Widget HTML Atas

Ini Dia Data dan Daerah Peraih Indeks Integritas UN SMP/MTs Tertinggi 2016

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswesan‎ mengaku gembira dengan perkembangan indeks integritas UN SMP/MTs. Tahun ini peningkatannya cukup signifikan dibanding 2015.
"Saya mengapresiasi daerah yang menunjukkan peningkatan integritas dalam penyelenggaraan UN‎ SMP/MTs tahun ini," kata Mendikbud dalam konpres, Jumat (10/6).

Dia menyebutkan, daerah dengan kenaikan IIUN tertinggi adalah Sulawesi Barat, Sumatera Selatan di peringkat kedua, diikuti Sulawesi Utara, Aceh, Sulawesi Selatan, Gorontalo, dan Sumatera Utara.

Sedangkan daerah dengan nilai IIUN tertinggi tahun ini adalah DI Yogyakarta, diikuti oleh DKI Jakarta, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bengkulu, dan Kepulauan Riau. Nilai rerata nasional UN 2016 adalah sebesar 58,57 untuk SMP, 59,06 untuk MTs, dan untuk 48,36 SMP Terbuka.

Dengan meningkatnya nilai IIUN, lanjut Anies, tingkat kejujuran naik, maka nilai yang keluar adalah lebih akurat mendekati kemampuan siswa yang sebenarnya.

Ke depan, soal UN mendatang akan lebih dititikberatkan pada kemampuan penalaran dan analisa. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan penalaran, dan analisa.
"Kemampuan menalar dan menganalisa sangat diperlukan pada masa mendatang mengingat kecenderungan dunia yang lebih kompleks dan kompetitif,” jelas Mendikbud.

Data Indeks Integritas UN
UN SMP tahun 2016 diikuti 4.372.872 siswa dan 60.067 satuan pendidikan. Sebanyak 72 persen sekolah mengalami peningkatan IIUN dibandingkan tahun lalu.

Terdapat kenaikan jumlah sekolah yang memiliki IIUN di atas 80, yaitu sebanyak 23.634 sekolah atau setara 44,03 persen. Tercatat, pada 2015 terdapat 12.039 sekolah yang memiliki nilai IIUN di atas 80 atau sebesar 23,44 persen.

Mendikbud Anies Baswedan mengungkapkan kenaikan rerata nilai IIUN menunjukkan semakin jujurnya penyelenggaraan UN.
"Dengan semakin jujurnya UN, maka diharapkan hasil UN makin tepat memetakan capaian pendidikan sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mengoptimalkan pembinaan sekolah secara lebih baik," ujar Anies, saat Konferensi Pers Hasil UN SMP, di Kantor Kemendikbud, Jumat (10/6).

‎jpnn.com
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!