Ini yang Membuat RA Kartini Begitu Istimewa

DMCA.com Protection Status
Loading...
Ini yang Membuat RA Kartini Begitun Istimewa
Setiap 21 April, masyarakat Indonesia selalu merayakan Hari Kartini. Setiap tanggal ini pula, masyarakat diingatkan kembali mengenai salah satu pejuang wanita Indonesia yang begitu peduli terhadap kehidupan kaum perempuan di masa itu.

Keresahan Kartini akan nasib kaumnya yang masih dianggap sebagai masyarakat kelas dua di Tanah Air disampaikan pada surat-surat yang dikirimkannya kepada sejumlah teman di Belanda. Korespondensi itulah yang membuka mata RA Kartini terbuka mengenai kemajuan perempuan-perempuan di Eropa. Berbagai pengetahuan tersebut memunculkan keinginannya untuk memajukan kaum perempuan pribumi. Hingga akhirnya, wanita kelahiran 21 April 1879 tersebut berhasil mendirikan sebuah sekolah wanita di Jepara.

Dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dari Universitas Indonesia, Agus Aris Munandar menuturkan, ada hal istimewa yang dimiliki oleh Raden Ajeng Kartini sehingga hari kelahirannya dijadikan sebagai Hari Nasional. Menurutnya, meski Indonesia memililki banyak pahlawan wanita yang juga berjuang untuk kemajuan negara, Kartini memiliki pemikiran yang bisa mengubah persepsi masyarakat terhadap kaum perempuan.
"Perjuangan yang beliau lakukan itu dampaknya begitu luas dan terasa oleh masyarakat. Sehingga dia istimewa di antara pahlawan-pahlawan wanita Indonesia lainnya," ujar Agus, ketika dihubungi Okezone, belum lama ini.

Berkat perjuangan RA Kartini, kata Agus, kini perempuan bisa mendapatkan hak yang sama baik dalam menempuh pendidikan dan berkarya. Perjuangan RA Kartini memungkinkan perempuan mendapatkan kebebasan baik secara otonomi dan persamaan hukum.
"Itu sebabnya pada hari kelahirannya itu pemerintah menetapkan sebagai kebangkitan sejarah kita," tambahnya.

Sumber: okezone.com
Terima kasih sudah membaca Ini yang Membuat RA Kartini Begitu Istimewa
Bagikan:

Loading...

Untuk pertanyaan yang memerlukan respon cepat, silakan gunakan Whatsapp.

0 Response to "Ini yang Membuat RA Kartini Begitu Istimewa"

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

loading...