Contoh Soal Materi Pokok Teks Biografi

1. Simak kutipan identitas tokoh berikut:
1). Nama: Lucia Francisca Susi Susanti
2). TTL : Tasikmalaya, Jawa Barat, 11 Februari 1971
3). Profesi : mantan pemain bulu tangkis Indonesia.
4). Suami : Alan Budikusuma (sama-sama meraih medali emas di Olimpiade Barcelona 1992)
5). Anak : Laurencia Averina (1999), Albertus Edward (2000), dan Sebastianus Frederick (2003).
Paragraf yang tepat berasarkan kutipan identitas tokoh di atas adalah ....
a. Lucia Francisca Susi Susanti, lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 11 Februari 1971 adalah seorang pemain bulu tangkis Indonesia. Dia menikah dengan Alan Budikusuma, yang meraih medali emas bersamanya di Olimpiade Barcelona 1992. Ia memiliki 3 orang anak yang bernama Laurencia Averina (1999), Albertus Edward (2000), dan Sebastianus Frederick (2003).
b. Lucia Francisca Susi Susanti, lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 11 Februari 1971 adalah seorang pemain bulu tangkis Indonesia. Dia menikah dengan Alan Budikusuma, saat meraih medali emas bersamanya di Olimpiade Barcelona 1992. Ia memiliki 3 orang anak yang bernama Laurencia Averina (1999), Albertus Edward (2000), dan Sebastianus Frederick (2003).
c. Lucia Francisca Susi Susanti adalah seorang pemain bulu tangkis Indonesia. Ia lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada tanggal 11 Februari 1971. Dia menikah dengan Alan Budikusuma, yang meraih medali emas bersamanya di Olimpiade Barcelona 1992. Mereka memiliki 3 orang anak yang bernama Laurencia Averina (1999), Albertus Edward (2000), dan Sebastianus Frederick (2003).
d. Lucia Francisca Susi Susanti adalah seorang pemain bulu tangkis Indonesia. Mereka lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada tanggal 11 Februari 1971. Dia menikah dengan Alan Budikusuma, yang meraih medali emas bersamanya di Olimpiade Barcelona 1992. Ia memiliki 3 orang anak yang bernama Laurencia Averina (1999), Albertus Edward (2000), dan Sebastianus Frederick (2003).

Teks berikut untuk soal nomor 2 dan 3!
Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal dari lingkungan keluarga Keraton Yogyakarta. Meskipun demikian, ia sangat sederhana dan ingin dekat dengan rakyatnya. Ketika berusia 40 tahun menurut hitungan Tahun Caka, Raden Mas Soewardi Soeryaningrat berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara. Tujuannya berganti nama adalah agar ia dapat bebas dekat dengan rakyatnya.

2. Mengapa Raden Mas Soewardi Soeryaningrat mengganti namanya?
a. karena berasal dari lingkungan kerat0n
b. karena ia ingin dekat dengan rakyatnya
c. karena ia sangat sederhana
d. karena ia dapat dekat dengan rakyatnya

3. Kapan dan di mana Ki Hajar Dewantara dilahirkan?
a. Di keraton Yogyakarta tanggal 2 Mei
b. Di Yogyakarta tanggal 2 Mei 1889
c. Di Solo tanggal tanggal 2 Mei
d. Di Solo tanggal 2 Mei 1889

4. Lucia Francisca Susi Susanti, lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 11 Februari 1971 adalah seorang pemain bulu tangkis Indonesia. Dia menikah dengan Alan Budikusuma, yang meraih medali emas bersamanya di Olimpiade Barcelona 1992. Ia memiliki 3 orang anak yang bernama Laurencia Averina (1999), Albertus Edward (2000), dan Sebastianus Frederick (2003).
Yang merupakan kata kerja dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. menikah
b. bersama
c. lahir
d. bernama

5. Bacharuddin Jusuf Habibie atau lebih dikenal dengan B.J. Habibie lahir di Pare-pare, Sulawesi selatan, pada 25 Juni 1963. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tutin Marinin Puspowardojo. Habibie pindah ke Bandung untuk menuntut ilmu di Gouvernments Middlebare School.
Yang merupakan kata kerja dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. anak dan ilmu
b. menuntut dan pindah
c. keempat dan menuntut
d. ilmu dan anak

6. Raden Adjeng Kartini berasal dari kalangan priyayi atau kelas bangsawan Jawa. Ia merupakan putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang patih yang diangkat menjadi bupati Jepara segera setelah Kartini lahir. Kartini adalah putri dari istri pertama, tetapi bukan istri utama. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono, seorang guru agama di Telukawur, Jepara. Dari sisi ayahnya, silsilah Kartini dapat dilacak hingga Hamengkubuwana VI. Garis keturunan Bupati Sosroningrat bahkan dapat ditilik kembali ke istana Kerajaan Majapahit. Semenjak Pangeran Dangirin menjadi bupati Surabaya pada abad ke-18, nenek moyang Sosroningrat mengisi banyak posisi penting di Pangreh Praja.
Yang merupakan kata kerja dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. berasal dan putri
b. istri dan guru
c. diangkat dan mengisi
d. bernama dan keturunan

7. Oleh orangtuanya, Kartini disuruh menikah dengan bupati Rembang, K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, yang sudah pernah memiliki tiga istri. Kartini menikah pada tanggal 12 November 1903. Suaminya mengerti keinginan Kartini dan Kartini diberi kebebasan dan didukung mendirikan sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor kabupaten Rembang, atau di sebuah bangunan yang kini digunakan sebagai Gedung Pramuka.
Yang merupakan kata kerja dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. menikah dan keinginan
b. mendirikan dan kebebasan
c. pintu gerbang dan sekolah
d. menikah dan mendirikan

8. Dewi Sartika dilahirkan dari keluarga priyayi Sunda, Nyi Raden Rajapermas dengan Raden Somanagara. Meskipun bertentangan dengan adat waktu itu, ayah-ibunya bersikukuh menyekolahkan Dewi Sartika di sekolah Belanda. Setelah ayahnya wafat, Dewi Sartika diasuh oleh pamannya (kakak ibunya) yang menjadi patih di Cicalengka. Oleh pamannya itu, ia mendapatkan pengetahuan mengenai kebudayaan Sunda, sementara wawasan kebudayaan Barat didapatkannya dari seorang nyonya Asisten Residen berkebangsaan Belanda.
Yang merupakan kata kerja dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. dari dan bertentangan
b. menyekolahkan dan kebudayaan
c. diasuh dan sekolah
d. menyekolahkan dan diasuh

9. Tahun 1906, Dewi Sartika menikah dengan Raden Kanduruan Agah Suriawinata, dari pernikahannya itu ia memiliki putra bernama R. Atot, yang merupakan Ketua Umum BIVB, sebuah klub sepak bola yang merupakan cikal bakal dari Persib Bandung. Suami dari Dewi Sartika memiliki visi dan cita-cita yang sama dengan Dewi Sartika, guru di sekolah Karang Pamulang, yang saat itu merupakan sekolah Latihan Guru.
Sejak 1902, Dewi Sartika sudah merintis pendidikan bagi kaum perempuan. Di sebuah ruangan kecil, di belakang rumah ibunya di Bandung, Dewi Sartika mengajar di hadapan anggota keluarganya yang perempuan. Merenda, memasak, jahit-menjahit, membaca, menulis dan sebagainya, menjadi materi pelajaran saat itu
Yang merupakan kata kerja dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. putra dan menulis
b. merupakan dan sudah
c. menikah dan memasak
d. pernikahan dan perempuan

10. Chairil Anwar lahir di Medan pada tanggal 26 Juli 1922. Chairil menekuni pendidikan HIS dan MULO, walau pendidikan MULO-nya tidak tamat. Ia kemudian pindah ke Batavia (sekarang Jakarta) dengan ibunya pada tahun 1940, tempat di mana ia mulai menggeluti dunia sastra. Setelah mempublikasikan puisi pertamanya pada tahun 1942, Chairil terus menulis. Puisinya menyangkut berbagai tema, mulai dari pemberontakan, kematian, individualisme, dan eksistensialisme, hingga tak jarang multi-interpretasi.
Yang merupakan kata kerja dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. pindah dan pemberontakan
b. menekuni dan mempublikasikan
c. pendidikan dan pemberontakan
d. menekuni dan keluarga

11. Kalimat yang mengandung konjungsi intrakalimat menyatakan hubungan ‘kelanjutan’ adalah…
a. Ni wayan Mertayani hidup dibawah tekanan ekonomi, tetapi ia masih mempunyai cita-cita.
b. Sepulang sekolah, Mertayani membantu ibunya berjualan, lalu mencari rongsokan di pinggir pantai.
c. Ibu Mertayani senang dan bangga terhadap prestasi yang dicapai anaknya.
d. Mertayani mandiri bekerja sambil sekolah setelah ayahnya meninggal. Akan tetapi, ia tidak pernah malu terhadap pekerjaannya.

12. Bacharuddin Jusuf Habibie atau lebih dikenal dengan B.J. Habibie lahir di Pare-pare, Sulawesi selatan, pada 25 Juni 1963. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tutin Marinin Puspowardojo. Habibie pindah ke Bandung untuk menuntut ilmu di Gouvernments Middlebare School.
Berdasarkan cuplikan biografi di atas yang merupakan rujukan kata adalah kata ….
a. Atau
b. Pada
c. Beliau
d. Dari

13. Perhatikan paragraf bernomor berikut:
(1) Ketika mencari barang rongsokan, Mertayani meminjam kamera foto milik Mrs. Dolly Amarhoseija, seorang wisatawan yang dikenalnya. (2) Kemudian, dia membuat 15 foto dengan kamera itu. (3) Hasil foto terakhirnya adalah sebuah potret pohon ubi karet dengan dahan tanpa daun yang tumbuh di depan rumahnya. (4) Seekor ayam bertengger di salah satu dahan, handuk berwarna merah jambu, dan baju hariannya yang dijemur di bawahnya.
Kalimat tunggal yang terdapat dalam kutipan biografi tersebut adalah nomor . . . .
a. (3)
b. (4)
c. (1)
d. (2)

14. Perhatikan paragraf bernomor berikut:
(1) Pada tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan seperjuangannya mendirikan perguruan yang bercorak nasional, yaitu Nationaal Onderwijs Instituut Taman Siswa (Perguruan Nasional Taman Siswa). (2) Melalui perguruan Taman Siswa dan tulisan-tulisannya yang berjumlah ratusan, Ki Hajar Dewantara berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia. (3) Ki Hajar Dewantara pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan. (4) Ki Hajar Dewantara tidak hanya dianggap sebagai tokoh dan pahlawan pendidikan yang tanggal kelahirannya 2 Mei dijadikan hari Pendidikan Nasional, tetapi juga ditetapkan sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional melalui surat keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959.
Kalimat tunggal yang terdapat dalam kutipan biografi tersebut adalah nomor . . . .
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

15. Pada tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan seperjuangannya mendirikan perguruan yang bercorak nasional, yaitu Nationaal Onderwijs Instituut Taman Siswa (Perguruan Nasional Taman Siswa). Melalui perguruan Taman Siswa dan tulisan-tulisannya yang berjumlah ratusan, Ki Hajar Dewantara berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia. Ki Hajar Dewantara pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan yang pertama. Ki Hajar Dewantara tidak hanya dianggap sebagai tokoh dan pahlawan pendidikan yang tanggal kelahirannya 2 Mei dijadikan hari Pendidikan Nasional, tetapi juga ditetapkan sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional melalui surat keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959.
Gagasan utama kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. Ki Hajar Dewantara mendirikan Perguruan Taman Siswa
b. Ki Hajar Dewantara meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional
c. Ki Hajar Dewantara pernah menjabat sebagai menteri
d. Ki Hajar Dewantara ditetapkan sebagai tokoh dan pahlawan pendidikan

16. Sebagai pahlawan yang dijuluki Bapak Pendidikan Indonesia, semangat dan jasa Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang dan tidak dilupakan. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.
Gagasan utama kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. Ki Hajar Dewantara dijuluki sebagai Bapak Pendidikan
b. Ki Hajar Dewantara menginspirasi rakyat Indonesia
c. Ki Hajar Dewantara sepantasnya tidak dilupakan
d. Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang

17. Simak kutipan teks biografi berikut:

1) Susi Susanti lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 11 Februari 1971. Ia memulai karir bulu tangkis di klub milik pamannya, PB Tunas Tasikmalaya. Setelah berlatih selama tujuh tahun dan memenangkan kejuaraan bulu tangkis tingkat junior, ia pindah ke Jakarta pada tahun 1985. Saat itu ia duduk di Kelas 2 Sekolah Menengah Pertama.
2) Uniknya, Alan Budikusuma yang merupakan pacarnya ketika itu, turut menjadi juara di tunggal putra. Mereka berhasil mengawinkan gelar juara tunggal putra dan putri bulu tangkis pada Olimpiade Barcelona.
3) Puncak karier Susi terjadi pada tahun 1992. Pada saat itu ia menjadi juara tunggal putri cabang bulu tangkis di Olimpiade Barcelona, 1992. Susi menjadi peraih emas pertama bagi Indonesia di ajang Olimpiade.
4) Walaupun telah puluhan gelar tingkat internasional ia raih, ada satu sikap yang
tidak pernah hilang dari diri Susi Susanti. Ia selalu bersikap rendah hati dan terus
berusaha untuk menjadi lebih baik lagi.
5) Saat masih aktif menjadi pemain, Susi selalu berusaha menjadikan dirinya sebagai contoh yang baik bagi pemain lainnya.
6) Di Jakarta Susi tinggal di asrama dan bersekolah di sekolah khusus untuk atlet. Ia berlatih enam hari dalam sepekan, Senin sampai dengan Sabtu, mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 11.00, kemudian disambung lagi pukul 15.00 sampai dengan pukul 19.00.
Susunan yang tepat atas kutipan teks biografi acak di atas adalah ....
a. 1 - 6 - 3 - 2 - 5 - 4
b. 1 - 4 - 6 - 2 - 5 - 3
c. 1 - 4 - 5 - 2 - 6 - 3
d. 1 - 5 - 3 - 2 - 4 - 6
18. Sebagai pahlawan yang dijuluki Bapak Pendidikan Indonesia, semangat dan jasa Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang dan tidak dilupakan.
Jenis kata hubung yang digunakan dalam kutipan kalimat tersebut adalah . . . .
a. Kata hubung antarkalimat
b. Kata hubung korelatif
c. Kata hubung subordinatif
d. Kata hubung koordinatif

19. Ki Hajar Dewantara tidak hanya dianggap sebagai tokoh dan pahlawan pendidikan yang tanggal kelahirannya 2 Mei dijadikan hari Pendidikan Nasional, tetapi juga ditetapkan sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional melalui surat keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959.
Kata yang bergaris bawah merupakan kata hubung untuk menyatakan hubungan . . . .
a. pertentangan
b. penambahan
c. pemilihan
d. sebab-akibat

20. Ki Hajar Dewantara juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Pada tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetomo untuk menyosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia.
Pada tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan seperjuangannya mendirikan perguruan yang bercorak nasional, yaitu Nationaal Onderwijs Instituut Taman Siswa (Perguruan Nasional Taman Siswa). Melalui perguruan Taman Siswa dan tulisan-tulisannya yang berjumlah ratusan, Ki Hajar Dewantara berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia. Ki Hajar Dewantara pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan yang pertama. Ki Hajar Dewantara tidak hanya dianggap sebagai tokoh dan pahlawan pendidikan yang tanggal kelahirannya 2 Mei dijadikan hari Pendidikan Nasional, tetapi juga ditetapkan sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional melalui surat keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959.

Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. pendiri Taman Siswa
b. aktif berorganisasi
c. pernah menjadi menteri
d. pahlawan pendidikan

21. Bambang Pamungkas adalah sosok striker nomor satu di timnas. Ia menekuni profesi sebagai pesepakbola memang sedari kecil. Ia bukan dari keluarga yang berkecukupan, namun karena kegigihannya berlatih, sekarang ia menjadi tulang punggung di garis depan tim sepakbola Indonesia.
Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. Menekuni profesi sebagi pesepakbola
b. Menekuni profesi dengan giat berlatih
c. Menjadi striker utama di timnas
d. Mengorbankan keluarga untuk meniti karir

22. Berbekal keberanian tampil di depan orang banyak, Marlina Ningsih, ibu dari Risco Novianto yang sekarang bekerja di Bagian Hubungan Masyarakat Setkab Nunukan, akhirnya bisa menginjakkan kakinya di istana negara dan gedung MPR/DPR RI di Jakarta.
Hal positif dari tokoh di atas adalah . . . .
a. memiliki anak yang bernama Risco Novianto
b. bekerja di Bagian Hubungan Masyarakat Setkab Nunukan
c. membiasakan diri tampil di depan orang banyak
d. mampu mengambil kesempatan

23. Watak tokoh dalam kutipan biografi pada soal di atas adalah.....
a. rajin
b. ulet
c. pintar
d. berani

24. Setiap sisi kehidupan dari tokoh besar selalu menarik untuk diketahui dan disimak karena di dalamnya mengandung banyak hikmah yang bisa dijadikan teladan atau pelajaran bagi orang lain untuk peningkatan kualitas diri. Demikian juga dengan sosok negarawan yang dikenal sebagai salah satu Bapak Proklamator Indonesia ini.
Tokoh yang diceritakan dalam penggalan riwayat tokoh tersebut adalah . . . .
a. Amien Rais
b. Rudi Hartono
c. Mohammad Hatta
d. Yusuf Kalla

25. Pada tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan seperjuangannya mendirikan perguruan yang bercorak nasional, yaitu Nationaal Onderwijs Instituut Taman Siswa (Perguruan Nasional Taman Siswa). Melalui perguruan Taman Siswa dan tulisan-tulisannya yang berjumlah ratusan, Ki Hajar Dewantara berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia. Ki Hajar Dewantara pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan yang pertama. Ki Hajar Dewantara tidak hanya dianggap sebagai tokoh dan pahlawan pendidikan yang tanggal kelahirannya 2 Mei dijadikan hari Pendidikan Nasional, tetapi juga ditetapkan sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional melalui surat keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959.
Hal yang bukan merupakan keunggulan tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. lahir di tanggal 2 Mei
b. pernah menjadi menteri
c. pahlawan pendidikan
d. pendiri Taman Siswa

26. Bambang Pamungkas adalah sosok striker nomor satu di timnas. Ia menekuni profesi sebagai pesepakbola memang sedari kecil. Ia bukan dari keluarga yang berkecukupan, namun karena kegigihannya berlatih, sekarang ia menjadi tulang punggung di garis depan tim sepakbola Indonesia.
Hal yang merupakan keunggulan tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. Menekuni profesi dengan giat berlatih
b. Menjadi striker utama di timnas
c. Menekuni profesi sebagi pesepakbola
d. Mengorbankan keluarga untuk meniti karir

KUNCI JAWABAN
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!