Widget HTML Atas

Cara Registrasi (Mendapatkan Akun Guru Pembelajar)

Cara Registrasi (Mendapatkan Akun Guru Pembelajar)-- Untuk Rekan Guru yang belum mendapatkan password guru pembelajar agar sesegeranya membuat akun Guru Pembelajar. silakan lakukan sesuai langkah berikut:

1. Siapkan Nomor Peserta UKG 2015
2. Ingatkan tanggal lahir
3. Klik link berikut: https://sim.gurupembelajar.id/akun/registrasi
4. Isikan nomor UKG dan tanggal lahir. Jangan lupa centang (atau klik) "V" I'm not a robot
5. Pastikan isian sesuai baru klik register
6. Otomatis kita dapat download sebuah file pdf, surat rahasia berisi username dan password
7. Ingat baik-baik username dan password tersebut. Catat bila perlu.
8. Kunjungi link berikut: http://sim.gurupembelajar.id
9. Isikan email (username) dan password sesuai dengan yang tertulis di surat.
10. Pilih login

Kalau sudah berhasil login, kita akan bisa mengetahui rapor UKG kita. Jika ada yang berwarna merah, maka bisa diperkirakan kita nanti akan masuk GP moda apa dengan ketentuan sebagai berikut :
8-10 modul warna merah : mengikuti full Tatap Muka
6-7 modul warna merah : mengikuti Kombinasi, Daring dn Tatap Muka
3-5 modul warna merah: mengikuti Daring
0-2 modul warna merah: sbg pendamping


Untuk kasus tak bisa mendapatkan file pdf, itu berarti akun kita tersebut sudah diregistrasi sebelumnya. Jika kita merasa belum pernah registrasi atau lupa akun (username dan password), bisa menghubungi pihak-pihak seperti yang dicantumkan di situs.
Tutorial panduan pendaftaran https://www.youtube.com/watch?v=g4iV4EywByI

Sekilas tentang Guru Pembelajar

Program Guru Pembelajar yang dicanangkan oleh Kemdikbud merupakan kegiatan yang penting bagi pengembangan diri guru, mengingat tugas, fungsi, dan perannya yang vital dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Supaya dapat melaksanakan tugas, fungsi dan peran tersebut, guru perlu meningkatkan profesionalismenya secara berkelanjutan.

Sebagai langkah mengaktualisasikan guru professional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan program kegiatan Guru Pembelajar (GP). Akan tetapi jumlah guru yang banyak dan tersebar di seluruh Indonesia tidak memungkinkan pelaksanaan kegiatan pengembangan diri Guru melalui moda tatap muka. Oleh karena itu Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) mengembangkan sistem GP secara elektronik dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yang kemudian disebut Guru Pembelajar Moda Daring (dalam jaringan).

Dengan penggunaan moda daring ini, diharapkan semua guru peserta dapat secara aktif dalam mengakses sumber belajar, belajar secara individu sesuai kebutuhan, dan dapat saling berbagi pengetahuan/keterampilan dan pengalaman dengan guru lainnya.

Guru Pembelajar Moda daring ini terdiri dari 3 (tiga) model yaitu GP Moda Daring Penuh-Model 1, GP Moda Daring Penuh-Model 2, dan GP Moda Daring Kombinasi.

GP Moda Daring Penuh-Model 1 hanya melibatkan pengampu dan guru sebagai peserta. Selama proses pembelajaran, peserta dibimbing dan difasilitasi secara daring oleh pengampu.
GP Moda Daring Penuh-Model 2 melibatkan pengampu, mentor, dan peserta.
GP moda daring model ini menggabungkan interaksi antara peserta dengan mentor dan atau pengampu, yang hanya dilakukan secara daring. Sedangkan pada moda kombinasi ini, peserta melakukan interaksi belajar secara daring dan tatap muka.

Interaksi belajar secara daring dilakukan secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi dan pembelajaran yang telah disiapkan secara elektronik, dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, sedangkan interaksi tatap muka dilaksanakan bersamaan dengan peserta GP lainnya di pusat belajar (PB) yang telah ditetapkan sesuai dengan SK Penetapan KKG dan difasilitasi oleh seorang mentor.

Posting Komentar untuk "Cara Registrasi (Mendapatkan Akun Guru Pembelajar)"

Perhatian: Untuk artikel soal, KUNCI JAWABAN klik tautan di soal terakhir

Berlangganan via Email