Andri Syahputra Bela Timnas Qatar, Ini Tanggapan PSSI dan Kemenpora

DMCA.com Protection Status
Loading...
Andri Syahputra Bela Timnas Qatar, Ini Tanggapan PSSI dan Kemenpora-- Pesepabola muda Indonesia, Andri Syahputra, bermain untuk tim nasional Qatar U-19. Andri merupakan salah satu dari 12 pemain yang dipanggil untuk seleksi timnas U-19. Namun, dia tak memenuhi panggilan untuk menjalani seleksi tim yang dibesut Indra Sjafri itu.
Pihak Andri pernah menjelaskan bahwa alasan penolakan itu karena terkait dengan pendidikan. Sang ayah, Agus Sudarmanto, yang menjelaskan alasan itu.

Pada prosesnya, Andri akhirnya diketahui tampil membela timnas Qatar U-19 pada laga ujicoba melawan timnas Inggris U-18 sebanyak dua kali, pada 24 dan 27 Maret lalu.

Pihak PSSI pun lantas memberikan komentar mengenai keputusan Andri itu. Hal itu seperti dituturkan oleh Edy.

"Membela Indonesia adalah jihad. Kalau tidak mau membela Indonesia, artinya bukan orang Indonesia. Kalau dia tidak mau membela Indonesia, keluar dari Indonesia," ujar Edy di Makostrad, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Sementara itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meminta Andri Syahputra jujur soal kewarganegaraannya setelah pemain kelahiran Aceh itu membela timnas Qatar U-19 pada pertandingan persahabatan melawan Inggris U-18.
"Kami menyarankan, lebih baik kami di Indonesia diberi kepastian. Keluarganya harus jujur. Apakah tetap warga negara Indonesia apa warga negara Qatar," kata Sesmenpora Gatot S Dewa Broto di kantor Kemenpora Senayan, Jakarta, Kamis.

Seperti dilaporkan Antara, Gatot menyatakan kalau pemerintah dalam hal ini Kemenpora akan menghormati keputusan dari pemain yang sebenarnya dipanggil oleh pelatih timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri untuk mengikuti seleksi timnas yang dipersiapkan turun di Piala AFF.
"Kalau memilih Qatar kami hormati. Kita gak masalah. Yang terpenting saat ini adalah ada penjelasan secara resmi terkait dengan posisi Andri Syahputra saat ini," kata Gatot menambahkan.

Mantan Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora itu meminta PSSI juga menelusuri status pemain Indonesia yang masuk daftar pemain seleksi timnas Indonesia U-19 itu. Hal ini dilakukan supaya segera ada kejelasan.
"Kami minta PSSI tidak menghabiskan energi hanya untuk mengurus Andri Syahputra. Masih banyak pemain Indonesia yang layak untuk dipanggil," kata pria lulusan UGM Yogjakarta itu.
Andri Syahputra memang sempat bikin heboh karena tidak mau memenuhi panggilan untuk mengikuti seleksi timnas U-19 di bawah arahan pelatih Indra Sjafri. Selain Andri, ada pula 11 anak Indonesia lain yang berkarier di luar Indonesia yang diminta untuk mengikuti seleksi.

Kemenpora melalui Sesmenpora Gatot S Dewa Broto pun sempat meminta PSSI agar memasukkan Andri dalam daftar hitam karena tidak mau memenuhi panggilan timnas. Namun, Gatot akhirnya meminta maaf.
Saat ini proses seleksi timnas Indonesia U-19 terus berjalan. Selain memanggil pemain Indonesia di luar negeri, pelatih Indra Sjafri juga melakukan pencarian pemain terbaik dari seluruh Indonesia.

Sumber: detik.com, tribunnews
Terima kasih sudah membaca Andri Syahputra Bela Timnas Qatar, Ini Tanggapan PSSI dan Kemenpora
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Andri Syahputra Bela Timnas Qatar, Ini Tanggapan PSSI dan Kemenpora"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

loading...