleh truk-truk pengangkut barang nonsembako pada sepuluh hari menjelang lebaran, Sabtu (15/11). Kondisi tersebut disebabkan adanya larangan melintas baik truk nonsembako pada tanggal 21-25 November.
Berdasarkan teks berita. struktur pada kutipan teks berita tersebut merupakan bagian….
a. Tubuh berita
b. Judul berita
c. Ekor berita
d. Kepala berita

2. Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama!
Seorang petani asal Bangladesh yang memiliki nama Abdul Khaleq Mirbohor berhasil mendapat penghargaan berupa gelar juara nasional setelah berhasil membunuh lebih dari 160 ribu tikur dalam setahun. Memang tikus menjadi persoalan yang cukup serius di negara tersebut, pasalnya banyak petani yang gagal panen karena serangan hama yang satu ini.
Struktur pada kutipan teks berita tersebut merupakan bagian….
A. Reorientasi
B. Simpulan
C. Peristiwa
D. Orientasi

3. Perhatikan teks berita berikut!
Akibat mengabaikan peringatan Badan Meteorologi dan Geofisika, dua kapal motor, KM Fajar Mas dan KM Mutiara Indah, Kamis dan Jumat (20/7) pekan ini, tenggelam di perairan Majene, Sulawesi Barat. Semua awak kapal selamat, namun kemarin dua nahkoda kapal motor berikut para awaknya masih dimintai keterangan oleh aparat Polres Majene. Mereka dinilai mengabaikan aspek-aspek keselamatan pelayaran.
Struktur pada kutipan teks berita tersebut merupakan bagian….
A. Orientasi
B. Reorientasi
C. Sumber berita
D. Peristiwa/Masalah

4. Perhatikan penggalan bacaan berikut!
Dikutip dari surat kabar The Daily Mail Jumat (9/10), dalam sebuah perayaan kemenangan di Dhaka Rabu lalu, Mirbohor mendapat hadiah sebesar Rp 3,1 juta karena berhasil memusnahkan lebih dari 160 ribu tikus hanya dalam waktu satu tahun. Hal tersebut banyak mendapat apresiasi khususnya dari pemerintah sendiri yang mencanangkan pemusnahan hama tikus ke seantero negeri.
Penggalan kutipan teks di atas merupakan struktur teks berita bagian ….
A. Orientasi
B. Peristiwa
C. Sumber berita
D. Simpulan

Simak penggalan berita berikut untuk menjawab soal no.5-7!
Setelah beberapa hari dalam status waspada, Gunung Slamet di Jawa Tengah meletus dan mengeluarkan abu tebal, Rabu (12/3/2014) sekitar pukul 06.53 WIB. Letusan abu berwarna hitam pekat berlangsung sekitar 3 menit, sebelum akhirnya tertutup kembali oleh kabut.

Berdasarkan penjelasan anggota tim pengamat Gunung Slamet di Pos Pengamatan, Desa Gambuhan, Pulosari, Kabupaten Pemalang, Sukedi (50), letusan abu tebal warna hitam itu terlontar dengan ketinggian berkisar 800 hingga 1.000 meter. Letusan itu masih tergolong letusan kecil. Dari lontaran abu dan angin yang berembus, diprediksi lontaran abu vulkanis mengarah ke barat yang mencakup wilayah Kabupaten Tegal dan Brebes. Sukedi menambahkan, sejak dinyatakan menjadi level waspada, Senin (10/3/2014) pukul 21.00 lalu, baru kali ini Gunung Api Slamet mengeluarkan letusan abu yang terpantau dari pos pengamatan. "Sebelumnya enam kali letusan asap, baru kali ini mengeluarkan letusan abu," katanya.

Gunung Slamet merupakan salah satu dari 129 gunung api aktif yang ada di Indonesia. Gunung dengan tinggi 3.428 Mdpl ini merupakan gunung tertinggi nomor dua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Secara geografis, gunung ini hanya berjarak sekitar 20 km di utara Kota Purwokerto. Wilayahnya menjangkau lima kabupaten sekaligus yaitu, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Pemalang.

5. Berdasarkan teks berita. struktur pada kutipan teks berita paragraf pertama tersebut merupakan bagian….
a. Tubuh berita
b. kepala berita
c. Judul berita
d. Ekor berita

6. Berdasarkan teks berita. struktur pada kutipan teks berita paragraf kedua tersebut merupakan bagian….
a. Ekor berita
b. Tubuh berita
c. Judul berita
d. Kepala berita

7. Berdasarkan teks berita. struktur pada kutipan teks berita paragraf ketiga tersebut merupakan bagian….
a. Ekor berita
b. Tubuh berita
c. Judul berita
d. Kepala berita


Perhatian: Untuk artikel soal, KUNCI JAWABAN klik tautan di soal terakhir

Berlangganan via Email