Widget HTML Atas

Bocoran Soal UN 2016 Dibanderol Rp3 Juta

Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2016 tingkat SMA, sejumlah pelajar dihebohkan dengan wacana adanya bocoran soal UN 2016 beserta kunci jawabannya. Paket bocoran soal dan kunci jawaban UN tersebut dapat ditebus dengan uang Rp1 juta hingga Rp3 juta.
Menurut pengakuan A (17) salah seorang pelajar SMA di Banyuasin, dia mendapat tawaran soal dan kunci jawaban UN dari kenalannya di media sosial. Satu paket soal ujian nasional 2016 dibanderol seharga Rp1 juta hingga Rp3 juta. Harga bervariasi, tergantung jenis dan kelengkapan soal.

"Kalau soalnya saja tanpa kunci jawaban, bisa dikasih Rp1 juta. Jika komplet dengan kunci jawaban, bisa sampai Rp3 juta. Memang lumayan mahal, tapi bila dibeli patungan, tidak terlalu," jelasnya.

A mengimbuhkan, paket bocoran soal dan kunci jawaban UN 2016 itu baru akan diberikan sehari menjelang pelaksanaan UN. Paket diberikan mencicil, sesuai mata pelajaran yang diujikan per harinya.
"Soalnya dikirim via e-mail, baik yang sistem CAT atau LJK," ungkapnya.

Menurut sejumlah pelajar yang telah lulus, lanjut A, bocoran soal UN 2016 tersebut memang ada dan mayoritas sama persis. "Tapi saya masih ragu, lihat teman-teman dulu bagaimana," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Banyuasin Umar Usman menegaskan jangan percaya dengan hal semacam itu. Soal ujian nasional 2016 memang sudah didistribusikan ke setiap sub rayon, tapi dijaga ketat oleh petugas. Jadi, tegasnya, tidak mungkin ada kebocoran soal dan kunci jawaban UN 2016.

"Saya yakin, hal itu hanya akal-akalan oknum untuk menipu," jelasnya.

Kalaupun benar-benar ada, jangan sekali-kali terlibat, karena akibatnya bisa fatal. Tidak hanya berpengaruh pada kelulusan, tapi juga bisa masuk ke ranah hukum.

"Kalau mau lulus Ujian Nasional 2016 dengan nilai bagus, ya belajar dengan baik dan berdoa, tidak usah terpengaruh dengan hal seperti itu," katanya.

Sumber: okezone.com
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!