Widget HTML Atas

Contoh Soal Materi Pokok Teks Berita (Kelas VIII)

1. Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Menjelang akhir tahun dan menyambut tahun baru, Kapolres Bogor meminta pengguna kendaraan untuk tidak melalui jalur Puncak. Pengguna kendaraan diminta mencari jalan alternatif. Hal itu untuk menghindari kemacetan di jalur Puncak.

Teks Berita 2
Kapolres Bogor meminta pengguna kendaraan dari wilayah Jabodetabek yang menuju kota Bandung dan sekitarnya tidak melalui jalur Puncak. Para pengguna kendaraan diminta melalui tol Cipularang atau lewat jalur Sukabumi.

Kesamaan informasi kedua teks tersebut adalah ...
A. Pengguna kendaraan diminta tidak melewati jalur Puncak.
B. Rencana pemberlakuan satu jalur di Puncak menjelang tahun baru.
C. Pengalihan tujuan pengguna kendaraan yang menuju Bandung.
D. Padatnya pengguna kendaraan dan rencana pengalihan pada akhir tahun

2. Teks 1
Salah satu dari dua mesin pesawat Boeing 737-800 milik Cina Airlines (Taiwan) meledak dan membakar seluruh badan pesawat di Bandara Naha, Okinawa, Jepang, Senin (20/8). Ledakan terjadi beberapa saat setelah pesawat tiba dari Taiwan. Seluruh 165 penumpang dan awak pesawat selamat.
Teks 2
Akibat mengabaikan peringatan Badan Meteorologi dan Geofisika, dua kapal motor, KM Fajar Mas dan KM Mutiara Indah, Kamis dan Jumat (20/7) pekan ini, tenggelam di perairan Majene, Sulawesi Barat. Semua awak kapal selamat, namun kemarin dua nakhoda kapal motor berikut para awaknya masih dimintai keterangan oleh aparat Polres Majene. Mereka dinilai mengabaikan aspek-aspek keselamatan pelayaran.
. . . .
Persamaan berita di atas adalah . . . .
a. kecelakaan
b. pesawat meledak
c. kecelakaan transportasi
d. tenggelamnya kapal motor

3. Teks 1
Pengamat penerbangan Chappy Hakim menilai kasus hilangnya pesawat Boeing 737 seri 400 milik maskapai Adam Air bisa disebabkan faktor teknis dan nonteknis. Faktor tersebut bisa karena kurangnya maintenance dari maskapai penerbangan tersebut sampai diabaikannya beberapa aturan dan regulasi mengenai penerbangan sipil karena tidak ada sanksi tegas regulator.

Teks 2
Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Herman Prayitno menyebut tiga faktor penyebab hilangnya Adam Air, yaitu lemahnya manajemen, tidak dimilikinya alat pendeteksi, serta kelalaian manusia. “Kesalahan di manajemen bisa menyebabkan kesalahan manusia, engine, dan cuaca. Karena itu, 70% dominan faktor manusianya, jadi tidak bisa 100% menyalahkan alat-alat yang dianggap kurang akurat,” ujarnya di Jakarta kemarin.

Kesamaan informasi yang dibahas dalam kedua teks tersebut adalah . . . .
a. penyebab hilangnya pesawat Adam Air
b. jumlah korban kecelakaan pesawat
c. tiga faktor penyebab kecelakaan pesawat
d. dua faktor penyebab kecelakaan Adam Air

4. Teks I
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara, baik roda dua maupun roda empat dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks II
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Kesamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah ...
A. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar wisatawan datang ke Puncak.
B. Imbauan Kasat Lalu Lintas tentang rencana penutupan jalur Puncak sore hari.
C. Imbauan Kasat Lalu Lintas kepada para pengendara roda dua dan roda empat.
D. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar pengunjung Puncak tiba sebelum pukul 13.00.

5. Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks Berita 2
menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ...
A. teks I diawali dengan siapa, teks II diawali mengapa.
B. teks I diawali dengan apa, teks II diawali bagaimana.
C. teks I diawali dengan mengapa, teks II diawali bagaimana.
D. teks I diawali dengan apa, teks II diawali mengapa.

6. Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks 1
Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.

Teks 2
Minggu dini hari tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan pantura Jawa Timur banjir. Sejauh ini telah diusahakan penanggulangannya, tetapi belum berhasil. Pihak kepolisian setempat mengimbau agar pengguna jalan pantura berhati-hati.
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....

A. Teks 1: apa, bagaimana, mengapa, siapa ; Teks 2: apa, kapan bagaimana, siapa
B. Teks 1: di mana, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2: apa, bagaimana, kapan, siapa
C. Teks 1: di mana, mengapa, siapa, bagaimana ; Teks 2: kapan, bagaimana, apa, siapa
D. Teks 1: apa, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2:kapan, apa, bagaimana, siapa

7. Pahami informasi berikut!
1) Peristiwa yang terjadi: unjuk rasa petani tembakau.
2) Orang yang mengalami peristiwa: para petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK, Jawa Tengah.
3) Tempat terjadinya peristiwa: Kendal
4) Waktu terjadinya peristiwa: Kamis, 22 Desember 2011
5) Penyebab terjadinya peristiwa: pemerintah kurang memperhatikan nasib petani tembakau
6) Proses terjadinya peristiwa: Para petani menutup Jalan Waleri, Kendal. Mereka menutup jalan sebagai wujud ketidakpuasan petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.

Teks berita yang tepat berdasarkan informasi di atas adalah . . . .
a. Hingga saat ini ribuan petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah melakukan unjuk rasa. Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Waleri. Aksi tersebut dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.
b. Petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, melakukan unjuk rasa. Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Waleri. Aksi tersebut dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.
c. Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, melakukan unjuk rasa. Unjuk rasa dilakukan pada Kamis (22/12/2011). Unjuk rasa dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.
d. Ribuan petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, Kamis (22/12/2011), melakukan unjuk rasa. Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Waleri, Kendal. Aksi tersebut dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.

8. Usaha manajemen Sriwijaya FC (SFC) untuk mendapatkan striker Budi Sudarsono tinggal selangkah lagi. Kesepakatan harga sudah dicapai, tinggal menunggu tanda tangan kontrak. Budi akan dikontrak selama setengah musim atau hingga putaran kedua Liga Super berakhir. Meskipun demikian, manajemen SFC tidak akan melakukan pencoretan pemain lama.

Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ...
A. Manajemen SFC mendapatkan Budi Sudarsono.
B. Harga kontrak tidak disepakati SFC dan Budi Sudarsono.
C. Budi Sudarsono akan dikontrak SFC setengah musim.
D. Budi Sudarsono telah menandatangani kontrak dengan SFC.

9. Karya-karya Deddy Mizwar yang muncul dalam layar kaca selalu menjadi tontonan yang laris dipilih pemirsa. Seperti, Para Pencari Tuhan, sinetron yang ditayangkan salah satu televisi swasta menempati rating tertinggi. Film Naga Bonar Jadi Dua, juga telah menyedot animo masyarakat untuk menonton film tersebut di gedung bioskop.

Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ...
A. Karya-karya Deddy Mizwar muncul dalam layar kaca.
B. Para Pencari Tuhan menempati rating tertinggi.
C. Karya Deddy Mizwar selalu mendapat kritikan masyarakat.
D. Animo masyarakat untuk menonton film di gedung bioskop tidak banyak.

10. Striker Flamengo yang juga mantan bintang Inter Milan, Adriano, mengaku bahwa ia masih terus mendapat tawaran kembali berlaga di Eropa. Andriano kembali memiliki karier yang gemilang di lapangan hijau setelah terpuruk di Inter dengan mengantar Flamengo menjadi juara Liga Brasil akhir pekan lalu. Penampilan gemilang si Kaisar itu membuatnya kembali dilirik sejumlah klub di benua biru. “Saya tak menyangkal mendapat banyak tawaran, tetapi yang terpenting adalah kebahagiaan dan bukan uang. Sebelum mengambil keputusan, saya akan berpikir panjang dan membicarakannya dengan beberapa teman, “ ungkapnya.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ...
A. Saat ini Adriano tetap menjadi pemain di Inter Milan.
B. Adriano dikenal kembali setelah kemenangan Flamengo di Liga Brasil.
C. Adriano langsung menerima tawaran dari sejumlah klub di Eropa.
D. Flamengo telah beberapa kali memenangkan kejuaraan di Eropa dan Amerika.

11. Bacalah penggalan teks berita berikut !
Mendiknas M. Nuh mengatakan, pengintegrasian Unas tidak bermaksud untuk menghapus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Akan tetapi, itu bertujuan mengintegrasikan ujian dari jenjang pendidikan SD hingga Perguruan Tinggi (PT). ”Kalau ujian SD bisa dipakai masuk SMP, terus ujian SMP bisa untuk masuk SMA, mengapa ujian SMA tidak bisa digunakan untuk masuk PT? Hanya, memang lebih ketat, ”ujar Nuh di Depdiknas kemarin. Karena itu, dia meminta PTN merumuskan ujian tersebut.
Simpulan penggalan teks berita di atas adalah...
a. Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri akan di hapus
b. Tidak ada rencana untuk menyamakan teknik masuk PT dengan SMP dan SMA
C. Unas SMA bisa digunakan untuk masuk PT seperti Unas SD yang bisa digunakan untuk masuk SMP, dan unas SMP yang bisa digunakan untuk masuk SMA.
d. Ujian masuk PT akan lebih ketat lagi.

12. Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama menyambut baik Cina untuk bertemu dengan utusannya. Dalai Lama juga mengatakan, kedua belah pihak memang perlu berbicara serius mengenai bagaimana pemecahan masalah yang telah memicu kerusuhan di Tibet bulan lalu.
Sumber : Kompas, 28 April 2008
Simpulan dari teks berita di atas adalah ...
a. Dalai Lama adalah pemimpin spiritual Tibet
b. Dalai Lama dan Cina telah melakukan dialog.
c. Cina merasa perlu mengajak dialog Dalai Lama.
D. Dalai Lama bersedia berunding dengan pemeritah Cina.

13. Bacalah kutipan berikut!
Putri Tidur Telah Siuman
Echa si “Putri Tidur” akhirnya siuman setalah sepekan mendapat perawatan khusus di Rumah Sakit Ansari Shaleh Banjarmasin. Rabu (1/11) Echa masih dirawat di rumah sakit. Terhitung sudah tujuh hari ia dirawat di rumah sakit tersebut. Kondisinya sudah kian membaik. Dia bukan lagi Echa, si “Putri Tidur” yang sempat pulas selama 12 hari pada 11 – 21 Oktober, dengan hanya sesekali bangun.
Echa mengalami kondisi tidur tidak normal sejak Mei lalu. Semula gejala itu duduga akibat dari kecelakaan yang ia alami setahun yang lalu. Tapi setelah dilakukan tes CT Scan menunjukkan tak ada masalah dengan tubuhnya.
Wardah Rahmatul Iskamiayah, SpS, spesialis saraf dari RSUD dr Soetomo menyebutkan kondisi yang dialami Echa diakibatkan oleh sindrom Kleine-Levin. Atau bahsa awamnya sindrom putrid tidur. Orang yang mengalami sindrom ini biasanya akan tertidur lebih lama dari orang normal. “Bisa tidur dua hingga empat hari “ katanya.
Kini Echa sudah mulai bisa makan sendiri dan mulai teratur merawat kebersihan tubuh. Bahkan Echa menungkapkan sangat ingin pulang ke rumah dan berkumpul dengan teman-temannya.
Tapi keinginannya untuk pulang tampaknya harus dipendamnya dahulu. Sebab, hingga kemarin pihak dokter yang merawatnya masih melakukan observasi terhadap penyakitnya.

Ringkasan isi berita di atas adalah…
a. Echa si “Putri Tidur”akhirnya siuman setelah tujuh hari, Rabu (1/11) dirawat di rumah sakit Ansari Shaleh Banjarmasin. Hal ini disebabkan karena ia terkena sindrom Kleine-Levin. Dan kini kondisinya sudah mulai membaik.
b. Echa si “Putri tidur” kondisinya mulai membaik. Ia mau pulang pada hari Rabu (1/11) tapi belum dibolehkan oleh dokter yang merawatnya. Karena ia terkena sindrom Kleine-Levin.
c. Echa si “Putri tidur” yang terkena sindrom Kleina-Levin kini dirawat di rumah sakit Ansari Shale, Rabu (1/11). Walau kondisinya sudah membaik tapi ia belum di bolehkan pulang karena dokter yang merawatnya masih harus melakukan observasi.
d. Echa si “Putri Tidur” belum diperbolehkan pulang oleh dokter yang merawatnya, karena ia terkena sindrom Kleine-Levin. Walaupun kondisinya membaik. Ia tetap harus di rawat di rumah sakit Ansari Shaleh pada Rabu (1/11) kemaren.

14. Perhatikan teks berita berikut ini!
Banjir kembali melanda kecamatan Kelua. Hal ini terjadi pada hari Kamis 12 Oktober 2017. Ini merupakan yang pertama kalinya di tahun ini. Banjir diakibatkan oleh terjadinya hujan selama tiga hari berturut-turut di daerah hulu. Beberapa persawahan terendam air yang mengakibatkan terjadinya gagal panen. Walau tidak menelan korban jiwa tapi kerugian yang diakibatkan oleh banjir sangat dirasakan masyarakat.
Unsur bagaimana pada kutipan berita di atas adalah …
a. Beberapa persawahan terendam air
b. Kamis 12 Oktober 2017
c. Banjir diakibatkan oleh hujan selama tiga hari
d. Banjir kembali melanda kecamatan Kelua

15. Minggu ini kelompok diskusi kami mendapat tugas untuk mengisi kolom berita pada majalah dinding sekolah. Suatu kebetulan, kemarin diaula kantor Depdiknas provinsi Kalimantan Selatan berlangsung pameran karya inovasi ilmiah yang diadakan dalam rangka menyambut Hardiknas tersebut dibuka oleh Gubernur Kepala Daerah.
Teks berita dibawah ini yang sesuai dengan ilustrasi diatas adalah…..
a. Betepatan dengan Hardiknas, siswa-siswa SMP diseluruh provinsi se- Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se- Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur dan pejabat yang terkait dengan acara. Acara yang dibuka oleh Bapak Gubernur ini, diadakan di aula kantor Depdiknas provinsi Kalimantan Selatan. Acara ini digunakan sebagai sarana mengekspresikan kreativitas, komunikasi antar sekolah, serta perkembangan Iptek.
b. Bertepatan dengan Hardiknas, siswa-siswa SMP seluruh provinsi se-Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se- Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur dan pejabat yang terkait dengan acara. Acara yang dibuka oleh Bapak Gubernur ini, diadakan di aula kantor Depdiknas provinsi Kalimantan Selatan. Acara ini digunakan, sebagai sarana mengekspresikan kreativitas, komunikasi antar sekolah, serta perkembangan Iptek. Hasil karya-karya mereka banyak menarik perhatian dan banyak mendapatkan respon positif dari banyak pihak.
c. Siswa-siswa se-provinsi Kalimantan Selatan mengadakan acara pameran karya inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se- provinsi Kalimantan Selatan. Acara ini digunakan, sebagai sarana mengekspresikan kreativitas, komunikasi antar sekolah, serta perkembangan Iptek. Hasil karya-karya mereka banyak menarik perhatian.
d. Betepatan dengan Hardiknas, siswa-siswa SMP seluruh provinsi se- Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se- Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur dan pejabat yang terkait dengan acara. Acara yang dibuka langsung oleh Bapak Gubernur ini, diadakan di aula kantor Depdiknas provinsi Kalimantan Selatan.

16. Penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya terutama kesalahan para pemudik biasa kurang sabar. Mereka sering mengebut dan ingin mendahului. Mengantuk juga sering menjadi penyebab kecelakaan. Jarak yang ditempuh kendaraan terlalu jauh akan mengakibatkan sopir lelah dan mengantuk sehingga mudah tabrakan dengan kendaraan lain.
Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah……
a. Jarak terlalu jauh mengakibatkan pengemudi kurang sabar.
b. Bila sopir berhati-hati, kecelakaan tidak mungkin terjadi.
c. Para pengemudi biasanya mengebut dan mendahului.
d. Tabrakan terjadi karena sering mengantuk mengemudi.

17. Pelabuhan Merak dipadati oleh truk-truk pengangkut barang nonsembako pada sepuluh hari menjelang lebaran, Sabtu (15/11). Kondisi tersebut disebabkan adanya larangan melintas baik truk nonsembako pada tangal 21-25 November.
Berdasarkan teks berita tersebut. Struktur teks berita merupakan bagian….
a. Tubuh berita
b. Kepala berita
c. Ekor berita
d. Judul berita

18. Alya bertanya,” Tina ada di rumah?”
Jika kalimat langsung di atas diubah menjadi kalimat tidak langsung menjadi……
a. Alya menanyakan apakah Tina ada di rumah?
b. Alya bertanya “ Apakah Tina ada di rumah?
c. Alya menanyakan,”Apakah Tina ada di rumah?”
d. Alya menanyakan bahwa, Apakah Tina ada di rumah?

19. Ayah menanyakan kepadaku kapan aku akan pergi ke Jakarta.
Jika kalimat taklangsung tersebut diubah menjadi kalimat langsung menjadi ....
a. Ayah bertanya, "Kapan aku akan pergi ke Jakarta?"
b. Ayah bertanya, "Kapan kamu akan pergi ke Jakarta?"
c. Ayah bertanya, "Kapan Ayah akan pergi ke Jakarta?"
d. Ayah bertanya, "Kapan dia akan pergi ke Jakarta?"

Soal Lainnya:
1. Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.

Teks 2
Secara tingkatan perkembangan kepribadian anggotanya, Pramuka dibagi menjadi beberapa tingkat, yaitu Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega, dan Pembina.
Kutipan berita tersebut merupakan informasi di bidang ....
A. Teks 1: ekonomi; Teks 2: peristiwa alam
B. Teks 1: politik; Teks 2: sekolah
C. Teks 1: peristiwa alam ; Teks 2: pendidikan
D. Teks 1: ekonomi ; Teks 2: sosial

2. Teks 1
Las Vegas (ANTARA News) - Pria bersenjata yang melakukan penembakan massal di Las Vegas melepaskan tembakan ke penjaga keamanan sebelum menghujani kerumunan penonton konser dengan peluru hingga menewaskan 58 orang menurut para pejabat pada Senin mengenai perubahan linimasa penembakan massal paling mematikan dalam sejarah modern Amerika Serikat itu.
Sumber: http://www.antaranews.com/berita/657598/polisi-ungkap-rincian-kejadian-jelang-penembakan-massal-las-vegas

Teks 2
Terjadi kecelakaan Kereta Api Ekonomi Bengawan jurusan Solo – Tanah Abang di Dusun Gununglurah, Rancamaya, Banyumas. Peristiwa itu menelan korban 5 penumpang tewas dan lebih 100 orang luka-luka. Peristiwa naas itu terjadi Selasa (16/1) dini hari.
Kutipan berita tersebut merupakan informasi di bidang ....
A. Teks 1: politik; Teks 2: peristiwa alam
B. Teks 1: ekonomi; Teks 2: pendidikan
C. Teks 1: peristiwa alam ; Teks 2: sekolah
D. Teks 1: kriminalitas ; Teks 2: transfortasi

3. Kutipan berita berikut yang mengandung informasi di bidang pendidikan adalah....
A. Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.
B. Secara tingkatan perkembangan kepribadian anggotanya, Pramuka dibagi menjadi beberapa tingkat, yaitu Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega, dan Pembina.
C. Las Vegas (ANTARA News) - Pria bersenjata yang melakukan penembakan massal di Las Vegas melepaskan tembakan ke penjaga keamanan sebelum menghujani kerumunan penonton konser dengan peluru hingga menewaskan 58 orang menurut para pejabat pada Senin mengenai perubahan linimasa penembakan massal paling mematikan dalam sejarah modern Amerika Serikat itu.
Sumber: http://www.antaranews.com/berita/657598/polisi-ungkap-rincian-kejadian-jelang-penembakan-massal-las-vegas
D. Terjadi kecelakaan Kereta Api Ekonomi Bengawan jurusan Solo – Tanah Abang di Dusun Gununglurah, Rancamaya, Banyumas. Peristiwa itu menelan korban 5 penumpang tewas dan lebih 100 orang luka-luka. Peristiwa naas itu terjadi Selasa (16/1) dini hari.

4. Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks Berita 2
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Unsur-unsur kedua teks berita tersebut adalah ...
A. teks I diawali dengan siapa, teks II diawali mengapa.
B. teks I diawali dengan apa, teks II diawali bagaimana.
C. teks I diawali dengan mengapa, teks II diawali bagaimana.
D. teks I diawali dengan apa, teks II diawali mengapa.

5. Perhatikan teks berita berikut ini!
Senin 22 Oktober tadi pagi bus penumpang dari Banjarmasin – Balikpapan masuk parit di wilayah Kasiau. Kecelakaan di duga disebabkan terlepasnya ban depan sehingga menabrak tiang listrik lalu masuk parit. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Karena benturan bus tidak terlalu kuat. Saat ditemui di lokasi kejadian kepala Organda Cabang Balikpapan menuturkan penyebab pasti kecelakaan itu beberapa kemungkinan, antara lain faktor bus, pemasangan ban depan, dan faktor teknis lain.
Informasi teks berita tersebut …
a. Bus penumpang Balikpapan mengalami kecelakaan pada hari Senin yang mengakibatkan korban jiwa
b. Kecelakaan terjadi pada bus penumpang karena sopir mengantuk
c. Organda Cabang Balikpapan dapat memastikan akibat kecelakaan itu
d. Hari Senin terjadi kecelakaan bus penumpang Banjarmasin-Balikpapan akibat lepasnya ban depan dan tidak ada korban jiwa

6. Pada hari Jumat, 30 September, gempa bumi yang dahsyat menggoncang Padang. Gempa tersebut terjadi pada sore hari tepat pul 17.16 WIB. Gempa yang berkekuatan 7,6 S.R membuat Paadang porak poranda. Banyak korban jiwa dan harta benda yang musnah.
Topik berita tersebut adalah …
a. Kehilangan seseorang
b. Bencana alam
c. Kesedihan masyarakat
d. kekuatan gempa

7. Menurut Wapres , kelalaian penanganan TKI ilegal merupakan kesalahan komulatif (tertimbun) dan harus segera dibenahi. Namun, bukan berarti selama ini pemerintah tidak serius menangani masalah TKI. Terutama persyaratan pemulangan TKI seperti yang terjadi di Nunukan.

Simpulan berita di atas adalah. ...
a. Selama ini pemerintah tidak serius menanggulangi masalah TKI.
b. Pemerintah tidak pernah lalai dalam penanganan TKI.
c. Wapres mengakui bahwa kelalaian penanganan TKI adalah kesalahan bersama dan akan segera dibenahi.
d. Pemulangan besar-besaran TKI ilegal merepotkan pemerintah.

8. Bacalah kutipan teks berita berikut ini!
Ketika Pemerintah Arab Saudi menambah kuota haji, sebanyak 106 calon jemaah haji Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, malah mengundurkan diri berangkat ke Tanah Suci pada 2017. Penyebab mereka mengundurkan diri karena berbagai alasan.

Kata yang bercetak miring tersebut kurang tepat penggunaan ejaannya. Berikut ini adalah penggunaan ejaan yang tepat untuk memperbaiki kata bercetak miring tersebut …
a. Pada saat ; justru ; alasan
b. Pada waktu ; justru ; alasan
c. Saat ini ; justeru ; alasan
d. Pada saat ; justeru ; alasan

KUNCI JAWABAN
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!