Ringkasan Modul KK. A (Pedagogik): Karakteristik Peserta Didik

DMCA.com Protection Status
Loading...
Ringkasan Modul KK. A (Pedagogik): Karakteristik Peserta Didik-- Sebagai seorang pendidik tentunya tidak hanya bertugas mengajar di kelas saja, akan tetapi mendidik, mengajar, dan juga melatih. Hal ini sangatl tepat apabila dikaitkan dengan pembentukan karakter yang baik bagi para peserta didik. Seperti apa seorang pendidik mendidik, bagaimana mengajar, dan bagaimana melatih para peserta didik. Semua tantangan di atas berawal dari pendidik itu sendiri, bagaimana menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, diantaranya dengan kesan pertama pendidik itu berada di lingkungan kelas.
Setiap peserta didik memiliki potensi. Potensi peserta didik yang dimaksud adalah kemampuan yang mungkin dikembangkan atau menunjang potensi lain. Potensi ini meliputi potensi fisik, intelektual, kepribadian, minat, potensi moral dan religius.
Faktor-faktor yang memengaruhi potensi peserta didik berasal dari aspek internal dan eksternal. Selain itu, aspek fisik, psikologis dan lingkungan sosial budaya juga berperan penting. Pendidik harus mampu mengidentikasi dengan cermat keberagaman dari karakteristik peserta didik agar proses dan hasil belajardari peserta didik menjadi maksimal.
Peserta didik memiliki pemahaman awal (entry behavior). Mengetahui pemahaman awal sangat penting untuk diperhatikan karena dengan mengidentifikasi kondisi pembelajaran dapat memberikan informasi penting untuk guru dalam pemilihan strategi pengelolaan pembelajaran yang efektif dan bermakna yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Dalam pembelajaran, peserta didik mengalami kesulitan belajar. Pengertian kesulitan belajar adalah suatu hambatan yang dialami oleh peserta didik untuk mencapai hasil belajar yang memuaskan.

Soal:
Hal-hal apa saja yang harus diketahui pendidik agar memahami perkembangan karakteristik peserta didik?
Jawab:
a. Potensi yang dimiliki peserta didik
b. Tingkat perkembangan kedewasaan peserta didik
c. Kemampuan kognitif peserta didik Potensi mandiri yang dimiliki peserta didik
d. Tingkat Kebutuhan peserta didik dalam hal bimbingan dan perlakuan manusiawi

Soal:
Sebutkan tahapan perkembangan kognitif!
Jawab:
1. Tahap Sensorik-Motorik (usia 0-2 tahun)
2. Tahap Pra-Operasional (usia 2-7 tahun)
3. Tahap Konkret-Operasional (usia 7-11 tahun)
4. Tahap Operasional Formal (usia 11 tahun-dewasa)

Soal:
Identifikasikan Potensi Peserta Didik berdasarkan permasalahan berikut:
Ketika melaksanakan pembelajar-an, Anda berhadapan dengan peserta didik yang malas belajar. Apa tindakan yang akan Anda lakukan?
Jawab:
Usaha yang dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan motivasi semangat belajar peserta didik yang malas antara lain melakukan pendekatan secara persuasif dan edukatif. Selain itu, pendidik harus berupaya dengan merancang pembelajaran yang lebih menarik, memilih bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, menggunakan media pembelajaran yang menarik, dan lain-lain.

Soal:
Apakah tujuan mengidentifikasi pemahaman awal (entry behavior) peserta didik? Bagaimanakah caranya?
Jawab:
Tujuan mengidentifikasi pemahaman awal peserta didik adalah: a. Memperoleh informasi yang lengkap dan akurat berkenaan dengan kemampuan awal peserta didik sebelum mengikuti program pembelajaran tertentu b.Menyeleksi tuntutan, bakat, minat, kemampuan serta kecendrungan peserrta didik berkaitan dengan pemilihan program program pembelajaran tertentu yang akan diikuti mereka. c.Menentukan desain program pembelajaran dan atau pelatihan tertentu yang perlu dikembangkan sesuai dengan kemampuan awal peserta didik. Cara yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi Pemahaman awal peserta didik adalah dengan cara (1) pre test, (2) observasi, dan (3) wawancara.

Sumber: Modul KK. A (Pedagogik): Karakteristik Peserta Didik, Kemdikbud
Terima kasih sudah membaca Ringkasan Modul KK. A (Pedagogik): Karakteristik Peserta Didik
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Ringkasan Modul KK. A (Pedagogik): Karakteristik Peserta Didik"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.