Sekilas tentang Guru Pembelajar

DMCA.com Protection Status
Loading...
Sekilas tentang Guru Pembelajar-- Program Guru Pembelajar yang dicanangkan oleh Kemdikbud merupakan kegiatan yang penting bagi pengembangan diri guru, mengingat tugas, fungsi, dan perannya yang vital dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Supaya dapat melaksanakan tugas, fungsi dan peran tersebut, guru perlu meningkatkan profesionalismenya secara berkelanjutan.

Sebagai langkah mengaktualisasikan guru professional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan program kegiatan Guru Pembelajar (GP). Akan tetapi jumlah guru yang banyak dan tersebar di seluruh Indonesia tidak memungkinkan pelaksanaan kegiatan pengembangan diri Guru melalui moda tatap muka. Oleh karena itu Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) mengembangkan sistem GP secara elektronik dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yang kemudian disebut Guru Pembelajar Moda Daring (dalam jaringan).

Dengan penggunaan moda daring ini, diharapkan semua guru peserta dapat secara aktif dalam mengakses sumber belajar, belajar secara individu sesuai kebutuhan, dan dapat saling berbagi pengetahuan/keterampilan dan pengalaman dengan guru lainnya.

Guru Pembelajar Moda daring ini terdiri dari 3 (tiga) model yaitu :
1. GP Moda Daring Penuh-Model 1,
2. GP Moda Daring Penuh-Model 2, dan
3. GP Moda Daring Kombinasi.

GP Moda Daring Penuh-Model 1 hanya melibatkan pengampu dan guru sebagai peserta. Selama proses pembelajaran, peserta dibimbing dan difasilitasi secara daring oleh pengampu.
GP Moda Daring Penuh-Model 2 melibatkan pengampu, mentor, dan peserta.
GP moda daring model ini menggabungkan interaksi antara peserta dengan mentor dan atau pengampu, yang hanya dilakukan secara daring. Sedangkan pada moda kombinasi ini, peserta melakukan interaksi belajar secara daring dan tatap muka.

Interaksi belajar secara daring dilakukan secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi dan pembelajaran yang telah disiapkan secara elektronik, dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, sedangkan interaksi tatap muka dilaksanakan bersamaan dengan peserta GP lainnya di pusat belajar (PB) yang telah ditetapkan sesuai dengan SK Penetapan KKG dan difasilitasi oleh seorang mentor.
Terima kasih sudah membaca Sekilas tentang Guru Pembelajar
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Sekilas tentang Guru Pembelajar"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.