Widget HTML Atas

Trik Berfoto Seru di Dalam Air

Peserta TakeMeAnywhere , Khar dan Dian, saat foto bawah air di kolam renang Padma Resort Ubud, Bali, Minggu (20/3/2016) -- KOMPAS.COM/ FIKRIA HIDAYAT -

Saat liburan ke pantai atau sekadar bersantai di kolam renang sebuah resor, tentu makin asyik jika berfoto di bawah air (underwater).
Namun ada kesulitan tersendiri saat melakukan foto underwater tersebut.
Seperti yang dialami para pemenang "TakeMeAnywhere" dan rekan perjalanan mereka masing-masing saat melakukan sesi foto underwater di kolam renang Padma Resort Ubud. Resor ini sendiri terletak di Desa Puhu, Gianyar, Bali, tidak jauh dari Ubud.
Salah satu fasilitas menonjol dari resor ini adalah kolam renang bergaya infinity pool menghadap ke hutan Puhu.
Uniknya, air di kolam renang ini selalu hangat. Jadi tamu tak perlu takut kedinginan saat berenang walau di malam hari.

Foto underwater yang dilakukan para peserta "TakeMeAnywhere" berlangsung pada Minggu (20/3/2016) pagi.
Bertindak sebagai juru kamera sekaligus juri adalah Fikria Hidayat, Editor Foto Kompas.com.

Lalu bagaimana keseruan para peserta dalam beraksi di bawah air?
Ternyata mereka berfoto dengan berbagai pernak pernik agar foto yang dihasilkan pun unik. Seperti Andra dan Jagad, salah satu peserta, berfoto dengan konsep fun lengkap dengan wig, baju, hingga payung warna-warni.
Beda lagi dengan Ryandhika dan Goenawan, peserta lainnya. Mereka berfoto dengan jubah mandi dan cangkir seakan-akan tengah minum kopi di bawah air.
Lalu peserta lainnya, Kharizta dan Dian, berfoto cantik di bawah air. Lalu siapakah pemenangnya?
"Pemenangnya adalah Andra. Saya nilai berdasarkan konsep yang ingin diangkat, lalu sejauh mana peserta niat mengeksekusi konsep itu," kata Fikria kepada KompasTravel.
Semua peserta mengakui bahwa sulit berfoto di bawah air. "Sulit karena kostumnya naik-naik ke atas air. Juga gak bisa melek di dalam air," kata Kharizta.
Sedangkan Ryandhika menuturkan ia kesulitan mempertahankan posisi di dalam air. "Karena badan cepat sekali mengapung," katanya.

Sementara Andra mengungkapkan bahwa ini kali pertamanya mencoba foto bawah air. "Ditambah lagi pakai properti wig yang mudah lepas dan payung cantik yang sebentar-bentar rusak," kata Andra.
Namun, lanjutnya, ia pun pada akhirnya bisa tahu tips dan trik berfoto bawah air. Menurutnya yang penting tetap tenang dan tidak panik supaya stabil menyelamnya. "Seru juga ya ternyata dan jadi merasa tertantang," kata Andra.
Tips Berfoto Bawah Air
Fikria membagikan tips cara berfoto di bawah air. Secara peralatan, perlu menggunakan casing underwater untuk mengamankan kamera dari air.
Lalu bisa juga menggunakan alat dome agar bisa menangkap foto dengan level air, yaitu foto setengah di bawah air dan setengahnya lagi di atas air.
"Filter kalau terlalu biru karena refleksi dari langit, sebaiknya pakai filter merah," ungkap Fikria.
Sementara itu, tips agar bisa berfoto di bawah air, menurut Fikria, perlu berlatih menahan nafas minimal selama 10 detik. Kiat lainnya adalah tubuh harus bisa tenggelam.

"Triknya jangan isi paru-paru dengan udara (menarik nafas), malah akan mengambang," tuturnya.
Sementara agar mata mampu melek, memang awalnya harus dibiasakan terlebih dahulu. Kalau gaya bebas, lanjutnya, tidak cocok pakai pelindung mata seperti google atau kacamata renang.
"Mata iritasi itu pasti, tapi bisa dibiasakan. Coba lagi dan lagi sampai bisa selama 10 detik," saran Fikria.
Tiga orang pemenang kompetisi "TakeMeAnywhere" tersebut berlibur ke Bali bersama KompasTravel selama tiga hari yaitu pada tanggal 18-20 Maret 2016. Reservasi tiket penerbangan dilakukan melalui situs perjalanan Ezytravel.co.id.
Berbagai keseruan telah dijalani oleh ketiga pemenang selama perjalanan di Bali. Seperti wisata kuliner khas Bali, bermain bersama gajah di Elephant Safari Park, bersepeda keliling Ubud bersama Bali Adventure Tours.

Sumber: tribunnews.com

Posting Komentar untuk "Trik Berfoto Seru di Dalam Air"

loading...