Teknologi Jadi Bagian Penting dari Pendidikan

DMCA.com Protection Status
Loading...
Teknologi Jadi Bagian Penting dari Pendidikan-- Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi telah menjadi bagian dari kehidupan manusia yang tidak bisa dipisahkan. Teknologi juga menjadi bagian penting dalam dunia pendidikan baik di dunia maupun Indonesia.

Menurut Staf Ahli Bidang Inovasi dan Daya Saing, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Ananto Kusuma Seta, dalam acara Global Educational Suplies and Solutions (GESS) di JCC, Jakarta, Rabu (14/9/2016).

"Salah satu pendorong kemajuan pendidikan di dunia adalah teknologi. Orang sudah mulai memikirkan pekerjaan apa yang bahkan sekarang belum ada, sudah menciptakan solusi sebelum masalah itu ada. Hal itulah yang akan menjadi bekal bagi generasi muda di masa yang akan datang," ungkapnya.

Survei yang pernah dilakukan oleh Teh Economist menunjukkan bahwa anak usia 11 sampai 17 tahun sudah mengganti pola pendidikan mereka menjadi berbasis teknologi. "Pembelajarannya tidak seperti masa lalu. Tapi generasi sekarang merupakan digital native. Sehingga pembelajaran yang ada juga harus berbeda," ujarnya.

Pendidikan yang ada saat ini harus dibuat menyenangkan serta menggembirakan bagi anak-anak. "Sering dikatakan bahwa siswanya saat ini sudah berada di abad 21, tapi gurunya ada di abad 20, dan sekolahnya abad 19. Nah hal inilah yang harus kita ubah. Para guru juga perlu untuk mengembangkan teknologi demi menyiapkan siswa abad 21," ucapnya.

Kehadiran tekologi yang ada saat ini bisa saja menggeser posisi guru jika sang guru hanya berfokus pada tugas-tugas mengajarnya saja. "Seorang guru itu perlu menjadi sosok yang menginspirasi. Karena sudah bukan menjadi satu-satunya sumber ilmu," tambahnya.

Sumber: okezone.com
Terima kasih sudah membaca Teknologi Jadi Bagian Penting dari Pendidikan
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Teknologi Jadi Bagian Penting dari Pendidikan"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.