Mahasiswa UGM Ciptakan Gel Pencerah Gigi Berbahan Stroberi

DMCA.com Protection Status
Loading...
Mahasiswa UGM Ciptakan Gel Pencerah Gigi Berbahan Stroberi-- Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Onni Fitriani Solikhah menciptakan gel pencerah warna gigi dengan pH netral bernama berrybleach. Gel ini merupakan kombinasi stroberi dan baking soda yang bersifat amfoter. "Gel berrybleach terbukti efektif untuk mengembalikan warna alami gigi," kata dia, di Yogyakarta, Selasa (20/9).

Ia mengatakan pemilihan buah stroberi sebagai bahan dasar berrybleach karena buah ini memiliki kandungan asam elagat yang berperan dalam proses pencerahan warna gigi. Selain menggunakan stroberi sebagai bahan utama, produk berrybleach juga menggunakan baking soda yang bermanfaat sebagai bahan pencerah gigi.

"Kami mencoba mengombinasikan dan memformulasi kedua bahan ini menjadi suatu gel pencerah warna gigi dengan pH netral yang aman digunakan. Bahan pemutih gigi tidak boleh bersifat asam karena merusak jaringan keras gigi," papar Onni.

Ia menuturkan, gaya hidup manusia saat ini cenderung suka untuk mengonsumsi tembakau, teh, kopi, rokok, dan obat antibiotik. Akibatnya, banyak masyarakat yang mengalami trauma maupun penyakit sistemik pada gigi sehingga dapat menyebabkan perubahan warna gigi, mengurangi keindahan penampilan, dan menurunkan kepercayaan diri.

Dia mengatakan hal ini dapat diatasi dengan perawatan bleaching yang terbukti memiliki daya penetrasi cukup aman dan tidak merusak jaringan keras gigi. Bahkan, dia mengatakan kualitas berrybleach yang tidak kalah bersaing dengan produk pencerah gigi komersial, namun dengan efek samping yang jauh lebih kecil. "Hasil ini setara dengan daya penetrasi gel pemutih gigi paten buatan pabrik. Efek samping yang ditimbulkan seperti kekasaran permukaan gigi terbukti minimal," kata Onni.

Ia menambahkan proses bleaching yang kerap dilakukan menggunakan bahan kimia seperti hidrogen peroksida dan karbamid peroksida. Hal ini dapat menimbulkan berbagai efek samping yang merugikan apabila digunakan secara tidak tepat.

Ia menjelaskan beberapa efek samping dari penggunaan bahan kimia dalam proses bleaching di antaranya adalah gusi yang sensitif dan mudah berdarah, gangguan pengecapan pada lidah, perubahan pada permukaan lapisan terluar gigi, bahkan efek karsinogenik atau pemicu kanker. "Produk Berrybleach tidak memiliki dampak seperti itu, karena menggunakan buah stroberi sebagai bahan dasarnya," papar Oni.

Sumber: republika.co.id
Terima kasih sudah membaca Mahasiswa UGM Ciptakan Gel Pencerah Gigi Berbahan Stroberi
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Mahasiswa UGM Ciptakan Gel Pencerah Gigi Berbahan Stroberi"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.